Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK MATEMATIKA SD - PENERAPAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SD

PTK MATEMATIKA SD - Matematika selalu menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Maka dari itu, dalam proses meningkatkan minat belajar mereka seorang guru terkadang juga perlu melakukan PTK Matematika materi sifat bangun datar.

KARAKTERISTIK PTK MATEMATIKA MATERI SIFAT BANGUN DATAR

Setiap hal atau kegiatan apapun tentu memiliki ciri khas masing-masing. Termasuk Penelitian tindakan kelas atau PTK yang ternyata dinilai memiliki karakteristik berbeda dari jenis lain. Berikut uraian tentang ciri-cirinya:

1. Penelitian Ini Hanya Dilakukan oleh Guru

Seperti dari kepanjangan PTK yaitu penelitian tindakan kelas tentu secara langsung mengarah pada lembaga pendidikan seperti sekolah. Pastinya, seorang guru terlibat di dalam proses pembelajaran yang mana terkadang perlu untuk diperbaiki. Dalam proses penelitian tindakan kelas matematika ini, tentu guru harus mengupayakan bagaimana caranya agar siswa dapat memahami materi yang diajarkan. Terutama bagian sifat bangun datar yang terkadang memang sulit dipahami. contoh ptk matematika sd

2. Refleksi Diri

Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan refleksi diri sesuai dari tujuan dilakukannya PTK, yaitu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas agar menjadi lebih baik lagi entah bagi siswa ataupun guru.  Karena tidak selamanya baik siswa ataupun guru merasa cocok dengan metode belajar matamatika materi sifat bangun datar tertentu, maka dari itu mereka membutuhkan cara atau model pembelajaran baru yang dirasa lebih baik.

3. Bertujuan untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran

Proses pelaksanaan penelitian kegiatan kelas dilakukan secara berkesinambungan dari siklus pertama hingga akhir. Hal ini menunjukkan peningkatan atau perbaikan dalam sistem pembelajaran mata pelajaran tertentu. Dengan adanya PTK Matematika materi sifat bangun datar ini tentu tujuan utamanya. Yaitu umtuk memperbaiki sistem atau metode pembelajaran pada siswa agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Dilaksanakan di Dalam Kelas

Seperti pengertiannya, tentu proses pelaksanaan dari PTK dilakukan di dalam kelas. Dimana interaksi secara maksimal antara seorang guru dan siswa dapat dilakukan dengan baik selama proses pembelajaran berlangsung. Jadi diharapkan nantinya dalam kelas tersebut siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran matematika. Khususnya pada bagian materi sifat bangun datar dengan menggunakan metode pembelajaran baru.

Jadi itu beberapa pembahasan mengenai karakteristik PTK Matematika materi sifat bangun datar. Semoga uraian kali ini bisa menambah pengetahuan para pembaca dan juga bermanfaat.

CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SD KELAS 5

Banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu ilmu yang abstrak, teoritis, dan penuh dengan lambang-lambang serta rumus-rumus yang sulit, sehingga mereka menganggap matematika menjadi kurang menyenangkan. Begitu juga dengan model pembelajaran yang diterapkan guru masih konvensional, hal tersebut berpengaruh terhadap rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 5 SD. Berdasarkan latar belakang yang diuraikan, maka masalah yang diteliti adalah apakah penerapan Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 5 SD ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 5 SD melalui penerapan Group Investigation.

Jenis penelitian ini adalah PTK yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel yang diteliti adalah keaktifan dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Group Investigation. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5. Dalam penelitian ini digunakan teknik observasi dan tes, dengan menggunakan instrumen lembar observasi, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, dan soal tes hasil belajar akhir siklus. Analisis data yang digunakan adalah analisis ketuntasan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan analisis deskriptif komparatif untuk membandingkan nilai antar siklus. judul ptk matematika sd kurikulum 2013

Penerapan Group Inestigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Hal ini terlihat pada kondisi awal pra siklus yang menunjukkan bahwa persentase keaktifan kriteria tinggi, pada siklus 1 meningkat menjadi 47,37%, selanjutnya pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu 89,47%, itu artinya sudah mencapai indikator kinerja keaktifan belajar tinggi >70%, kemudian untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa hanya 26,32%, dan pada siklus 1 yaitu 63,15%, selanjutnya siklus 2 yaitu 84,21%. Siklus 2 sudah memenuhi indikator kinerja yaitu >80%.




download ptk matematika sd word, ptk sd kelas 4 matematika doc, download ptk matematika sd kelas 5 lengkap, ptk matematika sd kelas 6 kurikulum 2013, download ptk sd word, ptk matematika kelas 4 tentang pecahan, contoh ptk matematika sd kelas 2 kurikulum 2013. download ptk sd masa pandemi, contoh ptk pembelajaran daring di sd, ptk pembelajaran daring kelas 1 sd, ptk pembelajaran daring matematika, ptk pembelajaran daring pdf, ptk masa pandemi pdf.