Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK IPS SMA - PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF (TGT) TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI POKOK PASAR DALAM PEREKONOMIAN PADA SISWA KELAS X IPS DI SMAN

PTK IPS SMA - Penelitian yang dilakukan di kelas tidak asing bagi lembaga formal. Praktik yang digunakan mempunyai banyak metode. Salah satunya PTK Ekonomi SMA terhadap Pasar Ekonomi yang mendominasi mata pelajaran IPS di jenjang pendidikan seperti Sekolah Menengah Atas (SMA). 

METODE PTK EKONOMI SMA TERHADAP PASAR EKONOMI

Berbagai metode dapat di aplikasikan dalam pembelajaran pendidikan. Salah satunya menggunakan resitasi dan snowball throwing. teknik ini akan membantu pendidik atau pengajar ketika Penelitian Tindakan Kelas berlangsung dengan hasil dari kegiatan belajar mengajar tentang mata pelajaran ekonomi. contoh ptk ekonomi sma doc

Resitasi dalam ekonomi yakni pemberian tugas dari guru oleh siswa dengan menyajikan bahan materi ekonomi. Sekolah Menengah Atas menjadi jenjang yang efektif karena siswa akan dituntut bertanggung jawab terhadap tugasnya masing – masing. Metode ini akan menumbuh kembangkan pembelajaran di kelas.  Penelitian ini juga menggunakan teknik Snowball Throwing berarti melemparkan atau membuat kelompok bersama dalam kelas. Memahami materi dengan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. PTK Ekonomi SMA terhadap Pasar Ekonomi akan masuk dalam kategori metode di jenjang Sekolah Menengah Atas.

PENELITIAN PASAR EKONOMI DI KELAS

Persaingan ketat dalam dunia pendidikan masih terbuka lebar. Banyak sekolah yang berlomba untuk mengadakan penelitian di Sekolah Menengah Atas (SMA). Berjalannya pasar ekonomi di kelas tergantung pendidik menyalurkan ilmu yang diberikan kepada siswa. 

PTK sendiri ditawarkan untuk mengatasi permasalahan di kelas. Terkait kejanggalan yang terjadi pada pasar ekonomi dapat dikaji terlebih dahulu. Pembelajaran inovatif akan membuat siswa nyaman dan mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelum diadakannya penelitian.  Penelitian di kelas terdapat beberapa faktor yang mendukung kesuksesan penelitian. Agar kondusif dan optimal harus melaksanakan beberapa konsep sesuai PTK Ekonomi SMA terhadap Pasar Ekonomi. Bukan hanya peran guru saja namun hal lain yang termasuk seperti :

  1. Pembelajaran yang digunakan harus tepat sesuai jenjang pendidikan SMA
  2. Pengoptimalan minat siswa terhadap mata pelajaran ekonomi
  3. Mengurangi metode pengajaran ceramah, karena membuat anak didik bosan memahaminya.
  4. Media disesuaikan dengan kebutuhan penelitian tindakan kelas

Demikian ulasan terkati PTK Ekonomi SMA terhadap Pasar Ekonomi, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

CONTOH PTK EKONOMI KELAS X SMA

Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan yang menunjukkan rata-rata sebesar 58,33, sedangkan pada siklus I meningkat sebesar 81,19 dan 86,90 pada siklus II, Rata-rata ketuntasan belajar sebelum dilaksanakan tindakan kelas hanya 10 dari 30 siswa yang nilainya tuntas mencapai KKM (33,33%). Setelah diadakan tindakan kelas, ketuntasan meningkat menjadi 29 dari 39 siswa yang nilainya tuntas mencapai KKM (66,67%) pada siklus I, sedangkan pada siklus II ada 36 dari 39 siswa yang nilainya tuntas mencapai KKM (90,47%). jurnal ptk ekonomi sma

Penelitian tindakan kelas dengasn menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatakan aktivitas siswa di kelas dan aktivitas guru. Sebelum tindakan aktivitas siswa dan guru rendah. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa kurang dari 3, dan aktiviats guru mencapai 3. Kemudian dalam siklus II rata-rata aktivitas siswa meningkat mencapai 3 dan aktivitas guru meningkat menjadi 4.