Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTS SMA - EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA

PTS SMA  - Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar dalam bangsa. Prosesnya akan banyak dialami oleh siswa di semua jenjang. Penelitian kegiatan belajar mengajar dalam sebuah lembaga pendidikan formal mempunyai kewajiban dengan mengadakan PTS SMA untuk motivasi belajar yang tujuannya, untuk mengetahui seberapa minat anak didik.

PENGELOLAAN PTS SMA UNTUK MOTIVASI BELAJAR

Sekolah Menengah Atas merupakan sasaran utama penelitian. Motivasi belajar diperlukan oleh siswa agar mencapai perubahan yang mengarah pada masa depan. Menjadikan anak didik berperan aktif tergantung pada cara pengelolaan yang dimiliki oleh setiap lembaga pendidikan baik pengajaran secara langsung ataupun tidak.

Penelitian tindakan sekolah (PTS) mempunyai peran pendukung dalam perkembangan belajar siswa. Tokoh guru diperlukan sebagai pendukung motivasi guna mencapai tujuan tersebut. Pengajar akan berusaha secara maksimal untuk menggunakan kemampuan serta ketrampilannya sehingga anak didik akan menerima sistem yang beragam. pts kepemimpinan kepala sekolah

Ada berbagai tahapan pengelolaan mengenai dorongan kegiatan belajar mengajar. Baik pendukung seperti guru dan anak didik semua harus berperan aktif di dalamnya.

  1. Membangun hubungan positif dengan mengetahui apa yang diinginkan siswa
  2. Upaya perencanaan pembelajaran agar menjadi lebih efektif
  3. Sebagai seorang pendidik maka wajib membantu apa yang dibutuhkan
  4. Menumbuhkan motivasi belajar kepada anak didik 

MOTIVASI BELAJAR UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Setiap siswa pasti memerlukan cara menumbuhkan semangat belajar. Motivasi merupakan dorongan untuk berbuat sesuatu menjadi lebih baik. Sebuah tindakan dapat muncul dari sekolah maupun kegiatan luar yang membawa dampak bagi seorang anak. 

Sebuah lembaga juga menyelenggarakan PTS SMA untuk motivasi belajar guna memantau perkembangan siswa seperti guru mengetahui impian anak didik, keterkaitan pelajaran dengan realita kehidupan, cara pandang yang benar mengenai sekolah. Hal tersebut akan membantu penelitian tindakan sekolah dalam jenjang sekolah menengah atas. 

Adanya PTS SMA untuk motivasi belajar diharapkan menjadi acuan untuk meningkatkan hal positif guna mencapai tujuan yang ingin diraih. Dorongan tetap harus di berikan kepada anak didik. Maka peran sekolah akan sangat membantu bila terus mengoptimalkan sistem pembelajaran kepada siswa.

CONTOH PTS KENAIKAN PANGKAT KEPALA SEKOLAH SMA

Guru adalah sebagai seorang manajer di dalam organisasi kelas. Sebagai seorang manajer, aktivitas guru mencakup kegiatan merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengevaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang dikelolanya. Pelaksanaan pendidikan yang terjadi di dalam kelas oleh guru haruslah efektif dan efisien agar proses belajar mengajar menjadi sebuah proses yang menyenangkan dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar . Untuk itu, agar dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, seorang guru haruslah dapat melakukan pengelolaan kegiatan belajar mengajar di kelas. pts kepala sekolah berprestasi pdf

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa kelas XI SMA yang berjumlah 30 orang, seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk metode survey. Metode survey ini digunakan untuk memperoleh data/ informasi tentang kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut dan hubungannya dengan motivasi belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada para siswa dengan empat alternatif jawaban.

Hasil penghitungan uji “r” atau koefisien korelasi, menghasilkan rhitung = 0,524 yang lebih tinggi dari rtabel dengan taraf signifikan 5% = 0,374 dan 1% = 0,47 8. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat korelasi yang signifikan antara pengelolaan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa di SMA. Dari penelitian ini ditemukan bahwa efektifitas pengelolaan pembelajaraan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi cukup efektif. Hal ini ditunjukkan oleh kemampuan guru dalam menjalankan peran dan fungsinya untuk mengelola pembelajaran yakni dari 30 orang responden yang mendapat jumlah skor rata- rata sebanyak 21 orang siswa atau 70%, dan juga siswa cukup termotivasi dengan pembelajaran geografi, dari 30 orang responden yang mendapat jumlah skor rata- rata sebanyak 22 orang siswa atau 73,33%.