Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK MATEMATIKA SD - PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BAGI SISWA KELAS VI SD

PTK MATEMATIKA SD - Siswa-siswi SD dalam kelas terdiri dari banyak orang dengan latar belakang berbeda-beda mulai dari agama, suku dan lainnya. Faktor tersebut sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk melakukan PTK Matematika dengan Metode STAD dengan upaya peningkatan nilai serta kerjasama mereka.

CARA MELAKSANAKAN PTK MATEMATIKA DENGAN METODE STAD

STAD atau Student Team Achievement Divisions merupakan gaya belajar yang hampir sama seperti kerja kelompok. Hanya saja, terdapat perbedaan pada langkah-langkah pelaksanaannya yakni seperti di bawah ini. ptk matematika sd kelas 6

1. Pemberian Motivasi
Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, guru harus memberi stimulan pada siswa berupa motivasi. Selain itu, sampaikan pula materi yang akan mereka terima saat itu secara sederhana. Jangan biarkan mereka terlalu pusing sebelum mengerjakan.
2. Bentuk Menjadi Beberapa Kelompok
Selesai dengan pemberian materi tadi, guru dapat membentuk siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen. Lupakan soal peringkat, agama, suku dan banyak faktor lain. Biarkan mereka bekerjasama dan membangun solidaritas sendiri.
3. Berikan Tes
Selanjutnya, berikan tes yang berkaitan dengan materi mereka saat itu. Hanya saja, pertanyaan yang dilemparkan hanya boleh dijawab secara individu namun keberhasilan dalam menjawab tersebut mampu membawa tim mereka dalam mendapat poin tertinggi.

4. Berikan Kuis
Kalau sudah diberikan tes sebagai permulaan, Anda bisa memberikan mereka kuis. Peraturannya terserah guru namun sebisa mungkin mampu membangun kerjasama mereka dalam kelompok tanpa mendorong rasa egois karena tes sebelumnya.
5. Berikan Penghargaan Mandiri
Dalam menjalankan PTK Matematika dengan Metode STD, Anda juga jangan melupakan penghargaan untuk siswa yang berhasil menjawab tadi. Beri mereka poin tambahan sebagai motivasi agar mampu mempertahankan atau menambah prestasinya tersebut.
6. Berikan Penghargaan Kelompok
Terakhir, berikan pula penghargaan secara kelompok karena kekompakan dan kerjasama mereka. Berilah poin lebih besar daripada tes individu tadi. Dengan begitu, murid-murid bisa mempertahankan rasa solidaritas dalam tim daripada bekerja secara mandiri.

Memberikan stimulan untuk bekerja secara individu dan kelompok dalam PTK Matematika dengan Metode STD, merupakan suatu gebrakan bagus agar murid tidak hanya mampu mendorong semangat mereka dalam bersaing.Namun juga bekerjasama tanpa membedakan teman-temannya.

CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS VI SD WORD

Tujuan  penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SDN melalui pendekatan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD).
Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  dua  siklus  dan setiap siklus dilakukan tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN. Teknik  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah penelitian pada siklus I dan siklus II dengan instrumen lembar tes dan lembar observasi. ptk matematika sd kelas 5 kurikulum 2013

Instrumen ini untuk mengumpulkan analisis data dengan menggunakan deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil dalam setiap siklus dengan kondisi awal.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  Student  Teams  Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Peningkatan itu  dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus. Siklus I rata-rata nilai 8,4 dan siklus II rata-rata nilai 9,1.




download ptk matematika sd word, ptk sd kelas 4 matematika doc, download ptk matematika sd kelas 5 lengkap, ptk matematika sd kelas 6 kurikulum 2013, download ptk sd word, ptk matematika kelas 4 tentang pecahan, contoh ptk matematika sd kelas 2 kurikulum 2013. download ptk sd masa pandemi, contoh ptk pembelajaran daring di sd, ptk pembelajaran daring kelas 1 sd, ptk pembelajaran daring matematika, ptk pembelajaran daring pdf, ptk masa pandemi pdf.