Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK IPA SD - PENERAPAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SDN

PTK IPA SD - Meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbagai mata pelajaran tentu ada bermacam-macam cara. Sehingga seorang guru harus mampu menentukan teknik mana yang akan digunakan seperti melakukan PTK IPA SD dengan Metode Number Head Together.

SASARAN PTK IPA SD DENGAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER

Number head together merupakan salah satu metode belajar yang memberikan kesempatan pada setiap siswa untuk dapat saling membagikan ide dan mempertimbangkan jawaban paling tepat. Jadi ketika melakukan PTK IPA SD menggunakan cara ini, sasarannya yaitu :

1. Siswa

Sasaran dari penelitian tindakan kelas yang pertama yaitu siswa. Karena memang tujuan dari dilakukannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan serta hasil belajar dari mata pelajaran apapun termasuk IPA. Dalam metode belajar number head together siswa akan dibentuk secara kelompok. Kemudian mendiskusikan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, setelah itu mereka harus mempresentasikan. ptk ipa sd kelas 5

2. Guru

Guru menjadi sasaran kedua, karena hasil dari penelitian ini nantinya dapat digunakan oleh guru sebagai metode atau strategi dalam proses pembelajaran yang akan membantu siswa saat mengalami kesulitan. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA untuk siswa SD, maka guru berperan sangat penting dalam menentukan kelompok belajar setelah mengetahui skor yang diraih oleh peserta didik. Selain itu ia juga harus memberikan tugas.

3. Materi Pembelajaran

Sasaran PTK berikutnya yaitu materi pembelajaran, dalam hal ini ia berperan sangat penting. Karena saat menentukan strategi belajar pada mata pelajaran tertentu peneliti harus mampu menyajikan urutan penyampaian materi. Jika dilihat memang tujuan dari PTK IPA SD dengan Metode Number Head Together adalah mata pelajaran tertentu, maka pemberian materi pembelajaran merupakan sasaran yang paling utama.

4. Peralatan dan Sarana Pendidikan

Peralatan dan sarana pendidikan tentu menjadi salah satu dari sasaran penelitian tindakan kelas, karena pada proses pelaksanaannya alat-alat yang ada di sekolah akan digunakan sebagaimedia dalam strategi pembelajaran. Tidak hanya metode number head together, semua mata pelajaran dengan bentuk mengajar apapun membutuhkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Seperti laboratorium, lapangan olahraga, dan lain-lain. 

Demikian penjabaran mengenai sasaran atau target dalam melakukan PTK IPA SD dengan Metode Number Head Together. Semoga bacaan ini bisa menambah pengetahuan para pembaca dan bermanfaat, terimakasih.

CONTOH LENGKAP PTK IPA SD KELAS 5 WORD

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa rendah, keaktifan siswa dalam pembelajaran rendah, pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional dan teacher center, kerjasama siswa dalam kelompok belum efektif. Untuk memecahkan masalah ini maka diterapkan Numbered Heads Together. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPA kelas 5 SDN dan apakah penerapan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA dengan menerapkan metode Numbered Heads Together. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diungkapkan, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan Numbered Heads Together diduga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji ketuntasan dan analisis deskriptif komparatif. ptk ipa sd kelas 5 kurikulum 2013

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA. Pada kondisi awal sebelum diadakan tindakan, keaktifan siswa kategori tinggi sebesar 46,7% pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 62,2% dan meningkat di siklus II yaitu 75,56%. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 70% siswa mencapai keaktifan tinggi. Hasil belajar IPA ketuntasan siswa pada prasiklus adalah 43,3 % pada siklus I meningkat menjadi 73,3% siswa tuntas dan pada siklus II meningkat dengan 90% siswa tuntas. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% siswa tuntas. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti dapat dibuktikan kebenarannya, dengan penerapan Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN.



download ptk sd kelas 6 lengkap word, download ptk ipa sd kelas 5 lengkap word, ptk ipa sd kelas 6 pdf, download ptk sd kelas 4 lengkap word kurikulum 2013, ptk ipa sd kelas 4 pdf, proposal ptk ipa sd pdf, download ptk sd ipa, ptk sd kelas 5 ipa, contoh ptk pembelajaran daring, download ptk sd masa pandemi, proposal ptk ipa sd pdf.