Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK BAHASA INDONESIA SMP - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS 9 DI SMP

PTK BAHASA INDONESIA SMP - Tujuan pelaksanaan PTK bahasa Indonesia SMP bertemakan paragraph adalah, untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan memahami ide pokok dari sebuah tulisan. Sehingga kreatifitas dapat terus terlatih dan dapat menghasilkan karangan berkualitas.

METODE PTK BAHASA INDONESIA SMP BERTEMAKAN PARAGRAPH

Penelitian tindakan kelas ini sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam merancang sebuah paragraf dan mampu membuat tulisan yang berkualitas. Beberapa metode pembelajaran diluncurkan untuk menggali potensi. Berikut ulasannya  :

1. Metode Ubah Paragraf

Dengan metode pembelajaran ini, siswa akan berlatih mengubah paragraf yang sudah terbentuk menjadi sebuah karangan baru tanpa mengurangi dan menambahi apapun. Jadi hanya diperlukan sebuah kreatifitas dalam menyusunnya.

Siswa akan menerima sebuah kertas yang berisi kalimat-kalimat. Nantinya akan dirancang menjadi paragraf baru. Hal ini melatih dalam menyusun sebuah karangan dengan isi berbeda dari sebelumnya namun tetap memiliki makna. ptk bahasa indonesia smp kelas 9 doc

2. Metode Kartu Paragraf

Pada metode ini siswa dihadapkan dengan beberapa kartu berisi paragraf dan ditugaskan untuk menyusunnya menjadi sebuah karangan yang relevan, runtut dan logis. Ini bisa dilakukan perorangan atau berkelompok.

Susunan potongan paragraf di atas dapat langsung ditempelkan pada selembar karton kemudian dibuat serapi mungkin agar terlihat bagus dan enak dilihat atau dibaca. Jadi disini, siswa dilatih untuk merancang sebuah karangan sedemikian rupa dengan paragraf yang ada agar terlihat logis dan natural.

3. Metode Gambar Menjadi Paragraf

Metode ini adalah cara yang paling sering ada di setiap lembar kerja siswa untuk melatih menyusun sebuah rangkaian gambar menjadi satu kesatuan kejadian. Kemudian nantinya akan dibuat cerita masing-masingnya dan jika disusun akan menjadi sebuah karangan.

Pada metode ini, biasanya pengajar akan menyediakan wadah yang berisi banyak gambar kemudian murid akan memilih beberapa dan merangkai kisah sesuai kejadian di dalamnya. Disini akan terlihat kreatifitas siswa dalam merangkai kata-kata.

4. Metode Kalimat Menjadi Paragraf

Disini siswa akan memilih beberapa kalimat yang ada di suatu wadah kemudian merangkainya menjadi sebuah urutan ide pokok cerita. Masing-masing akan dirancang menjadi paragraf dan disatukan dalam suatu cerita karangan.

Metode ini melatih para siswa meningkatkan daya kreatifitasnya dalam memilih ide pokok dan mengembangkannya menjadi sebuah paragraf dan menyatukannya menjadi sebuah cerita yang logis. Jadi bisa meningkatkan kemampuan menulis dan mengarang mereka.

Itulah beberapa metode PTK bahasa Indonesia SMP bertemakan paragraph yang bisa diterapkan dalam melatih kemampuan siswa dalam menulis sebuah karangan.

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP MATERI MENULIS

Menulis merupakan kegiatan yang bersifat berkelanjutan sehingga pembelajarannya pun perlu dilakukan secara berkesinambungan sejak sekolah dasar. Hal tersebut berpengaruh pada pemikiran bahwa menulis merupakan kemampuan dasar sebagai bekal belajar menulis di jenjang berikutnya. Oleh karena itu, pembelajaran menulis di sekolah perlu mendapat perhatian yang optimal sehingga dapat memenuhi target kemampuan menulis yang diharapkan. Menulis sebagai suatu kegiatan berbahasa yang bersifat aktif dan produktif merupakan kemampuan yang menuntut adanya kegiatan encoding yaitu kegiatan untuk menghasilkan atau menyampaikan isi bahasa kepada pihak lain melalui tulisan.

Menulis merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap orang yang terlibat dalam kegiatan sosial, ekonomi, pendidikan, teknologi, dan lain-lain. Hal ini disebabkan semua aktivitas komunikasi saat ini tidak dapat melepaskan diri dari pemanfaatan sarana tulis. Dengan menulis seseorang dapat menceritakan ide, perasaan, peristiwa, dan benda kepada orang lain, oleh karena itu, ini perlu diajarkan di sekolah dasar dengan tepat. Selain itu menulis juga merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa. contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan metode field trip. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis memberikan tes dan menyebarkan angket kepada siswa. Di samping itu, penulis melakukan wawancara kepada guru bidang studi bahasa Indonesia.

Setelah dilakukannya penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menulis siswa dapat meningkat setelah menggunakan metode field trip dan siswa pun lebih termotivasi dalam belajar, terutama belajar menulis paragraf narasi, sehingga siswa dapat menuangkan ide/gagasan dan mengembangkanya sehingga kemampuan menulis narasi siswa dapat terkembangkan dengan optimal.

DOWNLOAD DISINI PTK BAHASA INDONESIA KELAS IX - MENULIS


ptk bahasa indonesia smp kelas 9 kurikulum 2013, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 kurikulum 2013, ptk bahasa indonesia smp kelas 7, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, ptk bahasa indonesia smp kelas 8 pdf, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 di masa pandemi.