Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTS SD - PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH SD

PTS SD - Pembelajaran akan terlaksana dengan baik jika guru dan murid memiliki keterkaitan interaksi. Penelitian tentang meningkatkan mutu pendidikan harus didukung dengan media yang memadai di dalam lingkungan sekolah. PTS SD dalam Supervise akademik merupakan hal terpenting dalam lembaga formal ini. 

PERENCANAAN PTS SD DALAM SUPERVISE AKADEMIK

Supervise mengacu pada sebuah kegiatan akademik yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini biasa diadakan di jenjang pendidikan seperti sekolah dasar (SD). Sebuah Inovasi baru dan berbeda, akan membantu guru dalam mendapatkan hasil pembelajaran dari PTS. 
Diperlukan beberapa perencanaan yang baik agar dalam sebuah penelitian dapat terlaksana sesuai apa yang diharapkan. Supervise akademik harus dipersiapkan dengan matang. Pelaksanaannya tetap harus di koordinaskan antara seorang guru dengan pemimpin lembaga sekolah dasar. contoh pts sd pdf
Perencanaan penelitian merupakan syarat mutlak yang wajib dilaksanakan. PTS dapat dimulai dari sebuah pertemuan awal, observasi dalam lingkup sekolah, dan wawancara dengan siswa Sekolah dasar (SD). Tersusunnya perencanaan akan membuat koordinasi pemimpin lembaga dan pengajar terjalin hubungan baik.

SUPERVISE AKADEMIK GURU SEKOLAH DASAR

Kegiatan Supervise akademik dilakukan untuk memberi layanan kepada pendidik guna memperbaiki hal dalam pengajaran. Pembinaan yang direncanakan untuk guru akan membantu kinerjanya agar lebih efektif. Penelitian dalam lingkup sekolah dasar pendidik mampu menyampaikan bahan ajar sesuai kebijakan. 
Memberikan layanan dan bantuan tujuannya hanya untuk meningkatkan mutu pendidkan. Penelitian tindakan Sekolah dapat berjalan sesuai kebijakan yang sudah ditetapkan dalam jenjang SD. Supervise Akademik masih berkenaan dengan beberapa aspek seperti :
1. Pembinaan terhadap guru akan membantu jika dalam pengajaranya mendapat permasalahan
2. Pemantau kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh kepala sekolah akan membantu hasil PTS
3. Peran aktif pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Hasil dari beberapa aspek jika dijalankan sesuai maka penelitian tindakan sekolah akan berhasil dan optimal. Jenjang pendidikan diharapkan tetap mengadakan pemantauan secara berkala. Lingkungan sekolah dasar menjadi tempat yang cocok untuk menerapkan PTS SD dalam Supervise Akademik.

CONTOH ABSTRAK PTS SD 

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru melalui Supervisi Akademik di SD. Tujuannya antara lain adalah (1) Memperoleh gambaran perencanaan Supervisi Akademik di SD. (2) Memperoleh gambaran implementasi supervisi di SD. (3) memperoleh gambaran umpan balik supervisi di SD. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Contoh penelitian tindakan sekolah sd docSubjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru SD. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, focus group discussion, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Kredibilitas digunakan untuk uji keabsahan data, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. download contoh pts ptk sd smp sma
 
Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan supervisi akademik berupa perencanaan tujuan, sasaran, waktu, tempat, dan instrumen untuk pengembangan situasi pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. (2) Implementasi supervisi akademik dilakukan dengan kunjungan kelas secara rutin, melakukan kegiatan yang melibatkan guru dan siswa, pelaksanaan penataran kurikulum baru, penilaian kinerja guru dan reward yang dijanjikan; (3) Umpan balik supervisi akademik berupa pemberian penguatan, kepuasan, motivasi, kerja sama, intervensi memberi bantuan didaktis atau bimbingan, supervisi terhadap diri sendiri dan diberi pengetahuan tambahan. Tindak lanjut hasil supervisi akademik berupa penguatan, meganalisis pencapaian tujuan pembelajaran, menganalisis target keterampilan pembelajaran, menyimpulkan hasil dari apa yang diperolehnya selama supervisi akademik, mendorong guru untuk merencanakan latihan-latihan, sekaligus menetapkan rencana berikutnya.



download pts sd lengkap doc, penelitian tindakan sekolah sd lengkap dengan lampiran, pts kenaikan pangkat kepala sekolah, laporan pts kepala sekolah sd lengkap, download pts sd pdf, contoh pts kepala sekolah di masa pandemi.