Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK PKN SMA - UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI POKOK PERANAN PERS MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XII SMA

PTK PKN SMA - Pendidikan kewarganegaraan merupakan sarana belajar dalam mengembangkan kemampuan, watak serta karakter warganegara yang demokratis dan bertanggung jawab. Maka dari itu mata pelajaran ini sangat penting untuk diajarkan pada tingkat sekolah melalui PTK PKN SMA untuk hasil yang lebih baik. 

PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA PROSES PEMBELAJARAN PKN

Melalui model pembelajaran Inkuiri tugas guru adalah mengatur strategi belajar, menghubungkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru. Selanjutnya pengajar mempelajari berbagai peristiwa dan gejala ilmiah melalui pendekatan terhadap penelitian para pakar yang melingkupi bidangnya.
Sedangkan dari sisi peserta didik, peran mereka tentu berbeda dengan pihak pengajar seperti terlihat pada beberapa sikap dan tindakan berikut ini :
Peserta didik memahami makna belajar kemudian menggunakan wawasan atau keterampilan yang diperoleh untuk menangani masalah dalam kehidupannya. ptk pkn sma kurikulum 2013 doc
Siswa merumuskan hipotesis, merancang percobaan, mencari data dan menemukan kesimpulan dari masalah yang dihadapi.
Siswa membuat hubungan antara penemuan yang satu dengan penemuan yang lain.
Siswa melakukan pembandingan antara satu penemuan dengan penemuan lainnya.
Beberapa poin di atas memperlihatkan bahwa model inkuiri lebih mengarah pada keaktifan siswa untuk mencari tahu cara penyelesaian masalah. Selain itu mereka berupaya merujuk ke berbagai referensi agar dapat membandingkan antar penelitian satu dengan penelitian lainnya khususnya dalam belajar PKN.

MANFAAT PTK PKN SMA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN

Melalui penelitian tindakan kelas menggunakan model Inkuiri sebagai teknik pembelajaran, memberi perubahan terkait cara belajar yang sebelumnya terlihat monoton. Selain itu para siswa SMA menjadi lebih aktif untuk mencari tahu secara mandiri tanpa harus terlalu bergantung pada penjelasan guru.
Guru dalam hal ini juga merasakan manfaat dalam merancang proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara integrative dan komprehensif pada aspek afektif, psikomotorik serta kognitif sehingga tercapai hasil belajar yang memuaskan dan sesuai harapan.
Penerapan model pembelajaran inkuiri pada kenyataannya memberi semangat belajar siswa untuk bersikap mandiri dalam menemukan solusi permasalahan. Teknik belajar tersebut selaras dengan tujuan PTK SMA PKN demi meningkatkan hasil belajar para murid yang memuaskan.

CONTOH ABSTRAK PTK PKN KELAS XII SMA

Pendidikan Kewarganegaraa bertujuan untuk membentuk watak warga negara yang baik, yaitu warga negara yang tahu, mau, dan sadar akan hak serta kewajibannya. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pembelajaran PKn di SMA adalah 63,25. Rendahnya nilai siswa disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan guru monoton. Guru jarang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII SMA dalam pembelajaran PKn (2) menjelaskan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII SMA. ptk pkn sma kelas xii
Metode pembelajarannya adalah pembelajaran inkuiri, yaitu pembelajaran yang menekankan pada siswa untuk menemukan sendiri hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa Kelas XII SMA sebanyak 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan hasil tes. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata kelas dan prosentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdapat 4 komponen yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII SMA dalam pembelajaran PKn adalah penggunaan metode pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan materi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes terbukti terdapat kenaikan persentase tingkat pemahaman dari siklus I sebesar 65,25 % menjadi 91,5% pada siklus II, atau mengalami peningkatan sebesar 26,25%.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII SMA dalam pembelajaran PKn. Untuk itu peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran inkuiri untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.



ptk pkn sma kelas xii, contoh ptk pkn sma kelas xi, ptk pkn sma pdf, ptk pkn lengkap, ptk pkn masa pandemi, ptk sma kurikulum 2013, ptk pkn pdf, ptk pkn sma kurikulum 2013 pdf, ptk pkn smk, ptk pkn jadi, contoh ptk pkn sma kelas xi, contoh ptk sma, ptk pkn sma untuk kenaikan pangkat, ptk pembelajaran pkn.