Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK PENJASKES SMA - PENDEKATAN MEDIA AUDIO VISUAL SENAM LANTAI ROLL DEPAN DAN ROLL BELAKANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PENJASORKES SISWA KELAS X SMA

PTK PENJASKES SMA - Pendidikan olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang memberikan peranan penting. Bidang studi tersebut juga tidak lepas dari tujuan pendidikan pada umumnya. Ketika proses pembelajaran dilakukan maka PTK POK SMA dapat dijadikan strategi dalam mengajarkan para siswa.

PTK POK SMA DALAM KAITANNYA DENGAN GERAKAN ROLL DEPAN

Seperti diketahui bahwa pendidikan olahraga dan kesehatan mengikut sertakan senam lantai pada proses pembelajarannya. Hal tersebut tentu tidak lepas dari gerakan roll depan. Ketika pembelajaran berlangsung, masih ditemui berbagai kendala yang kompeks sehingga minat dan siswa berkurang.
Kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai permasalahan. Beberapa kendala yang diketahui selama pembelajaran POK berlangsung antara lain:
Kurangnya fasilitas olahraga senam lantai membuat siswa merasa khawatir bila salah melakukan gerakan roll depan sehingga berakibat pada cedera tubuh. ptk penjas atletik sma
Senam lantai dianggap kurang terkenal bila dibandingan dengan cabang olahraga lain seperti sepakbola, bulu tangkis, basket dan voli.
Siswa terlalu banyak menunggu giliran karena malu melakukan guling depan bila diketahui terdapat kesalahan pergerakan oleh teman-temannya.
Setelah mengamati berbagai permasalahan di atas maka perlu melakukan PTK POK SMA agar ditemukan solusi yang tepat. Melalui model belajar sesuai dengan kondisi para siswa maka perlahan mengubah pandangan mereka bahwa senam lantai termasuk proses pembelajaran menyenangkan.

PTK POK SMA DALAM MENYEDIAKAN MODEL PEMBELAJARAN

Penelitian tindakan kelas pada prosesnya berupaya menemukan model pembelajaran seperti apa yang seharusnya diterapkan. Salah satu yang dapat dipilih adalah permainan tiga pos. Pos pertama salah seorang siswa melakukan guling depan dengan awalan jongkok. Setelah itu berlanjut pada pos dua.
Pada pos kedua siswa SMA melakukan kembali gerakan roll dengan awalan sedikit membungkuk ke depan. Bila gerakan tersebut berjalan dengan lancar, maka siswa tersebut berlanjut hingga pos ketiga. Pada pos terakhir ini gerakan dilakukan dengan posisi awalan berdiri tegak dengan kaki menutup rapat.
Secara tidak langsung model pembelajaran tiga pos ini memacu semangat siswa untuk sampai pada pos terakhir. Maka dari itu PTK POK SMA memberi solusi pembelajaran lebih baik dari sebelumnya. Terlihat sekali para murid pada akhirnya terpicu untuk berkompetisi mencapai hasil belajar yang memuaskan.

CONTOH PTK PENJAS SMA KELAS X

Penggunaan Media Video Visual untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai pada roll depan dan roll belakang pada kelas X di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran pendidikan jasmani disekolah melalui penggunaan alat bantu media video terhadap hasil belajar senam lantai roll depan dan roll belakang pada siswa kelas X  SMA.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas X SMAN yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama menngunakan soal kusioner pengetahuan tentang senam lantai roll depan dan roll belakang dan guru memberikan materi ajar senam lantai roll depan dan roll belakang kepada siswa, penilaian dilakukan oleh guru dan ahli penjas dengan menggunakan lembar instrumen dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Siklus kedua menggunakan media video visual tentang senam lantai roll depan dan roll belakang kepada siswa. Tindakan yang diberikan siswa hasil refleksi menggunakan media video untuk pembelajaran. ptk pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

Hasil evaluasi pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,85 dengan hasil ketuntasan belajar siswa 29,72%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 78,75 dengan hasil ketuntasan belajar siswa 88%. Berdasarkan hasil hasil penelitian tersebut, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di SMA untuk menggunakan media video visual pembelajaran ini pada siswa, penggunaan media video visual sangat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.



ptk penjaskes sma doc, ptk penjas atletik sma, ptk penjas 2019, ptk penjas sma sepak bola, ptk pjok daring, contoh ptk penjas kurikulum 2013, ptk penjas sma bola voli, contoh proposal ptk penjaskes sma.