Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK IPA SD - PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS 5 SDN

PTK IPA SD - Tingkat Sekolah Dasar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam erat kaitannya dengan sistem pencernaan makhluk hidup. Pada lingkup materi tersebut memerlukan perhatian serius dari guru maupun siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang merujuk pada PTK IPA SD agar berjalan secara efektif.

PERLUNYA PTK IPA SD DALAM MENCAKUP MATERI ORGAN-ORGAN PENCERNAAN

Secara umum penelitian tindakan kelas mencakup pada proses perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada proses observasi ditemui berbagai permasalah yang menyebabkan motivasi belajar siswa menurun. Hal ini terlihat dari reaksi mereka yang cenderung bermain ketika guru sedang menjelaskan.
Pembelajaran materi organ pencernaan membutuhkan keseriusan dan pemahaman siswa agar hasil belajar yang didapat lebih baik dari sebelumnya. Namun beberapa permasalahan yang terjadi berikut ini menghambat kemampuan siswa untuk memahami pembelajaran dengan baik :
Minat belajar siswa masih kurang dalam menghadapi materi pencernaan.
Sering tidak fokus dalam menyimak penjelasan guru dengan bermain sambil berbicara dengan teman sebangku.
Siswa takut bertanya padahal materi organ-organ pencernaan belum dipahami.
Guru mengajarkan dengan cara cenderung monoton dengan metode ceramah.
Guru belum memanfaatkan media belajar apapun selama proses pembelajaran berlangsung.
Guru kurang memperhatikan potensi dan motivasi siswa sehingga tidak terjalin pembelajaran IPA yang berkesan.
Melihat permasalahan di atas dapat dikatakan bahwa tidak tercapainya keberhasilan bukan hanya berasal dari siswa tetapi juga cara mengajar guru. Maka dari itu PTK IPA SD menuntun pengajar dalam menemukan solusi pembelajaran yang cocok dalam menghadapi kondisi tersebut.

PTK IPA SD DALAM MENYUGUHKAN PILIHAN MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam membutuhkan model belajar yang dapat membangun suasana menghibur selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal itu demi menimbulkan minat belajar siswa dalam mengikuti materi organ-organ pencernaan menjadi lebih semangat lagi. 
Guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa susunan puzzle. Secara perlahan media tersebut akan menarik perhatian siswa untuk mencoba menyusun kepingan gambar organ pencernaan menjadi satu kesatuan yang utuh. Metode belajar tersebut dapat menghilangkan rasa bosan siswa dalam belajar. contoh ptk sd
Salah satu model pembelajaran menggunakan media ternyata dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Namun setelah melakukan perubahan metode mengajar lewat PTK IPA SD guru menemukan solusi yang tetap dalam meraih tujuan pembelajaran lebih efektif dari sebelumnya.


CONTOH PTK IPA KELAS V SD - PENCERNAAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA khususnya fungsi organ pencernaan manusia dengan penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation.
Penelitian ini merupakan penelitian PTK Kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa SDN. Dengan menerapkan Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah persentase.

Dari hasil stastistik data menunjukkan peningkatan jumlah siswa untuk skor angka keaktifan siswa ~75 dan skor angka keaktifan siswa <75 dalam mata pelajaran IPA, sebelum diadakannya tindakan skor angka keaktifan siswa ~75 sebanyak 17 siswa, siklus 1 sebanyak 20 siswa dan siklus dua sebanyak 24 siswa. Sedangkan, skor angka keaktifan siswa <75 sebelum tindakan sebanyak 12 siswa, siklus I sebanyak 9 siswa, dan siklus II sebanyak 5 siswa. Sehingga terjadi peningkatan jumlah siswa dengan skor angka keaktifan siswa ~75 dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,35%, kemudian pada siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan sebesar 13,28% ,dengan hasil akhir pada siklus II mencapai 82,76 menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa masuk dalam kategori baik sesuai dengan yang ditentukan penulis. download ptk sd kelas 4 doc

Peningkatan hasil belajar terlihat dari hasil pos test siswa yang tuntas dalam mata pelajaran IPA, sebelum diadakan tindakan yang tuntas hanya 15 orang. Sedangkan setelah siklus I dan siklus II jumlah siswa yang tuntas yaitu meningkat yaitu 21 siswa menjadi 29 siswa. Pada klasifikasi tidak tuntas, sebelum diadakan tindakan terdapat 14 siswa yang belum tuntas pada mata pelajaran IPA. Setelah siklus I dan II siswa yang tidak tuntas berkurang menjadi 8 siswa dan 0 siswa. Pada siklus I dan II sudah mencapai indikator yaitu 100% siswa mencapai KKM dengan rata-rata 75 dari indicator yang sitetapkan oleh penulis sebesar 90 % siswa tuntas KKM dengan rata-rata 70. Ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK IPA SD TERBARU lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTS dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK 019 SD).

CONTOH PTK IPA SD - PTK IPA SD 019



download ptk sd kelas 6 lengkap word, download ptk ipa sd kelas 5 lengkap word, ptk ipa sd kelas 6 pdf, download ptk sd kelas 4 lengkap word kurikulum 2013, ptk ipa sd kelas 4 pdf, proposal ptk ipa sd pdf, download ptk sd ipa, ptk sd kelas 5 ipa, contoh ptk pembelajaran daring, download ptk sd masa pandemi, proposal ptk ipa sd pdf.