Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK MATEMATIKA SMA - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN DUA VARIABEL MATEMATIKA KELAS X SMA

PTK MATEMATIKA SMA - Pembelajaran Matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas menjadi bidang studi penting yang harus hadapi oleh siswa. Materi tersebut perlu tersampaikan dengan baik melalui model pembelajaran yang tepat seperti pada PTK Matematika SMA. Maka dengan begitu diperoleh peningkatan hasil belajar.

PTK MATEMATIKA SMA DALAM MENJANGKAU PEMBELAJARAN SISWA SMA

Tujuan pembelajaran matematika yakni agar siswa memahami, menjelaskan hubungan antar konsep lalu mengaplikasikannya secara luwes, akurat, tepat dan efisien dalam mengatasi masalah. Pentingnya pembelajaran bidang studi ini bahkan sangat mempengaruhi kehidupan manusia.
Proses pembelajaran akan berjalan efektif bila siswa berperan aktif. Sedangkan guru sebagai pihak pengajar berperan penting sebagai pendidik sebagaimana mampu menciptakan suasana belajar menyenangkan. Maka dari itu perlu teknik belajar yang sesuai dengan hasil PTK Matematika SMA. 
Apabila para siswa dapat mengikuti pembelajaran matematika dengan baik, hal tersebut tentu akan memberi manfaat terhadap diri mereka. Sebab keberhasilan aktivitas belajar mengajar dapat dilihat dari proses dan hasil pembelajaran yang dipengaruhi oleh motivasi dalam diri siswa maupun dari luar dirinya. 

PENGGUNAAN MODEL QSH PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Questions Student Have merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa SMA untuk berperan aktif dengan cara menyatukan pendapat kemudian mengukur sejauh mana pemahaman mengenai pelajaran disertai pertanyaan tertulis. Teknik ini secara tidak langsung merangsang rasa ingin tahu.
Tujuan siswa membuat pertanyaan tertulis agar tercapai strategi pembelajaran kooperatif dan meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu materi Matematika. Termasuk merangsang pola pikir para siswa untuk berkembang dalam memecahkan masalah yang dihadapi. latar belakang ptk matematika sma

Guru yang menerapkan model pembelajaran QSH di kelas, dapat memberi peluang pada semua siswaagar tidak sungkan ketika mengajukan pertanyaan tertulis. Sehinga pihak pengajar akan tahu materi mana yang belum benar-benar dipahami oleh anak didiknya.
Mendorong siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran adalah keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebab selama ini model pembelajaran konvensional hanya terpusat pada guru. Itulah sebabnya PTK Matematika SMA memilih model QSH agar anak didik memiliki minat tinggi dalam belajar.

CONTOH ABSTRAK PTK MATEMATIKA KELAS X

Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan dikelas X SMAN, yaitu  rendahnya nilai  rata-rata peserta didik pada materi Sistem Persamaan Dua Variabel matematika dikarenakan sulitnya peserta didik dalam membedakan antara kalimat terbuka dan kalimat tertutup dan keabstrakan peserta terhadap simbol-simbol yang terdapat dalam materi Sistem Persamaan Dua Variabel matematika. Selain itu berdasarkan pengamatan juga diperoleh fakta bahwa rendahnya nilai belajar peserta didik dikarenakan kurangnya aktifitas peserta didik pada pelajaran matematika, kegiatan pembelajaran masih didominasi  oleh  guru,  peserta  didik  yang  tidak  memahami  tersebut  tidak  mau bertanya. Diharapkan pembelajaran melalui model pembelajaran active learning tipe Question Student Have (QSH) akan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Persamaan Dua Variabel matematika.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran active learning tipe Question Student Have (QSH) di kelas X SMAN   pada   materi   pokok   Sistem Persamaan Dua Variabel   Matematika. 2) Penerapan model pembelajaran active learning tipe Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN pada materi pokok Sistem Persamaan Dua Variabel Matematika.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian peserta didik kelas X SMAN sejumlah 33 peserta didik. Jenis penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Terdap 4 metode dalam pengambilan teknik data, yaitu : (1) Dokumentasi, (2) Wawancara, (3) Tes, dan (4) Observasi. laporan ptk sma

Hasil  penelitian  menunjukkan adanya  peningkatan aktifitas  peserta  didik dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran active learning tipe Question Student Have (QSH) sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN dari nilai rata-rata Pra siklus 50.60 dengan ketuntasan klasikal 15.15% menjadi 60,73 dengan ketuntasan klasikal 66,67% pada siklus  I  dan  pada  siklus  II  mengalami  peningkatan  yaitu  dengan  rata-rata  71,48 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 87,10%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran  matematika  melalui  model  pembelajaran  active  learning  tipe  QSH dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN khususnya pada materi Sistem Persamaan Dua Variabel Matematika.



ptk matematika sma k13, download ptk matematika sma lengkap, download ptk matematika sma kelas xi, ptk matematika sma masa pandemi, ptk matematika sma lengkap doc, ptk matematika sma kelas xii doc, ptk matematika sma untuk kenaikan pangkat, ptk pembelajaran daring matematika sma, contoh ptk matematika sma, ptk matematika sma kurikulum 2013, ptk matematika sma pdf.