Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK IPS SMA -IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KOMPETENSI DASAR MENCATAT TRANSAKSI KE DALAM JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA

PTK IPS SMA - Pada jenjang Sekolah Menengah ke Atas, para siswa akan menghadapi kembali mata pelajaran yang sebelumnya pernah diajarkan sewaktu SMP. Namun peningkatan dalam pembelajaran tetap memerlukan PTK Ekonomi SMA sebagai upaya menaikkan semangat belajar siswa dan mampu berpikir kreatif.


JURNAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATERI EKONOMI

Penjurnalan diberlakukan untuk melakukan identifikasi, penilaian dan pencatatan terkait pengaruh ekonomi dari satu atau lebih transaksi dari suatu lembaga perusahaan. Melalui pencatatan ini nantinyaakan memperlancar proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi ke dalam sebuah akun. ptk sma kurikulum 2013
Hubungan jurnal dengan pembelajaran ekonomi tentu menyangkut sumber atau referensi yang dapat digunakan guru sebagai media bantu dalam mengajar. Hal ini turut menjadi gambaran jelas bagi para siswa SMA untuk mengetahui lebih lanjut terkait aktivitas ekonomi secara teori maupun prakteknya.
Jurnal sebagai media pembelajaran bersifat informatif tentu memberikan pengetahuan terhadap penggunanya. Guru dalam hal ini akan menerapkan model pembelajaran dengan menggunakan alat peraga tersebut. Hal ini tentu selaras dengan hasil PTK Ekonomi SMA untuk memotivasi belajar siswa.

PERAN PTK EKONOMI SMA DALAM MEMBANTU PEMBELAJARAN EKONOMI

Siswa SMA akan dihadapkan pada pola pikir lebih maju dari pendidikan sebelumnya. Khususnya dalam menjalani pelajaran ekonomi. Guru dalam hal ini tidak hanya meminta murid untuk membaca jurnal, tetapi juga turut menjadi tugas siswa dalam membuatnya secara individu maupun berkelompok.
Peran PTK Ekonomi SMA dalam hal ini tentu tidak lepas dari memberi pilihan model pembelajaran bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu ada pengaruh lain yang diberikan seperti:
Guru dapat menjelaskan dengan media peraga yang dapat dilihat dan diketahui langsung oleh para siswa.
Siswa menjadi lebih aktif untuk belajar bidang studi ekonomi karena secara tidak langsung mereka akan melihat seperti apa proses bisnis yang telah berjalan hingga kini.
Siswa dapat bekerja sama dengan kelompok apabila ditugaskan guru dalam pembuatan jurnal umum dan jurnal penyesuaian.
Mempengaruhi hasil belajar siswa yang semula tarpantau menurun kemudian perlahan meningkat.

DOWNLOAD CONTOH PTK IPS EKONOMI SMA KELAS XI

Permasalahan dalam penelitian ini mengenai implementasi pendidikan karakter dalam pengajaran yang dilakukan di SMA yang kurang maksimal, serta masih ada siswa yang nilainya belum mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah, sehingga dibutuhkan suatu inovasi metode pembelajaran yang dapat meningkatkan karakter siswa menjadi lebih baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam memahami materi pelajaran jurnal umum. Contoh ptk ekonomi sma doc Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengimplementasian pendidikan karakter dalam pengajaran, untuk mengertahui perbedaan karakter siswa sebelum dan sesudah perlakuan serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode STAD.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental method). Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA, yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan metode pengundian yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol, kemudian didapat kelas XI IPS  sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode tes, metode observasi, metode angket dan metode wawancara. Data diuji dengan menggunakan uji paired sample t-tets dan independent sample t-test
Hasil penelitian diperoleh 1) Implementasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru bidang studi ekonomi di SMA telah dilaksanakan dengan baik.2) ada peningkatan pendidikan karakter siswa pada kelas eksperimen sebesar 4%. 3) metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional sebesar 1.97.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah perlu ada pelatihan pendidikan karakter bagi guru dikarenakan masih banyak guru yang kesulitan mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pengajaran, perlu juga diadakannya pelatihan variasi model pembelajaran guna membantu guru untuk menambah referensi dalam mengajar.dan perlu adanya peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas.



contoh ptk geografi, ptk geografi sma kelas xii, proposal ptk geografi sma pdf, penelitian tindakan kelas geografi, ptk guru geografi, judul ptk geografi, judul penelitian tindakan kelas geografi sma, download ptk sma lengkap, ptk geografi sma kelas xii, download ptk ekonomi sma lengkap doc,
proposal ptk geografi sma pdf, ptk sma kurikulum 2013, ptk ekonomi sma pdf, contoh ptk geografi, ptk ekonomi sma kelas xii,