Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK IPA SMP - PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS VII SMP

PTK IPA SMP - Biologi merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, taksonomi dan persebaran makhluk hidup. PTK Biologi SMP dalam hal ini memberi peranan penting pada proses pembelajaran lebih efektif terhadap bidang studi tersebut.


KETERKAITAN ANTARA BIOLOGI DENGAN MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Mata pelajaran biologi berkaitan erat dengan ilmu lingkungan. Bidang studi tersebut tidak lepas dari membahas subbab bahasan ekosistem, populasi dan komponen biotik maupun abiotik. Materi tersebut secara tidak langsung menggambarkan sebuah lingkungan tempat dimana makhluk hidup tinggal.
Melalui pembelajaran Biologi yang disampaikan oleh guru khususnya topik bahasan pengelolaan lingkungan, siswa diharapkan memiliki kesadaran terhadap kelestarian tempat bermukimnya makhluk hidup tersebut. Maka dari itu materi ini perlu tersampaikan dengan baik saat proses belajar mengajar. proposal ptk biologi sma doc
Pembelajaran materi pengelolaan lingkungan memerlukan keseriusan dari pihak pengajar dan peserta didik. Apabila tersampaikan dengan tepat dan berkualitas, maka para siswa akan memahami betapa besar peran mereka untuk peduli terhadap permasalahan lingkungan. 

TUJUAN PTK BIOLOGI SMP DALAM MELINGKUPI MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Materi pengelolaan lingkungan termasuk padabahasan pokok dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Itulah sebabnya selalu diajarkan untuk berbagai tingkat sekolah formal. Pembelajaran yang baik maka perlu disertai dengan cara guru mengajar melalui panduan Penelitian Tindakan Kelas.
PTK Biologi SMP dalam hal ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa khususnya materi pengelolaan lingkungan seperti:
Meningkatkan kualitas belajar mengajar bidang studi Biologi di kelas 
Memotivasi siswa agar menyadari dan menghargai pentingnya kelestarian lingkungan hidup.
Membangun suasana belajar yang lebih kreatif, bervariasi dan menyenangkan.
Memberikan perubahan lebih baik terhadap hasil belajar biologi siswa 
Membei pilihan model pembelajaran efektif kepada guru.
Betapa erat kaitannya antara pengelolaan lingkungan materi belajar para siswa. Dalam hal ini PTK Biologi SMP berusaha menjembatani proses pembelajaran agar lebih berkualitas dan memotivasi minat siswa tidak hanya ketika belajar di kelas tetapi juga saat mereka berada di lingkungan luar sekolah.

DOWNLOAD PTK IPA BIOLOGI KELAS VII SMP

Pembelajaran pada siswa di kelas VII  SMP lebih banyak dilakukan di dalam kelas, kurang bervariasi, dan kurang memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Materi pemblajaran disampaikan secara teoritik dan tidak berhubungan dengan kehidupan nyata. Proses pembelajaran tersebut menimbulkan kecenderungan siswa bersikap pasif. Dinamika dan interaksi dalam kelas juga belum optimal. Akibatnya, penguasaan kompetensi masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada hasil ulangan harian dengan ketuntasan klasikal hanya 68,57%. Pembelajaran ini bertujuan untuk menjadikan agar lebih berkualitas, sehingga penguasaan kompetensi siswa lebih meningkat. judul ptk ipa sd kurikulum 2013

Penelitian menggunakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengambilan data, dan refleksi. Penenilti menggunakan data aktivitas siswa pada tiap siklus, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes tertulis siswa di akhir siklus. Keaktifan siswa mengalami kenaikan. Pada siklus 1 presentase siswa aktif sebesar 64,86% sedangkan pada siklus 2 sebesar 91,89%. Berdasarkan hasil refleksi diadakan perbaikan pada bentuk kegiatan dan sumber belajar. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada ketuntasan klasikal dan nilai  rata-rata. Siklus 1 ketuntasan belajar siswa adalah sebesar 70,27% dengan nilai rata-rata 69,73. Pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa 91,89%, dengan nilai rata-rata 88,92.



ptk ipa smp masa pandemi, ptk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru pdf, ptk ipa smp pdf, ptk ipa smp kelas 8 kurikulum 2013, contoh ptk pembelajaran daring, contoh ptk ips smp masa pandemi, contoh ptk masa pandemi smp, ptk ipa smp kelas 9 pdf.