Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK IPA BIOLOGI SMP - UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA PENCERNAAN MANUSIA MODEL JIGSAW DI KELAS VIII SMP

PTK IPA BIOLOGI SMP - Biologi mencakup banyak materi subbab pembahasan mulai dari pengetahuan tentang genetika, anatomi dan sejenisnya. Bahasan pokok mengenai pencernaan juga turut dihadirkan ketika proses balajar mengajar berlangsung. Maka dari itu PTK Biologi SMP dapat dilibatkan dalam praktek pembelajaran.


PERAN PTK BIOLOGI SMP DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Sejauh ini proses pembelajaran bidang studi Biologi menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada prakteknya teknik ini terpusat pada guru seperti memberi penjelasan lisan lebih banyak. Sesekali diselingi dengan sesi tanya jawab. Tidak jarang pula penyajian materi menggunakan slide presentasi. ptk kurikulum 2013 smp
Model konvensional menyebabkan proses belajar mengajarhanya terpusat pada guru. Sedangkan dari sisi peserta didik hanya sekedar mendengarkantanpa memahami inti pelajaran yang disampaikan. Pengaruh dari metode tersebut hanya dirasakan oleh sebagian siswa saja tanpa bersifat menyeluruh.
PTK Biologi SMP mengamati hal tersebutsebagai kondisi belajar mengajar untuk segera dibenahi. Maka dari itu dilakukan observasi, perencanaan kemudian menentukan model belajar seperti apa yang dinilai efektif pada saat diterapkan.

PTK BIOLOGI SMP PADA SUBBAB PEMBAHASAN MATERI PENCERNAAN

Saat pembelajaran Biologi berlangsung, materi pencernaan umumnya turut dibahas dalam pembelajaran. Siswa akan diberitahukan mengenai sistem, fungsi, enzim-enzim dan organ pencernaan. Maka dari itu perlu teknik pembelajaran yang lebih efektif sehingga peserta didik memahami subbab bahasan tersebut.
Penelitian tindakan kelas dalam pembahasan materi pencernaan meliputi kegiatan yang melibatkan peran guru dan murid sebagai berikut:
Guru menunjukkan ilustrasi gambar sambil menjelaskan kepada siswa mengenai perbedaan saluran pencernaan, kelenjar pencernaan dan organ-organ utama pencernaan.
Guru menjelaskan kepada siswa letak perbedaan antara pencernaan mekanik dan pencernaan enzimatik.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kemudian meyakinkan siswa agar serius atau sungguh-sungguh memperhatikan.
Siswa setelah mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru selanjutnya diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru.
Siswa kemudian akan menjalani tes atau latihan soal setelah sesi tanya jawab berakhir.

Pemahaman yang diberikan kepada para siswa merupakan bentuk penerapan model belajar dari PTK Biologi SMP khususnya materi pencernaan. Melalui penggunaan alat pendukung pembelajaran, para anak didik secara langsung dapat mengamati bentuk ilustrasi dari saluran dan organ pencernaan.

CONTOH ABSTRAK PTK IPA BIOLOGI SMP KELAS VIII

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik observasi dengan penekanan pada proses pembelajaran dikelas. Populasi dalampenelitian ini 42 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.  Sample penelitian siswa kelas VIII SMP.

Data yang dikumpulkan bersunber dari PTK yang mencakup 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) refleksi sebanyak dua siklus. Temuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Umumnya perhatian siswa pada proses pembelajaran meningkat (2) aktifitas siswa dalam pembelajaran meningkat (3) Kesungguhan dan kemampuan siswa untukmenyelesaikan soal yang diberikan  guru meningkat (4) hasil belajar kesebagunan siswa meningkat dari sklus I ke siklus II (5) Jumlah siswa yang memperoleh peningkatan nilai dari sebelumnya meningkat (6) jumlah siswa yang memperoleh penurunan nilai dari sebelumnya berkurang (7) hasil belajar siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan, pada siklus pertama dari rata-rata 59.24 menjadi 78.38 pada siklus ke dua, mengalami peningkatan 32.30%. contoh ptk smp ipa

Berdasarkan temuan diatasd peneliti merekomendasikan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada umunya dapat dipakai sebagai model dalampembelajaran Penecrnaan Manusia.



ptk ipa smp masa pandemi, ptk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru pdf, ptk ipa smp pdf, ptk ipa smp kelas 8 kurikulum 2013, contoh ptk pembelajaran daring, contoh ptk ips smp masa pandemi, contoh ptk masa pandemi smp, ptk ipa smp kelas 9 pdf.