Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK BK SMP - PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IX SMP

PTK BK SMP - Proses belajar mengajar berisi beragam kegiatan guru dan siswa dengan hubungan timbal balik saat berlangsung pada situasi edukatif dalam mencapai tujuan pendidikan. Keberhasilan proses tersebut juga dipengaruhi cara pembimbing memotivasi muridnya dengan merujuk pada PTK BK SMP.


MENGIDENTIFIKASI MASALAH MELALUI PTK BK SMP

Bimbingan Konseling pada dasarnya merupakan cara konselor memberi motivasi terhadap para siswa SMP dengan bertatap muka langsung. Hal paling sering ditemui adalah ketika murid mengalami suatu masalah kemudian sang guru mencoba memberi jalan untuk menuntaskannya.
Melalui bimbingan tersebut, satu atau lebih anak didik mampu memahami diri mereka masing-masing agar tercapai perkembangan lebih mandiri, optimal serta punya perencanaan lebih baik pada masa depan. Kegiatan tersebut secara perlahan akan meminimalkan berbagai permasalahan sebagai berikut :
Malas mencatat materi penting yang disampaikan guru. latar belakang penelitian tindakan bimbingan konseling
Kurang semangat dalam mengikuti pelajaran.
Sering terlambat mengumpulkan tugas sekolah.
Tidak berani maju ke depan kelas mengerjakan jawaban.
Malu bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
Kurang pandai bergaul dengan teman-teman di sekolahnya.
Siswa masih terlihat menganggap remeh pelajaran.
Lebih suka menunggu jawaban soal atau tes dari teman sekelasnya.
Kurangnya dukungan orang tua.
Melalui identifikasi berbagai masalah di atas PTK BK SMP mencoba mencari cara khususnya untuk guru pembimbing agar dapat memotivasi para siswanya. Peran BK yang lebih berstrategi akan mendukung teknik mengarahkan anak didik pada ranah kreativitas, menaati peraturan dan menaati peraturan.

BIMBINGAN DAN KONSELING PERANNYA DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS

Peran konselor saat memberikan motivasi terhadap para murid akan mendukung peningkatan kreativitas belajar. Guru pembimbing dapat menyediakan layanan bimbingan dengan informasi dan penguasaan bahan. Apabila masih belum menemukan keefektifan, strategi alternatif dapat dilakukan.
Langkah alternatif berikutnya adalah dengan penyampaian informasi mengenai pentingnya kreativitas dalam belajar. Prioritaskan tujuan konseling individu khususnya pada murid dengan motivasi belajar sangat rendah. Strategi selanjutnya adalah konselor turut menyertakan bimbingan kelompok 
Melalui bimbingan dan motivasi tersebut, konselor dapat mempengaruhi siswa untuk senantiasi memiliki motivasi dalam belajar. Selain itu peningkatan kreativitas memberi dampak besar bagi masa depan para murid.Itulah sebabnya PTK BK SMP mencari cara yang tepat demi mendukung tujuan baik tersebut.


DOWNLOAD CONTOH PTK BK SMP KELAS IX

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan dalam praktek pendidikan yang cenderung siswa sekolah hanya mengejar status, mereka lebih mementingkan nilai bukannya prestasi. Siswa mengejar nilai dengan cara mencontek dan tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Siswa merasa cepat puas dengan apa yang telah diraih, takut dikritik jika berpendapat dan kurang memiliki rasa ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan. Gejala rendahnya kreativitas siswa SMP dalam belajar seperti kurang mandiri dalam belajar, kurangnya rasa ingin tahu, mengerjakan tugas dengan mencontek, tidak menghargai kemampuan sendiri, takut terhadap guru atau tidak berani mengambil resiko untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya ataupun takut pada kegagalan di kalangan siswa tidak boleh dibiarkan terus menerus karena memberikan dampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Faktor yang turut menentukan prestasi bukan hanya intelegensi atau kecerdasan tetapi kreativitas juga berperan penting. 

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan program bimbingan belajar yang dapat mengembangkan kreativitas siswa SMP. jurnal ptk bk smp
Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang pada pelaksanaannya dilakukan modifikasi terhadap langkah-langkahnya, yaitu studi pustaka, studi pendahuluan dan penyusunan model hipotetik Subjek penelitian diambil 35% dari seluruh siswa kelas IX, yaitu 124 siswa untuk dijadikan sampel sehingga sampel menjadi 50 orang (pembulatan dari 49,6). 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas IX SMP memiliki tingkat kreativitas yang sedang. Hal ini ditunjukkan dengan 48% siswa (24 orang) berada dalam kategori sedang, 16%  siswa (8 orang) memperlihatkan tingkat kreativitas yang tergolong pada kategori tinggi dan 36% siswa (18 orang) memperlihatkan tingkat kreativitas yang tergolong pada kategori rendah. 
Salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas adalah melalui bimbingan dan konseling yang ada di sekolah. Bimbingan belajar adalah salah satu bentuk bimbingan yang ditujukan untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan di bidang belajar, termasuk meningkatkan kreativitas siswa, seperti bagaimana menumbuhkan minat belajar, bagaimana mengerjakan tugas dengan baik, mengungkapkan pendapat tanpa rasa malu dan evaluasi hasi belajar.



download ptk bk smp word, ptk bk masa pandemi,ptk bk smp kelas 7, ptk bk tentang motivasi belajar,  contoh ptk bk masa pandemi, download ptk bk smp word, download ptk bimbingan konseling doc, contoh proposal ptk bk, contoh judul ptbk smp, laporan ptbk.