Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK BAHASA INDONESIA SD - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYUSUN KARANGAN BERDASARKAN RANGKAIAN GAMBAR SERI MELALUI METODE PENUGASAN DAN LATIHAN PADA SISWA KELAS V SD

PTK BAHASA INDONESIA SD - Aspek penilaian dalam Bahasa Indonesia menyangkut keterampilan membaca dan menulis. Dua kegiatan tersebut saling melengkapi dan mempengaruhi. Kebiasaan seperti ini perlu untuk diajarkan dengan baik melalui penerapan PTK Bahasa Indonesia dalam menemukan model pembelajaran.

PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PTKBAHASA INDONESIA

Penelitian Tindakan Kelas secara tidak langsung memberi peningkatan hasil belajar siswa melalui saran model pembelajaran yang tepat. Khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagaimana memerlukan keterampilan dalam membaca, menyimak, menulis dan berbicara.
Teknik pembelajaran yang tepat dari guru memberi dampak terhadap motivasi murid untuk belajar dan menjangkau empat aspek penilaian tersebut. Pengajar sedapat mungkin mengenali potensi anak didiknya dengan memberi pengajaran yang dapat dimengerti dan memiliki kesan menyenangkan.
Itulah sebabnya PTK Bahasa Indonesia perlu lebih cermat dalam menemukan kecocokan model pembelajaran untuk membangun suasana belajar kondusif dan memotivasi siswa untuk belajar. Guru mampu menilai keterampilan membaca dan menulis dari anak didik melalui tugas menulis karangan.


PENGGUNAAN EJAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Siswa SD ketika dihadapkan pada pelajaran Bahasa Indonesia tidak lepas dari membuat karangan tertulis. Dalam penulisan memuat berbagai teknik seperti penggunaan kosakata, tanda baca, pengembangan paragraf, pemisahan atau penggabungan kata serta Ejaan Yang Disempurnakan. 
Penggunaan EYD diperlukan saat siswa SD membuat karangan. Guru dalam hal ini perlu menjelaskan secara rinci mengenai tahap-tahap penulisan mulai dari pemakaian tanda baca, istilah, huruf kapital, kata depan dan menggabungkan kata secara tepat. Fokus siswa dalam menyimak dibutuhkan dalam hal ini. ptk bahasa indonesia kelas 5 pdf

Keterampilan siswa dalam menerapkan penjelasan guru tadi dapat dilihat melalui pemberian tugas. Guru dapat melihat hasil menulis karangan para siswanya apakah memiliki kesesuaian EYD atau tidak. Sehingga pengajar dapat mengidentifkasi keefektifan model pembelajaran yang digunakan.
Setelah mengetahui pentingnya penggunaan EYD, para siswa diharapkan menjadi terbiasa untuk menulis dengan memperhatikan kaidah yang sudah ditetapkan. PTK Bahasa Indonesia SD dalam hal ini mengamati adanya peningkatan hasil belajar murid lebih baik dari model pembelajaran sebelumnya.

CONTOH PTK PENGGUNAAN EJAAN DALAM MENYUSUN KERANGKA

Banyak permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran, yang salah satunya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Materi Bahasa Indonesia kelas V SD tentang “menyusun kerangka sebuah karangan”, ternyata masih banyak siswa yang mengalaini kesulitan memahaininya. Hal inilah yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian.
Jenis penelitian yang dilaksanakan ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun karangan pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dua kali pertemuan dengan waktu pertemuan masing-masing 2x35 menit.

Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan penilaian selama dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data hasil observasi dicatat sebagai catatan bebas. Data mengenai nilai siswa disaring melalui hasil tes, soal dibuat sendiri oleh guru. Data hasil tes ini diperlukan untuk mengetahui hasil pembelajaran.
Analisa data penelitian diolah dengan analisa deskriptif sebagai berikut : Lembar observasi. Data hasil observasi diolah secara deskriptif untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran selama tindakan dilakukan. Tes Hasil pembelajaran siswa Hasil pembelajaran siswa tampak pada perolehan nilai siswa pada setiap tes yang diberikan guru disetiap siklus. Data diolah dengan analisa deskriptif untuk mengetahui nilai rata-rata siswa dan nilai rata-rata kelas serta presentase nilai siswa yang diatas KKM. Download ptk bahasa indonesia kelas 5

Penggunaan Metode Penugasan dan latihan dapat meningkatkan nilai siswa pada mata pelajaran pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri kelas V SD, hal ini ditunjukkan oleh kenaikan nilai yakni dari 38% sebelum siklus, meningkat menjadi 64% pada siklus I dan 90% pada siklus 2. Peningkatan skor minimal dari 40 pada sebelum siklus, menjadi 50 pada siklus 1, dan menjadi 60 pada siklus 2. Peningkatan skor maksimal dari 90 pada sebelum tindakan, 90 pada siklus 2 dan menjadi 100 pada siklus dua. Terjadi pula kenaikan nilai rata-rata kelas. Jika pada pra siklus nilai rata-rata yang dicapai adalah 68 lalu meningkat menjadi 74,5 pada siklus I , menjadi 82.5 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Penugasan dan latihan dapat meningkatkan nilai belajar siswa pada mata pelajaran pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri kelas V SD dapat meningkatkan nilai.

DOWNLOAD DISINI PTK BAHASA INDONESIA - MENULIS KERANGKA


ptk sd kelas 3 bahasa indonesia pdf, contoh ptk bahasa indonesia pdf, contoh ptk sd kelas 4 bahasa indonesia, ptk kelas 1 sd lengkap, download ptk sd kelas 4 bahasa indonesia, contoh judul ptk bahasa indonesia kelas 1 sd, laporan ptk bahasa indonesia sd, contoh ptk kelas 5 sd mata pelajaran bahasa indonesia, contoh ptk pembelajaran daring di sd, ptk pembelajaran daring kelas 1 sd,ptk pembelajaran daring pdf, contoh ptk pembelajaran daring kelas 3 sd, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat,
ptk sd kelas 5 daring, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi.