Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK BAHASA INDONESIA KELAS XI METODE HIPNOSIS

PTK BAHASA INDONESIA KELAS XI METODE HIPNOSIS-Berdasarkan proses pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan metode hipnosis, kegiatan pembelajaran selama tiga siklus terangkum dalam lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, jurnal siswa, dan catatan lapangan yang dibuat setiap siklus. Hasil observasi aktivitas siswa pada setiap siklus pun mengalami peningkatan terutama dalam hal keseriusan mengerjakan tugas, respons dan motivasi siswa untuk belajar menulis naskah drama menunjukkan perbaikan. Hal ini dibuktikan dengan usaha siswa dalam memperbaiki setiap naskah drama yang dibuatnya. Siswa berusaha merangkai dialog-dialog menjadi suatu naskah drama dengan cerita yang utuh.
Hasil observasi aktivitas guru meningkat seiring dengan perbaikan¬perbaikan yang dilakukan guru berdasarkan catatan lapangan. Dalam pemberian materi, guru mampu menarik motivasi siswa karena mampu memberikan penjelasan dengan baik.

Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan metode hipnosis, kemampuan siswa mengalami peningkatan. Melalui proses kegiatan belajar yang dilakukan secara bertahap, akhirnya siswa mampu menulis naskah drama menggunakan metode hipnosis dengan kelengkapan aspek formal naskah drama, kelengkapan unsur intrinsik, keterpaduan unsur dan kesesuaian penggunaan bahasa. Contoh ptk bahasa indonesia smk pdf
Jika dilihat dari kemampuan siswa dalam menulis naskah drama yang mengacu pada skala lima dapat diperoleh data bahwa 29 orang siswa atau sebesar 77% siswa mengalami peningkatan pada siklus II. Siswa yang termasuk kategori tinggi meningkat sebesar 68% atau sebanyak 26 orang siswa. Adapun pada siklus III, peningkatan sebesar 60% atau sebanyak 23 orang siswa berkategori sangat tinggi. Sudah tidak ada siswa yang berada pada kategori cukup, sedangkan sisanya berada pada kategori tinggi.
Tingkat kemampuan tertingigi pada siklus I mencapai nilai 60 dan pada siklus II mencapai peningkatan menjadi 80. Pada siklus III terjadi peningkatan kembali menjadi 95. Peningkatan yang terjadi ini disebabkan semakin terampilnya siswa dalam menulis seiring tindakan pembelajaran yang diberikan guru di dalam kelas.

Adapun tingkat kemampuan terendah setiap siklusnya mengalami peningkatan nilai. Kemampuan terendah pada siklus I sebesar 45. Peningkatan terjadi pada siklus III menjadi 75. Hal ini menunjukkan adanya perbaikan dari kemampuan siswa menulis naskah drama.
Kemampuan tertinggi dan terendah dalam menulis naskah drama, diperoleh kemampuan rata-ratanya. Nilai rata-rata kemampuan siswa pada siklus I berada pada kategori kurang, yaitu 52,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 65 meskipun masih berada pada kategori cukup. Sementara pada siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 85 dan berada pada kategori tinggi.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INDONESIA SMA yang diberi judul MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIPNOSIS SISWA KELAS XI SMAN 1 ... KABUPATEN ... TAHUN AJARAN 2015/2016 ". Disini akan di bahas lengkap.


PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMA 040).

CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI - PTK SMA 040


ptk bahasa indonesia sma lengkap, ptk bahasa indonesia sma daring, ptk bahasa indonesia sma kelas xi pdf, ptk bahasa indonesia sma untuk kenaikan pangkat, ptk bahasa indonesia sma kelas xii doc, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, contoh ptk pembelajaran daring sma bahasa indonesia, contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013 doc, contoh ptk bahasa indonesia.