Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK EKONOMI KELAS IX SMP METODE TPS

PTK EKONOMI KELAS IX SMP METODE TPS-Awal proses yang menjadi kendala di SMP Negeri 2 ...  adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih belum optimal, siswa masih merasa malu dan takut untuk bertanya kalau tidak ada dorongan dari guru, guru masih kurang dalam pengembangan variasi untuk mengajar. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 2 ...  kelas 9.2, diperoleh data bahwa kelas 9.2 memiliki rata-rata nilai ulangan harian sebesar 66,38 yang berarti masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan perlu adanya penggunaan model yang tepat dan bervariasi dalam proses belajar mengajar, salah satu alternatifnya dengan menerapkan model pembelajaran Think Pairs Share (TPS).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9.2 SMP Negeri 2 ...  tahun ajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Download ptk ips smp kelas 9 doc

Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,63 dengan ketuntasan klasikal 67,5%, aktivitas siswa sebesar 77,5% dalam kategori tinggi, aktivitas guru dalam pembelajaran sebesar 77,5% atau kategori tinggi. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88,13 dengan ketuntasan klasikal 82,87%, aktivitas siswa 95% atau aktivitas siswa dalam kategori sangat tinggi, untuk aktivitas guru sebesar 92,5% dengan kriteria sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas 9.2 SMP Negeri 2 ...  pada materi prinsip dan motif ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pairs Share (TPS). Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian adalah perlu adanya kesiapan guru sebelum memulai pelajaran, guru dapat melakukan perbaikan pembelajaran bagi siswa yang belum tuntas belajar, guru juga ada baiknya meningkatkan penguasaan terhadap berbagai jenis model pembelajaran dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti diklat atau seminar pendidikan, sekolah bisa lebih mengembangkan dan memanfaatkan sarana prasarana dalam proses pembelajaran.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas EKONOMI yang diberi judul "PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI DENGAN THINK PAIRS SHARE (TPS) SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 2 ... TAHUN AJARAN 2013/2014"Disini akan  di bahas lengkap.




PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK EKONOMI IX SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 035).

CONTOH PTK SMP KELAS IX EKONOMI DENGAN THINK PAIRS SHARE (TPS) - PTK SMP 035


ptk smp lengkap dengan lampiran, contoh ptk ips smp masa pandemi, ptk kurikulum 2013 smp,p tk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru, contoh ptk pembelajaran daring smp, ptk ipa smp masa pandemi, contoh ptk ips smp kurikulum 2013, contoh ptk ips smp.