PENELITIAN TINDKAN KELAS (PTK) BAHASA INGGRIS SMP

PENELITIAN TINDKAN KELAS (PTK) BAHASA INGGRIS SMP-Pembelajaran yang dilakukan guru selama siklus I dan siklus II menunjukkan performance yang baik. Guru mulai menerapkan metode dan teknik pengajaran yang bervareasi, guru berusaha menstimulus keaktifan dan kekreatifan siswa, guru menyajikan pembelajaran bahasa Inggris secara integral, guru tidak hanya berkomunikasi pada tuntasnya suatu materi pelajaran saja tetapi lebih memperhatikan kemampuan penguasaan yang diperoleh siswa. Contoh ptk bahasa inggris smp doc 

Hal ini dapat dilihat pada pada aspek kesesuaian merespon dengan instruksi terjadi kenaikan pada tahap I dengan nilai 70 ke 75 pada tahap II dan 85 pada tahap ke III, juga terjadi perubahan yang signifikan pada aspek peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mengalami peningkatan dari 75 pada tahap I ke 90 pada tahap II dan 100 pada tahap III. Hal ini juga berpengaruh juga pada aspek tanggapan siswa tentang media snake and ladder penguatan dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan nilai berturut-turut 90, 95 dan 100 pada tahap III. 

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INGGRIS yang diberi judul "
  






UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA SISWA DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN SNAKE AND LADDER DI KELAS VII.1 SMPN 2 ... 
"Disini akan  di bahas lengkap.



PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK BAHASA INGGRIS VII SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 032).

CONTOH LAPORAN PROPOSAL PTK SMP BAHASA INGGRIS

BAB I
PENDAHULUAN


a. Latar Belakang Masalah
Bahasa Inggris mempunyai karakteristik yang berbeda dengan eksakta atau ilmu sosial, yang terletak pada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Hal ini mengidentifikasikan bahwa belajar bahasa inggris bukan hanya belajar kosa kata dan tata bahasa dalam arti pengetahuan, tetapi harus berupaya mengaplikasikan dan menggunakan dalam kegiatan sehari-hari sebagai alat komunikasi (Hansen: 1984). Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya orang meni lai kemampuan bahasa i nggri s seseorang dari kemampuan bicara. Seseorang yang secara lancar dapat menyampaikan ide / gagasan dalam bahasa inggris maka dikatakan mahir dalam berbahasa inggris (Ersoz, Aydan : 2000).

Kemampuan berbicara bahasa inggris siswa kelas VII.1 SMPN 2 ...  dari tahun ¬ke tahun masih rendah. Hal ini diindikasikan dengan mengekspresikan ide dalam bahasa inggris secara lisan sering terhenti di tengah pembi caraan, durasi bicara rata-rata di bawah 5 menit, menggunakan kosa kata sangat terbatas, kurang keberanian untuk memulai bicara dalam bahasa inggris baik kepada guru maupun ke teman sekelas (Suganda, et al: 2007). Temuan peneliti sebagai guru bahasa inggris pada semester sebelumnnya di kelas VII.1 yang berfokus pada transactional interpersonal dan functional menunj ukkan bahwa siswa hanya menjawab pada pokok gagasan saja, kurang dapat mengembangkan jawaban bahkan bertanya dalam bahasa inggris. Singkatnya jawaban yang di berikan siswa bukan menunjukkan keterbatasan ide, akan tetapi lebih pada kemampuan berbi cara bahasa inggris yang masih rendah (Suganda, et al : 2007).

Snake and Ladder adalah permainan yang sudah di kenal siswa sebelumnya. Dalam domain / alamiah snake and ladder lebih menekankan siswa untuk menggunakan komuni kasi verbal dari pada komunikasi visual dan motorik. Download ptk bahasa inggris smp kelas 7 pdf Oleh karenanya menggunakan permainan snake and ladder yang di modifikasi dalam pembelajaran bahasa inggris perlu untuk dilakukan. Peneliti melihat perlu untuk berupaya meningkatkan kemampuan bicara siswa dengan menggunakan permainan snake and ladder ini. Diharapkan dapat meningkatkan komuni kasi verbal dalam bahasa inggris sehingga kemampuan bicara siswa dalam bahasa inggris dapat diti ngkatkan.
Berlatar belakang paparan di atas, maka penulis melakukan penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bicara Siswa Dalam Bahasa Inggris Melalui Permainan Snake and Ladder di Kelas VII.1 SMPN 2 ... ”.

b. Rumusan Masalah Penelitian
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah :
a. Faktor-faktor apa yang menyebabkan rendahnya kemampuan bicara bahasa inggris siswa ?
b. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk meni ngkatkan kemampuan bicara bahasa inggris siswa?
c. Apakah penggunanaan permainan snake and ladder dapat meningkatkan kemampuan berbi cara siswa dalam bahasa inggris ?
d. Kendala apa saja yang mungkin dihadapi dalam pembelajaran menggunakan media permainan snake and ladder ?

c. Definisi Operasional
a. Kemampuan berbicara bahasa inggris (speaking) adalah kemampuan untuk mengungkapkan, menggunakan bahasa inggris secara lisan dengan penggunaan kosakata bahasa inggris serta ide / gagasan yang tersampaikan dengan baik dan benar
b. Permainan Snake and Ladder adalah suatu permainan yang menggunakan papan permainan (board game) dan sebuah dadu (dice) berisi kan 20 kotak perintah yang harus dilakukan oleh pemain (siswa). Kotak perintah sudah dimodifikasi agar siswa mendeskri psi kan sesuatu benda, orang, tempat atau kegiatan.
Gambar 1. Gambar Snake and Ladder

c. Motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk berti ndak melakukan sesuatu. Dalam hal ini motivasi yang dimaksud adalah motivasi belajar bahasa inggris yaitu dorongan/daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegi atan belajar, dan dorongan i ni ti dak hanya merupakan suatu energi yang menggerakkan siswa untuk belajar bahasa inggris tetapi juga sebagai sesuatu yang mengarahkan kegi atan siswa pada tuj uan belajar bahasa inggris.

d. Tujuan Penelitian :
1. Meningkatan motivasi dan kemampuan si swa dalam berbicara bahasa inggris.
2. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbi cara dalam bahasa inggris.
3. Meningkatkan ketrampilan guru dalam menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam meni ngkatkan kemampuan berbicara siswa.
4. Meningkatkan hasil belajar berbicara dalam bahasa inggris.
e. Manfaat Penelitian :
1. Bagi Guru :
- Dapat mengembangkan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih terlibat secara aktif dalam pembelajaran bahasa inggris untuk meni ngkatkan kompetensi berbi cara siswa.
- Memberi masukan bagi rekan-rekan guru dalam meneliti guna meningkatkan kemampuan siswa dan mutu pembelajaran di kelas.
2. Bagi Siswa:
- Dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris yaitu kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa inggris secara lisan dalam mengungkapkan ide / gagasan.
- Dapat meningkatan motivasi belajar siswa dan memberi pengalaman belajar yang menyenangkan serta bermakna.

3. Bagi Sekolah:
- Dapat memberikan masukan bagi sekolah mengenai penggunaan permainan snake and ladder dalam meni ngkatkan kemampuan berbi cara bahasa i nggri s siswa.
4. Bagi Pembaca
- Dapat memberikan masukan bagi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dalam berbi cara bahasa inggris siswa melalui permainan snake and ladder.

DOWNLOAD PTK BAHASA INGGRIS KELAS 7 SMP DOC

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA 


Bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia, karena itu dalam pembelajaran, diperlukan kecerdikan guru dalam memilih strategi, model, dan media pembelajaran. Belakangan ini sedikit guru yang memperhatikan media pembelajaran berupa permainan (games), padahal permainan dapat dijadikan model pembelajaran yang sangat menarik. Andrew Wright, David Betteridge (Games, 1984) berpendapat bahwa belajar bahasa adalah suatu pekerjaan yang berat. Usaha keras diperlukan setiap saat dan harus dimunculkan pada periode tertentu.

Permainan yang diadaptasikan dalam pembelajaran dapat membantu siswa lebih semangat dan lebih tertarik pada pelajaran bahasa inggris. Permainan juga dapat membantu guru untuk menciptakan konteks dalam bahasa sehi ngga lebi h berguna dan bermakna. Agar siswa dapat berpartisipasi dalam permainan itu mereka harus memahami apa yang orang lain telah tulis atau sedang katakan, dan mereka harus berbicara atau menulis supaya dapat mengekpresikan ide-ide mereka atau sekedar memberikan informasi. Interpretasi yang berguna dari kebermaknaan si swa adalah keti ka merespon konten dengan cara terbatas. Ji ka siswa merasa terhibur, tersingung, penasaran atau terkejut konten permainan akan sangat bermakna bagi mereka. Download ptk bahasa inggris smp 2013  Dengan demi ki an makna bahasa yang siswa dengar, baca, bicara dan tulis akan menjadi lebih dirasakan dan diingat pembelajarannya.Jika diterima permainan dapat melengkapi praktek bahasa yang kuat dan berarti. Dengan demikian permainan tersebut tidak digunakan hanya pada hari-hari tertentu pada ahir pembelajaran saja.

Aydan Ersoz (2000 :1) berpendapat bahwa pembelajaran bahasa merupakan suatu tugas yang berat dan kadang-kadang dapat membuat pembelajar jadi frustasi. Usaha yang konstan diperlukan untuk memahami, menghasilkan dan memanipulasi bahasa target. permainan pilihan sangat berarti bagi siswa karena permainan itu kesempatan kepada siswa untuk memperaktekkan keterampilan bahasa target. Permainan sangat memotivasi siswa karena mereka menyenangkan dan menantang. Lebih jauh lagi mereka menggunakan bahasa yang berguna dan bermakna dalam konteks yang sebenarnya. Permainan juga mendorong dan meningkatkan kebersamaan serta memotivasi karena ini menyenangkan dan menarik. Mereka dapat digunakan untuk memberikan praktek pada semua keterampilan bahasa dan dapat di gunakan banyak jenis komunikasi.

Beberapa keuntungan dari penggunaan permainan di dalam kelas adalah :
1. Merupakan sebuah jeda ucapan selamat datang dari kegiatan rutin kelas bahasa.
2. Memotivasi dan menantang.
3. Belajar bahasa memerlukan usaha, permainan membantu siswa membuat dan menunjang usaha belajar.
4. Melengkapi praktek bahasa dalam berbagai keterampilan seperti speaking, writing, listening dan reading.
5. Mendorong siswa untuk berinteraksi dan berkomuni kasi serta menciptakan suatu konteks yang penuh arti untuk pemakai an bahasa.

Dalam menggunakan permainan banyak guru yang masih kurang faham, sehingga tidak heran model pembelajaran ini belum di gandrungi guru. Seperti yang di katakan oleh Agni eszka U berman (1998: 20.) banyak penulis - penulis buku manual dan metodologi yang ternama telah berdebat bahwa permainan hanyalah sekedar permainan pengisi waktu tetapi mempunyai nilai pendidikan. W.R.Lee (1979:2) berpendapat bahwa kebanyakan permainan membuat siswa menggunakan bahasa sebagai pengganti memikirkan tentang bentuk yang tepat. Contoh kumpulan ptk bahasa inggris smp doc Permainan seharusnya di diletakkan di pusat program pengajaran bahasa asing bukan diletakan di luar itu. Pendapat serupa dikatakan oleh Richard Amato, yang meyakini permainan menjadi menyenangkan tetapi memperi ngatkan ti dak melewatkan nil ai pedagogis, khususnya dalam pembelajaran bahasa asing. Terdapat banyak keuntungannya dari penggunaan games. Ini dapat menurunkan kebingungan, sehingga membuat input pemerolehan lebih berkurang (Richard-Amato 1988:118).

Permainan sangat memotivasi dan menghibur, dan mereka dapat memberikan siswa pemalu lebih mempunyai kesempatan mengekspresikan pendapat mereka dan perasaan mereka (Hansen 1994:118). Ia juga dapat memberi kemampuan pada siswa mendapatkan pengalaman baru dalam pembelajaran bahasa asing yang tidak selalu mungkin terjadi selama mengalamai bahasan tertentu. Lebih jauh lagi, menegaskan pendapat Richard-Amato, mereka menambahkan bahwa permainan dapat dijadikan kegiatan ”ice breaking” pada kegiatan rutin pembelajaran di kelas, tetapi juga dapat digunakan untuk memperkenalkan gagasan-gagasan baru (1988:147). Mudahnya, suasana yang menyenangkan yang tercipta karena permainan, siswa dapat mengingat sesuatu lebih cepat dan lebih baik (Wierus and Wierus 1994).

Permainan Ular Tangga atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut Snake and Ladder adalah suatu permainan yang menggunakan papan permainan (board game) dan sebuah dadu (dice). Papan permaian tersebut berisikan 20 kotak perintah yang harus dilakukan oleh pemain. Dalam hal ini kotak perintah sudah dimodifikasi berisikan perintah mendeskripsikan sesuatu benda, orang, tempat atau kegiatan. Gambar media dapat dilhat sebagai berikut.
Gambar 2.
Media Permainan Ular Tangga (lengkap)


CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INGGRIS KELAS 7 SMP

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN 


1. Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 SMPN 2 ...  dan penelitian penulis lakukan sejak bulan Desember 2015 sampai dengan bulan Februari 2016 semester 2 tahun pelajaran 2015/2016.

2. Metode Penelitian dan Rancangan Siklus Penelitian
Metodologi mencakup tempat dan karakteristik penelitian, subjek penelitian. Metode Penelitian yang dilakukan oleh penyusun adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)/ Classroom Action Research (CAR). Prosedur penelitian mencakup langkah-langkah yaitu perencanaan (planning), implementasi tindakan(implemnetation of the action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection).

Berdasarkan definisi di atas, maka penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas karena peneliti berupaya untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengajar untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui serangkaian tindakan dalam proses belajar mengajar. Contoh ptk bahasa inggris smp doc
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang membutuhkan waktu 2 bulan. Daftar kegitan terlihat pada tabel1 berikut i ni:
Tabel .1
Jadwal Kegiatan Penelitian


3. Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.1 SMPN 2 ...  pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa dalam kelas penelitian adalah 22 siswa terdiri atas 10 laki-¬laki dan 12 perempuan.
Penulis memilih kelas ini sebagai subjek penelitian dengan karena :
1. Siswa kelas VII.1 kurang termotivasi untuk inisiatif dan aktif berbicara bahasa inggris baik di dalam kelas maupun di luar kelas, baik dengan guru maupun dengan murid lain.
2. Siswa kelas VII.1 umumnya kurang mampu memberikan deskripsi yang lebih lengkap kalau beri tugas untuk mendeskripsikan sesuatu dengan jelas.
3. Pembelajaran berbicara bahasa inggris tahun lalu yang di bukti kan oleh nil ai rapor menunjukkan kurang memuaskan.

4. Dari hasil tanya jawab secara langsung, mereka mengagap bahwa pelajaran Bah asa Inggris pada keterampilan speaking itu sulit, sehingga ketika tes berbicara sering mendapatkan masalah dan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.
5. Dengan diberi kegiatan pembelajaran menggunakan permainan snake and ladder kemungkinan mereka dapat meningkatkan nilai berbicara siswa , dan lebih aktif menggunakan bahasa inggris secara oral baik di kelas maupun di luar kelas. Sedangkan subjek lain yang diteliti adalah guru penyaji materi pelajaran itu sendiri, dengan fokus penelitian pada bagaimana teknik pengajaran berbicara bahasa inggris melalui permainan snake and ladder.

4. Peran dan Posi si Peneli ti dalam Penelitian
Penulis merupakan guru bahasa inggris di kelas VII.1 SMPN 2 ...  dan dalam penelitian ini penulis bertindak sebagai peneliti sekaligus pelaku

5. Teknik Pengumpulan Data
Data yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dari:
a. Nilai rapor siswa keterampilan speaking kelas VII.1 (yang penulis ajar) tahun pelajaran 2015/2016.
b. Nilai rapor siswa keterampilan speaking kelas VII.1 tahun pelajaran 2015/2016.
c. Scoring sheet (lembar nil ai berbi cara) siswa dalam mendeskri psi kan sesuatu melalui permainan snake and ladder.
d. Hasil ulangan ahir berupa tes lisan dalam bentuk wawancara.
e. Peneliti yang diobservasi oleh observer.
f. Siswa yang terli bat dalam proses pembelajaran.

Dengan jenis data :
a. Data kuantitatif berupa tes lisan dalam bentuk wawancara.
b. Data kualitatif yang berasal dari interaksi antar siswa, atau dengan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan kinerja siswa dibantu dengan lembar observasi terstruktur.
c. Data dari lembar pengamatan yang dibuat oleh observer dan catatan pengamat selama pelaksanaan pelaksanaan ti ndakan pebelajaran di dalam kelas.
d. Data dari kuesioner yang di buat oleh penulis. Download ptk bahasa inggris smp kelas 7 pdf 

6. Validasi Instrumen Penelitian
Data yang di perol eh peneli ti untuk mengetahui ti ngkat kemampuan siswa dalam berbicara adalah
a. Lembar peni laian (scoring sheet) si swa tentang peni laian kemampuan berbi cara dalam mendeskri psi kan sesuatu yang berada dalam media permainan ular tangga.
b. Lembar observasi yang diisi oleh observer ketika peneliti menyajikan materi.
c. Lembaran observasi yang diisi oleh observer tentang partisipasi siswa selama proses pembelajaran di dalam kelas.
a. Hasil tes ahir berbentuk tes lisan.
b. Catatan yang dibuat oleh peneliti.

7. Teknik Analisa Data
Data yang diperoleh melalui lembar observasi pengamatan oleh observer, kemudian di analisis bersama untuk mendapatkan prosentase yang menggambarkan peni ngkatan pada kemampuan berbicara siswa setelah diberi tindakan.
Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini dalah:
a. Menghitung prosentase siswa yang telah mencapai 75% ketuntasan dan atau memperoleh nilai akhir sama atau lebih dari 76 setelah diberikan tindakan. Kegiatan ini dilakukan pada setiap akhir siklus (I dan II).
b. Membandingkan tingkat prosentase peni ngkatan kemampuan berbicara bahas inggris (speaking) mulai dari nilai speaking, lembar penilaian teman dan tes akhir berupa tes lisan dari siklus I dan II.

8. Kriteria Keberhasilan
Kriteria keberhasilan pada penelitian ini adalah bila siswa memperoleh nilai akhir = atau > dari 76 pada test akhir yang dilakukan pada akhir kegiatan di setiap siklus. Kriteria ti ngkat keberhasilan belajar siswa yang kami lakukan di kelompokkan ke dalam 5 kategori, yakni:

a) Tingkat keberhasilan belajar siswa dalam %
(~ - 80%) : sangat tinggi
(60 – 79%) : tinggi 
(40 – 59%) : sedang
(20 – 39%) : rendah 
(~ - 20%) : sangat rendah 

b) Tingkat keaktifan siswa dalam PBM rata-rata/10 menit dalam %
(~ - 80%) : sangat baik
(60 – 79%) : baik
(40 – 59%) : cukup
(20 – 39%) : kurang
(~ - 20%) : sangat kurang

PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INGGRIS SMP LENGKAP

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhamad. 1992. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Reneka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Betteridge. 1994. Games For Lenguage Learning. New York: Universiti Press Crombidge
Brendan. 2003.English For Communicatiaon For SLTP. Jakarta: Erlangga
Darsono, Max. 2000. Belajar dan pembelajaran. ... : IKIP ... 
Depdikbud. 1955. KBBI. Jakarta : Depdikbud
Depdikbud. 2003. GBPP Bahasa Inggris. Jakarta : Depdikbud
Depdikbud. 2003. Kurikulum Bahasa Inggris. Jakarta: Depdikbud
Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan . Bandung : Citra Aditya Bhakti.
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdikbud.
Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Piaget. 1970. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Pudyamoka, Tri. 2003. English For Junior High Scool. Jakarta : Balai Pustaka
Purwo.1993. Pembelajaran Bahasa. Yokyakarta: IKIP Yokyakarta
Sadiman, Arif. 1989. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sadiman, Arif. 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya. Jakarta : Karya Grafindo Persada.
Soeparno. 1996. Media Pengajaran Bahasa. Yokyakarta : IKIP Yokyakarta 

Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya PENELITIAN TINDKAN KELAS (PTK) BAHASA INGGRIS SMP

Postingan terkait: