Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD PTK KELAS X SMA BAHASA INDONESIA

DOWNLOAD PTK KELAS X SMA BAHASA INDONESIA-Pembelajaran sastra seperti prosa, puisi, dan drama bertujuan agar siswa mampu menikmati, memahami, dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Untuk memahami dan menghayati karya sastra, siswa diharapkan langsung membaca karya sastra bukan membaca ringkasannya. Tujuan akhirnya adalah menanamkan dan menumbuhkan kepekaan terhadap masalah-masalah manusiawi, pengenalan dan rasa hormatnya terhadap tata nilai baik konteks individu maupun sosial. Download ptk bahasa indonesia sma pdf
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 ... rendah. Hal ini disebabkan metode yang digunakan guru belum mampu mengubah kemampuan dan perilaku siswa dalam pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur-unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 ..., (2) bagaimana peningkatan kemampuan menganalisis keterkaitan unsur-unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 ..., (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 ... selama mengikuti pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur-unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata atau ketuntasan minimal yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 .... Pengumpulan data siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw. Teknik nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.Proses pembelajaran menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 ... dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) siswa dan guru menemukan materi tentang unsur intrinsik cerpen, (2) guru menyampaikan langkah¬langkah pembelajaran menggunakan metode jigsaw, (3) siswa diminta berkelompok menjadi lima kelompok yang selanjutnya disebut kelompok asal, (4) masing-masing anggota kelompok mendapat tugas menjadi ahli suatu unsur intrinsik tertentu, (5) siswa dengan tugas yang sama berkelompok menjadi kelompok ahli, (6) siswa menemukan materi tentang keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari secara berdiskusi dalam kelompok ahli, (7) siswa kembali pada kelompok asal dan menjelaskan hasil temuan dalam kelompok ahli, (8) guru membagikan cerpen, (9) masing-masing siswa menemukan keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari, (10) Guru memberi masukan tentang kekurangan-kekurangan yang masih ada, (11) Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan.

Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas. Hasil tes siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 68,9 dan hasil tes siklus II menunjukkan nilai sebesar 80,3. Perubahan perilaku siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 ... mengalami peningkatan ke arah yang positif. Pada siklus I siswa cenderung pasif, kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang serius dalam berlatih, dan kurang percaya diri. Pada siklus II, perilaku siswa berubah menjadi aktif, memperhatikan penjelasan guru, serius dalam berlatih, dan menjadi percaya diri.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INDONESIA SMA yang diberi judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KETERKAITAN UNSUR INTRINSIK SUATU CERPEN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 3 ... TAHUN PELAJARAN 2015/2016". Disini akan di bahas lengkap.



PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS X lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMA 028).

DOWNLOAD PTK BAHASA INDONESIA KELAS X 2015/2016 - PTK SMA 028


ptk bahasa indonesia sma lengkap, ptk bahasa indonesia sma daring, ptk bahasa indonesia sma kelas xi pdf, ptk bahasa indonesia sma untuk kenaikan pangkat, ptk bahasa indonesia sma kelas xii doc, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, contoh ptk pembelajaran daring sma bahasa indonesia, contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013 doc, contoh ptk bahasa indonesia.