Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK EKONOMI KELAS VIII SDA TERBARU

CONTOH PTK EKONOMI KELAS VIII SDA TERBARU-Hasil belajar siswa kelas VIII pada materi mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumberdaya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas belum memuaskan karena masih ada siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan yaitu 75. Aktivitas siswa dalam belajar dikelas juga masih kurang, siswa cenderung diam sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Download ptk ips smp pdf
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 ... khususnya pada kelas VIII.2 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran inquiry. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 (dua) instrumen pada setiap siklus, yakni tes tertulis pada setiap akhir siklus, dan lembar observasi aktivitas siswa.

Hasil pada siklus I maupun siklus II terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari skor awal yaitu dari rata-rata awal sebesar 69,72 menjadi 76 pada siklus I dan 84 pada siklus II dan ketuntasan klasikal dari 41% menjadi 73% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa dan lembar pengamatan guru juga meningkat pada siklus I dan Siklus II menunjukan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran inquiry aktivitas siswa mencapai 70% pada siklus I dan 95 pada siklus II. Sedangkan prosentase peningkatan aktivitas guru yaitu 78,57% pada siklus I menjadi 96,42% pada siklus II.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam kelas dengan metode pembelajaran inquiry mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dan ketuntasan klasikal siswa juga meningkat kearah yang lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan metode pembelajaran inquiry dan dapat digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas EKONOMI yang diberi judul "MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN SERTA TERBENTUKNYA HARGA PASAR DENGAN METODE TUTOR SEBAYA KELAS VIII.2 SMP NEGERI  3 ... KECAMATAN ... TAHUN AJARAN 2015/2016"Disini akan  di bahas lengkap.




PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK EKONOMI VIII SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 026).

DOWNLOAD LENGKAP PTK EKONOMI SMP - PTK SMP 026


ptk smp lengkap dengan lampiran, contoh ptk ips smp masa pandemi, ptk kurikulum 2013 smp,p tk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru, contoh ptk pembelajaran daring smp, ptk ipa smp masa pandemi, contoh ptk ips smp kurikulum 2013, contoh ptk ips smp.