Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK MATEMATIKA KELAS 5 SD METODE KERJA KELOMPOK

PTK MATEMATIKA KELAS 5 SD METODE KERJA KELOMPOK-Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang baik apabila guru mempersiapkan perencanaan dengan matang baik kelengkapan alat-alat pembelajaran seperti materi pelajaran maupun penggunaan metode pembelajaran yang tepat digunakan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Sering guru hanya menggunakan satu atau dua metode secara monoton, dan lupa untuk melibatkan siswa, sehingga prestasi belajar yang dicapai siswa tidak optimal. Contoh ptk sd kelas 5 pdf
Masalah yang dirumuskan sebagai berikut: “Apakah dengan penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas V SDN ... 04 Kabupaten ...Semester I Tahun 2015/2016”.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN ... 04 Kabupaten ...sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik observasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kubus dan balok setelah menggunakan metode kerja kelompok. Hal ini nampak pada skor rata-rata yakni pada kondisi pra siklus sebesar 65, siklus I naik menjadi 80,21 dan pada siklus II naik lagi menjadi 83,96. Adapun ketuntasan belajar klasikal pada kondisi pra siklus 45,83 %; siklus I naik menjadi 87,5% dan pada siklus II naik menjadi 9 1,67%. Sedangkan skor minimal pada kondisi prasiklus sebesar 45, pada siklus I naik menjadi 55 dan pada siklus II tetap 55. Sedangkan skor maksimal pada kondisi prasiklus dan siklus I sebesar 90, dan siklus II naik menjadi 95.
Saran bagi guru matematika hendaknya menerapkan metode pembelajaran kerja kelompok, karena dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Untuk itu guru perlu memanaknai waktu dengan baik.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas MATEMATIKA SD yang diberi judul "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK BAGI SISWA KELAS V SDN ... 04 KABUPATEN ... SEMESTER I TAHUN 2015/2016". Disini akan di bahas lengkap.


PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK MATEMATIKA KELAS 5 SD lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK 022 SD).

DOWNLOAD PTK MATEMATIKA KELAS 5 METODE KERJA KELOMPOK - PTK 022 SD


download ptk matematika sd word, ptk sd kelas 4 matematika doc, download ptk matematika sd kelas 5 lengkap, ptk matematika sd kelas 6 kurikulum 2013, download ptk sd word, ptk matematika kelas 4 tentang pecahan, contoh ptk matematika sd kelas 2 kurikulum 2013. download ptk sd masa pandemi, contoh ptk pembelajaran daring di sd, ptk pembelajaran daring kelas 1 sd, ptk pembelajaran daring matematika, ptk pembelajaran daring pdf, ptk masa pandemi pdf.