DOWNLOAD PTK MATEMATIKA SD KELAS 2 TERBARU


DOWNLOAD PTK MATEMATIKA SD KELAS 2 TERBARU-Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya ketrampilan dan pemahaman materi peserta didik pada mata pelajaran Matematika tentang Pengukuran di SD Begeri 3 ......... Kecamatan ......... Kabupaten Grobogan Tahun 2011, sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar matematika tentang pengukuran pada peserta didik kelas II semester 1 SD Negeri 3 ......... Kecamatan .......... Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf
Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas adalah menggunakan metode ceramah sehingga guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Hal ini juga dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Dengan rata-rata nilai 50 KKM ~ 60 dari jumlah peserta didik 27 peserta didik yang mengalami ketuntasan dalam pembelajaran 6 siswa dan yang belum tuntas dalam pembelajaran 21 siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah alat peraga benda konkrit dengan alat peraga penggaris panjang dan jam-jaman dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika tentang pengukuran pada peserta didik kelas II SD Negeri 3 ......... Kecamatan ......... tahun 2011/2012 ?”.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 Siklus. Siklus I dan Siklus II dilaksanakan masing-masing dengan 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menganalis kuantitatif dengan menggunakan teknik Diskriptif Kooperatif yaitu dengan membandingkan skor nilai tes kondisi awal, tes siklus I dan tes siklus II.
Hasil penelitian menunjhukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dari tiap-tiap siklus. Download PTK matematika sd kelas 2 Peningkatan hasil belajar terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal 6 peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 50, pada siklus I terdapat 21 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 73. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 27 peserta didik atau 100% dengan rata-rata nilai 74. Dengan demikian hasil belajar peserta didik kelas II semester 1 SD Negeri 3 ......... tahun 2011/2012 pada mata pelajaran matematika tentang pengukuran yang menggunakan alat peraga benda konkrit dapat meningkat. Maka saran peneliti adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga benda konkrit merupakan alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika agar pembelajaran tidak monoton menggunakan metode ceramah. Contoh ptk ptk matematika sd doc


Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas MATEMATIKA SD yang diberi judul 
PEMANFAATAN ALAT PERAGA BENDA KONKRIT UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
TENTANG PENGUKURAN PADA SISWA KELAS II SEMESTER 1 SD NEGERI 3 ......... 
KEC... ......... TH... 2011/2012". Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE MATEMATIKA SD KELAS 2 lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK 009 SD).


CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SD KELAS 2


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah sebuah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang, juga oleh suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013  Demikian halnya dengan Indonesia, menaruh harapan yang sangat besar terhadap pendidikan dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah bangsa menaruh masa depan tunas-tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus akan dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi yang sangat besar bagi jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya. Hal ini akan membutuhkan modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih tidak menyadari dan masih ngotot memproblemkan (mempermasalahkan) pada hal¬hal yang klasik, dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu dari mana mesti harus diawali.
Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar ( SD ) sampai saat ini masih jauh dari apa yang kita harapkan. Melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya kami lakukan dalam penelitian ini. salah satunya adalah ketrampilan menggunakan alat ukur. Dengan harapan siswa dapat benar-benar menguasai materi. Selain itu upaya yang akan kami lakukan ini yaitu penggunaan alat peraga benda-benda kongkrit dan untuk menyampaikan meteri tentang pengukuran kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga diharapkan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa. Download ptk matematika sd terbaru
Kriteria Ketuntasan Minimal pelajaran matematika di SD Negeri 3 ...... adalah 60. Namun kenyataannya dari hasil evaluasi belajar siswa sangatlah memprihatinkan.
Setelah melaksanakan evaluasi pelajaran matematika tentang pengukuran di peroleh hasil 6 siswa sudah mengalami ketuntasan sedang 21 siswa masih di bawah KKM. Hal ini dapat dilihat dari tabel tabel 1.1 berikut ini:
Tabel 1.1
Presentasi Ulangan Harian Matematika Kelas II Semester I
SD Negeri 3 ...... Kec. ...... th 2011/2012

Berdasarkan nilai ulangan harian Matematika, setelah dianalisis ternyata ditemukan beberapa hal yang menyebabkan nilai ulangan harian Metematika sangat rendah diantaranya adalah pembelajaran Matematika di kelas yang dilaksanakan oleh guru masih bersifat konvensional. Dalam pembelajaran Matematika masih terlalu informatif di bawah dominasi guru, sehingga Matematika dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Contoh ptk ptk matematika sd doc Kecenderungan pembelajaran Matematika di SDN 3 ...... adalah: siswa hanya mempelajari Matematika sebagai produk, menghafalkan konsep, dan teori. Pembelajaran yang digunakan dalam kelas adalah menggunakan metode ceramah dan peran siswa masih kurang, sehingga menyebabkan siswa hanya pasif dalam proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar Matematika guru juga belum memanfaatkan media belajar atau alat peraga secara optimal, hal ini menjadikan siswa kesulitan dalam penguasaan materi pembelajaran Matematika yang disampaikan oleh guru. Tidak optimalnya guru dalam penggunaan media pembelajaran dikarenakan banyak media alat peraga yang dimiliki sekolah sudah rusak atau hilang. Download ptk matematika sd terbaru
Berdasarkan uraian pelaksanaan pembelajaran tersebut maka guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misalnya media pembelajaran yang akan digunakan di sini adalah media benda-benda konkrit sebagai alat peraga dalam penyampaian materi Matematika tentang Pengukuran.

1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
1). Pembelajaran masih bersifat konvensional.
2). Dalam pembelajaran Matematika masih terlalu informatif di bawah dominasi guru, sehingga Matematika dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan.
3) Pembelajaran yang digunakan dalam kelas adalah metode ceramah dan peran siswa masih kurang.
4.) Pemanfaatan alat peraga benda konkrit oleh guru dalam pembelajaran Matematika belum optimal.
5) Hasil belajar siswa rendah yaitu hanya terdapat 22% yang tuntas dalam pembelajaran Matematika Download Proposal ptk matematika sd word
6) Siswa kesulitan dalam penguasaan materi pelajaran Matematika yang disampaikan oleh guru.

1.3. Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan hasil dari proses pembelajaran, refleksi pembelajaran, diskusi dengan teman sejawat dan hasil konsultasi dari supervisor diperoleh hal-hal yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa tentang Pengukuran pada kelas II semester 1 SD Negeri 3 ...... Kecamatan ...... tahun pelajaran 2011/2012 adalah :
1. Pada proses pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga yang konkrit guna peningkatan ketrampilan siswa.

1.4. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang batasan masalah yang telah diuraikan, maka diambil rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Download ptk matematika sd terbaru
” Apakah Pen ggunaan alat peraga benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 3 ...... Kecamatan ...... Kabupaten ...... ?”
1.5. Tujuan Pen elitian
Penelitian ini bertujuan agar pemanfaatan alat peraga benda-benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Matematika tentang pengukuran di Kelas II semester 1 SD Negeri 3 ...... Kecamatan ...... lebih meningkat sesuai dengan kriteria ketuntasan minial yang di harapkan.

1.6. Manfaat Penelitian
1.6.1. Manfaat Teoritis
a. Memberikan kontribusi terhadap pengembangan pengetahuan mengenai peningkatan hasil belajar melelui penggunaan alat peraga benda konkrit.
b. Sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya.
1.6.2. Manfaat Praktis
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi:
a. SDN 3 ......
Dengan hasil penelitian ini diharapkan siswa kelas II semester 1 SD Negeri 3 ...... Kecamatan ...... Kabupaten ...... dapat lebih meningkatkan ketrampilan dalam menggunakan alat ukur dan prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf
b. Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya
c. Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan alat ukur dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan prestasi belajarnya.

DOWNLOAD PTK MATEMATIKA SD TERBARU


BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1. Kajian Teori
2.1.1. Matematika
Istilah Matematika berasal dari bahasa Yunani “Mathematikos” secara ilmu pasti, atau “Mathesis” yang berarti ajaran, pengetahuan abstrak dan deduktif, dimana kesimpulan tidak ditarik berdasarkan pengalaman keindraan, tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari kaidah-kaidah tertentu melalui deduksi (Ensiklopedia Indonesia).
Dalam Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP )terdapat istilah Matematika Sekolah yang dimaksudnya untuk memberi penekanan bahwa materi atau pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP merupakan materi atau pokok bahasan yang diajarkan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Direkdikdas: 1994 ) Download Proposal ptk matematika sd word
2.1.2. Belajar
Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru ( Dimyati, 2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha(berlatih) supaya mendapat suatu kepandaian (Purwadarminta: 109 )
Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan olh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Matematika.
2.1.3. Hasil Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995: 787). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu (Depdikbud, 1995: 14). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Download PTK matematika sd kelas 2 Prestasi dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya.
2.1.4. Teknik
Dalam umum bahasa Indonesia teknik diartikan cara (kepandaian, dsb) membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (Purwadarminta: 1035). Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau laporan yang diinginkan
2.1.5. Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Contoh ptk ptk matematika sd doc Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Gagne menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Asosiasi Pendidikan Nasional menyatakan bahwa media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya (Arief S. Sadiman, dkk, 2008). Lesle J. Briggs berpendapat bahwa media adalah alat untuk member perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar. Download ptk matematika sd terbaru Brown mengatakan bahwa media yang digunakan guru atau siswa dengan baik dapat mempengaruhi efektifitas proses belajar dan mengajar (Ridha Sarwono, 2008).
Media dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu:
1) Media visual: yaitu media yang hanya dilihat, seperti foto, gambar, grafik.
2) Media Audio: adalah media yang hanya dapat didengar saja, seperti radio, MP3 player, ipod.
3) Media Audio Visual: yaitu media yang dapat dilihat sekaligus dapat didengar, seperti film bersuara, video, televisi.
4) Multimedia: yaitu media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti suara, animasi, video, dan film.
5) Media realita: yaitu semua media nyata yang ada di lingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun diawetkan, seperti tumbuhan, batuan, binatang, air, sawah, dan sebagainya. Download Proposal ptk matematika sd word
Media pembelajaran bermanfaat untuk melengkapi, memelihara dan bahkan meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Pengguaan media dalam pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar, meningkatkan aktifitas siswa, meningkatkan motifasi belajar siswa (Ridha Sarwono, 2008). Secara umum media mempunyai kegunaan memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata atau lisan belaka); mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra; menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar; memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama; memungkinkan anak didik belajar mandiri menurut kemampuan dan minatnya (Arief S. Sadiman, dkk, 2008). Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013
Kriteria dalam memilih media pelajaran adalah sebagai ketepatan dengan tujuan pengajaran; dukungan terhadap isi bahan pelajaran; adanya media bahan pelajaran lebih mudah dipahami siswa; media yang dipergunakan mudah diperoleh, murah, sederhana, dan praktis penggunaannya; keterampilan guru menggunakan media dalam proses pengajaran; tersedia waktu untukmenggunakannya, sehinggan media tersebut dapat dimanfaatkan siswa selama pengajaran berlangsung; sesuai dengan taraf berpikir siswa (Arief S. Sadiman,dkk, 2008). Contoh ptk ptk matematika sd doc
Media Pembelajaran sangat berperan dalam PBM. Media pembelajaran dapat mempertinggi PBM siswa yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi proses belajar yang dicapai. Ada beberapa alasan mengapa media pembelajaran mempertinggi PBM. Alasan pertama berkenaan dengan manfaat media pengajaran yang antara lain pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motifasi belajar, bahan akan lebih jelas maknanya sehingga dapat dipahami oleh siswa dan memungkinkan menguasai tujuan pembelajaran lebih baik, metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak sematamata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru sehingga siswa tidak merasa bosan. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru saja. Alasan kedua adalah berkenaan dengan taraf berpikir siswa, taraf berpikir manusia mengikuti tahap pekembangan mulai dari berpikir sederhana menuju berpikir kompleks. Melalui media pembelajaran, hal-hal yang abstrak dapat dikonkretkan dan hal-hal yang kompleks dapat disederhanakan (Nana Sudjana, 2001). Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Objek dari matematika adalah benda-benda pikiran yang sifatnya abstrak. Berarti objek matematika tidak dapat ditangkap /diamati dengan panca indera. Dengan demikian tidak mengherankan jika matematika tidak mudah difahami oleh sebagian siswa SD/ MI. Benda¬benda pikiran yang bersifat abstrak tersebut dapat berasal dari benda-benda nyata yang sifatnya konkrit dengan melalui abstraksi dan idealisasi. Dengan demikian hal yang abstrak tersebut dapat dikurangi keabstakkannya dengan menggunakan model-model benda kongkrit. Download Proposal ptk matematika sd word Model benda nyata yang digunakan untuk mengurangi keabstrakan materi matematika tersebut dinamakan alat peraga pembelajaran matematika.
Alat peraga matematika dapat diartikan sebagai suatu perangkat benda konkrit yang dirancang, dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika. Dengan alat peraga hal-hal yang abstrak itu dapat disajikan dalam bentuk model-model berupa benda konkrit yang dapat dilihat, dipegang diputarbalikkan sehingga mudah difahami.
2.1.6. Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran
Penggunaan media termasuk alat peraga, dalam proses pembelajaran mempunyai nilai-nilai praktis sebagai berikut:
a. Media dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh siswa dua orang yang hidup di dua lingkungan yang berbeda akan mempunyai pengalaman yang berbeda pula. Download ptk matematika sd terbaru Dalam hal ini media dapat mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut.
b Media memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan.
c. Media menghasilkan keseragaman pengamatan
d. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realistis.
e. Media dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.
f. Media dapat membangkitkan motivasi dan merangsang siswa belajar
g. Media dapat memberikan pengalaman yang integral dari suatu yang konkrit sampai kepada yang abstrak. Contoh ptk ptk matematika sd doc
Hamalik (1986) menemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar, dan akan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi.
Levie & Lentz (dalam Azhar Arsyad), mengemukakan terdapat empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual , yaitu (a) fungsi atensi, (b) fungsi afektif, (c) fungsi kognitif, (d) fungsi kompensatoris.
a. Fungsi atensi, media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran. Seringkali pada awal pelajaran siswa tidak tertarik dengan materi pelajaran yang tidak disenangi sehingga mereka tidak memperhatikan . Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013
b. Fungsi afektif, media dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat mengubah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi menyangkut masalah sosial.
c. Fungsi kognitif, media dapat terlhat dari temuan-temuan penelitian yang menggunakan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
d. Fungsi kompensatoris, media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca atau mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf
2,1.7. Media Asli Sebagai Sumber
Media memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar. Media mampu membantu guru dalam mengungkapkan pesan yang akan disampaikan kepada siswa. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media, maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh siswa, terutama materi pembelajaran yang rumit dan komplek. Fungsi dan peranan media pembelajaran yaitu (1)menangkap suatu obyek atau peristiwa¬peristiwa tertentu,(2)memanipulasi keadaan, peristiwa, atau obyek tertentu, (3) menambah gairah dan motivasi belajar siswa. Dari beberapa fungsi diatas media memiliki fungsi yang jelas yaitu memperjelas, memudahkan dan membuat menarik pesan kurikulum yang akan disampaikan oleh guru kepada siswa sehingga dapat memotivasi belajar siswa (Sutrisno 2008).
Media asli merupakan media paling nyata yang sangat membantu guru dalam menerapkan sesuatu kepada siswanya. Pengajaran realitas yang diselenggarakan di kelas dapat membantu siswa memahami materi yang diajarkan. Dalam mempergunakan benda¬benda asli untuk tujuan pengajaran menurut Sudjana (2001) guru hendaknya memperhitungkan hal-hal sebagai berikut: Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013
(1) Benda-benda atau makhluk hidup apakah yang mungkin dimanfaatkan di kelas secara efisien,
(2) Bagaimana caranya agar semua benda itu bersesuaian sekali terhadap pola belajar siswa,
(3) Darimana sumbernya untuk memperoleh benda-benda itu.
2.1.8. Alat Peraga
Briggs dalam Noehi Nasution (2004, 7.3) berpendapat bahwa harus ada suatu untuk mengkomunikasikan materi (pesan kurikuler) supaya terjadi proses belajar. Karena itu dia mendifinisikan alat peraga sebagai alat peraga sebagai; ”wahana fisik yang mengandung materi pembelajaran”. Contoh ptk ptk matematika sd doc
Terlepas dari ragamnya pengertian tentang alat peraga, jelaslah bagi kita bahwa alat peraga sebagai alat bantu dalam pembelajaran memiliki fungsi yang jelas, yaitu: memperjelas, memudahkan siswa dalam memahami konsep/prinsip atau teori, dan membuat pesan kurikulum yang akan disampaikan kepada siswa menarik, sehinggga motivasi belajar siswa meningkat dan proses belajar dapat lebih efektif dan efesien.
2.1.9. Alat Peraga Pembelajaran Matematika
Pada dasarnya anak belajar melalui benda kongkrit. Untuk memahami konsep matematika yang bersifat abstrak anak memerlukan benda-benda kongkrit sebagai perantara atau media. Benda-benda tersebut biasanya disebut dengan alat peraga. Download Proposal ptk matematika sd word Penggunaan alat peraga tidak hanya pembentukan konsep anak, tetapi dapat pula digunakan utuk pemahaman konsep, latihan dan penguatan, pelayanan terhadap perbedaan individu, pemecahan masalah, dan lain sebagainya. Beberapa macam alat peraga pembelajaran matematika antara lain:
1) Alat peraga Kekekalan Luas
Luas daerah persegi panjang, luas daerah persegi, luas daerah segitiga, luas daerah lingkaran, dalil Pythagoras, luas permukaan kubus, luas permukaan balok, luas permukaan limas, tangram
2) Alat Peraga Kekekalan Panjang
Tangga garis bilangan, pita garis bilangan, neraca bilangan, mistar hitung dan batang cuisenaire
3) Alat Peraga Kekekalan Volume
Blok Dienes, volume kubus, volum balok, volum prisma, volum tabung, volum kerucut, volum bola Download ptk matematika sd terbaru
4) Alat Peraga Kekekalan Banyak
Abakus biji, lidi, dan kartu nilai tempat
5) Alat Peraga untuk Percobaan dalam Teori Kemungkinan
Uang logam, dadu, gasingan, paku payung, kartu, distribusi Galton (sesatan hexagon)
6) Alat Peraga untuk Pengukuran
Meteran, busur derajat, roda meteran, kapak tomahowk, jepit bola, spereometer
7) Alat Peraga Untuk Permainan Dalam Matematika
Mobius, aritmetika jam, kartu domino, kartu penebak hati
2.1.10. Landasan Penggunaan Alat Peraga
Di dalam penyusunan Rencana pembelajaran perlu juga adanya penrencanaan penggunaan alat peraga yang sesuai untuk membantu mempermudah menanamkan atau mengembangkan konsep yang akan dicapai dalam tujuan pembelajaran. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf
Ada beberapa alasan mengapa dalam pembelajaran matematika di SD /MI
(1). Siswa pada usia anak SD/MI, menurut Piaget, masih pada tahap operasi konkrit, yang belum bisa menangkap informasi-informasi yang sifatnya abstrak. Padahal matematika adalah pengetahuan yang bersifat abstrak. Jadi matematika hanya akan dapat difahami dengan baik oleh siswa SD/MI jika matematika disajikan dengan menggunakan benda-benda konkrit.
(2). Menurut teori dari Brunner, anak akan belajar dengan baik jika melalui 3 tahap,yakni Tahap enaktif, ikonik dansimbolik. Tahap enaktif merupakan tahap pengalaman langsung dimana anak berhubungan dengan benda-benda nyata /sesungguhnya.Tahap ikonik berkaitan dengan gambar, lukisan, foto atau film, sedangkan tahap simbolik merupakan tahap pengalaman abstrak. Download PTK matematika sd kelas 2 Jadi pada tahap enaktif siswa harus menggunakan benda nyata dalam memulai belajar matematika Benda yang diangap kongkrit dalam matematika adalah alat peraga tersebut.
2.1.11. Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran
Penggunaan media, termasuk alat peraga, dalam proses pembelajaran mempunyai nilai-nilai praktis sebagai berikut:
a. Media dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh siswa Dua orang yang hidup di dua lingkungan yang berbeda akan mempunyai pengalaman yang berbeda pula. Dalam hal ini media dapat mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut.
b Media memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan.
h. Media menghasilkan keseragaman pengamatan Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf
i. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realistis.
j. Media dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.
k. Media dapat membangkitkan motivasi dan merangsang siswa belajar
l. Media dapat memberikan pengalaman yang integral dari suatu yang konkrit sampai kepada yang abstrak.
Hamalik (1986) menemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar, dan akan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi.
Levie & Lentz (dalam Azhar Arsyad), mengemukakan terdapat empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual , yaitu (a) fungsi atensi, (b) fungsi afektif, (c) fungsi kognitif, (d) fungsi kompensatoris. Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013
a. Fungsi atensi, media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran. Seringkali pada awal pelajaran siswa tidak tertarik dengan materi pelajaran yang tidak disenangi sehingga mereka tidak memperhatikan .
c. Fungsi afektif, media dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat mengubah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi menyangkut masalah sosial.
c. Fungsi kognitif, media dapat terlhat dari temuan-temuan penelitian yang menggunakan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar. Contoh ptk ptk matematika sd doc
d. Fungsi kompensatoris, media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca atau mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.

2.2. Metode Domonstrasi
2.2.1 Pengertian Metode Demonstrasi
Beberapa pengertian metode menurut para ahli, salah satunya adalah menurut Muhibbin Syah dalqam bukunya, ” Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru”, adalah bahwa Metode secara harfiah berarti ”cara”. Download Proposal ptk matematika sd word Dalam pemakaian yang umum, metode diartikan: sebagai cara melakukan kegiatan atau cara-cara melakukan kegiatan dengan menggunakan fakta dan konsep-kopnsep secara sistematis.
Dalam penggunaan metode ini guru bisa menjadi demonstrator dan bisa juga orang lain yang ahli dalam bidang pelajaran itu. Metode ini menggugah rasa ingin tahu siswa dan rangsangan visual siswa. Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti ini (contoh: Pembulatan Biodiesel) bagaimana cara membuatnya?, terdiri dari bahan apa?, bagaimana proses mengerjakannya?)
Manfaat psikologis dari metode demonstrasi adalah:
1. Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan
2. Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari
3. Pengalaman dan kesan sebagai hasilpembelajaran lebih melekat dalam diri siswa (Daradjat, 1985) Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013
Kelebihan metode demonstrasi sebagai berikut:
1. Membantu anak didik memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda
2. Memudahkan berbagai jenis penjelasan.
3. Kesalahan-kesalahan yang terjadi dari hasil ceramah dapat diperbaiki melalui pengamatan dan contoh konkret, dengan menghadirkan obyek sebenarnya (Syaifudin Bahri Djamarah, 2000)
Kelemahan metode demonstrasi sebagai berikut:
1. Anak didik terkadang suka rmelihat dengan jelas benda yang akan dipertunjukkan
2. Tidak semua benda dapat didemonstrasikan
3. Sukar dimengerti bila didemonstrasikan oleh guru yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan (Syaifudin Bahri Djamarah, 2000)
Batas-Batas Kemungkinan Metode Demonstrasi
Demonstrasi menjadi tidak efektif bila: benda yang didemonstrasikan tidak dapat diamati dengan jelas oleh siswa, siswa tidak dilibatkan untuk mencoba, dan bila tidak dilakukan ditempat yang sebenarnya. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf
Dan mnurut Muzayyin Arifin, Pengertian metode adalah cara, bukan langkah atau prosedur. Kata prosedur lebih bersifat teknis administrative atau taksonomis. Seolah-olah mendidik atau mengajarkan hanya diartikan cara mengandung implikasi mempengaruhi. Maka saling ketergantungan antara pendidik dan anak didik di dalam proses kebersamaan menuju kearah tujuan tertentu.
2.2.2. Metode Demonstrasi yang Efektif
Untuk melaksanakan metode Demonstrasi yang baik atau efektif ada beberapa langkah yang harus dipahami dan digunakan oleh guru, yang terdiri dari; perncanaan, uji coba dan pelaksanaan oleh guru lalu diikuti oleh murid dan diakhiri adanya evaluasi.
Adapun langkah-langkah tersebut adalah:
1. Merumuskan dengan jelas kecakapan dan atau ketrampilan apa yang diharapkan dicapai oleh siswa sesudah demonstrasi dilakukan.
2. Mmpertimbangkan dengan sungguh-sungguh, apakah metode itu wajar digunakan, dan apakah ia merupakan metode yang efektif untuk mencapai tujuan yang dirumuskan. Download PTK matematika sd kelas 2
3. Alat-alat yang diperlukan untuk demonstrasi itu bisa didapat dengan mudah, dan sudah dicoba terlebih dahulu supaya waktu diadakan dmonstrasi tidak gagal.
4. Jumlah siswa memungkinkan untuk diadakan demonstrasi dengan jelas.
5. Menetapkan garis-garis besar langkah-langkah yang akan dilaksanakan, sebaiknya sebelum demonstrasi dilakukan, sudah dicoba lebih dahulu supaya tidak gagal pada waktunya.
6. Memperhitungkan waktu yang dibutuhkan, apakah tersedia waktu untuk memberi kesempatan kepada siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan komentar selama dan sesudah demonstrasi. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf
7. Selama demonstrasi berlangsung, hal-hal yang harus diperhatikan: a. Keterangan-keterangan dapat didengar dengan jelas oleh anak
b. Alat-alat telah ditempatkan pada posisi yang baik, sehingga setiap siswa dapat melihat dengan jelas.
c. Telah disarankan kepada siswa untuk membuat catatan-catatan seperlunya.
8. Menetapkan rencana untuk menilai kemajuan siswa. Sering perlu adanya diskusi sesudah demonstrasi berlangsung atau siswa mencoba melakukan demonstrasi.

2.3. Kerangka Berpikir.
Dari pemikiran dapat digambarkan kerangka berpikir sebagai berikut :
 
2.4. Hipotesis Tindakan
Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga benda konkrit diduga dapat meningkatkan ketrampilan dan hasil peserta belajar peserta didik tentang pengukuran .Sekurang-kurangnya dalam hasil belajar siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Contoh ptk ptk matematika sd doc


CONTOH PROPOSAL PTK MATEMATIKA KELAS 2 SD


BAB III
METODE PENELITIAN


3.1. Setting Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan yaitu bulan September s/d bulan Nopember 2011. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester I Tahun pelajaran 2011/2012.
Rincian kegiatan penelitian tersebut adalah sebagai berikut:
a. Persiapan
b. Koordinasi persiapan tindakan
c. Pelaksanaan (perencanaan,tindakan ,monitoring dan evaluasi,serta reflksi )
d. Penyusunan laporan penelitian Download ptk matematika sd terbaru
e. Seminar hasil laporan
f. Penyempurnaan laporan berdasarkan masukan seminar
g. Penggandaan dan pengiriman laporan ppenelitian.
3.1.1. Subyek Penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 3 ......... Kecamatan ......... Kabupaten ......... jumlah siswa 27 orang. Terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.
Pertimbangan penulis mengambil subyek penilitian tersebut dimana siswa kelas II belum mampu dan memiliki kemandirian dalam memahami koonsep-konsep yang abstrak sehingga perlu dengan adanya alat peraga yang nyata dan sering di jumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf Disamping itu penulis juga mengajar di kelas II ,
3.1.2. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di SD Negeri 3 ......... Kecamatan ......... Kabupaten ......... penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan peneliti bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis sebagai pendidik.
3.1.3. Waktu Pelaksanaan Penelitian
Proses pelaksanaan Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut :

3.1.4. Karakteristik Siswa
Karakteristik siswa Kelas II SD Negeri 3 ......... dapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Jumlah Siswa 27, yaitu laki-laki sebanyak 11 Siswa dan perempuan sebanyak 16 Siswa. Download ptk matematika sd terbaru
b. Siswa yang tergolong pandai 5 siswa
c. 13 siswa berkemampuan rata-rata
d. 9 siswa berkemampuan rendah
Berdasarkan karakteristik siswa seperti tersebut di atas, dapat dikemukakan bahwa dalam proses pembelajaran yang berlangsung setiap hari hanya siswa-siswa yang tergolong pandai saja yang biasanya aktif dan siswa yang berkemampuan rendah biasanya sangat tergantung pada siswa lain yang aktif.

3.2. Variabel Penelitian
Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dimaksud adalah pemilihan dan perumusan masalah. Download Proposal ptk matematika sd word Persoalan Penelitian merupakan persoalan yang berhubungan dengan variable-variabel penelitian. Variabel dalam penelitian tindakan kelas berupa variabel input, variabel proses, dan variabel output.
Variabel input terdiri dari peserta didik, guru, bahan ajar, sumber bahan, prosedur evaluasi, dan lingkungan belajar.
Variabel proses pelaksanaan pembelajaran seperti interaksi pembelajaran, ketrampilan bertanya, gaya mengajar guru, cara belajar peserta didik, dan implementasi bebagai metode mengajar di kelas.
Variabel output seperti rasa keingintahuan peserta didik, kemampuan peserta didik mengimplementasikan pengetahuan, motivasi belajar peserta didik, hasil belajar peserta didik, sikap terhadap pengalaman mengajar yang dilaksanakan melalui tindakan perbaikan.
Pada penelitian ini variabel inputnya adalah materi pelajaran matematika kelas II semester 1 tahun pelajaran 2010 /2011. Contoh ptk ptk matematika sd doc Variabel prosesnya berupa penggunaan alat peraga benda konkrit dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Sedangkan variabel outputnya adalah hasil meningkatkan hasil belajr peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang Pengukuran dengan menggunakan alat peraga benda konkrit.

3.3. Rencana Tindakan
Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan dalam 2 siklus. Konsep pokok palaksanaan penelitian menurut Kemmis dan Mc Taggart ( Arikunto Suharsimi,2006 ) terdapat empat tahap rencana tindakan meliputi: perencanaan ( planning ), tindakan ( Acting ), pengamatan ( observing ), dan refleksi ( reflekting ). Rincian prosedur tindakan adalah sebagai berikut:
Siklus I
1. Perencanaan ( planning )
Tahap perencanaan pada siklus I ini antara lain terdiri atas:
a. Merancang rencana pembelajaran siklus I pokok bahasan pengukuran.
b. Menjelaskan materi dengan gambar dan metode demonstrasi.
c. Pembuatan lembar soal evaluasi dan lembar kerja siswa yang berupa soal untuk mengetahui kemampuan siswa memahami materi. Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013
d. Pembuatan lembar observasi yang akan digunakan untuk mengobservasi/ mengamati KBM mata pelajaran Matematika dengan alat peraga benda konkrit dan metode demonstrasi.
2. Tindakan (acting)
Tahap pelaksanaan observasi di lapangan meliputi:
a. Membuka pelajaran meliputi apersepsi, tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari.
b. Guru menjelaskan materi Pengukuran.
c. Guru membagi siswa secara berkelompok (setiap kelompok 4-5 siswa) untuk berdiskusi. Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013
d. Guru menjelaskan tentang cara menjawab lembar kerja siswa yang berbentuk soal untuk didiskusikan dengan kelompok masing masing.
e. Pelaporan hasil diskusi (kelompok diskusi), perwakilan dari tiap kelompok diskusi untuk mengerjakan LKS yang berupa soal di depan kelas untuk mengisi kolom yang telah disiapkan.
f. Membahas hasil diskusi siswa secara bersama-sama.
g. Melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang belum dipahami.
h. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
i. Guru membagikan soal tertulis (isian) untuk dikerjakan secara individu, sebagai sarana pengukuran tingkat pemahaman dan tingkat keberhasilan belajar siswa.
j. Pemantapan dan tindak lanjut dengan mendorong siswa untuk menginternalisasikan konsep, pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh dalam kegiatan sehari-hari dan menyisipkan pesan moral mengenai ciptaaan Tuhan YME, sikap dan kerjasama.
3. Observasi (observing) Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf
Observasi atau pengamatan dilakukan saat PBM berlangung dalam mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode Demonstrasi. Observasi akan dilakukan oleh guru kelas II saat panulis melaksanakan pembelajaran. Observasi dilakukan untuk mengetahui jalannya kegiatan pembelajaran dan digunakan untuk pedoman pelaksanaan perbaikan pada tahap berikutnya.
4. Refleksi (Reflecting)
Analisa dari penelitian yang akan dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi “Pengukuran” dengan menggunakan metode Demonstrasi. Hasil tes belajar peserta didik dari kondisi awal dan hasil belajar pada siklus I. Hasil tes peserta didik digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Analisa juga akan menggunakan hasil observasi proses pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus tiap kali pertemuan. Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013Hasil observasi digunakan untuk menganalisis kekurangan dari pelaksanaan pembelajaran dengan metode Demonstrasi. Dari kekurangan pembelajaran pertemuan pertama digunakan untuk menentukan kegiatan perbaikan pada kegiatan pembelajaran pertemuan kedua dan seterusnya.
Siklus II
Setelah siklus pertama selesai, jika hasil belum memenuhi indikator pencapaian yang diharapkan, maka dilanjutkan siklus ke II. Pada siklus II, kegiatan pembelajaran akan dilakukan sama seperti pada siklus I hanya saja akan menggunakan alat peraga benda konkrit. Waktu pelaksanaan akan disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia di SD tempat dilakukannya penelitian. Contoh ptk ptk matematika sd doc
Pada siklus II, perencanaan yang dilakukan sama dengan perencanaan pada siklus I, diantaranya merancang RPP dengan pokok bahasan pengukuran dengan menggunakan alat peraga benda konkrit dan metode Demoinstrasi sesuai dengan materi yang akan diajarkan, membuat soal evaluasi berupa soal isian, membuat lembar observasi ( sama dengan lembar observasi siklus I).
Tindakan dalam siklus II dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat dengan pembelajaran menggunakan alat peraga benda konkrit dan metode Demonstrasi. Observasi dalam siklus II dilakukan oleh guru kelas II untuk mengetahui jalannya kegiatan balajar mengajar dengan menggunakan alat peraga benda konkrit dan metode Demonstrasi. Setelah dilaksanakan tindakan dan observasi dilanjutkan dengan refleksi hasil kegiatan belajar mengajar untuk mengetahui hasil yang didapat setelah dilakukan tindakan. Siklus II merupakan penyempurnaan dari kelemahan dan kekurangan pada siklus sebelumnya. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf

3.4. Data dan Sumber Data
Data penelitian yang dikumpulkan peneliti berupa informasi tentang proses pembelajaran matematika tentang pengukuran, pemahaman siswa tentang konsep¬konsep, ketrampilan siswa dalam menggunakan konsep, motivasi siswa dalam pembelajaran matmatika serta kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.
Perolehan data tersebut melalui berbagai sumber yang meliputi:
1. Informan atau Nara sumber yaitu siswa dan teman sejawat
2. SD Negeri 3 ......... sebagai tempat berlansungnya proses pembelajaran
3. Dokumen atau arsip.antara lain Kurikulum, Silabus, RPP dan buku penilaian.

3.5. Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data
3.5.1. Teknik Pengumpulan Data
Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Download Proposal ptk matematika sd word Tes dipergunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan proses pembelajaran pada akhir kegiatan dengan memberikan soal-soal tes tertulis untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif.
Dalam mengunakan tehnik observasi cara yang efektif adalah melengkapi dengan format atau blangko pengamat sebagai instrument. Format yang sesuai item-item tentang kejadian atau tingkah laku yang digambarkan akan terjadi ( Suharsimi Arikunto,2006 ). Teknik ini digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga benda konrit dan metode demonstrasi. Observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik dan keaktifan guru dalam menggunakan alat perag benda konkrit dan metode demonstrasi. Observasi dilakukan oleh guru kelas II pada saat pembelajaran Matematika dengan menggunakan alat peraga benda konkrit dan metode demonstrasi.
3.5.2. Instrumen Pengumpulan Data
Pengumpulan data untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik kelas II pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 3 ......... Kecamatan ......... dengan menggunakan alat peraga benda konkrit dan metode demonstrasi instrumennya adalah soal-soal tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, lembar observasi serta wawancara dan diskusi dengan teman sejawat. Soal tes diberikan setelah pembelajaran berakhir. Contoh ptk ptk matematika sd doc
Adapun kisi-kisi soal dapat dilihat pada tabel berikut
Tabel 3.1
Kisi – kisi soal tes tertulis mata pelajaran Matematika SK Pengukuran
kelas II semester 1 SD Negeri 3 ......... th 2010/2011

Peneliti ikut berperan secara pasif dalam pengamatan dilaksanakan ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan kisi-kisi lembar pengamatan sebagai berikut:
Tabel 3.2
Kisi-kisi instrument observasi kegiatan guru dalam menggunakan alat peraga benda konkrit pada mata pelajaran Matematika di kelas II SD Negeri 3 ......... Download Proposal ptk matematika sd word

Setelah melakukan pengamatan serta diikuti dengan kajian dokumen peneliti melakukan wawancara atau diskusi dengan teman sejawat untuk memperoleh beberapa hal masukan yang berkaitan minat belajar anak di rumah.

3.6. Validasi Data
Tehnik yang digunakan untuk memeriksa validasi data antara lain adalah Triangulasi data dan review informan kunci. Download PTK matematika sd kelas 2
Triangulasi data adalah tehnik pemeriksaan falidasi data dengan memanfaatkan sarana di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau perbandingan data itu ( Lexy J.Moleong,1995 : 178 )
Review informan kunci adalah mengkonfirmasikan data atau interpretasi temuan kepada informan kunci sehingga diperoleh kesepakatan antara peneliti dan informan tentang data atau interpretasi temuan tersebut.

3.7. Indikator Kinerja
Rumusan kinerja yang akan dijadikan acuan dalam menentukan keberhasilan atau keefektifan penelitian ini adalah:
Peningkatan ketrampilan siswa tentang Pengukuran. Siswa yang  emperoleh nilai lebih dari KKM ( 60 ) lebih dari 80% Nilai rata kelas meningkat dari 50 menjadi 80. Contoh ptk ptk matematika sd doc

3.8. Analisis Data
Tehnik analisis yang digunakan untuk menganalisis data-data yang telah berhasil dikumpulkan antara lain dengan tehnik deskriptif komparatif (statiatik deskriptif komparatif) dan tehnik analitis kritis.
Analisis data setelah masa pengumpulan data selesai mengikuti langkah-langkah berikut:
- Mempelajari kembali keseluruhan analisis yang dilakukan pada masa pengumpulan data.
- Melakukan penambahan, pengembangan, dan perbaikan-perbaikan terhadap analisis yang telah dilakukan sebelumnya.
- Menyusun simpulan sementara. Download PTK matematika sd kelas 2
- Melakukan pengkajian ulang terhadap keseluruhan hasil analisis dan triangulasi. - Penarikan simpulan akhir. Download Proposal ptk matematika sd word

DOWNLOAD PROPOSAL PTK MATEMATIKA SD LENGKAP


DAFTAR PUSTAKA



Djoko Iswaji. (2003).Pengembangan Media Pembelajaran Matematika di SD
Nasution, Noehi. (2004). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pahyono. (2004), Materi TOT Guru Pemandu Ilmu Pengetahuan Alam, Semarang: Widyaiswara LPMP Jawa Tengah.
Setiawan, Denny, dkk. (2004), Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suciati, dkk. (2005). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka..
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2005). Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2006). Kurukulum Sekolah Dasar . Jakarta: Depdiknas Prayitno, Edi. (2006), Materi TOT Funsional. Jakarta: LPMP
Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada


Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya DOWNLOAD PTK MATEMATIKA SD KELAS 2 TERBARU

Postingan terkait: