DOWNLOAD PTK IPS EKONOMI SMA KELAS X TERBARU

DOWNLOAD PTK IPS EKONOMI SMA KELAS X TERBARU-Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 1 ...... bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama ini yaitu guru menerangkan materi pelajaran dan murid hanya mendengarkan sambil mencatat. pada ulangan harian kelas X, nilai ulangan harian yang paling rendah adalah pada materi jenis-jenis ekonomi. Download PTK ekonomi sma pdf  Melihat hasil belajar siswa yang masih rendah maka perlu adanya penggunaan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 1 ...... pada materi jenis-jenis ekonomi dan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar di kelas dengan perpaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 ...... yang berjumlah 39 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu metode tes (dengan pilihan ganda) dan metode non tes (observasi dan dokumentasi). Download proposal ptk ekonomi sma lengkap
Hasil penelitian ini diperoleh presentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I dengan kategori baik (70%) dan pada siklus II meningkat dengan kategori amat baik (87,5%). Persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I yaitu dengan kategori baik (66,6%) dan pada siklus II meningkat dengan kategori amat baik (90,2%). Rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I adalah 71,81 dengan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 75% dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,23 dan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 91,6%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada kelas dengan perpaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Download Proposal PTK Ekonomi doc Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan perpaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray dan bisa digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.


Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas IPS SMA yang diberi judul 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PERPADUAN METODE CERAMAH DAN METODE 
TWO STAY TWO STRAY PADA KELAS X SMAN 1 .... 
KABUPATEN ..... TAHUN PELAJARAN 2015/2016
"
.
 Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK IPS SMA KELAS X lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMA 008).


CONTOH LENGKAP PTK EKONOMI SMA KELAS X 


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yang pada hakikatnya menalaah masyarakat untuk memperoleh pengertian tentang cara-cara manusia hidup dan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penentuan kebutuhan. Pelajaran ekonomi memegang peranan yang cukup penting dalam keberhasilan pengembangan sumber daya manusia, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Contoh ptk ekonomi sma doc Tujuan pelajaran ekonomi pada intinya adalah kompetensi penggunaan konsep-konsep ekonomi dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan sasaran utama dalam proses pembelajaran ekonomi. Karena dalam materi tersebut memerlukan pemahaman yang yang baik dan agar siswa dapat menerapkan teori tersebut di lapangan maka dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat dalam meyampaikan mata pelajaran tersebut.
Pembelajaran adalah proses belajar mengajar yang dilakukan antara guru dengan siswa. Pembelajaran harus berlangsung secara efektif. Keberhasilan proses belajar mengajar pada pembelajaran dapat dilihat dari keberhasilan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Keberhasilan tersebut terlihat pemahaman siswa, penguasaan materi, dan prestasi siswa. Agar tujuan pembelajaran tercapai yaitu dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dan peningkatan kualitas.
Dalam suatu proses pembelajaran di sekolah guru mempunyai peran yang sentral. Guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberikan fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan dan guru harus kreatif mengelola kelas, memacu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dan juga guru harus kreatif dalam penggunaan metode pembelajaran yang tepat dengan materi yang akan dipelajari sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Download Proposal PTK Ekonomi doc Namun pada kenyataannya kondisi yang diterapkan belum terwujud. Proses pembelajaran yang ditemui masih menggunakan cara yang sifatnya monoton, yaitu dengan cara ceramah dan pemberian tugas kepada siswa dalam pembelajaran sehingga kurang dipahami oleh siswa yang mengakibatkan nilai yang diperoleh para siswa tidak seperti yang diharapkan.
Metode pembelajaran ekonomi yang diperlukan saat ini adalah metode pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan penguasaan materi dan meningkatkan kreativitas siswa karena mata pelajaran ini sifatnya teoritis. Metode pembelajaran merupakan suatu komponen yang penting serta ikut ambil bagian dalam upaya meningkatkan keberhasilan pada proses belajar mengajar disekolah (Djamarah,2006:72), selain itu metode pembelajaran juga mempunyai kedudukan sebagai alat motivasi intrinsik, sebagai strategi pengajaran dan sebagai alat untuk mencapai tujuan suatu pembelajaran.
SMAN 1 ...... merupakan salah satu SMK swasta yang ada di kota Semarang. Dasar penilaian terhadap hasil belajar siswa menggunakan ketentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sesuai dengan surat edaran dari Kepala Sekolah untuk mata pelajarn ekonomi yaitu sebesar 75. Download ptk ekonomi sma 2010 Pencapaian hasil belajar siswa dalam pelajaran ekonomi diartikan sebagai pencapaian pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ekonomi atau penguasaan materi ekonomi secara keseluruhan dalam kegiatan belajar mengajar ekonomi sekolah. Hasil belajar ekonomi merupakan hasil belajar yang telah dicapai pada mata pelajaran ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru ekonomi.
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMAN 1 ......, bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama ini yaitu guru menerangkan materi pelajaran dan murid hanya mendengarkan sambil mencatat. Pada tahun ajaran 2015/2016 masih ada siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). SMAN 1 ...... menetapkan KKM untuk mata pelajaran ekonomi adalah 75. Contoh ptk ekonomi sma doc 
Pada saat proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi bahwa dengan kurangnya perhatian yang ditunjukan dari kurang aktivnya siswa menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru, atau siswa kurang inisitaif bertanya apabila dikelas ada materi yang kurang jelas, hal tersebut terlihat pada pembalajaran yang terkesan satu arah tidak ada respon dari siswa. Hal ini dikarenakan guru lebih menggunakan metode yang kurang variatif yaitu ceramah, metode tersebut kegiatan belajar mengajarnya lebih terpusat kepada guru sebagai pemberi informasi dan lebih banyak menuntut keaktifan guru dari pada siswa. Metode ini akan mengakibatkan kejenuhan atau kebosanan kepada siswa jika digunakan terus menerus. Materi pelajaran yang dipelajari menjadi kurang bermakna dan mengakibatkan siswa kurang bisa mengembangkan belajarnya. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan berdampak pada kurang tertariknya siswa terhadap materi-materi pelajaran ekonomi yang berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa menjadi kurang optimal.
Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tersebut salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, dengan metode yang tepat secara otomatis akan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru tidak harus terpaku dengan menggunakan satu metode, tetapi guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi agar jalannya pengajaran tidak membosankan tetapi menarik perhatian siswa. Download ptk ekonomi sma 2010 Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi perlu ditempuh dengan berbagai cara. Menurut Sudjana (2009:97) kombinasi metode mengajar dua sampai tiga metode mengajar merupakan suatu keharusan dalam proses belajar mengajar.
Metode Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif sederhana. Metode ini memberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan kelompoknya sendiri dan dengan kelompok lain. Keunggulan metode ini adalah optimalisasi kerjasama antar siswa. Dalam pembelajaran kooperatif salah satu metode yang dianggap sesuai adalah metode pembelajaran Two Stay Two Stray. Dengan metode pembelajaran ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapatnya di depan kelas, menanggapi atau menyanggah pendapat teman, dan saling bekerja sama antar kelompok. Download PTK ekonomi sma pdf
Berdasarkan latar belakang di atas maka perlu diteliti mengenai “Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Perpaduan Metode Ceramah dan Metode Two Stay Two Stray kelas X SMAN 1 ...... Tahun Pelajaran 2015/2016”
1.2. Perumusan Masalah
a. Apakah dengan memadukan metode pembelajaran ceramah dengan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi materi jenis-jenis ekonomi pada siswa kelas X SMAN 1 ......?
b. Apakah dengan memadukan metode pembelajaran ceramah dengan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas siswa materi jenis-jenis ekonomi pada siswa kelas X SMAN 1 ......? Download Proposal PTK Ekonomi doc
1.3. Tujuan Penelitian
a. Untuk mendeskripsikan perpaduan metode pembelajaran ceramah dengan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi pokok Jenis-jenis ekonomi pada siswa kelas X SMAN 1 .......
b. Untuk mendeskripsikan perpaduan metode ceramah dengan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pokok jenis-jenis ekonomi pada siswa kelas X SMAN 1 .......
1.4. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 
1) Bagi siswa
a. Siswa dapat mengembangkan kreativitasnya dengan pembelajaran yang mandiri.
b. Siswa dapat melatih kemampuannya mengemukakan pendapat.
c. Siswa dapat belajar untuk menghargai pendapat orang lain.
d. Siswa dapat meningkatkan keaktifannya di kelas.
2) Bagi guru
a. Menambah pengetahuan baru kepada guru mengenai metode pembelajaran
b. Guru dapat menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk pembelajaran Ekonomi selanjutnya. Contoh Proposal IPS Ekonomi SMA
c. Meningkatkan semangat guru dalam mengajar
d. Memberikan motivasi kepada guru untuk meningkatkan keterampilan memilih strategi mengajar dan model pembelajaran yang lebih bervariasi, sehingga dapat meningkatkan mutu pengajaran kepada siswa
3) Bagi sekolah
a. Dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
b. Dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa
4) Bagi peneliti
a. Dapat menambah pengetahuan baru mengenai model pembelajaran Two Stay Two Stray.
b. Dapat menerapkan model pembelajaran tersebut saat menjadi guru.
c. Dapat membandingkan hasil penelitian sekarang dengan penelitian sebelumnya.
5) Bagi pembaca
a. Dapat menambah wawasan mengenai model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Contoh ptk ekonomi sma doc
b. Dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya.
c. Dapat menjadi bahan perbandingan penelitian sekarang dengan penelitian selanjutnya.


DOWNLOAD PTK IPS EKONOMI SMA  LENGKAP


BAB II
LANDASAN TEORI


2.1. Tinjauan Tentang Belajar
2.1.1 Pengertian Belajar
Menurut Hilgard dan Bower dalam Purwanto (20 10:84) dalam buku Theories of Learning (1975) mengemukakan bahwa :
belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamnnya yang berulang-ulang dalam situasi itu, di mana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan, atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya).

Menurut Gagne dalam Agus (2011:2) belajar merupakan perubahan dispossisi atau kemampuan yang dicapai seseorang melalui aktivitas. Download PTK ekonomi sma pdf Perubahan disposisi tersebut bukan diperoleh langsung dari proses pertumbuhan seseorang secara alamiah. Menurut Slavin dalam Anni (2009:82) menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan individu yang disebabkan oleh pengalaman.
Menurut Djamarah dan Zain (2006:10) belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan. Artinya tujuan kegiatan adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan, maupun sikap, bahkan meliputi segala aspek organisme atau pribadi. Jadi, hakikat belajar adalah perubahan. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 2003:2).
Menurut Skinner (dalam Dimyati, 2009:9) bahwa belajar adalah suatu perilaku pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun.
Oemar Hamalik (2009:154) menyatakan bahwa :
belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman. Belajar sesungguhnya adalah cirri khas manusia dan yang membedakannya dengan binatang. Belajar yang dilakukan oleh manusia merupakan bagian dari hidupnya, berlangsung seumur hidup, kapan saja, dan dimana saja, baik di sekolah. di kelas, di jalanan dalam waktu yang tak dapat ditentukan sebelumnya.
Berdasarkan pendapat diatas, maka belajar dapat diartikan perubahan perilaku seorang individu yang akan meningkat menjadi baik. Teori tentang belajar ini dicantumkan karena penelitian ini merupakan pengamatan terhadap proses belajar siswa.Contoh ptk ekonomi sma doc
2.1.2 Unsur-unsur Belajar
Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, belajar merupakan kegiatan yang paling utama. Hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan, tergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai peserta didik. Pandangan yang berbeda tentang belajar dari seorang dengan yang lain akan mempengaruhi pola berfikir dan tindakan-tindakannya. Hal ini disebabkan karena setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda tentang belajar. Menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kehidupannya. Download ptk ekonomi sma 2010
Unsur- unsur belajar menurut Gagne dalam Anni ( 2009:84) adalah sebagai berikut:
a. Peserta didik. Istilah peserta didik dapat diartikan sebagai peserta didik, warga belajar, dan peserta pelatihan yang sedang melakukan kegiatan belajar. 

b. Rangsangan ( stimulus ), peristiwa yang merangsang penginderaan peserta didik disebut situasi stimulus. Agar peserta didik mampu belajar optimal, ia harus memfokuskan pada stimulus tertentu yang diminati.Download PTK ekonomi sma pdf

c. Memori, memori peserta didik berisi berbagai kemampuan yang berupa pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang dihasilkan oleh aktivitas belajar sebelumnya

d. Respon, adalah tindakan yang dihasilkan dari aktualisasi memori. Respon dalam peserta didik akan diamati pada akhir proses belajar yang disebut dengan perubahan perilaku atau perubahan kinerja (performance).

Keempat unsur belajar tersebut dapat digambarkan sebagi berikut. Kegiatan belajar akan terjadi pada diri peserta didik apabila terdapat interaksi antara stimulus dengan isi memori, sehingga perilakunya berubah dari waktu sebelum dan setelah adanya stimulus tersebut. Apabila terjadi perubahan perilaku, maka perubahan perilaku itu menjadi indikator bahwa peserta didik telah melakukan kegiatan belajar.
2.1.3 Ciri-ciri Belajar
Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Download PTK ekonomi sma pdf
Ciri-ciri belajar menurut Dimyati dan Mudjiono (2009:8) anatar lain: 
a. siswa yang bertindak belajar atau pembelajar
b. memperoleh hasil belajar dan pengalaman hidup 
c. proses internal pada diri pembelajar
d. dapat belajar di sembarang tempat
e. lama waktunya sepanjang hayat
f. syarat terjadi motivasi belajar kuat
g. ukuran keberhasilannya dapat memecahkan masalah bagi
h. pembelajar mempertinggi martabat pribadi
i. hasil belajar sebagai dampak pengajaran dan pengiring
Beberapa ciri belajar, seperti dikutip oleh Darsono (dalam Hamdani, 2011:22) adalah sebagai berikut :
a. belajar dilakukan dengan sadar dan mempunyai tujuan. Tujuan ini digunakan sebagai arah kegiatan, sekaligus tolok ukur keberhasilan belajar.
b. Belajar merupakan pengalaman sendiri, tidak dapat diwakilkan kepada orang lain. Jadi, belajar bersifat individual. Contoh ptk ekonomi sma doc
c. Belajar merupakan proses interaksi antara individu dan lingkungan. Hal ini berarti individu harus aktif apabila dihadapkan pada lingkungan tertentu. Keaktifan ini dapat terwujud karena individu memiliki berbagai potensi untuk belajar.
d. Belajar mengakibatkan terjadinya perubahan pada diri orang yang belajar. Perubahan tersebut bersifat integral, artinya perubahan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang terpisahkan satu dengan yang lainnya.
Dari beberapa teori diatas maka cirri belajar adalah menghasilkan sebuah hasil belajar dan mengubah perilaku seseorang individu. Dalam penelitian ini cirri belajar dapat ditemukan dalam hasil belajar siswa.
2.1.4 Prinsip-prinsip Belajar
Adapun prinsip belajar dalam pembelajaran menurut Dimyati (2009:42-49) adalah sebagai berikut:
a. Perhatian dan motivasi
Perhatian mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila bahan pelajaran sesuai dengan kebutuhannya. Di samping perhatian, motivasi mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan aktivitas seseorang. Download Proposal PTK Ekonomi doc
b. Keaktifan
Dalam setiap proses belajar, siswa selalu menampakkan keaktifan. Keaktifan itu beraneka ragam bentuknya. Mulai dari kegiatan fisik yang mudah kita amati sampai kegiatan psikis yang susah diamati.
c. Keterlibatan langsung/berpengalaman
Edgar dale dalam penggolongan pengalaman belajar yang dituangkan dalam kerucut pengalamannya mengemukakan bahwa belajar yang paling baik adalah belajar melalui pengalaman langsung. Sedangkan pentingnya keterlibatan langsung dalam belajar yang dikemukakan oleh John Dewey dengan “learning by doing”-nya. Belajar sebaiknya dialami melalui perbuatan langsung.
d. Pengulangan
prinsip pengulangan menyatakan bahwa situasi stimulus dan responnya perlu diulang-ulang, atau dipraktikkan, agar belajar dapat diperbaiki dan meningkatkan retensi belajar.
e. Tantangan
Tantangan yang dihadapi dalam bahan belajar membuat siswa bergairah untuk mengatasinya. Bahan belajar yang baru, yang banyak mengandung masalah yang perlu dipecahkan membuat siswa tertantang untuk mempelajarinya. Contoh Proposal IPS Ekonomi SMA
f. Balikan dan penguatan
Format sajian berupa tanya jawab, diskusi, eksperimen, metode penemuan, dan sebagainya merupakan cara belajar mengajar yang memungkinkan terjadinya balikan dan penguatan.
g. Perbedaan individual
Perbedaan individual ini berpengaruh pada cara dan hasil belajar siswa. Karenanya, perbedaan individu perlu diperhatikan oleh guru dalam upaya pembelajaran.
Sedangkan menurut Agus (2011:4) prinsip-prinsip belajar sebagai berikut :
a. Prinsip belajar adalah perubahan perilaku
b. Belajar merupakan proses. Belajar terjadi karena didorong kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.
c. Belajar merpakan bentuk pengalaman. Pengalaman pada dasarnya adalah hasil dari interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya.
Prinsip belajar terkait dengan potensi manusiawi, proses kematangan diri, dorongan motivasi, proses percobaan, kemampuan belajar siswa, cara belajar, belajar melalui praktik, perkembangan pengalaman siswa, bahan ajar yang bermakna, informasi, dan variasi belajar. Penelitian ini merupakan pengamatan terhadap proses belajar mengajar yang di dalamnya terdapat prinsip-prinsip belajar. Contoh ptk ekonomi sma doc
2.2. Hasil Belajar
2.2.1 Pengertian Hasil Belajar
Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan.
Menurut Bloom (dalam Agus, 2011:6), “hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik”. “Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh peserta didik setelah mengalami kegiatan belajar” (Anni, 2009:85).
Anni (2009:85), menyatakan bahwa :
hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh peserta didik setelah mengalami kegiatan belajar. perolehan aspek-aspek perubahan perilaku tersebut tergantung pada apa yang dipelajari oleh peserta didik. Oleh karena itu apabila peserta didik mempelajari pengetahuan tentang konsep, maka perubahan perilaku yang diperoleh adalah berupa penguasaan konsep.
Dari beberapa teori diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang dicapai oleh seseorang yang telah melakukan proses belajar,dapat berupa nilai-nilai, kemampuan-kemampuan yang mencakup kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam penelitian ini akan diketehaui hasil belajar setelah penerapan metode Two Stay Two Stray. Download PTK ekonomi sma pdf
2.2.2 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Menurut Sudjana (2009:39), hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari dalam siswa itu dan faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan. Faktor yang datang dari diri siswa terutama kemampua yang dimilikinya. Faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai.
Sedangkan menurut Slameto (20 10:54-72), faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah :
a. Faktor-faktor internal
1. Jasmaniah (kesehatan, cacat tubuh)
2. Psikologis (integensi, perhatian, minat, bakat motif, kematangan, kesiapan)
3. Kelelahan
b. Faktor-faktor eksternal
1. Keluarga (cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, latar belakang kebudayaan)
2. Sekolah (metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran diatas ukuran, keadaan gedung, metode belajar, tugas rumah)
3. Masyarakat (kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, bentuk kehidupan masyarakat) Download proposal ptk ekonomi sma lengkap
Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor intern yaitu fakor jasmaniyah, faktor psikologi, faktor kesiapan, dan faktor ekstern yaitu faktor keluarga, faktor sekolah, faktor masyarakat. Dalam penelitian ini akan meneliti salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu metode pembelajaran yang digunakan (faktor ekstern).
2.3. Aktivitas Belajar
Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting di dalam interaksi belajar-mengajar (Sardiman, 2007:96).
Paul B. Diedrich dalam Sardiman (2007:101) membuat suatu daftar macam¬macam kegiatan siswa yang antara lain digolongkan sebagai berikut:
1) Visual activities, yang termasuk di dalamnya misalnya, membaca, memperhatikan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain.
2) Oral activities, seperti: menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran,mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, interupsi. Contoh ptk ekonomi sma doc
3) Listening activities, sebagai contoh mendengarkan:uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato.
4) Writing activities, seperti misalnya menulis cerita, karangan, laporan, angket, menyalin.
5) Drawing activities, misalnya menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
6) Motor activities, yang termasuk didalanya antara lain:melakukan percobaan, membuat kontruksi, metode mereparasi, bermain, berkebun, beternak.
7) Mental activities misalnya menanggap, mengingat, memecahkan soal, menganalisa, melihat hubungan, mengambil keputusan.
8) Emotional activities, misalnya menaruh minat, merasa bosan, gembira, bersemangat, bergairah, berani, gugup, tenang.
Sardiman (2001:101) menyatakan bahwa:
Klasifikasi aktivitas yang diuraikan di atas menunjukkan bahwa aktivitas di sekolah cukup kompleks dan bervariasi. Apabila berbagai macam kegiatan tersebut dapat diciptakan di sekolah, maka sekolah akan lebih dinamis, tidak membosankan dan benar-benar menjadi pusat aktivitas belajar yang maksimal. Download Proposal PTK Ekonomi doc 
Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang dilakukan baik oleh siswa maupun guru dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa
2.4.Pembelaj aran Kooperatif
2.4.1 Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Agus (2011:54) menyatakan bahwa :
pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran kooperatif dianggap lebih diarahkan oleh guru, di mana guru menetapkan tugas dan pertanyaan-pertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu peserta didik menyelesaikan masalah yang dimaksud.
“Model pembelajaran kooperatif adalah rangkaian kegiatan belajar siswa dalam kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan” (Sanjaya, 2006:239). Pembelajaran kooperatif ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan paham kontruktivis. Dalam pembelajaran kooperatif diterapkan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Download ptk ekonomi sma 2010 Dalam pembelajaran ini, belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai bahan pelajaran (Hamdani, 2011:30)
Menurut H. Karli dan Yuliariatiningsih, M.S (dalam Hamdani. 2011:165), menyatakan bahwa:
metode pembelajaran kooperatif adalah suatu strategi belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesame dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri atas dua orang atau lebih. Keberhasilan kerja sangat dipengaruhi keterlibatan setiap anggota kelompok itu sendiri.
Keunggulan metode pembelajaran kooperatif dalam Sanjaya (2008:247-248) yaitu :
a. Melalui metode kooperatif tidak terlalu menggantungkan pada guru, menambah kepercayaan kemampuan berpikir sendiri, menemukan informasi, dan belajar dari siswa lain.
b. Dapat mengembangkan kemampuan mengungkapkan idea atau gagasan dan membandingkan
c. Membantu anak untuk respek pada orang lain dan menyadari keterbatasannya.
d. Membantu memberdayakan setiap siswa untuk lebih bertanggung jawab dalam belajar.
e. Merupakan suatu strategi yang cukup ampuh untuk meningkatkan prestasi akademik sekaligus kemampuan sosial. Contoh ptk ekonomi sma doc
f. Mengembangkan kemampuan siswa untuk menguji ide dan pemahamnnya sendiri, menerima umpan balik
g. Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan informasi dan kemampuan belajar abstrak menjadi nyata (riil)
h. Interaksi selama kooperatif berlangsung dapat meningkatkan motivasi dan memberikan rangsangan untuk berpikir Download PTK ekonomi sma pdf
Kelemahan metode pembelajaran koperatif dalam Sanjaya (2008:248-248) yaitu :
a. Untuk memahami dan mengerti filosofis metode kooperatif butuh waktu.
b. Cirri utama metode kooperatif adalah bahwa siswa saling membelajarkan.
c. Penelitian metode kooperatif didasarkan pada hasil kerja kelompok
d. Keberhasilan metode kooperatif didasarkan dalam upaya mengembangkan kesadaran berkelompok memerlukan waktu yang cukup panjang.
e. Walaupun kerjasama merupakan kemapuan yang sangat penting untuk siswa, tetapi banyak aktivitas dalam kehidupan yang didasarkan pada kemampuan individual.
Dari teori diatas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang bersifat kelompok yang memerlukan kerjasama antar siswa dalam kelompok.
2.4.2 Karakteristik Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif berbeda dengan strategi pembelajaran lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang lebih menekankan kepada proses kerja sama dalam kelompok. Tujuan yang ingin dicapai tidak hanya kemampuan akademik dalam pengertian penguasaan bahan pelajaran, tetapi juga adanya unsur kerja sama untuk penguasaan materi tersebut. Adanya kerja sama ini lah yang menjadi cirri khas dari pembelajaran kooperatif. Contoh Proposal IPS Ekonomi SMA
Karakteristik strategi pembelajaran adalah sebagai berikut:
a. Pembelajaran secara tim.
Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran secara tim. Tim merupakan tempat untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, tim harus mampu membuat setiap siswa belajar. Semua anggota tim harus saling membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b. Didasarkan pada managemen kooperatif
Sebagaimana pada umumnya, managemen mempunyai empat fungsi pokok, yaitu fungsi perencanaan, fungsi organisasi, fungsi pelaksanaan, dan funsikontrol. Demikian juga dalam pembelajaran kooperatif.
c. Kemampuan untuk bekerja sama
Keberhasilan pembelajaran kooperatif ditentukan oleh keberhasilan secara kelompok. Oleh sebab itu, prinsip bekerja sama perlu ditekankan dalam proses pembelajaran kooperatif.
d. Ketrampilan bekerja sama
Kemampua untuk bekerja sama itu kemudian dipraktikkan melalui aktivitas dan kegiatan yang tergambarkan dalam ketrampilan bekerja sama. Contoh ptk ekonomi sma doc
(Wina Sanjaya, 2006:242-244)
Karakteristik pembelaj aran kooperatif ini adalah pembelajaran secara tim, berdasarkan pada management kooperatif, kemampuan untuk bekerja sama, dan ketrampilan bekerja sama. Karena pada materi pelajaran ekonomi butuh penguasaan yang baik, maka diterapkan pembelajaran kooperatif.
2.4.3 Unsur Pembelajaran Kooperatif
Unsur-unsur dasar dalam pembelajaran kooperatif menurut Hamdani (2011:165) adalah sebagai berikut :
a. Siswa dalam kelompoknya harus beranggapan bahwa mereka sehidup sepenanggungan bersama. Download Proposal PTK Ekonomi doc
b. Siswa bertanggung jawab atas segala sesuatu di dalam kelompoknya, seperti miliknya sendiri.
c. Siswa harus melihat bahwa semua anggota di dalam kelompoknya memiliki tujuan yang sama.
d. Siswa harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara kelompoknya.
e. Siswa akan dikenakan evaluasi atau diberikan hadiah atau penghargaan yang juga akan dikenakan untuk semua anggota kelompok.
f. Siswa berbagi kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya.
g. Siswa akan diminta untuk mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Dari berbagai unsure diatas, maka dapat disimpulkan bahwa unsure dari pembelajaran kooperatif yaitu siswa bertanggungjawab dan bekerjasama di dalam kelompoknya.
2.4.4 Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
Beberapa ciri-ciri pembelajaran kooperatif menurut Hamdani (2011:31) adalah:
a. Setiap anggota memiliki peran
b. Terjadi hubungan interaksi langsung di antara siswa
c. Setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas cara belajarnya dan juga teman-teman sekelompoknya Download proposal ptk ekonomi sma lengkap
d. Guru membantu mengembangkan keterampilan-keterampilan interpersonal kelompok
e. Guru hanya berinteraksi dengan kelompok saat diperlukan
2.5. Metode Pembelajaran Ceramah
Menurut Hamdani (2011:156), metode ceramah berbentuk penjelasan konsep, prinsip, dan fakta yang ditutup dengan tanya jawab antara guru dan siswa. Metode ceramah dapat dilakukan oleh guru dalam situasi berikut :
a. Untuk memberikan pengarahan, petunjuk di awal pembelajaran.
b. Waktu terbatas, sedangkan materi atau informasi banyak yang akan disampaikan.
c. Lembaga pendidikan sedikit memiliki staf pengajar, sedangkan jumlah siswa banyak.
Keterbatasan metode ceramah menurut Yamin (2009:65) sebagai berikut :
a. Keberhasilan siswa tidak terukur.
b. Perhatian dan motivasi siswa sulit diukur.
c. Peran serta siswa dalam pembelajaran rendah.
d. Materi kurang terfokus.
e. Pembicaraan sering melantur.
Beberapa kelemahan metode ceramah adalah:
a. Mudah menjadi verbalisme (pengertian kata-kata).
b. Yang visual menjadi rugi, yang auditif (mendengar) yang besar menerimanya.
c. Bila selalu digunakan dan terlalu lama, membosankan.
d. Guru menyimpulkan bahwa siswa mengerti dan tertarik pada ceramahnya, ini sukar sekali. Download PTK ekonomi sma pdf 
e. Menyebabkan siswa menjadi pasif.
Beberapa kelebihan metode ceramah adalah :
a. Guru mudah menguasai kelas.
b. Mudah mengorganisasikan tempat duduk/kelas.
c. Dapat diikuti anak didik dalam jumlah besar
d. Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya.
e. Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik.
(Syaiful Bahri Djamarah:97-98).
Dengan demikian, dapat dipahami bahwa metode ceramah adalah cara penyajian pelajaran yang dilakukan guru dengan penuturan atau penjelasan lisan secara langsung terhadap siswa.
2.6. Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray
Menurut Agus (2011:93) metode two stay two stray atau metode dua tinggal dua tamu. Pembelajaran dengan metode itu diawali dengan pembagian kelompok. Setelah kelompok terbentuk guru memberikan tugas berupa permasalahan¬permasalahan yang harus siswa diskusikan jawabannya. Contoh ptk ekonomi sma doc
Setelah diskusi antar kelompok usai, dua orang dari masing-masing kelompok meninggalkankelompoknya untuk bertamu kepada kelompok lain. Anggota kelompok yang tida mendapat tugas sebagai duta (tamu) mempunyai kewajiban menerima tamu dari suatu kelompok. Tugas mereka adalah menyajikan hasil kerja kelompoknya kepada tamu tersebut. Dua orang yang bertugas sebagai tamu diwajibkan bertamu kepada semua kelompok. Jika mereka telah usai menunaikan tugasnya, mereka kembali ke kelompoknya masing-masing.
Setelah kembali ke kelompok asal, baik peserta didik yang bertugas bertamu maupun mereka yang bertugas menerima tamu mencocokkan dan membahas hasil kerja yang telah mereka tunaikan.
Langkah – langkah metode pembelajaran Two Stay Two Stray :
a. Siswa bekerjasama dalam kelompok berempat.
b. Setelah selesai dua orang dari masing – masing kelompok meninggalkan kelompoknya dan masing – msing bertamu ke dua kelompok yang lain. Download proposal ptk ekonomi sma lengkap
c. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka.
d. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
e. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil – hasil kerja mereka. Kelebihan metode Two Stay Two Stray (TSTS) :
a. Dapat diterapkan pada semua kelas/tingkatan
b. Kecenderungan belajar siswa menjadi lebih bermakna
c. Lebih beorientasi pada keaktifan
d. Diharapkan siswa akan berani mengungkapkan pendapatnya
e. Menambah kekompakan dan rasa percaya diri siswa
f. Kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan
g. Membantu meningkatkan minat dan prestasi belajar
Kekurangan metode Two Stay Two Stray (TSTS) :
a. Membutuhkan waktu yang lama
b. Siswa cenderung tidak mau belajar dalam kelompok Download PTK ekonomi sma pdf
c. Bagi guru, membutuhkan banyak persiapan (materi, dana dan tenaga)
d. Guru cenderung kesulitan dalam pengelolaan kelas.
(Prawindyadwitantra,20 11)
Metode Two Stay Two Stray merupakan metode yang akan diterapkan dalam penelitian tindakan kelas pada materi jenis-jenis ekonomi. Kelebihan metode ini adalah lebih aktif, lebih kompak, dan lebih berani mengungkapkan pendapat. metode ini diterapkan dalam penelitian dikarenakan karakteristik dari mata pelajaran ekonomi adalah teoritis dan perlu pemahaman yang lebih baik.
2.7. Karakteristik Pembelaj aran Jenis-jenis Ekonomi
Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan priduksi, konsumsi dan atau distribusi. Salah satu pokok bahasan dalam pelajaran ekonomi yaitu jenis-jenis kegiatan ekonomi. Materi ini merupakan materi yang diajarkan pada siswa SMK kelas X. Download Proposal PTK Ekonomi doc  kompetensi dasar pada pokok bahasan ini yaitu memahami ilmu hukum ekonomi. Substansi materi yang banyak dan bersifat hafalan sehingga membutuhkan pemahaman untuk mempelajari materi tersebut.
Dalam perekonomian ada permasalahan ekonomi. Yaitu apa yang harus diproduksi, bagaimana memproduksinya, dan untuk siapa diproduksi.
Secara teoritis dan kenyataan praktik perekonomian di berbagai Negara sampai sekarang, dikenal tiga sistem ekonomi atau perekonomian, yaitu sistem pasar bebas atau liberal yang dikenal juga dengan istilah kapitalis, sistem sosial atau dikenal dengan istilah sistem komando, dan sistem campuran (hybrid mixture).
Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan manusia untuk memperoleh barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan hidup. Secara sederhana kegiatan ekonomi dapat diidentifikasikan sebagai aktivitas mulai dari pembuatan atau pengolahan barang dan jasa oleh produsen sehingga lebih berguna (produksi), penyaluran hasil produksi melalui perantara perdagangan maupun pemasaran (distribusi), serta pemakaian hasil produksi oleh masyarakat pemakai (konsumen). Download ptk ekonomi sma 2010
a. Produksi
Merupakan semua kegiatan manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai barang atau jasa. Semua kegiatan produksi memuat kegiatan menghasilkan dan menambah nilai guna. Alasannya, semua kegiatan produksi pada dasarnya merupakan kegiatan mengolah suatu bahan menjadi bahan baku yang lebih bernilai guna (bermanfaat). Tujuan produksi dapat dibedakan menjadi dua yaitu untuk memenuhi kepentingan sosial atau masyarakat dan untuk mencari keuntungan.
b. Konsumsi
Merupakan kegiatan manusia menggunakan atau memakai barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang menggunakan barang atau jasa disebut konsumen. Setiap orang mempunyai perbedaan dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Download Proposal PTK Ekonomi doc Barang atau jasa mempunyai arti penting apabila barang itu mempunyai kegunaan. Hanya barang yang mempunyai kegunaanlah yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan. Dengan mengamati kegiatan ekonomi disekitar, kita dapat mengetahui bahwa semua barang dan jasa dihasilkan oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan manusia.
c. Distribusi
Merupakan kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Barang yang telah dihasilkan oleh produsen ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan konsumen. Agar bisa sampai ke tangan konsumen, barang tersebut harus disalurkan. Semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen disebut distribusi.
Distribusi merupakan kegiatan penting bagi perekonomian masyarakat. Distributor membantu baik produsen mapun konsumen. Manfaat distributor akan lebih terasa kalau jarak antara produsen ke konsumen sangat jauh. Download PTK ekonomi sma pdf 
2.8.Kerangka Berpikir
Dalam kegiatan pembelajaran ekonomi di SMAN 1 ......, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajara. Hal ini menimbulkan kejenuhan pada diri siswa yang berdampak hasil belajar yang rendah dan banyak siswa yang belum mampu mencapai KKM.
Dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu membantu siswa agar memperoleh berbagai pengalaman dan dengan pengalaman itu tingkah laku siswa bertambah baik, secara kualitas maupun kuantitas diperlukan kegiatan belajar mengajar yang komunikatif. Dalam kegiatan mengajar guru dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kondisi siswa dalam pembelajaran. Download proposal ptk ekonomi sma lengkap Metode pembelajaran merupakan suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan agar tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan akan cepat dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien.
Metode pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternative metode kooperatif. Dalam pemaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray siswa belajar untuk bertanggung jawab atas penguasaan materi pelajaran yang ditugaskan padanya sehingga mengajarkan siswa disiplin dalam bertindak. Dengan adanya pengelompokkan dan pembagian yang merupakan aturan dalam belajar mengajarkan siswa untuk menaati peraturan yang berlaku. Dalam metode ceramah dan Two Stay Two Stray semangat siswa dapat dikembangkan dengan adanya kerja sama baik dalam kelompok maupun dengan kelompok lain. Guru memberikan suatu permasalahan atau tugas yang harus diselesaikan sehingga dapat mengembangkan keaktifan siswa dalam mencari sumber dan bahan yang dapat dikembangkan. Contoh ptk ekonomi sma doc Setelah selesai berdiskusi dalam satu kelompok maka dua orang siswa dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompknya dan masing-masing beramu ke dua kelompok yang lain. Pemahaman konsep siswa akan lebih optimal karena siswa belajar mengungkapkan dengan kata-katanya sendiri apa yang telah dipelajari dan yang berada dalam pikiranya.
 

2.9. Hipotesis
Dari kerangka berpikir di atas dan dengan dukungan beberapa teori dapat dirumuskan hipotesis yaitu perpaduan metode pembelajaran ceramah dan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi jenis-jenis kegiatan ekonomi pada kelas X SMAN 1 ....... Download Proposal PTK Ekonomi doc 


PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPS EKONOMI TERBARU


BAB III
METODE PENELITIAN


3.1. Pendekatan Penelitian
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini disusun untuk memecahkan suatu masalah, diujicobakan dalam situasi sebenarnya dengan melihat kekurangan dan kelebihan serta melakukan perubahan yang berfungsi sebagai peningkatan. Download PTK ekonomi sma pdf Upaya perbaikan ini dilakukan dengan melaksanakan tindakan untuk mencari jawaban atas permasalahan yang diangkat dari kegiatan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan perpaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray (TSTS).
3.2. Subjek dan Objek Penelitian
3.2.1 Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 ...... yang berjumlah 39 siswa.
3.2.2 Objek Penelitian
Objek penelitian merupakan inti dari problematika penelitian. Objek dari penelitia ini meliputi :
a. Aktivitas siswa
1. Kemampuan Kerj asama
Kemampuan kerja sama antar siswa di dalam kelompok untuk memecahkan masalah atau kasus yang diberikan. Kerja sama antar kelompok untuk mencari dan memberikan informasi dari masalah yang sudah didiskusikan.
2. Kemampuan menjawab pertanyaan
Kemampuan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru ketika guru memberikan materi yang terkait. Download ptk ekonomi sma 2010 
3. Kemampuan memberikan pendapat
Siswa mampu memberikan pendapat atau menyanggah pendapat ketika siswa maju kedepan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
b. Respon Siswa
Respon siswa merupakan pendapat atau tanggapan siswa terhadap metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, tanggapan siswa tentang kinerja guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode TSTS,
c. Motivasi Siswa
Motivasi dirumuskan sebagai dorongan, baik diakibatkan faktor dari dalam maupun luar siswa, untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi atau memuaskan suatu kebutuhan. Motivasi menentukan tingkat berhasil atau gagalnya tingkat belajar siswa. Download proposal ptk ekonomi sma lengkap Motivasi pada umumnya mempertinggi prestasi dan memperbaiki sikap dengan tugas, dengan kata lain motivasi dapat membangkitkan rasa puas dan menaikkan prestasi.
d. Hasil belajar
Hasil belajar yang dicapai siswa sesuai dengan KKM yang ditentukan sekolah.
 3.3. Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian ini di SMAN 1 ...... yang beralamatkan di Jl. ........No......... Tempatnya strategis karena dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan apa saja. 
3.4. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian adalah suatu rangkaian tahap-tahap penelitian dari awal sampai akhir. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam beberapa siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yang dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
3.4.1 Siklus I
a. Perencanaan
Tahap perencanaan ini berupa penentuan langkah-langkah yang akan dilakukan peneliti pada pembelajaran dalam siklus I. rencana kegiatan yang akan dilaksanakan adalah :
1. Membuat skenario pembelajaran dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) Download PTK ekonomi sma pdf 
2. Menyusun lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru
3. Menyusun kasus dan kasus tersebut dibagikan kepada siswa
4. Guru membagi siswa menjadi 9 kelompok sesuai dengan tempat duduk
5. Guru menyiapkan materi pembelajaran
b. Tindakan
Tahap tindakan merupakan rencana-rencana yang disusun pada tahap sebelumnya. Pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, inti, dan penutup.
1. Guru mengabsen siswa dan memberikan pengarahan tentang metode pembelajaran selama 10 menit
2. Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan cara meminta siswa menyebutkan jenis-jenis kegiatan ekonomi selama 10 menit
3. Guru menggali pengetahuan siswa dengan cara bertanya kepada siswa selama 10 menit Contoh ptk ekonomi sma doc 
4. Guru menjelaskan materi jenis-jenis kegiatan ekonomi selama10 menit
5. Guru membagi siswa menjadi 9 kelompok
6. Guru membagikan lembar kasus kepada setiap kelompok
7. Siswa berdiskusi selama 20 menit
8. Siswa maju kedepan untuk presentasi selama 15 menit
9. Guru melakukan tes evaluasi siklus I
c. Pengamatan
Proses pengamatan atau observasi yang dilakukan pada tahap ini adalah observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dan kinerja guru..
e. Refleksi
Hasil analisis yang diperoleh dari kendala-kendala yang ditemui selama pelaksanaan tindakan digunakan sebagai bahan refleksi. Hasil refleksi digunakan untuk mengetahui perubahan antara sebelum dan sesudah tindakan. Download ptk ekonomi sma 2010 Selain itu, refleksi digunakan untuk mengetahui kekurangan serta upaya perbaikan untuk siklus berikutnya.
3.4.2 Siklus II
a. Perencanaan
Hasil refleksi pada siklus I dikoordinasikan dengan guru mata pelajaran ekonomi sekolah tempat untuk melakukan peerencanaan ulang. Kegiatan yang dilakukan berupa perbaikan rencana yang didasarkan pada kekurangan atau temuan pada siklus I, sedangkan kelebihan pada kelebihan siklus I dipertahankan. Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada siklus II antara lain :
1. Menyempurnakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat pada siklus I
2. Guru membacakan kasus yang akan didiskusikan oleh siswa
3. Membuat lembar observasi aktivitas siswa dan guru Download Proposal PTK Ekonomi doc 
4. Membuat kelompok dengan anggota yang berbeda sesuai dengan presensi
b. Tindakan
Tindakan siklus II merupakan pelaksanaan dari perencanaan yang telah disusun. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah perbaikan pembelajaran, yaitu meliputi :
1. Guru mengabsen siswa dan memberikan pengarahan tentang metode pembelajaran selama 10 menit
2. Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan cara meminta siswa menyebutkan jenis-jenis kegiatan ekonomi selama 10 menit Contoh Proposal IPS Ekonomi SMA 
3. Guru menggali pengetahuan siswa dengan cara bertanya kepada siswa selama 10 menit
4. Guru menjelaskan materi jenis-jenis kegiatan ekonomi selama10 menit
5. Guru membagi siswa menjadi 9 kelompok
6. Guru membagikan lembar kasus kepada setiap kelompok
7. Siswa berdiskusi selama 20 menit
8. Siswa maju kedepan untuk presentasi selama 15 menit
9. Guru menyimpulkan tentang hasildiskusi siswa
10. Guru melakukan res evaluasi siklus II
c. Pengamatan
Pada siklus II yang diamati adalah proses belajar siswa yang meliputi aktivitas siswa yaitu kemampuan kerjasama siswa, kemampuan menjawab pertanyaan, kemampuan berpendapat dalam pelajaran ekonomi dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS). Download PTK ekonomi sma pdf 
d. Refleksi
Pada kelas dengan pembelajaran perpaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray pada siklus II setelah metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray diterapkan secara maksimal maka akan terlihat secara jelas ada peningkatan hasil belajar yang dicapai.
 
Gambar 3.1 Kegiatan Tiap Siklus 
3.5. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah :
3.5.1 Teknik Dokumentasi
Teknik dokumetasi merupakan suatu metode dalam penelitian yang bersumber pada tulisan. Contoh ptk ekonomi sma doc Teknik ini digunakan untuk mendapatkan informasi tentang daftar nama siswa, daftar hasil belajar siswa.
3.5.2 Teknik Tes
Menurut Suharsimi, (2006:150). “teknik tes yaitu serentetan pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan integensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu maupun kelompok. teknik tes disini dgunakan untuk mendapatkan informasi tentang data kognitif siswa. Tes yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang data kognitif siswa. Download ptk ekonomi sma 2010 Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk pilihan ganda. 
3.5.3 Teknik Observasi
Teknik observasi merupakan kegiatan pemusatan perhatian terhadap suatu objek dengan menggunakan seluruh alat indra. Pedoman pengamatan ini diperlukan untuk mengamati proses pembelajaran yang berlangsung yaitu aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung dengan metode pembelajaran ceramah dan TSTS. Download PTK ekonomi sma pdf Aktivitas siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi.

3.6. Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan hasil belajar siswa dengan tindakan, serta membandingkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Data dihitung dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Data dapat dihitung sebagai berikut :
1) Menghitung nilai rerata atau persentase hasil belajar siswa pada siklus I dan II. Nilai rata-rata siswa dicari dengan rumus :
 
Keterangan :
X : Nilai rerata
N : Banyaknya siswa
~ : Jumlah nilai seluruh siswa
2) Data tentang nilai hasil belajar siswa
 
3) Data tentang hasil observasi untuk penilaian tingkat aktivitas pada proses pembelajaran
 
4) data ketuntasan hasil belajar siswa
ketuntasan belajar siswa dihitung dengan menggunakan rumus deskriptif prosentase sebagai berikut : Download Proposal PTK Ekonomi doc 
 
Keterangan :
% : Persentase
N : Jumlah skor maksimal
n : Jumlah skor yang diperoleh dari data

5) Lembar observasi
Lembar observasi guru dan siswa dalam penelitian ini digunakan untuk melihat aktivitas pada proses pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan skala Likert dengan rentang dari 4 sampai dengan 1. Contoh Proposal IPS Ekonomi SMA Dengan demikian jika dalam penelitian ada 10 aspek yang harus diamati, maka skor maksimum 40 dan skor minimumnya adalah 10. Apabila dalam aktivitas proses pembelajaran dibagi dalam empat kategori, maka aktivitas dengan skor: Contoh ptk ekonomi sma doc
31 x 40 kategori amat baik
21 x 30 kategori baik
11 x 20 kategori kurang
1 x 10 kategori amat kurang


CONTOH LAPORAN PTK IPS EKONOMI SMA 


DAFTAR PUSTAKA


Anni, Chatharina, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Semarang. UNNES Press
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Faishal, Mirza. 2008. Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray
untuk meningkatkan unsure pembelajaran kooperatif dan prestasi belajar
siswa kelas X-B semester II MAN 3 Malang.
Hamalik, Umar. 2009. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
diakses pada tanggal 4 Agustus 2015)
Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Frenada Media
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :PT Sinar Baru Algesindo.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surjosuseno, Tjahjaning Tingastuti. 2011. The Effects of “One Stays The Rest Strays” and “ lockstep” Techmiques on The Enhancement of Student’reading Achievement. Widya Mandala Catholic University Surabaya, Indonesia.
Yulyaningtyas, Denis. 2010. Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang.


Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya DOWNLOAD PTK IPS EKONOMI SMA KELAS X TERBARU

Postingan terkait: