CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD

CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD-Penelitian ini berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SD Negeri ........... Kecamatan ........... Kabupaten ...........Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Contoh ptk bahasa indonesia word Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang membaca nyaring dengan menggunakan metode demonstrasi, siswa kelas III SD Negeri ........... semester I.
Adapun metode yang digunakan adalah metode demonstrasi akan diterapkan dua siklus dan setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Penelitian ini diharapkan akan bermanfaat bagi sekolah yaitu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan bagi siswa adalah meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi, bagi guru menjadi masukan bahwa dalam mengajarkan Bahasa Indonesia harus menggunakan metode yang sesuai. Download PTK Bahasa Indonesia kelas 3 sd
Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan prestasi yaitu pada siklus I rata-rata 76,73 dan siklus II 82,23.
Simpulan yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas adalah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia.
Saran peneliti adalah hendaknya guru mau menggunakan demonstrasi yang sesuai dengan materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri ..........., Kecamatan ........... Kabupaten ...........Tahun Pelajaran 2011/2012. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf


Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INDONESIA SD yang diberi judul 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG 
MEMBACA NYARING DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA 
KELAS III SD N ........... KECAMATAN ........... 
KABUPATEN ...........SEMESTER I TAHUN 
PELAJARAN 2011/2012
". Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE BAHASA INDONESIA SD KELAS 3 lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK 010 SD).


DOWNLOAD PTK BAHASA INDONESIA SD TERBARU


BAB I
PENDAHULAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Guru adalah pendidik profesional yang memiliki tugas mulia, yaitu sebagai agen perubahan. Oleh karena itu, dalam rangka pelaksanaan tugasnya, guru dituntut untuk selalu inovatif dalam mengemas kegiatan pembelajaran yang dilakukannya, sehingga terbentuk suasana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, terbangunnya kemampuan berprakarsa, berkembangnya kreatifitas dan kemandirian peserta didik sesuai dengan bakat, minat, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Contoh ptk kelas 3 sd doc
Pada dasarnya ketrampilan membaca dan menulis sangat memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, karena pengetahuan apapun tidak terlepas dari membaca dan menulis. Tanpa memiliki ketrampilan tersebut, maka pengetahuan apapun yang diberikan akan sia-sia dan tidak berarti, mengingat saat ini merupakan era globalisasi yang banyak menuntut berbagai ketrampilan. Oleh sebab itu, penguasaan ketrampilan membaca dan menulis sangat diperlukan.
Di Sekolah Dasar, pengajaran membaca dan menulis merupakan salah satu bidang garapan yang memegang peranan penting dalam pengajaran Bahasa Indonesia, karena tanpa memiliki pengetahuan dan ketrampilan membaca dan menulis maka akan mengalami kesulitan belajar di masa mendatang atau tingkat sekolah lanjutnya. Download Proposal Bahasa Indonesia SD Ketrampilan membaca dan menulis menjadi dasar utama, tidak hanya bagi bidang pengajaran bahasa, tetapi bidang pengajaran lainnya, seperti PKn, Matematika, IPA, IPS, dan lain-lain.
Dengan membaca dan menulis, siswa akan memperoleh pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan sosial, daya nalar dan emosionalnya. Melalui pendidikan formal, siswa banyak belajar membaca dan menulis. Pendidikan formal harus dapat banyak memberikan latihan-latihan kepada siswa untuk melatih ketrampilan berpikir.
Kebiasaan membaca tidak mungkin terlaksana tanpa kebiasaan menulis, sebaliknya kebiasaan menulis tidak akan bermakna tanpa kegiatan membaca. Contoh ptk kelas 3 sd doc Minat membaca dan menulis peserta didik relatif menurun dikarenakan efek globalisasi yang menyita perhatian dengan banyaknya tayangan informasi dan hiburan dari dunia maya.
Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas III SDN ............ Kecamatan ............Kabupaten ............semester I Tahun Pelajaran 2011/2012 masih rendah khususnya Bahasa Indonesia. Ini dapat dilihat dari hasil evaluasi belajar pra siklus 66,66% dari jumlah siswa, memperoleh nilai dibawah KKM 75 dan hasil rata-rata kelas 72,56. Contoh Proposal PTK Bahasa IndonesiaUntuk meningkatkan hasil belajar diperlukan penggunaan metode demonstrasi, untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan. Maka dapat dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang membaca nyaring dengan metode demonstrasi siswa kelas III SDN ............ Kecamatan ............Kabupaten ............semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf
1.2 Identifikasi Masalah
Pada proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III dalam materi membaca nyaring yang disampaikan dengan metode ceramah menimbulkan perasaan jenuh dan membosankan para peserta didik. Proses pembelajaran yang kurang menarik dan tidak berhasil mendapatkan perhatian siswa akan mempengaruhi hasil pembelajaran.
1.3 Pembatasan Masalah
Mengingat luasnya permasalahan dan supaya pembahasan dapat dilakukan dengan teliti, terpusat maka permasalahannya dibatasi dengan penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca nyaring di SDN ............, Kecamatan ............, Kabupaten ............semester I tahun pelajaran 2011/2012. Contoh ptk bahasa indonesia word
1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, identifikasi dan pembatasan masalah, maka masalah yang diteliti dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut Apakah dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang membaca nyaring pada siswa kelas III SDN ............ semester I tahun pelajaran 2011/2012.
1.5 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang membaca nyaring dengan menggunakan metode demonstrasi, siswa kelas III SD Negeri ............ semester I. Download PTK Bahasa Indonesia kelas 3 sd
1.6 Manfaat Penelitian
1.6.1 Manfaat Teoritis
Menambahkan khasanah Ilmu dan Kepustakaan tentang metode mengajar, khususnya metode demonstrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
1.6.2 Manfaat Praktis
1. Bagi Siswa
a. Meningkatkan hasil belajar siswa
b. Siswa lebih mudah memahami materi pelajaran
c. Menjadikan siswa lebih aktif
d. Memperoleh pengalaman belajar yang menarik melalui metode demostrasi.
2. Bagi Guru
a. Mempraktekkan berbagai model atau metode pendekatan pembelajaran.
b. Memberikan sumbangan bagi pengembangan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Contoh ptk kelas 3 sd doc
3. Bagi Sekolah
Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh kepala sekolah untuk memotivasi guru menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran.


DOWNLOAD PTK BAHASA INDONESIA SD KELAS 3

BAB II
KAJIAN PUSTAKA



2.1 Kajian Teori
Pada bab II tentang kajian pustaka berturut-turut dipaparkan 1. Pengertian Belajar 2. Hasil belajar 3. Pembelajaran Matematika 4. Metode demonstrasi 5. Hasil Penelitian yang Relevan 6. Kerangka Berpikir 7. Hipotesis Tindakan. Contoh ptk bahasa indonesia word
2.1.1 Pengertian Belajar
Dalam pengertian umum, belajar adalah mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Pengetahuan tersebut diperoleh dari seseorang yang lebih tahu atau yang sekarang ini dikenal dengan guru. Orang yang banyak pengetahuannya diidentifikasi sebagai orang yang banyak belajar, sementara orang yang sedikit pengetahuannya diidentifikasi sebagai orang yang sedikit belajar, dan orang yang tidak berpengetahuan dipandang sebagai orang yang tidak belajar.
Pengertian belajar demikian, secara konseptual tampaknya sudah mulai ditinggalkan orang. Guru tidak dipandang sebagai satu – satunya sumber informasi yang dapat memberikan informasi apa saja kepada para pembelajar. Download Proposal Bahasa Indonesia SD
Para penulis buku psikologi belajar, umumnya mendefinisikan belajar sebagai suatu perubahan tingkah laku dalam diri seseorang yang relatif menetap sebagai hasil dari sebuah pengalaman. Selain itu, ahli–ahli psikologi mempunyai pandangan yang berbeda mengenai apa belajar itu. Dalam pandangan psikologis, menurut Ali Imron (1996.2-14) ada 4 pandangan mengenai belajar, yaitu :
1. Pandangan Psikologi Behavioristik
Menurut psikologi behavioristik, belajar adalah suatu kontrol instrumental yang berasal dari lingkungan. Belajar tidaknya seseorang bergantung kepada faktor–faktor kondisional yang diberikan oleh
lingkungan. Contoh ptk kelas 3 sd doc Tokoh–tokoh psikologi behavioristik mengenai belajar ini antara lain : Pavlov, Watson, Gutrie dan Skinner.
Teori kondisioning ini lebih lanjut dikembangkan oleh Watson. Setelah mengadakan eksperimentasi, Watson menyimpulkan bahwa pengubahan tingkah laku dan atau diri sendiri seseorang dapat dilakukan melalui latihan/membiasakan mereaksi atas stimulus – stimulus yang dialami.
Menurut Thorndike, belajar dapat dilakukan dengan mencoba– coba (trial and error). Mencoba – coba ini dilakukan, manakala seseorang tidak tahu bagaimana harus memberikan respon atas sesuatu. Dalam mencoba – coba ini seseorang mungkin akan menemukan respons yang tepat berkaitan dengan persoalan yang dihadapinya.
2. Pandangan Psikologi Kognitif
Menurut psikologi kognitif, belajar adalah suatu usaha untuk mengerti tentang sesuatu. Usaha untuk mengerti tentang sesuatu tersebut, dilakukan secara aktif oleh pembelajar. Contoh ptk bahasa indonesia word Keaktifan tersebut dapat berupa mencari pengalaman, mencari informasi, memecahkan masalah, mencermati lingkungan, mempraktekkan, mengabaikan dan respon – respon lainnya guna mencapai tujuan.
3. Pandangan Psikologi Humanistik
Pandangan psikologi humanistik merupakan anti tesa dari pandangan psikologi behavioristik. Menurut pandangan psikologi humanistik, belajar dilakukan dengan cara memberikan kebebasan yang sebesar – besarnya kepada individu.
Salah seorang tokoh psikologi humanistic Carl Rogers, seorang ahli psikoterapi. Ia mempunyai pandangan bahwa siswa yang belajar hendaknya tidak dipaksa, melainkan dibiarkan belajar bebas. Siswa juga diharapkan dapat membebaskan dirinya hingga ia dapat mengambil keputusan sendiri dan berani bertanggung jawab atas keputusan – keputusan yang ia ambil atau pilih.

4. Pandangan Psikologi Gestalt
Tokoh psikologi Gestalt adalah Kohler, Koffkar dan Wertheimer. Menurut pandangan psikologi Gestalt, belajar adalah terdiri atas hubungan stimulus respon yang sederhana tanpa adanya pengulangan ide atau proses berpikir. Dalam belajar ditanamkan pengertian siswa mengenai sesuatu yang harus dipelajari. Download Proposal Bahasa Indonesia SD 
Sebagaimana disebutkan diatas, bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya pengalaman.Belajar selalu melibatkan perubahan pada dirinya dan melalui pengalaman yang dilaluinya oleh interaksi antar dirinya dan lingkungannya baik sengaja maupun tidak disengaja. Perubahan yang semata–mata karena kematangan seperti anak kecil mulai tumbuh dan berjalan tidak termasuk perubahan akibat belajar, karena biasanya perubahan yang terjadi akibat belajar adanya perubahan tingkah laku. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf
2.1.2 Pengertian Hasil Belajar
Hasil belajar adalah sebuah kalimat yang terdiri atas dua kata yaitu “ hasil “ dan “ belajar “ yang memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu untuk memahami lebih mendalam mengenai makna hasil belajar, akan dibahas dulu pengertian “ hasil “ dan “ belajar”.
Menurut Djamarah (2000:45) hasil adalah prestasi dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individu maupun kelompok. Hasil tidak akan pernah dihasilkan selama orang tidak melakukan sesuatu. Untuk menghasilkan sebuah prestasi dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar. Hanya dengan keuletan, sungguh–sungguh, kemauan yang tinggi dan rasa optimisme dirilah yang mampu untuk mancapainya.
Sementara itu, Arikunto (1990:133) htp://duniabaca.com/pengertian¬belajar-dan-hasil-belajar.html (01 Desember 2011) mengatakan bahwa hasil belajar adalah hasil akhir setelah mengalami proses belajar, perubahan itu tampak dalam perbuatan yang dapat diaamati,dan dapat diukur”. Nasution (1995:25) htp://duniabaca.com/pengertian-belajar-dan-hasil-belajar.html (01 Desember 2011) Contoh Proposal PTK Bahasa Indonesia mengemukakan bahwa hasil adalah suatu perubahan pada diri individu. Perubahan yang dimaksud tidak halnya perubahan pengetahuan, tetapi juga meliputi perubahan kecakapan, sikap, pengertian, dan penghargaan diri pada individu tersebut.Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf
Hasil belajar yang dicapai siswa melalui proses belajar mengajar yang optimal cenderung menunjukan hasil yang berciri sebagai berikut:
1. Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
2. Menambah keyakinan akan kemampuan dirinya.
3. Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya seperti akan tahan lama diingatannya, membentuk prilakunya, bemanfat untuk mempelajarai aspek lain, dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang lainya.
4. Kemampuan siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengerndalikan dirinya terutaman adalam menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan proses dan usaha belajarnya. Contoh ptk bahasa indonesia word
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Individu yang belajar akan memperoleh hasil dari apa yang telah dipelajari selama proses belajar itu. Hasil belajar yaitu suatu perubahan yang terjadi pada individu yang belajar, bukan hanya perubahan mengenai pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk kecakapan, kebiasaan, pengertian, penguasaan, dan penghargaan dalam diri seseorang yang belajar.
Menurut Purwanto (1990:3), evaluasi dalam pendidikan adalah penafsiran atau penilaian terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa menuju kearah tujuan-tujuan dan nilai-nilai yang ditetapkan dalam kurikulum. Contoh ptk kelas 3 sd doc
Hasil penillaian ini pada dasarnya adalah hasil belajar yang diukur. Hasil penilaian dan evaluasi ini merupakan umpan balik untuk mengetahui sampai dimana proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan.
Berdasarkan kesimpulan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa perubahan tingkah laku yang diperoleh sebagai hasil dari belajar adalah sebagai berikut:
1. Perubahan yang terjadi secara sadar.
2. Maksudnya adalah bahwa individu yang menyadari dan merasakan telah terjadi adanya perubahan yang terjadi pada dirinya.
3. Perubahan yang terjadi relative lama. Perubahan yang terjadi akibat belajar atau hasil belajar yang bersifat menetap atau permanen, maksudnya adalah bahwa tingkah laku yang terjadi setelah belajar akan bersifat menetap.
4. Perubahan yang terjadi mencakup seluruh aspek tingkah laku. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf
5. Perubahan yang diperoleh individu dari hasil belajar adalah meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku baik dalam sikap kebiasaan, keterampilan dan pengetahuan.
2.1.3 Pembelajaran Bahasa Indonesia
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, ber............sipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Download Proposal Bahasa Indonesia SD
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar Kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar Kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global. Contoh ptk kelas 3 sd doc
Dengan Standar Kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1. Peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri.
2. Guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar.
3. Guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya. Download PTK Bahasa Indonesia kelas 3 sd
4. Orang tua dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia.
5. Sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia.
6. Daerah dapat menentukan bahan dan sumber kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. Contoh ptk kelas 3 sd doc

memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
1. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra dan kemampuan yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis
Pada akhir pendidikan SD/MI, peserta didik telah membaca sekurang¬kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra.
2.1.4 Metode Demonstrasi
1. Pengertian metode demonstrasi
Metode demonstrasi menurut Fat Hurrahman (2011), menyatakan bahwa “yang dimaksud dengan metode demonstrasi ialah suatu upaya atau praktek dengan menggunakan peragaan yang ditujukan pada siswa yang tujuannya ialah agar supaya semua siswa lebih mudah dalam memahami dan mempraktekkan dari apa yang telah diperolehnya dan dapat mengatasi suatu permasalahan apabila terdapat perbedaan”.
Metode demonstrasi merupakan metode yang sangat efektif, sebab membantu siswa untuk jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan, fakta atau data yang benar. Metode demonstrasi sebagaimana yang dipaparkan dalam htp:// education-mantap.blogspot.com. Download Proposal Bahasa Indonesia SD 09 November 2011 adalah metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau sekedar tiruan.
Sebagi metode penyajian, demonstrasi tidak terlepas dari penjelasan secara lisan oleh guru. Walaupun dalam proses demonstrasi peran siswa hanya sekedar memperhatikan, akan tetapi demonstrasi dapat menyajikan bahan pelajaran lebih konkret. Dalam strategi pembelajaran, demonstrasi dapat digunakan untuk mendukung keberhasilan strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri (htp:// education-mantap.blogspot.com/09 Nov.20 1 1). Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf
Wina Sanjaya (2006), Sumatri dan Permana (1999) menyatakan bahwa “ metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan cara memperagakan dan mempertunjukkan pada siswa tentang suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru atau sumber belajar lain yang ahli dalam topic bahasan yang harus didemonstrasikan”.
Metode demonstrasi biasanya berkenaan dengan tindakan-tindakan atau prosedur yang dilakukan proses mengerjakan sesuatu, membandingkan suatu cara dengan cara lain, atau untuk mengetahui atau melihat kebenaran sesuatu. Download Proposal Bahasa Indonesia SD
Tujuan digunakannya metode demonstrasi adalah:
a. Mengajarkan suatu proses atau prosedur yng harus dikuasai oleh siswa.
b. Mengkonkritkan informasi atau penjelasan pada siswa.
c. Mengembangkan kemampuan pengamatan kepada para siswa secara bersama-sama.
Masitoh & Laksmi (2006) menyatakan sebagai berikut:
Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelaj ran dengan mempertunjukkan secara langsung obyeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukkan proses tertentu. Demonstrasi dapat digunakan pada semua mata pelajaran. Contoh ptk bahasa indonesia word Dalam pelaksanaan demonstrasi guru harus sudah yakin bahwa seluruh siswa dapat memperhatikan (mengamati) terhadap obyek yang akan didemonstrasikan. Selama proses demonstrasi guru sudah mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan dalam demonstrasi tersebut.
Kapan guru sebaiknya menggunakan metode demonstrasi? Menurut
Masitoh & Laksmi (2006) metode demonstrasi dapat digunakan guru apabila:
1. Tidak semua topik dapat dijelaskan secara gambling dan konkrit melalui penjelasan atau diskusi.
2. Tujuan dan sifat mteri pelajaran yang menuntut dilakukan peragaan berupa demonstrasi.
3. Mengajarkan suatu proses atau cara kerja. Contoh ptk kelas 3 sd doc
4. Sesuai dengan langkah perkembangan kognitif siswa yang masih dalam fase operasional konkrit.
2. Langkah-langkah metode demonstrasi sebagai berikut :
a. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
b. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan.
c. Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan.
d. Menunjuk salah seorang peserta didik untuk mewakili kelompoknya untuk mendemonstrasikan sesuai sekenario yang telah disiapkan.
e. Seluruh peserta didik memperhatikan demonstrasi dan manganalisa.
f. Menarik kesimpulan. Contoh Proposal PTK Bahasa Indonesia
3. Apapun aspek yang penting dalam menggunakan demonstrasi
a. Metode demonstrasi akan menjadi tidak wajar apabila alat yang
didemonstrasikan tidak bisa diamati dengan seksama oleh siswa.
Misalnya alatnya terlalu kecil.
b. Metode demonstrasi menjadi kurang efektif bila tidak diikuti oleh aktivitas dimana siswa sendiri dapat ikut memperhatikan dan iktu aktif agar siswa mendapat pengalaman yang berharga.
c. Hendaknya dilakukan dalam hal-hal yang bersifat praktis.
4. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran bahasa Indonesia
a. Melatih siswa untuk gemar membaca. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf
b. Melatih siswa membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.
c. Melatih siswa untuk percaya diri.
d. Setelah membaca siswa memahami isi bacaan.
2.2  Kerangka Berpikir
Keberhasilan proses pembelajaran tidak lepas dari penggunaan metode pembelajaran yang tepat, sesuai mata pelajaran, materi dan kondisi siswa secara keseluruhan dan kemampuan siswa itu sendiri. Salah satu wujud pembelajaran yang meningkatkan hasil belajar adalah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi.
Langkah-langkah dalam penerapan pembelajaran membaca dengan menggunakan metode demostrasi sebagai berikut : Download PTK Bahasa Indonesia kelas 3 sd
1. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok.
2. Siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
3. Masing-masing kelompok memberi nilai pada waktu temannya membaca.
4. Masing-masing kelompok membacakan hasil diskusi.
5. Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi.
Agar penelitian dapat dilaksanakan secara efektif dan terarah diperlukan suatu alur atau kerangka berpikir. Kerangka berpikir ini berfungsi sebagai acuan dalam menyusun langkah-langkah penelitian.
Kondisi awal merupakan keadaan sebelum dilaksanakan tindakan. Dalam hal ini guru belum menggunakan metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran. Contoh ptk bahasa indonesia word
Siklus I merupakan kegiatan guru yang menggunakan metode demonstrasi dalam membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat. Setelah pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa meningkat.
Siklus II merupakan kegiatan guru yang menggunakan metode demonstrasi dalam membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat. Setelah dilaksanakan siklus II hasil belajarnya semakin meningkat sehingga mencapai ketuntasan.
2.4 Hipotesis Tindakan
Berdasarkan kerangka berpikir di atas, maka peneliti merumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut: Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang membaca nyaring pada siswa kelas III SD Negeri ............, Kecamatan ............ Kabupaten .............


PENELITIAN TINDAK KELAS BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD


BAB III
METODE PENELITIAN



3.1 Seting dan Karakteristik Subyek Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri ............, Kecamatan ............, Kabupaten ............. SD Negeri ............ terletak di RT 01 RW I. Desa ............ ada 2 RW. Download Proposal Bahasa Indonesia SD
SD Negeri ............ memiliki enam kelas dari kelas I sampai kelas VI dengan jumlah siswa 180 siswa. Memiliki 6 guru kelas, 1 guru agama, 1 guru olahraga, dan satu kepala sekolah.
Komite sekolah merupakan rekan kerja guru yang baik dalam memajukan sekolah cukup bagus dan kompak. Ketika diakreditasi mendapat nilai baik, dalam pembangunan fisik juga sukses berjalan lancar sesuai dengan waktu dan biaya yang ditentukan. Demikian SD yang akan digunakan untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Contoh ptk kelas 3 sd doc
Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri ............, Kecamatan ............, Kabupaten ............ dengan jumlah 30 siswa terdiri dari 16 siswa laki¬laki dan 14 siswa perempuan.
3.2 Variabel yang akan diteliti
Penelitian ini menggunakan 2 variabel
3.2.1 Variabel Bebas
Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu metode demonstrasi, yang menekankan lafal dan intonasi dalam membaca nyaring. 
3.2.2 Variabel Terikat
Variabel terikat menitikberatkan pada hasil belajar peserta didik bidang studi Bahasa Indonesia materi membaca nyaring dengan pemahaman isi bacaan.
Dalam kegiatan belajar mengajar akan diadakan tindak lanjut, guna memperbaiki hasil pembelajaran yang telah melalui proses evaluasi. Contoh ptk bahasa indonesia word

3.3 Rencana Tindakan
Rencana tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dan membaca dongeng. Penelitian tindakan ini dilaksanakan 2 siklus, siklus 1 terdiri dari 1 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 1 pertemuan. Siklus 1 dan 2 menggunakan metode demonstrasi. Contoh Proposal PTK Bahasa Indonesia
Setiap siklus terdiri dari :
Siklus 1
a. Perencanaan (planning)
Peneliti perlu membuat perencanaan sebelum melakukan tindakan sebagai berikut :
1. Menyiapkan instrumen penelitian berupa lembar observasi.
2. Menyiapkan materi ajar berupa buku Bahasa Indonesia Kelas III.
3. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
b. Tindakan/Pelaksanaan (action)
Peneliti melakukan apersepsi sebagai langkah awal. Kemudian menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat. Contoh ptk bahasa indonesia word Penulis mengajarkan bagaimana membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya siswa mengerjakan tugas.
Langkah berikutnya berkeliling untuk mengobservasi, mengevaluasi dan sekaligus membimbing siswa.
c. Observasi (observation)
Peneliti dibantu observer mengamati jalannya proses pembelajaran dan menilai siswa dalam bekerja. Kemudian manganalisa data siklus 1 dari hasil observasi yang dilakukan.
d. Refleksi
Dilakukan untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan proses dan hasil yang diperoleh dari tindakan yang telah dilakukan. Melakukan analisa berupa temuan-temuan yang berupa hambatan, kekurangan dan kelemahan yang dijumpai selama siklus 1 sebagai masukan untuk siklus 2. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf

Siklus 2
a. Perencanaan (planning)
Peneliti mengidentifikasi data dan informasi dari hasil refleksi dan pengamatan observasi pada siklus 1 kemudian menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan membaca nyaring.
b. Tindakan/Pelaksanaan (action)
Peneliti melakukan apersepsi pada materi yang terkait sebagai langkah awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Download PTK Bahasa Indonesia kelas 3 sdKemudian menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat.
c. Observasi (observation)
Peneliti dibantu observer mengamati jalannya proses pembelajaran dan menilai siswa dalam bekerja dan menyajikan hasil kerja individu. Kemudian manganalisis data siklus 2 dari hasil observasi yang dilakukan dengan lembar observasi.
d. Refleksi
Dilakukan untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan proses dan hasil yang diperoleh dari tindakan siklus 2 yang telah dilakukan. Contoh ptk bahasa indonesia word Kemudian melakukan pengumpulan data berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran pada siklus 2 sebagai bahan data informasi dalam pengolahan data, analisis serta penafsiran data.
Kisi-kisi Hasil Belajar

3.4 Sumber Data dan Pengumpulan Data
Sumber Data :
a. Masukan, saran dari observer yang dilakukan sebelum, selama tindakan penelitian.
b. Nilai membaca nyaring.
c. Nilai tes akhir yang dilaksanakan pada tiap siklus. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf
Pengumpulan Data :
a. Observasi untuk mengetahui keaktifan siswa.
b. Lafal dan intonasinya.
c. Tes akhir diperlukan untuk mengetahui hasil belajar siswa.
3.5 Indikator Kinerja
Indikator kinerja adalah harapan terjadinya kenaikan hasil belajar yang ditunjukkan adanya kenaikan rata-rata kelas. Pada siklus 1 ditargetkan nilai rata-rata kelas mencapai 76, ketuntasan belajar 60% dan semua siswa tuntas belajar sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan pada siklus 2 ditargetkan rata-rata kelas mencapai 80, ketuntasan belajar 85%.
3.6 Analisa Data
Pada penelitian tindakan kelas, data dianalisa sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Download PTK Bahasa Indonesia kelas 3 sd Analisa data ini dilakukan secara kualitatif.
Dalam penelitian ini data berasal dari observasi dan tes terhadap pihak yang terkait langsung, dalam proses belajar mengajar. Penyajian data dalam bentuk tes. Download PTK Bahasa Indonesia SD pdf Sedangkan penarikan kesimpulan dilaksanakan setiap siklus melalui diskusi bersama di kelas.


CONTOH PROPOSAL PTK BAHASA INDONESIA SD


DAFTAR PUSTAKA



Hastuti, Eka Fitri. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa KelasI SDN 03 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sumantri, Mulyana, dan Permana Johar. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta
: Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ditjen Dikti, Debdikbud. Santoso, P. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta :
Penerbit Universitas Terbuka.
Standar Isi No. 22 tahun 2006 Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengertian Bahasa Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Undang-Undang tentang Guru dan Dosen tahun 2006.
Zuchdi, Umiyati. 1996/1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta : Depdikbud.


Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD"