PTK PAI SIFAT-SIFAT TERPUJI KELAS 7 SMP

PTK PAI SIFAT-SIFAT TERPUJI KELAS 7 SMP-Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran PAI Pada Aspek Akhlak dengan Materi Sifat-sifat Terpuji Melalui Metode Word Square Kelas VII-2 SMP N ........ Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. ptk pai smp pdf

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji dengan menggunakan metode word square kelas VII-2 SMP N ......... Berdasarkan observasi awal, proses pembelajaran PAI di SMP N ......... khususnya kelas VII-2 A masih belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga interaksi siswa dengan guru sangat kurang. download lengkap ptk pai smp kelas 7. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif dan kurang terlibat langsung dalam pembelajaran. Word square merupakan salah satu metode yang memberikan efek rekreatif dalam pembelajaran sehingga siswa merasa tidak bosan dan dapat menambah motivasi belajar siswa. Adapun untuk menggambarkan motivasi belajar siswa dilihat dari hasil angket dan aktivitas siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran. Pengumpulan data ini dengan menggunakan angket sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif non statistik.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Adapun tiap siklus terdiri dari empat prosedur yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), observasi (Observing) dan refleksi (Reflecting). download Proposal ptk smp pai doc. Dengan subyek penelitian kelas VII-2 A SMP N ........  sebanyak 38 siswa. Pada tahap pra siklus aktivitas belajar siswa mempunyai prosentase 57,5% dan prosentase motivasi belajar siswa adalah 57,37%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan, motivasi belajar siswa meningkat di lihat dari prosentase jawaban nilai angket yang tadinya 64,53% menjadi 80,72% pada siklus 2. Selain itu motivasi belajar siswa dapat meningkat dilihat dari aktivitas siswa 62,76% pada siklus I menjadi 77,76% yang sudah diatas rata-rata yaitu 65%. dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sesudah diterapkan metode word square dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode word square. Motivasi ini dapat dilihat dari aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran serta dai hasil angket. contoh proposal ptk pai kelas 7 word. Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat member pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI untuk memperkaya strategi dan metode pembelajaran serta diharapkan suasana kelas menjadi hidup.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas PAI SMP yang diberi judul 
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP 
MATA PELAJARAN PAI PADA ASPEK AKHLAK DENGAN MATERI SIFAT SIFAT TERPUJI MELALUI METODE WORD SQUARE KELAS VII-2 SMP NEGERI ............ KABUPATEN ....... SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
". Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK PAI SMP KELAS 7 lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 005).


DOWNLOAD PTK PAI SMP KELAS 7 MATERI SIFAT-SIFAT TERPUJI


BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang berisikan interaksi antara peserta didik dengan para pendidik serta berbagai sumber pendidikan. contoh ptk pai smp kelas 7. Belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses pendidikan yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan peserta didik atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik itu merupakan syarat utama berlangsungnya proses belajar mengajar. Interaksi dalam peristiwa belajar mengajar mempunyai arti yang lebih luas, tidak sekedar hubungan guru dengan peserta didik tetapi berupa interaksi edukatif. download Proposal ptk smp pai doc. Dalam hal ini bukan hanya menyampaikan pesan berupa mata pelajaran, melainkan penanaman sikap dan nilai pada diri peserta didik yang sedang belajar
Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah harus melalui pembelajaran. download lengkap ptk pai smp kelas 7. Berbagai konsep dan wawasan baru tentang proses belajar mengajar di sekolah telah muncul dan berkembang seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Eksistensi guru tetap penting, karena peran guru tidak seluruhnya dapat digantikan oleh teknologi
Tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dapat dilakukan melalui proses pendidikan yang umumnya disebut sekolah. Sekolah merupakan lembaga yang menjalankan proses pendidikan memberi pengajaran kepada para siswanya.
Sedangkan tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. download judul ptk pai smp. Lebih jauh lagi orientasi Pendidikan Agama Islam yang saat ini dilaksanakan dengan lebih menitik beratkan pada pemberian tuntutan hidup bagi manusia karena hakikat yang terdalam dari pendidikan agama Islam agar terciptanya manusia muslim yang sejati dengan keikhlasan beribadah kepada Allah SWT dan untuk terciptanya kebahagiaan dunia dan akhirat.
Guru agama dalam proses Pendidikan Agama Islam sangat diharapkan mampu menata lingkungan psikologis ruang belajar sehingga mengandung atmosfer (suasana perasan) iklim kondusif yang memungkinkan para siswa mengikuti proses belajar dengan tenang dan bergairah. contoh proposal ptk pai kelas 7 word.
Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam banyak yang menganggap hanya pelajaran yang membosankan dan tidak termasuk pelajaran yang menentukan saat ujian akhir sekolah sehingga membuat peserta didik menjadi mengabaikan pelajaran tersebut. Hal ini bila dibiarkan berlarut-larut tentunya akan sangat membahayakan akhlak dan aqidah generasi muda bangsa Indonesia.
Penurunan prestasi belajar mengajar dan tidak adanya semangat beribadah menunjukkan adanya hal yang tidak menarik dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. penelitian Tindak Kelas pai smp pdf. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena semangat ibadah yang ditanamkan sejak kecil akan dapat membentuk perilaku beragama yang tinggi apabila sudah dewasa. Jika hal ini tercapai maka kemajuan agama Islam nantinya akan terwujud, oleh karena itu penyampaian materi PAI dengan segala komponen yang ada perlu dikemas secara menarik meliputi, metode mengajar, strategi mengajar, dan segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar haruslah menarik minat peserta didik.
Dalam proses belajar mengajar terdapat beberapa komponen yaitu : tujuan, bahan, metode. download judul ptk pai smp. Metode dapat diartikan sebagai cara yang fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan. Metode mengandung unsur prosedur yang disusun secara teratur dan logis serta dituangkan dalam suatu rencana kegiatan untuk mencapai tujuan
Pergunaan metode yang tepat akan turut menentukan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Pembelajaran perlu dilakukan dengan sedikit ceramah dan metode-metode yang berpusat pada guru, serta lebih menekankan pada interaksi peserta didik. Penggunaan metode yang bervariasi akan sangat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. download ptk pai smp pdf. Sedangkan metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Peranan metode mengajar sebagai alat untuk menciptakan proses belajar dan mengajar metode diharapkan tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru. Dengan kata lain terciptalah interaksi edukatif. Dalam interaksi ini akan berjalan baik kalau siswa banyak aktif dibandingkan guru. Metode mengajar yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar siswa.
Dalam memotivasi peserta didik supaya berminat mempelajari PAI maka seorang guru wajib mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah mencari model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. contoh ptk pai smp kelas 7. Oleh karena itu, peneliti memilih metode word square untuk memberikan efek yang rekreatif dalam belajar dan peserta didik dapat termotivasi dalam belajar pada mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji yang dianggap sulit dan membosankan menjadi pelajaran yang menyenangkan. contoh proposal ptk pai kelas 7 word.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis mengambil judul “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran PAI pada Aspek Akhlak dengan Materi Sifat-Sifat Terpuji Melalui Metode Word Square Kelas VII-2 SMP N ........ Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015”.

B. Penegasan Istilah
Untuk menjaga dan mengantisipasi timbulnya kesalahpahaman pengertian sekaligus memberikan arah penelitian ini, maka dibawah ini perlu adanya penegasan istilah-istilah sebagai berikut:
1) Motivasi belajar adalah sebuah kondisi yang menggerakkan suatu organisasi atau makhluk hidup yang mengarahkannya pada suatu (toward the goal) atau beberapa tujuan tersebut. contoh ptk pai smp kelas 7.
Menurut Sumadi Suryabrata, Motivasi adalah keadaan dalam diri pribadi orang yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan. 
2) Word square merupakan salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang dapat dipergunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. proposal ptk pai smp 2010. Metode ini merupakan kegiatan belajar mengajar dengan cara guru membagikan lembar kegiatan atau lembar kerja sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan.

C. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka permasalahan yang akan diteliti adalah: Apakah dengan metode word square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat¬sifat terpuji di kelas VII-2 SMP N ........  semester 2 tahun pelajaran 2014/2015? ptk pai smp pdf

D. Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Secara umum, penelitian ini adalah: penelitian tindakan yang bertujuan untuk mencari data dan informasi yang kemudian di analisis dalam rangka mengupayakan meningkatnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji melalui metode word square di kelas VII-2 SMP N ........  semester 2 tahun pelajaran 2014/2015.
a. Bagi siswa
1) Mengembangkan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan masalah
2) Meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI
3) Meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar siswa
4) Memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari
b. Bagi guru
1) Sebagai motivasi untuk meningkatkan keterampilan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat dan mendesain kegiatan belajar mengajar guna meningkatkan kualitas pembelajaran. download judul ptk pai smp.
2) Memacu kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan metode yang tepat
c. Bagi sekolah
1) Memberi sumbangan bagi sekolah dalam rangka mengoptimalkan potensi siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran.
2. Manfaat Penelitian
Dengan adanya penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis dan pihak-pihak terkait:
a. Bagi Sekolah
Sebagai bahan dan masukan serta informasi bagi pimpinan dalam mengembangkan peserta didiknya terutama dalam hal meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode word square. penelitian tindak kelas pai smp pdf.
b. Bagi Peserta didik
Diharapkan peserta didik dapat menjadikan skripsi ini sebagai wahana informasi dan masukan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar melalui metode word square pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji pada mata pelajaran PAI.
c. Bagi Guru
Memberikan masukan pada guru pentingnya pelaksanaan metode word square terhadap mata pelajaran PAI pada aspek akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

d. Bagi Penulis
Dapat menambah pengalaman dan pengetahuan baru yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di masa mendatang.



CONTOH PROPOSAL PTK PAI SMP KELAS 7 TERBARU


BAB II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN



A. Landasan Teori
1. Belajar
a. Pengertian Belajar
Belajar menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah berusaha (berlatih dan sebagainya) supaya mendapat sesuatu kepandaian. ptk pai smp pdf. Definisi tersebut dapat diartikan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan dalam diri seseorang yang ditampakkan dalam bentuk peningkatan pengetahuan, kecakapan, daya pikir, sikap, kebiasaan dan lain-lain.
Belajar adalah proses yang melibatkan manusia secara orang perorang sebagai satu kesatuan organisme sehingga terjadi perubahan pada pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Teori belajar pada dasarnya merupakan penjelasan mengenai bagaimana terjadinya belajar atau bagaimana informasi diperoleh dalam pikiran peserta didik. Berlandaskan suatu teori belajar, diharapkan suatu pembelajaran dapat lebih meningkatkan pemahaman peserta didik. download lengkap ptk pai smp kelas 7.
Belajar merupakan kunci yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan sebagai suatu proses, belajar hampir selalu mendapat tempat yang luas dalam berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan kependidikan, misalnya psikologi pendidikan. Mengingat demikian pentingnya arti belajar, bagian terbesar upaya riset dan eksperimen psikologi pendidikanpun diarahkan pada tercapainya pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai proses perubahan manusia. download ptk pai smp pdf.
b. Prinsip Belajar
Di dalam tugas melaksanakan proses belajar mengajar, seorang guru perlu memperhatikan beberapa prinsip belajar sebagai berikut:
a) Apapun yang dipelajari siswa, dialah yang harus belajar, bukan orang lain. Untuk itu, siswalah yang harus bertindak aktif.
b) Setiap siswa belajar dengan tingkat kemampuannya. contoh ptk pai smp kelas 7.
c) Siswa akan dapat belajar dengan baik bila mendapat penguatan langsung pada setiap langkah yang dilakukan selama proses belajar.
d) Penguasaan yang sempurna dari setiap langkah yang dilakukan siswa akan membuat proses belajar lebih berarti.
e) Motivasi belajar siswa akan lebih meningkat apabila ia diberi tanggung jawab dan kepercayaan penuh atas belajarnya.
c. Ciri-ciri Belaj ar
Adapun ciri-ciri belajar sebagai berikut:
1. Perubahan yang terjadi secara sadar. download proposal ptk smp pai doc.
2. Perubahan dalam belajar bersifat fungsional
3. Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
4. Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
5. Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah
6. Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku.
Proses belajar merupakan rangkaian alat bantu dan metode mengajar yang merupakan salah satu bentuk interaksi belajar mengajar. contoh proposal ptk pai kelas 7 word. Penggunaannya merupakan variasi dalam model pembelajaran dan diharapkan dengan pendekatan dan metode mengajar yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Proses belajar sangatlah penting demi kemajuan peserta didik. Terutama para pendidik untuk berusaha bagaimana anak didiknya mampu berprestasi yang tinggi, ketika di kelas tidak mengalami kejenuhan akan tetapi mereka menikmati suasana pembelajaran dengan suasana menyenangkan dan bermakna bagi mereka. Hal ini sejalan dengan pengertian belajar yang disebutkan oleh Shaleh Abdul Aziz Majid dalam kitab At-Tarbiyatul wa Thuruqut Tadris mendefinisikan belajar adalah:
 “Belajar merupakan perubahan tingkah laku pada hati (jiwa) si pelajar berdasarkan pengetahuan yang sudah dimiliki menuju perbuatan baru”.

2. Motivasi Belajar
a. Pengertian Motivasi Belajar
Motivasi berasal dari kata “motif”, yang berarti segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. download Proposal ptk smp pai doc. Pada umumnya motivasi atau dorongan adalah suatu pernyataan yang kompleks di dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku terhadap suatu tujuan (goal) adalah yang menentukan atau membatasi tingkah laku organisme itu, maka kita pergunakan istilah “perangsang” (incentive).
Motivasi dapat juga dikatakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelakkan perasaan tidak suka tersebut. Jadi motivasi dapat dirangsang oleh faktor dari luar tetapi motivasi itu tumbuh di dalam diri seseorang. Dalam kegiatan belajar motivasi, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar dapat tercapai. Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual. penelitian Tindak Kelas pai smp pdf. Motivasi adalah tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu.
Clifford T. Morgan mengatakan ”Motivation is a general term. It refers to states within the organism, to behaviour and to the goals to word which behaviour is directed”.
Artinya motivasi adalah suatu istilah umum yang menunjukkan pada suatu keadaan dalam suatu organisme untuk berbuat dan menuju suatu tujuan di mana suatu tingkah laku itu diarahkan.
Anak dapat aktif dan merasa senang dalam kegiatan pembelajaran karena adanya motivasi dan diarahkan pada tujuan pembelajaran secara jelas. Motivasi merupakan salah satu factor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, peserta didik akan belajar dengan sungguh¬sungguh karena memiliki motivasi yang tinggi.
Dalam proses belajar haruslah diperhatikan apa yang dapat mendorong peserta didik dapat belajar dengan baik, sehingga mempunyai motif untuk berpikir dan memusatkan perhatian, merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang berhubungan atau menunjang belajar. download judul ptk pai smp. Motif dapat juga ditanamkan pada diri peserta didik dengan cara memberikan pelatihan atau kebiasaan-kebiasaan yang kadang-kadang juga dipengaruhi oleh keadaan lingkungan.
b. Fungsi Motivasi
Fungsi motivasi ada tiga macam yaitu:
1. Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan. Tanpa motivasi tidak akan timbul perbuatan seperti belajar.
2. Sebagai pengaruh, artinya mengarahkan perbuatan kepada pencapaian tujuan yang diinginkan.
3. Sebagai penggerak, ia berfungsi sebagai mesin bagi mobil, besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.
Sejalan dengan itu Sardiman juga mengemukakan tiga fungsi dari motivasi yaitu:
1. Mendorong manusia untuk berbuat, jadi penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan. proposal ptk pai smp 2010
2. Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuan.
3. Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.
Nana Syaodih Sukmadinata menjelaskan bahwa motivasi itu memiliki dua fungsi, yaitu: contoh ptk pai smp kelas 7. Pertama mengarahkan atau (directional functional), dan Kedua mengaktifkan dan meningkatkan kegiatan (activating and energizing function). Dalam mengarahkan individu dari sasaran yang akan dicapai. Apabila sesuatu sasaran atau tujuan merupakan sesuatu yang diinginkan oleh individu, maka motivasi berperan mendekatkan (Approach motivation) dan bila sasaran atau tujuan tidak diinginkan oleh individu, maka motivasi berperan menjauhi sasaran (Avoidance motivation) karena motivasi berkenaan dengan kondisi yang cukup kompleks, maka mungkin pula terjadi bahwa motivasi tersebut sekaligus berperan mendekatkan dan menjauhkan sasaran (Approach- Avoidance motivation). Motivasi juga dapat berfungsi mengaktifkan atau meningkatkan kegiatan. Suatu perbuatan atau kegiatan yang tidak bermotif atau motifnya sangat lemah, akan dilakukan dengan tidak sungguh-sungguh, tidak terarah dan kemungkinan besar tidak akan membawa hasil. download proposal ptk smp pai doc. Sebaliknya apabila motivasinya besar atau kuat maka akan dilakukan dengan sungguh¬sungguh, terarah dan penuh semangat. Sehingga kemungkinan akan berhasil lebih besar.
Di samping itu, ada juga fungsi-fungsi lain. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi. contoh ptk pai smp kelas 7. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan has il yang baik. Dengan kata lain bahwa dengan adanya usaha yang tekun dan didasari adanya motivasi. Maka seseorang yang belajar akan mendapatkan prestasi yang baik. Intensitas motivasi seorang siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajarnya.
c. Macam-macam Motivasi
1. Motivasi dilihat dari dasar pembentukannya
a. Motif-motif bawaan
Adalah motif yang dibawa sejak lahir, jadi motivasi itu ada tanpa dipelajari. Contoh: dorongan untuk makan, minum, bekerja, beristirahat dan seksual. judul ptk pai smp doc
b. Motif-motif yang dipelajari
Maksudnya motif-motif yang timbul karena dipelajari. Contoh: dorongan untuk belajar suatu ilmu pengetahuan, dorongan untuk mengajar sesuatu dalam masyarakat.
2. Motivasi menurut pembagian dari Woo dworth dan Marquis
a) Motif atau kebutuhan organis, misalnya: kebutuhan untuk minum, makan, bernafas, seksual, berbuat dan kebutuhan untuk beristirahat.
b) Motif-motif darurat atau rangsangan dari luar, antara lain: dorongan untuk menyelamatkan diri, dorongan untuk membalas, untuk berusaha, untuk memburu. download judul ptk pai smp.
c) Motif-motif obyektif, menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan manipulasi, untuk menaruh minat.
3. Motivasi jasmaniah dan rohaniah
Ada beberapa ahli yang menggolongkan jenis motivasi itu menjadi dua jenis yakni motivasi jasmaniah dan motivasi rohaniah. penelitian Tindak Kelas pai smp pdf. Motivasi jasmaniah misalnya: refleks, insting otomatis, nafsu. Sedangkan yang termasuk motivasi rohaniah adalah kemauan.
4. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik
Motivasi intrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam setiap diri individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. contoh proposal ptk pai kelas 7 word. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah kebalikan dari motivasi intrinsik yaitu motif-motif yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang dari luar.
Adapun menurut Marasudin Siregar, jenis motivasi ada dua jenis yaitu:
a. Motivasi intrinsik
Adalah dorongan yang berasal dari dalam diri anak itu sendiri. Misalnya anak belajar bukan karena mengharapkan hadiah akan tetapi belajar itu adalah kesadaran dan tahu guna belajar.
b. Motivasi ekstrinsik
Adalah dorongan yang berasal dari luar diri anak itu sendiri. Misalnya untuk mendapatkan ijazah, mendapatkan hadiah, ingin memperoleh penghargaan, ingin mendapatkan pujian karena mampu memecahkan kesulitan. download proposal ptk smp pai smp kelas 7.

d. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi
a) Desakan atau drive yaitu dorongan yang diarahkan kepada pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmaniah.
b) Motif adalah dorongan yang terarah kepada pemenuhan psikis atau rohaniah. judul ptk pai smp doc
c) Kebutuhan atau need, merupakan suatu keadaan dimana individu
merasakan kekurangan atau ketiadaan sesuatu yang diperlukannya.
d) Keinginan atau wish adalah harapan untuk mendapatkan atau memiliki sesuatu yang dibutuhkan.
3. Pendidikan Agama Islam
a. Pengertian Pendidikan Agama Islam
Dalam hasanah ilmu pendidikan banyak sekali yang kita jumpai definisi tentang pendidikan agama Islam, maka perlu kiranya diketahui pengertian pendidikan secara umum sebagai titik tolak untuk memberikan pengertian pendidikan agama Islam. download lengkap ptk pai smp kelas 7. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional.
Menurut Ahmad D. Rimba pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Mennurut Zakiyah Drajat pendidikan agama Islam adalah pendidikan dengan melalui ajaran-ajaran agama islam yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam yang telah diyakini secara menyeluruh serta menjadikan ajaran agama itu sebagai suatu pandangan hidupnya demi keselamatan dan kesejahteraan hidup di dunia maupun di akhirat. ptk pai smp pdf
Dari beberapa pengertian diatas pendidikan agama Islam dapat diartikan sebagai sebuah proses dari seorang pendidik kepada peserta didik dalam memberikan bimbingan yang berupa nilai-nilai agama agar diyakini, dipahami, diamalkan bahkan sampai pada tahapan menjadikan ajaran agama sebagai pandangan hidup.
b. Fungsi Pendidikan Agama Islam
Kurikulum pendidikan agama Islam untuk sekolah atau madrasah berfungsi sebagai berikut:
1) Pengembangan yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah yang telah ditanamkan dalam lingkungan keluarga.
2) Penanaman nilai sebagai pedoman hidup untuk mencari kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. contoh ptk pai smp kelas 7.
3) Penyesuaian mental yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya baik fisik maupun sosial yang dapat mengubah sesuai dengan ajaran agama Islam.
4) Perbaikan yaitu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dan kekurangan, kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pemahaman dan pengalaman ajaran dalam kehidupan sehari-hari. download lengkap ptk pai smp kelas 7.
5) Pencegahan untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan dan budaya luar yang membahayakan dirinya dalam menuju manusia Indonesia seutuhnya.
6) Pengajaran tentang ilmu pengetahuan keagamaan secara umum
7) Penyaluran yaitu untuk menyalurkan bakat agar berkembang secara optimal sehingga dapat dimanfaatkan untuk dirinya dan orang lain.
Fungsi pendidikan Islam adalah melestarikan dan mempertahankan nilai-nilai ilahi dan insani sebagaimana terkandung dalam kitab-kitab ulama terdahulu sedangkan hakekat tujuan pendidikan Islam adalah terwujudnya penguasaan ilmu agama Islam serta tertanamnya perasaan agama yang mendalam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
c. Tujuan Pendidikan Agama Islam
Insan kamil yang mati dalam keadaan berserah diri kepada Allah merupakan tujuan akhir dari proses pendidikan agama untuk membentuk generasi yang akan datang sebagai pewaris yaitu mempertinggi nilai-nilai akhlak hingga mencapai akhlakul karimah dalam upaya mengaplikasikan yang terangkum dalam cita-cita setiap muslim. download judul ptk pai smp. 42 Adapun tujuan pendidikan agama Islam yang lain adalah untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Tujuan pendidikan agama Islam yaitu untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Akhlak
a. Pengertian Akhlak
Akhlak merupakan bentuk jamak dari kata khuluq, secara etimologi akhlak adalah budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. Sedangkan secara terminologi akhlak adalah ilmu yang menentukan batas antara baik dan buruk, antara yang terbaik dan tercela, tantang perkataan atau perbuatan manusia lahir dan batin. download proposal ptk smp pai doc.
Di samping perkataan akhlak ada perkataan lain yang hampir sama artinya yaitu etika dan moral, akan tetapi ketiganya dapat dibedakan. Akhlak bersumber dari agama Islam, etika bertitik tolak dari akal pikiran, sedangkan moral sama dengan etika, hanya saja etika bersifat teori sedangkan moral lebih banyak bersifat praktis.
b. Tujuan Akhlak
Islam menginginkan suatu masyarakat yang berakhlak mulia juga sekaligus membawa kebahagiaan bagi individu dan masyarakat pada umumnya. proposal ptk pai smp 2010. Dengan kata lain bahwa akhlak utama yang ditampilkan seseorang, manfaatnya adalah untuk orang yang bersangkutan.
Selain itu dengan akhlak yang mulia akan:
a. Memperkuat dan menyempurnakan agama
b. Mempermudah perhitungan amal di akhirat
c. Menghilangkan kesulitan
d. Selamat hidup di dunia dan akhirat.
Tujuan akhlak tidak berbeda dengan tujuan agama yaitu untuk mengatur manusia yang memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat, kesempurnaan individu dan menciptakan kebahagiaan, kemajuan, kekuatan dan keteguhan bagi masyarakat dan mengharapkan ridha Allah. download ptk pai smp pdf.
c. Faktor yang mempengaruhi akhlak
Ada beberapa faktor pembentuk akhlak, yang terpenting diantaranya:
a) Instink
Instink ialah suatu sifat yang dapat menimbulkan perbuatan yang menyampaikan pada tujuan dengan tidak berfikir lebih dahulu ke arah tujuan itu dan tidak didahului latihan perbuatan.
b) Adat atau kebiasaan
Akhlak itu dibentuk melalui praktek, kebiasaan, banyak mengulangi perbuatan dan terus menerus pada perbuatan itu. download proposal ptk smp pai smp kelas 7. Sikap dan perbuatan manusia yang menjadi akhlak sangat erat kaitannya dengan kebiasaan antara lain: adat kebiasaan nenek moyang dan dilestarikan secara turun temurun, sebab lingkungan tempat bergaul dapat memberi pengaruh yang kuat dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun proses pembentukan kebiasaan sebagai berikut: pertama, ada kecenderungan hati yang melakukan perbuatan itu, kedua, diperturutkannya keinginan itu untuk dipraktekkan secara berulang-ulang sehingga menjadi suatu kebiasaan. judul ptk pai smp doc.
c) Sifat keturunan
Sifat keturunan yaitu berpindahnya sifat-sifat orang tua kepada anak cucu. Sudah menjadi Sunnatullah bahwa makhluk hidup ini mempunyai keturunan yang menyerupai induknya. Hal ini dapat dilihat pada beberapa makhluk, misalnya tumbuhan, hewan, dan manusia itu sendiri.
Dalam dunia manusia dapat dilihat anak-anaknya yang menyerupai orang tuanya bahkan nenek moyangnya sekalipun yang sudah jauh. contoh ptk pai smp kelas 7. Baik berupa fisik ataupun mental masih terus diturunkan kepada cucu-cucunya.

d) Lingkungan
yaitu lingkungan masyarakat yang mengitari kehidupan seseorang dan rumah, lembaga pendidikan, hingga tempat bekerja, demikian pula hal-hal yang berupa kebudayaan dan nasehat-nasehat sekitarnya.
e) Keinginan
Keinginan merupakan salah satu kekuatan besar yang tersimpan dalam diri manusia. download proposal ptk smp pai doc. Keinginanlah yang menggerakkan manusia berbuat yang sungguh-sungguh.
Seseorang dapat bekerja hingga larut malam atau dapat melakukan sesuai perbuatan yang berat dan hebat menurut orang lain karena digerakkan oleh keinginannya. Hanya orang-orang dengan keinginan yang kuat dapat mencapai setiap tujuan yang dikehendakinya.
5. Metode Word Square
a. Pengertian
Word square merupakan metode yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokkan jawaban pada kotak-kotak jawaban. judul ptk pai smp doc. Hampir sama dengan teka – teki silang tetapi bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf atau angka penyamar atau pengecoh.
Adapun menurut Saptono word square adalah sejumlah kata bermakna yang tidak hanya disusun mendatar dan menurun tetapi juga miring diantara beberapa kata acak yang tidak bermakna dapat dijadikan permainan kata untuk memahami konsep yang sudah direncanakan guru. contoh penelitian Tindak Kelas pai smp kelas 7.
Jadi word square adalah salah satu metode berupa kotak-kotak kata yang berisi kumpulan huruf. Pada kumpulan huruf tersebut terkandung konsep-konsep yang harus ditemukan oleh siswa sesuai dengan pertanyaan yang berorientasi pada tujuan pembelajaran.
Word square memerlukan pengetahuan dasar dari siswa sehingga sebelum mengerjakan siswa harus membaca materi atau pokok bahasan yang akan dipelajari, dengan demikian siswa akan terlatih untuk memanfaatkan buku sumber dan terampil belajar mandiri.
b. Langkah–langkah membuat word square adalah sebagai berikut:
1) Menentukan topik sesuai konsep atau sub konsep
2) Menuliskan kata-kata kunci sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
3) Menuliskan kembali kata-kata kunci dimulai dengan kata-kata terpanjang.
      download ptk pai smp pdf.
4) Membuat kotak-kotak word square
5) Mengisikan kata-kata kunci pada kotak word square
6) Menambahkan huruf pengisian ke kotak kosong secara acak Adapun langkah–langkah yang lain dalam membuat word square :
a) Guru menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
b) Guru membagikan lembar kegiatan sesuai dengan materi pelajaran yang telah disampaikan.
c) Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban yang benar. download ptk pai smp pdf.
d) Guru memberikan poin pada setiap jawaban.
Menurut Saptono, langkah-langkah dalam pembelajaran word square adalah:
a) Siswa diarahkan untuk mempelajari topik tertentu yang akan disampaikan
b) Siswa diminta menemukan istilah dalam word square yang relevan dengan topik yang telah dipelajari
c) Siswa memberikan penjelasan tentang kata yang ditemukan. Informasi dari siswa tentang kata tersebut sebanyak-banyaknya digali oleh guru.
d) Penjelasan siswa divariasikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh siswa.
c. Kelebihan dan kekurangan word square adalah sebagai berikut :
1) Kelebihan : penelitian tindak kelas pai smp
a) Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode word square dapat mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
b) Melatih siswa untuk berdisiplin.
2) Kekurangan :
a) Mematikan kreatifitas siswa
b) Siswa tinggal menerima bahan mentah.
6. Kajian Materi tentang Sifat-sifat Terpuji
Manusia diciptakan oleh Allah SWT dalam bentuk yang paling sempurna diantara kesempurnaan itu adalah diberikannya akal untuk membedakan antara yang baik dan yang buruk. download ptk pai smp pdf. Akal yang tidak terkendali akan menimbulkan hawa nafsu yang merugikan akan tetapi jika akal dipergunakan dengan sebaik-baiknya maka akan dapat mengendalikan hawa nafsu sehingga dapat berperilaku yang baik. Perilaku dan sifat-sifat terpuji inilah yang harus dimiliki setiap orang.
Diantara sifat-sifat terpuji yang dibahas dalam penelitian ini adalah: kerja keras, tekun, ulet dan teliti. contoh ptk pai smp kelas 7.
a. Pengertian Kerja Keras
Bekerja keras adalah bekerja dengan gigih dan sungguh¬sungguh.55
Sebagai seorang muslim semangat bekerja merupakan budaya hidup sehingga perlu ada sikap mental yang tegas pada diri setiap pribadi muslim, bahwa:
1) Bekerja adalah amanah Allah. Seorang muslim akan bekerja dengan sungguh-sungguh dengan tujuan agar menghasilkan yang sebaik mungkin
2) Ada semacam kebahagiaan melaksanakan pekerjaan, karena dengan melaksanakan pekerjaan tersebut berarti telah melaksanakan perintah Allah
3) Ada rasa malu apabila pekerjaannya tidak dikerjakan dengan baik
4) Allah tidak menyukai orang yang bermalas-malasan.
Suatu keberhasilan biasanya diperoleh seseorang dengan kesungguhan sedangkan kegagalan pada umumnya adalah akibat kemalasan. Kemalasan sering kali diakhiri dengan penyesalan dan penderitaan. Kadar kesungguhan seseorang juga menentukan keberhasilan usahanya. download proposal ptk smp pai.Artinya, jika seseorang melakukan sesuatu dengan setengah-setengah maka hasilnya akan mengecewakan.
Bekerja dalam pandangan Islam adalah bebas. Kerja apa saja dibolehkan yang penting tidak melanggar hukum Islam sehingga hasilnya halal. Dalam Islam , pekerja yang baik adalah pekerja keras (sungguh-sungguh).
Setiap manusia yang tidak bekerja hidupnya tidak akan memberi manfaat dan tidak diridhoi oleh Allah. Tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk mengisi hidup dengan bermalas-malasan apabila hanya sekedar menunggu dan mengkhayal mendapatkan rezeki berlimpah karena mengadu nasib lewat undian, judi dan lotre. download proposal ptk smp pai doc.
b. Pengertian tekun, ulet dan teliti
Tekun berarti konsentrasi, mengerahkan pemikiran dan perasaan pada kegiatan yang dilakukan. Begitupun ulet berarti tidak mudah putus asa yang disertai kemauan keras, sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Sedangkan teliti dapat diartikan cermat dan hati-hati. Teliti termasuk sifat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim karena sifat tersebut dapat mengantarkan seseorang untuk mencapai cita-citanya.
Setiap orang haruslah bekerja dan berusaha dengan tekun, ulet dan teliti agar memperoleh hasil yang sempurna karena orang yang bekerja dengan apa adanya hasilnya tidak akan sama dengan orang yang bekerja dengan tekun, ulet dan teliti. proposal ptk pai smp 2010
Semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab bagi setiap orang hendaknya dikerjakan dengan baik. Pekerjaan bukan hanya bekerja untuk mencari uang saja tetapi juga menjalankan perintah orang tua ataupun orang lain juga termasuk bekerja.
Islam memberikan dorongan kepada setiap umatnya untuk tekun, ulet dan teliti karena sikap seperti itu dapat mendorong suksesnya setiap cita-cita yang diinginkan, selain itu pekerjaan yang dilakukan dengan tekun,ulet dan teliti juga bernilai ibadah apabila didasari dengan niat yang tulus. ptk pai doc
c. Menunjukkan sifat kerja keras, tekun, ulet dan teliti
Allah melarang kita untuk bermalas-malasan, tidak mau berusaha dan menggantungkan hidupnya dengan orang lain. Sikap yang semacam itu adalah sikap yang sangat tercela dan Allah menyuruh manusia untuk bekerja dengan cara yang halal dengan tekun, ulet dan teliti guna memperoleh keberhasilan. Setelah manusia berusaha secara optimal untuk memperoleh keberhasilan, maka usaha yang terakhir adalah berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT karena yang menentukan segalanya hanyalah Allah.
Dalam meraih keberhasilan, sikap kerja keras, tekun, ulet dan teliti mutlak harus dimiliki karena hanya dengan sifat tersebut keberhasilan dapat dinikmati dengan penuh kebahagiaan. contoh penelitian Tindak Kelas pai smp kelas 7.
d. Manfaat sifat kerja keras, tekun, ulet dan teliti
1. Manfaat kerja keras
a) Sarana untuk mempertahankan hidup.
b) Untuk aktualisasi diri. Artinya dengan bekerja orang dapat menunjukkan potensi dan kemampuannya kepada orang lain.
c) Untuk berbuat amal shaleh
2. Manfaat tekun
a) Dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal.
b) Selalu berusaha agar usahanya berhasil.
c) Meminimalisir kesalahan.
3. Manfaat ulet dan teliti
a) Dapat berhasil apa yang dinginkan.
b) Menumbuhkan semangat untuk berusaha
c) Tidak putus asa meskipun usahanya belum berhasil
d) Mendapatkan pahala karena termasuk perinyah Allah.
7. Penerapan Metode Word Square Pada Materi sifat-sifat terpuji Penerapan metode word square pada materi sifat-sifat terpuji adalah sebagai berikut:
a. Persiapan, tahap ini meliputi: download proposal ptk smp pai.
1. Memberikan penjelasan mengenai metode pembelajaran word square.
2. Menentukan pokok masalah yang akan dibahas dalam hal ini mata pelajaran PAI pada materi sifat-sifat terpuji yaitu kerja keras, tekun, ulet dan teliti. download lengkap ptk pai smp kelas 7.
3. Membagi kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa dengan pemilihan menurut urutan absen dan tergabung dengan kelompoknya.
4. Guru menempelkan word square di papan tulis.
b. Pelaksanaan, tahap ini meliputi:
1. Guru membacakan soal pertanyaan yang berhubungan dengan materi sifat-sifat terpuji yaitu kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
2. Setiap kelompok berdiskusi dan berlomba untuk menjawab pertanyaan.
3. Kelompok yang terlebih dahulu tunjuk jari berhak menjawab pertanyaan dan mengarsir jawaban pada kotak word square.
4. Kelompok yang tidak menjawab pertanyaan, mencatat segala hal yang berhubungan dengan materi. contoh ptk pai smp kelas 7.
c. Tindak lanjut, tahap ini meliputi:
1. Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
B. Hipotesis Tindakan
Hipotesis adalah Jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang secara teoritis dianggap paling mungkin atau paling tinggi tingkat kebenarannya.
Berdasarkan permasalahan di atas maka hipotesis tindakan pada penelitian ini dapat dirumuskan: contoh proposal ptk pai kelas 7 word. Melalui metode word square maka motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji dapat ditingkatkan.


CONTOH LENGKAP PTK PAI SMP KELAS 7 TERBARU


BAB III
METODE PENELITIAN



A. Tujuan Penelitian
Tujuan utama penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas serta profesionalisme guru dalam menangani proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. ptk pai doc Berdasarkan masalah yang disebutkan, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji yaitu kerja keras, tekun, ulet dan teliti melalui metode word square di kelas VII-2 SMP N ........
B. Waktu dan Tempat Penelitian
1. Waktu Penelitian
Penelitian ini diadakan selama satu bulan terhitung mulai izin penelitian secara lisan dan tertulis dengan surat rekomendasi dari kepala SMP N ........  Sedangkan pelaksanaan penelitian mulai 26 April sampai 25 mei 2015. penelitian tindak kelas pai smp pdf.
2. Tempat Penelitian
Tempat penelitian ini di SMP N ......... Dengan dasar pertimbangan sebagai berikut:
a. Suasana sekolah yang nyaman, tertib, dan rapi, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan memudahkan peneliti dalam mengadakan penelitian. download judul ptk pai smp.
b. Sarana dan prasarana sekolah yang lengkap dan semua pihak sekolah yang bersedia membantu untuk mengadakan penelitian ini.
c. Lokasi sekolah sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh kendaraan umum dan jauh dari keramaian sehingga proses belajar mengajar dapat kondusif.

C. Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP N ........  yang berjumlah 38 orang.
Tabel 3.1.
Daftar nama siswa kelas VII-2 SMP N ........

D. Prosedur Penelitian
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. ptk pai smp pdf
Tujuan utama penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas serta profesionalisme guru dalam menangani proses belajar mengajar, agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.
Cara pelaksanaan tindakan kelas dilakukan dengan dua kali siklus, tiap siklus terdiri dari empat pro sedur yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), observasi (Observing) dan refleksi (Reflecting).

Model Spiral dari Kemmis dan Taggart
1. Perencanaan Tindakan
Perencanaan yang akan peneliti lakukan dengan mempersiapkan hal-hal sebagai berikut: download judul ptk pai smp.
a. Silabus
Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian secara sistematis, memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.
b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat tiap kali pertemuan atau tatap muka. Dalam RPP tertuang skenario pembelajaran pendidikan agama Islam dengan materi sifat-sifat terpuji. contoh proposal ptk pai kelas 7 word.
c. Angket
Angket ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat¬sifat di kelas VII-2 SMP N .........
2. Pra siklus
Tahap pra siklus ini peneliti akan melihat proses belajar mengajar PAI secara langsung di kelas VII-2 SMP N ......... download ptk pai smp pdf. Proses belajar mengajar PAI di kelas VII-2 tersebut belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi masih menggunakan metode ceramah sehingga siswanya masih belum ikut aktif dan kurang bersemangat dalam belajar karena guru hanya berbicara dan siswa mendengarkan ceramah saja. Jadi siswa yang tidak mengerti akan semakin tidak mengerti karena siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya terhadap suatu masalah yang belum jelas di benak mereka.
3. Siklus I
Pelaksanaan siklus I menggunakan kelas VII-2 yang di ampu oleh .................. Langkah-langkah dalam siklus I dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang akan di j elaskan sebagai berikut: penelitian tindak kelas pai smp pdf.
a. Tahap Perencanaan
1) Peneliti mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam pembelajaran PAI aspek Akhlak kemudian peneliti mencari apa penyebab peserta didik kurang bersemangat dalam pembelajaran PAI.
2) Peneliti menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tentang sifat-sifat terpuji yaitu kerja keras, tekun, ulet, dan teliti. download proposal ptk smp pai.
3) Peneliti menyiapkan angket yang akan digunakan untuk mengukur motivasi siswa.
4) Peneliti membuat lembar pengamatan aktivitas siswa
b. Tahap Tindakan
Kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap ini adalah melaksanakan skenario pembelajaran yang telah direncanakan sebagai berikut:
1) Mengkondisikan kelas supaya siap dalam menerima pelajaran (membuka pelajaran, mengecek kehadiran peserta didik, serta kondisi kelas).
2) Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Menginformasikan pendekatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4) Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana pembelajaran dengan menggunakan metode word square terhadap mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji yaitu kerja keras, tekun, ulet dan teliti. ptk pai doc
5) Memberikan angket sebagai hasil evaluasi tahap pertama.
c. Tahap Observasi
Observasi terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran. Dalam hal ini peneliti sebagai observer dan kolaborator bersama guru PAI. contoh ptk pai smp kelas 7. Pengamatan dilaksanakan bersamaan dengan tindakan menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
d. Refleksi
Hasil pengamatan yang telah didapat pada siklus I dikumpulkan untuk dianalisis dan dievaluasi oleh peneliti sebagai dasar untuk membuat perencanaan pembelajaran siklus II.
4. Siklus II
a. Tahap Perencanaan
1) Peneliti mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam pembelajaran PAI aspek Akhlak kemudian peneliti mencari apa penyebab peserta didik kurang berminat dalam pembelajaran PAI.
2) Peneliti menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tentang sifat-sifat terpuji yaitu kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
3) Peneliti menyiapkan angket yang akan digunakan untuk mengukur motivasi siswa
4) Peneliti membuat lembar pengamatan aktivitas siswa. ptk pai doc
b. Tahap Tindakan
Kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap ini adalah melaksanakan skenario pembelajaran yang telah direncanakan sebagai berikut:
1) Mengkondisikan kelas supaya siap dalam menerima pelajaran (membuka
pelajaran, mengecek kehadiran peserta didik, serta kondisi kelas)
2) Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
3) Menginformasikan pendekatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4) Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana pembelajaran dengan
menggunakan metode word square terhadap mata pelajaran PAI pada
aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji. contoh ptk pai smp kelas 7.
5) Memberikan angket sebagai hasil evaluasi akhir untuk mengetahui apakah telah ada peningkatan terhadap motivasi belajar siswa dari dampak tindakan yang telah dilakukan.
c. Tahap Observasi
Observasi terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti sebagai observer dan kolaborator bersama guru PAI. download proposal ptk smp pai word. Pengamatan dilaksanakan bersamaan dengan tindakan menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
d. Refleksi
Hasil pengamatan dianalisis untuk memperoleh gambaran bagaimana dampak tindakan dari siklus I yang dilakukan. Jika permasalahan sudah terselesaikan dan sudah dirasa cukup, maka tindakan akan dihentikan.
E. Teknik Pengumpulan data
Untuk dapat mengetahui tingkat motivasi belajar siswa selama pembelajaran PAI pada aspek Akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji dengan menggunakan metode word square maka diperlukan metode dan alat pengumpulan data. contoh ptk pai kelas 7.  Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:
a) Metode wawancara
Metode ini merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan tanya jawab baik langsung maupun tidak langsung dengan sumber data.66
Di sini peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas VII-2 SMP N ........  Malangke untuk mendapatkan informasi yang terkait penerapan metode word square dalam pembelajaran PAI pada aspek Akhlak dengan materi sifat¬sifat terpuji.
b) Metode dokumentasi
Kata yang tepat dengan metode dalam bahasa Arab adalah thoriqoh. Kata yang serupa banyak dijumpai dalam Al-qur’an. Menurut Muhammad Faud Abdul Al-Baqi, di dalam Al-qur’an kata al- thoriqoh di ulang sebanyak 99 kali. Kadang al- thoriqoh dihubungkan dengan al- thoriqoh al-mustaqim yang diartikan jalan yang lurus.
Dokumen merupakan kumpulan data verbal yang berbentuk lisan maupun act ifact, foto, dan sebagainya. contoh ptk pai smp kelas 7
Sumber dokumentasi pada dasarnya adalah segala bentuk sumber informasi yang berhubungan dengan dokumen baik resmi maupun tidak.69
Dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah segala bentuk arsip yang terkumpul saat penelitian sedang berlangsung baik itu data secara lisan, tertulis, maupun gambar atau foto.
c) Angket
Metode angket adalah metode yang digunakan dengan sejumlah pertanyaan tertulis untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui.

F. Teknik Analisis Data
Berdasarkan pada tujuan penelitian yang akan dicapai, maka dalam kajian ini metode analisis data merupakan hal yang sangat urgen dan dominan untuk mencapai tujuan kajian yang dikehendaki. contoh ptk pai smp kelas 7. Maksud utama analisis data adalah untuk membuat data itu dapat dimengerti, sehingga penemuan yang dihasilkan bisa dikomunikasikan kepada orang lain.
Adapun metode yang digunakan penulis adalah metode analisis data kualitatif, di mana data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif non statistik dengan cara berpikir induktif, yaitu penelitian dimulai dari fakta-fakta yang bersifat empiris dengan cara mempelajari suatu proses, suatu penemuan secara alami, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimpulan dari proses tersebut. Hal ini dimulai dengan wawancara, dokumentasi dengan mengadakan reduksi data, yaitu data-data yang diperoleh di lapangan dirangkum dengan memilih hal-hal yang pokok serta disusun lebih sistematis sehingga mudah dikendalikan.
Adapun teknik pengumpulan data yang berbentuk kuantitatif berupa data-data yang disajikan berdasarkan angka-angka. download ptk pai smp pdf. Maka analisis yang digunakan adalah persentase dengan rumus sebagai berikut:
Teknik analisis data ini untuk mengambil data dari angket yang telah disebarkan pada tiap siklus untuk mengetahui perubahan-perubahan motivasi belajar siswa yang terjadi pada tiap siklus. download judul ptk pai smp.

G. Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji dengan menggunakan metode word square diharapkan mengalami peningkatan diatas 65% ditandai dengan meningkatnya nilai angket dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. download proposal ptk smp pai doc.


PENELITIAN TINDAK KELAS PAI SMP KELAS 7


DAFTAR PUSTAKA



A. M, Sardiman, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Ali, Muhammad, Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Angkasa Raya, 1993. Aminuddin, dkk, Pendidikan Agama Islam Kelas VI, Jakarta: Bumi Aksara, 2004. Arikunto, Suharsimi Dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara, 2006. Aziz, Sholeh Abdul, At-Tarbiyatul wa Thuruqut Tadris, Mesir: Al Ma’arif, 1979.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2002.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Djatnika, Rahmat, Sistem Etika Islam (Akhlak Mulia), Jakarta: Panjimas, 1996.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar Dan Mengajar, Bandung : Sinar Baru Agresindo, 2002.
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005. HS, M. Ramli, dkk, Memahami Konsep Dasar Islam Semarang : Unnes Press, 2003.
http://dedenbinlaode.blogspot.com/20 10/0 1/penggunaan-word-square-dan-talking.html, 6 Februari 2010.
http://gurupkn.wordpress.com/2007/1 2/05/word-square/sabtu, 9 Januari 2010.
http://wyw1d.wordpress.com/2009/1 1/1 4/metode-pembelajaran-word-square/Sabtu, 9 Januari 2010.
Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam (Konsep dan Perkembangan Pemikirannya), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.
Jannatinnaim, Siti (053111014), Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Diskusi dengan Media Komik studi tindakan pada kelas XI MAN Lasem, skripsi Semarang: Fakultas Tarbiyah, IAIN Walisongo Semarang, 2009.
Koentjaraningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1991.
Majid, Abdul, Et, All, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Margono, S., Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Marno, Pendidikan Agama Islam untuk kelas VI, Klaten: CV. Gema Nusa, 2004.
Morgan, Clifford T., Introduction to psychology, fourth edition, New York: Mc Grow Hill Inc., 1971.
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Bandung: Nuansa Cendekia, 2003.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaj a Rosdakarya, 2001. Multahim, dkk. Pendidikan Agama Islam Kelas VI, Jakarta: Yudhistira, 2003.
Mulyasa, E.,Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Nata, Abudin, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Poerwadarminta, W J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
S, Saptono ,Strategi Belajar Mengajar Biologi, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2003.
S, Sujana, Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasif, Bandung: Falah Production, 2001.
Sa’aduddin, Imam Abdul Mukmin, trj.Dadang Sobar Ali, Meneladani Akhlak Nabi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Satiyem (4401402007), Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Iqro’ Melalui Pendekatan JAS Pada Materi Prinsip-prinsip Klasifikasi, Virus dan Monera, Kelas X Semester I MAN 2 Semarang, skripsi, Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, 2008.
Siregar, Marasudin, Metode Pengajaran Agama, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo, 2003.
Subroto, B. Suryo, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta, 2002.
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Argesindo, 1999.
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Tim Abdi Guru, Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP Kelas VI, Jakarta: Erlangga, 2004.
Tim Agama Islam, Agama Islam Penyejuk Qalbu untuk Kelas 1 SMP, Jakarta: Yudhistira, 2003.
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Tumiyati (3101270), Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa di SMPN 2 Grobogan, skripsi, Semarang: Fakultas Tarbiyah, IAIN Walisongo Semarang, 2005.
Usman, Moh. Uzar, Menjadi Guru Professional, Jakarta : PT.Remaja Rosdakarya, 2000.
Wiraatmaja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.


Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya PTK PAI SIFAT-SIFAT TERPUJI KELAS 7 SMP

Postingan terkait: