DOWNLOAD LENGKAP PTK IPS EKONOMI SMA KELAS XI

DOWNLOAD LENGKAP PTK IPS EKONOMI SMA KELAS XI-Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi pokok bahasan Memahami APBN dan APBD melalui penerapan model pembelajaran PAIKEM. contoh ptk ekonomi sma doc Hasil belajar Ekonomi materi Memahami APBN dan APBD diharapkan dapat meningkat, sehingga Kompetensi Dasar yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran dapat dikuasai oleh siswa secara maksimal.
Tempat penelitian ini dilakukan di MAN ...... Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-2 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 orang siswa terdiri atas 12 perempuan dan 10 siswa laki-laki.

Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Banyak tindakan sebanyak tiga siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan hasil tindakan, dan refleksi hasil tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal tindakan nilai keaktifan siswa 37,88%; siklus I= 57,6%; siklus I= 72,7%; dan siklusI= 96,2%; maka dari kondisi awal dibandingkan siklusI meningkat 58,32%. Download PTK ekonomi sma pdf Kondisi ini mengindikasikan bahwa pengunaan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan keaktifan belajar Ekonomi khususnya pokok bahasan Memahami APBN dan APBD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal tindakan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 63,3; siklus I= 69,33; nilai rata-rata pada siklus I= 79,8; dan siklusI= 90,5; maka dari kondisi awal dibandingkan siklusI meningkat 2 7,2. Kondisi ini mengindikasikan bahwa pengunaan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi khususnya materi Memahami APBN dan APBD. Berdasarkan simpulan penelitian ini perlu diuji coba pada mata pelajaran yang lain. contoh ptk ekonomi sma kelas xi Perlu dilakukan pengembangan model pembelajaran PAIKEM materi Ekonomi yang berbeda.


Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas IPS SMA yang diberi judul UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM POKOK BAHASAN MEMAHAMI APBN DAN APBD KELAS XI IPS 2 MAN ...... SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016". Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK IPS SMA KELAS XI lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMA 003).

CONTOH PTK IPS EKONOMI SMA KELAS XI TERBARU


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang
MAN ...... merupakan salah satu madrasah aliyah negeri yang berada di Jl. ........ Kecamatan ........... Kabupaten ...... MAN ...... terletak di pinggiran jalan, walaupun demikian banyak siswa yang tertarik untuk bersekolah di MAN ....... MAN ...... terus berkembang dari waktu ke waktu, terbukti dengan adanya penambahan kelas di kelas X, XI, dan XII. MAN ...... Penelitian Tindak Kelas Ekonomi SMA memiliki tiga jurusan yang di mulai dari kelas XI, yaitu jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Kelas untuk jurusan IPS berjumlah lima kelas, kelas IPS 1 sampai dengan kelas IPS 3 untuk Mata Pelajaran Ekonomi diampu oleh Bapak Wahyudi, S.Pd dan Kelas IPS 4 dan IPS 5 untuk Mata Pelajaran Ekonomi diampu oleh ......................
Mata pelajaran Ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan keaktifan, pemahaman, dan ketelitian dalam pembelajarannya. Karena itu dalam mata pelajaran ekonomi dibutuhkan metode yang tepat agar semua peserta didik dapat memahami dengan baik tentang materi yang diajarkan sehingga sesui dengan harapan dan tujuan yang telah ditetapkan oleh kurikulum. contoh ptk ekonomi sma doc
Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru ekonomi di MAN ...... adalah menggunakan metode ceramah. Komunikasi pada metode ceramah hanya berjalan satu arah sehingga siswa hanya mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan tugas saja itupun bila guru memberikan tugas. Akibatnya banyak informasi yang tidak dapat dipahami oleh siswa. Selain itu, siswa menjadi jenuh dan tidak tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru.
MAN ...... memberikan kriteria ketuntasan hasil belajar sebesar 71. contoh ptk ekonomi sma kelas xi Hasil belajar pada pokok bahasan Memahami APBN dan APBD Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 di MAN ...... belum semua siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Terbukti dari hasil ulangan harian dimana siswa yang belum mencapai KKM berjumlah 10 (dua puluh) siswa dari 23 (tiga puluh tiga) siswa.
“Penggunaan metode ceramah sebenarnya memiliki kelebihan:
1. Sangat baik untuk materi baru yang belum tersedia dalam bentuk hard copy.
2. Dapat digunakan untuk kelas besar.
3. Materi yang banyak dapat disampaikan dalam waktu yang sing kat.
4. Sangat baik digunakan untuk kognisi dan/atau afeksi tingkat rendah.
5. Lebih ekonomis, khususnya dari segi biaya.
Tetapi metode ceramah juga memiliki banyak kelemahan:
1. Membuat siswa menjaga daya tahannya untuk berkonsentrasi dengan menggunakan indra telinga yang ter batas.
2. Dapat membuat siswa terganggu oleh hal-hal visual.
3. Dapat membuat siswa sulit untuk menentukan gagasan
guru yang bersifat analisis, sistetis, kritis, dan evaluatif.
4. Dapat membuat guru cenderung bersifat otoriter.
5. Dapat membuat kelas monoton. Download PTK ekonomi sma word
6. Dapat membuat kelas doktiner.”
Mengatasi permasalahan yang ada, peneliti mencoba menerapkan model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam pembelajaran ekonomi. Karena pembelajaran dengan menggunakan model
PAIKEM lebih menekankan pada aspek aktivitas, kreativitas, pemerolehan kemampuan yaitu ketrampilan intelektual, informasi verbal, strategi, kognitif, ketrampilan motorik, dan sikap. “Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) merupakan suatu metode pembelajaran berbasis lingkungan”
Model pembelajaran PAIKEM mampu melibatkan siswa secara langsung dengan menggunakan pengenalan terhadap lingkungan. Download PTK ekonomi sma pdf Dengan demikian selama dalam proses pembelajaran akan mengajak siswa lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Proses ini membuat guru dan siswa saling memberikan pengetahuan tentang bagaimana hasil belajarnya bagi siswa, dan guru menerapkan kegiatan mengajar belajar bukan belajar mengajar. Hal tersebut di karenakan proses pembelajaran PAIKEM mengutamakan kreativitas siswa.
“Tujuan PAIKEM adalah membantu siswa berfikir kritis (kecakaan nalar secara teratur, kecakapan sistematis dalam menilai, memecahkan masalah, menarik keputusan, memberi keyakinan, menganalisis asumsi dan pencarian ilmiah) dan berfikir kreatif (critical and creative thinking). ”

1.2. Permasalahan
Seharusnya dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran ekonomi, guru dapat memberikan suasana yang menyenangkan sehingga siswa tidak bosan dan tertarik untuk mengikuti pelajaran ekonomi. contoh ptk ekonomi sma kelas xi Guru harus berperan aktif meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi, sehingga pada saat pelajaran ekonomi berlangsung tidak ada siswa yang bicara sendiri, atau bermain handphone sendiri. Guru juga harus memilih metode pembelajaran yang sesuai. Metode dan model pembelajaran yang sesuai dapat menjadikan siswa lebih memahami pelajaran yang diajarkan, sehingga memungkinkan siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.
Kenyataan yang peneliti peroleh pada penelitian awal adalah bahwa guru masih menggunakan metode ceramah yang hanya memanfaatkan kemampuan mendengar saja di kelas XI IPS 2 semester satu tahun pelajaran 2015/2016 MAN .......
Siswa diberi tugas selama pelajaran berlangsung untuk membaca terlebih dahulu materi tentang pengertian APBN dan APBD, ada enam siswa yang bercanda dengan teman sebangku, empat siswa melamun, satu siswa mengaca dan tidak membaca. Download PTK ekonomi sma word Setelah selesai waktu membaca guru menjelaskan dan memberikan pertanyaan kepada siswa namun ada lima siswa yang menjawab pertanyaan dengan bercanda, sehingga membuat suasana di dalam kelas menjadi ramai.
Jam pelajaran ke dua, guru memberikan tugas untuk membaca materi tentang cara mengatasi pengangguran, masih ada siswa yang berbicara sendiri, bercanda dengan teman sebangku. Selesai membaca guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan tentang cara-cara apa saja yang dilakukan untuk mengatasi pengangguran, tetapi respon yang diperlihatkan oleh siswa sangat kurang, hanya ada tiga siswa yang memberikan j awaban, itupun satu diantaranya ditunjuk oleh guru, sedangkan siswa yang lain banyak yang ramai. contoh ptk ekonomi sma kelas xi Pelajaran sudah berjalan tujuh puluh menit, mulai terlihat kejenuhan pada diri siswa, terbukti dengan adanya delapan siswa yang mengantuk, tujuh siswa bermain handphone. Waktu guru meninggalkan kelas dan menyuruh siswa untuk membaca lagi, ada lima siswa yang mengerjakan tugas mata pelajaran lain (pekerjaan rumah).

1.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan gej ala problematis yang telah diungkapkan, maka peneliti merumuskan masalah: Download PTK ekonomi sma pdf
“Apakah dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Memahami APBN dan APBD kelas XI IPS2 semester satu Tahun Pelajaran 2015/2016 MAN ...... ?”
1.4. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran PAIKEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Memahami APBN dan APBD kelas XI IPS 2 semester satu Tahun Pelajaran 2015/2016 MAN ......
1.5. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada: Download Proposal ptk ekonomi sma kelas xi
a. Siswa
Hasil penelitian ini dapat menjadikan siswa lebih meningkatkan pemahamannya pada pelajaran ekonomi, dan dapat meningkatkan hasil belajar serta motivasi siswa dan kepercayaan diri siswa.
b. Guru
Hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman oleh guru, supaya guru dapat menerapkan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) pada pelajaran ekonomi dan dapat memotivasi guru untuk menyusun strategi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Download PTK ekonomi sma word
c. Sekolah MAN ......
Penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan metode, dan strategi pembelajaran sehingga sekolah dapat meningkatkan mutu dan prestasi khususnya dalam mata pelajaran ekonomi. Download ptk ekonomi sma lengkap
d. Penulis
Peneliti dapat menambah pengetahuan tentang model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM).


DOWNLOAD PROPOSAL PTK IPS EKONOMI SMA


BAB II
KAJIAN TEORI



2.1. Teori Belajar dan Pembelajaran
Belajar merupakan suatu proses perubahan yang terjadi karena adanya interaksi antar sesama siswa atau dengan lingkungan. “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.” Download PTK ekonomi sma pdf Teori tersebut sesuai dengan prinsip belajar dalam teori psikologi Gestalt:
”1. Tingkah laku terjadi berkat interaksi antara individu dan lingkungannya.
2. Individu berada dalam keadaan keseimbangan yang akan mendorong terjadinya tingkah laku.
3. Belajar mengutamakan aspek pemahaman terhadap pro blematis.
4. Belajar menitikberatkan pada situasi sekarang, dalam situasi tersebut menemukan dirinya.
5. Belajar dimulai dari keseluruhan dan bagian-bagian hanya bermakna dalam keseluruhan itu.”
Dari pengertian-pengertian belajar tersebut, belajar adalah suatu proses, suatu aktivitas dan bukan suatu hasil atau tujuan. Download ptk ekonomi sma lengkap Belajar bukan hanya sekedar mengingat, namun bermakna lebih luas yaitu mengalami. Hasil belajar adalah perubahan kelakuan bukan suatu hasil latihan.
Berdasarkan definisi-definisi belajar tersebut, yang dimaksud belajar dalam penelitian ini adalah terjadinya perubahan tingkah laku individu, hasil dari interaksi antara individu dengan lingkungannya.
Menurut Degeng (dalam bukunya Buku Pegangan Teknologi Pendidikan Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas instruksional Universitas Terbuka) “pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa.” Download PTK ekonomi sma pdf Dalam pengertian ini secara implisit dalam pengajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pengajaran yang diinginkan.
Istilah pembelajaran memiliki hakikat perensanaan atau perancangan (desain) sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. Itulah sebabnya dalam belajar siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru sebagai salah satu sumber belajar, tetapi mungkin berinteraksi dengan keseluruhan sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pembelajaran memusatkan perhatian pada “bagaimana membelajarkan siswa”, dan bukan pada “apa yang dipelajari siswa”. Perlunya perencanaan pembelajaran dimaksudkan agar dapat dicapai perbaikan pembelajaran. contoh ptk ekonomi sma doc Upaya perbaikan pembelajaran ini dilakukan dengan asumsi sebagai berikut:
“1. Untuk memperbaiki kualitas pembelajaran perlu diawali perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan adanya desain pembelajaran;
2. Untuk merancang suatu pembelajaran perlu menggunakan pendekatan sistem;
3. Perencanaan desain pembelajaran diacukan pada bagaimana seseorang belajar;
4. Untuk merencanakan suatu desain pembelajaran diacukan pada siswa secara perorangan; contoh ptk ekonomi sma kelas xi
5. Pembelajaran yang dilakukan akan bermuara pada ketercapaian tujuan pembelajaran, dalam hal ini akan ada tujuan langsung pembelajaran, dan tujuan pengiring dari pembelajaran;
6. Sasaran akhir dari perencanaan desain pembelajaran adalah mudahnya siswa untuk belajar;
7. Perencanaan pembelajaran harus melibatkan semua variabel pembelajaran.
8. Inti dari desain pembelajaran yang dibuat adalah penetapan metode pembelajaran yang optimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”
2.2. Pembelajaran Kooperatif
2.2.1. Konsep Dasar Pembelaj aran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Download PTK ekonomi sma word
“Pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi”. Dalam system pembelajaran yang kooperatif, siswa belajar bekerjasama dengan anggota lainnya.
“Karekteristik pembelajaran kooperatif adalah:
1. Pembelajaran secara tim Download PTK ekonomi sma pdf
2. Didasarkan pada manajemen kooperatif
3. Kemauan untuk bekerja sama
4. Ketrampilan bekerjasama”
Pembelajaran kooperatif dicirikan oleh struktur tugas, tujuan, dan penghargaan kooperatif. Siswa yang bekerja dalam pembelajaran kooperatif didorong dan dikehendaki untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya.
2.2.2. Prosedur Pembelajaran Kooperatif
Prosedur atau langkah-langkah pembelajaran kooperatif pada prinsipnya terdiri atas empat tahap, yaitu:
“1. Penjelasan materi, tahap ini merupakan tahapan penyampaian pokok-pokok materi pelajaran sebelum siswa belajar dalam kelompok. Download Proposal ptk ekonomi sma kelas xi  Tujuan utama tahapan ini adalah pemahaman siswa terhadap pokok materi pelajaran.
2. Belajar kelompok, tahapan ini dilakukan setelah guru memberikan penjelasan materi, siswa bekerja dalam kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
3. Penilaian, penilaian dalam pembelajaran kooperatif bisa dilakukan melalui tes atau kuis, yang dilakukan secara individu atau kelompok. Tes individu akan memberikan penilaian pada kemampuan individu, sedangkan kelompok akan memberikan penilaian pada kemampuan kelompoknya. Nilai setiap kelompok memiliki nilai sama dalam kelompoknya. Download PTK ekonomi sma word Hal ini disebabkan nilai kelompok adalah nilai bersama dalam kelompoknya yang merupakan hasil kerja sama setiap anggota kelompoknya.
4. Pengakuan tim, adalah penetapan tim yang dianggap paling menonjol atau tim paling berprestasi untuk kemudian diberikan pernghargaan atau hadiah, dengan harapan dapat memotivasi tim untuk terus berprestasi lebih baik lagi.”
2.3. PAIKEM
Berlangsungnya proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) tidak terlepas dengan lingkungan sekitar. Sesungguhnya pembelajaran tidak tidak terbatas pada empat dinding kelas. Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan menghapus kejenuhan dan menciptakan peserta didik yang cinta lingkungan.
“Karakteristik PAIKEM:
a. Berpusat pada siswa (student-centered );
b. Belajar yang menyenangkan (joyfull learning);
c. Belajar yang berorientasi pada tercapainya kemampuan tertentu (competency-based learning);
d. Belajar secara tuntas (mastery learning); Download PTK ekonomi sma pdf 
e. Belajar secara berkesinambungan (continuous learning);
f. Belajar sesuai dengan ke-kini-an dan ke-disini-an (contextual learning).”
Sesuai dengan singkatan PAIKEM maka pembelajaran berfokus pada siswa, makna, aktifitas, pengalaman dan kemandirian, serta konteks kehidupan dan lingkungan yang memiliki empat cirri yaitu: 1) mengalami, 2) komunikasi, 3) interaksi, 4) refleksi.
Berdasarkan teori belajar, melalui pendekatan lingkungan pembelajaran menjadi bermakna. Sikap verbalisme siswa terhadap penguasaan konsep dapat diminimalkan dan pemahaman siswa akan membekas dalam ingatannya. Buah proses pendidikan dan pembelajaran akhirnya ajan bermuara pada lingkungan. Download ptk ekonomi sma lengkap Manfaat keberhasilan pembelajaran akan terasa manakala apa yang diperoleh dari pembelajaran dapat diimplementasikan dalam realitas kehidupan. Inilah salah satu sisi yang melatarbelakangi pembelajaran dengan pendekatan lingkungan.
Model belajar dengan pendekatan lingkungan, bukan merupakan pendekatan belajar yang baru. “Pendekatan lingkungan adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sasaran, sumber, dan sarana belajar.”12 Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah lingkungan dan menanamkan sikap cinta lingkungan. Download PTK ekonomi sma pdf
Pembelajaran lingkungan sekitar siswa dapat dengan mudah dikuasai oleh siswa melalui pengamatan pada situasi yang kongkrit yang menitik beratkan pada kreatifitas siswa. Dampak positif diterapkannya pendekatan lingkungan adalah siswa dapat terpacu sikap rasa keingintahuannya tentang sesuatu yang ada dilingkungan sekitar. Jika kita renungkan, empat pilar pendidikan yaitu learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to be (belajar untuk menjadi jati diri), learning to do (belajar untuk mengerjakan sesuatu), learning to live together (belajar untuk bekerja sama) dapat dilaksanakan melalui pembelajaran dengan pendekatan lingkungan yang dikemas secara praktis untuk kebaikan siswa. Download PTK ekonomi sma word
Seorang siswa boleh saja berfikir secara komperhensif, tetapi mereka harus bertindak secara lokal. Artinya, siswa perlu belajar apapun yang ingin dipelajarinya, walaupun mencari hikmah dari berbagai macam pengalaman dari bangsa-bangsa lain diseluruh dunia, namun pengetahuan tentang pengalaman bangsa-bangsa lain tersebut dijadikan sebagai pembelajaran dalam tindakan lingkungan secara lokal. Download PTK ekonomi sma pdf Pada cara kerja seperti itu, kita tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak perlu yang berkepanjangan, melainkan kita belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain, sementara kita sekedar meneruskan kerja dari contoh yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
2.3.1. Aspek PAIKEM
Terdapat empat aspek yang mempengaruhi PAIKEM, yaitu: pengalaman, komunikasi, interaksi, dan refleksi. Apabila dalam sebuah pembelajaran terdapat ke-empat aspek tersebut, maka kriteria PAIKEM terpenuhi.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Gambar 2.1 Aspek-aspek dalam Model Pembelajaran PAIKEM
a. Pengalaman
Dalam aspek pengalaman ini siswa diajarkan untuk dapat belajar mandiri. Di dalamnya terdapat banyak cara untuk penerapannya, antara lain seperti eksperimen, pengalaman, percobaan, penyelidikan, dan wawancara. contoh ptk ekonomi sma doc Karena di aspek pengalaman, anak belajar banyak melalui berbuat dan dengan melalui pengalaman langsung, dapat mengaktifkan banyak indera yang dimiliki anak tersebut. Seperti yang dikemukakan oleh Edgar Dale dalam kerucut pengalamannya (cone experience) bahwa dengan pengalamannya langsung sekitar 90% materi yang didapatkan oleh anak akan cepat terserap dan bertahan lebih lama.
b. Komunikasi
Aspek komunikasi ini dapat dilakukan dengan beberapa bentuk, antara lain mengemukakan pendapat, presentasi laporan, dan memajangkan hasil kerja. Download PTK ekonomi sma pdf Di aspek ini ada hal-hal yang ingin didapatkan, misalnya anak dapat mengungkapkan gagasan, dapat mengonsolidasi pikirannya, mengeluarkan gagasannya, memancing gagasan orang lain, dan membuat bangunan makna mereka dapat diketahui oleh guru.
c. Interaksi
Aspek interaksi ini dapat dilakukan dengan cara interaksi, tanya jawab, dan saling melempar pertanyaan. Dengan hal-hal seperti itulah kesalahan makna yang diperbuat uleh anak-anak berpeluang untuk terkoreksi dan makna yang terbangun semakin mantap, sehingga dapat menyebabkan hasil belajar meningkat.
d. Refleksi
Dalam aspek ini yang dilakukan adalah memikirkan kembali apa yang telah diperbuat/dipikirkan oleh anak selama mereka belajar. Hal ini dilakukan supaya terdapatnya perbaikan gagasan/makna yang telah dikeluarkan oleh anak dan agar mereka tidak mengulangi kesalahan. Download PTK ekonomi sma word Di sini anak diharapkan juga dapat menciptakan gagasan-gagasan baru.
2.3.2. Penerapan PAIKEM
Penerapan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) harus dipraktikkan dengan benar.
“Secara garis besar dapat digambarkan:
1. Siswa langsung terlibat ke dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui praktik.
2. Guru dituntut mengunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa. Download Proposal ptk ekonomi sma kelas xi
3. Guru harus bisa mengatur kelas dengan berbagai variasi seperti memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan alat-alat pembelajaran.
4. Guru menerapkan tentang cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok dalam segala suasana.
5. Guru mendorong, memberikan motivasi siswa untuk menemukan caanya sendiri dalam pemecahan suatu masaslah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.” Download PTK ekonomi sma pdf
Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) diperlihatkan dan dipraktikkan dengan berbagai kegiatan yang terjasi selama Kegiatan Mengajar Belajar (KMB). Pada saat yang sama, gambaran tersebut menunjjukkan kemampuan yang perlu dikuasai guru untuk menciptakan keadaan tersebut. Tabel 2.1 memaparkan beberapa kegiatan KMB guru dan kemampuan guru. Download PTK ekonomi sma word


Tabel 2.1 Fase dan Jenis Kegiatan Guru

A. Pembelajaran Aktif
Pembelajaran aktif merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktivitas siswa dalam mengakses berbagai informasi dan pengetahuan untuk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga mereka mendapatkan berbagai pengalaman yang dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinya. contoh ptk ekonomi sma doc Lebih dari itu, pembelajaran aktif memungkinkan siswa mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi, seperti menganalisis dan mensistesis, serta melakukan penilaian terhadap berbagai peristiwa belajar dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran aktif memiliki persamaan dengan model pembelajaran self discovery learning, yakni pembelajaan yang dilakukan oleh siswa untuk melakukan kesimpulan sendiri sehingga dapat dijadikan sebagai nilai baru yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian Tindak Kelas Ekonomi SMA
Dalam pembelajaran aktif, guru lebih banyak memosisikan dirinya sebagai fasilitator, yang bertugas memberikan kemudahan belajar (to facilitated of learning) kepada siswa. Siswa terlibat secara aktif dan berperan dalam proses pembelajaran, sedangkan guru lebih banyak memberikan arahan dan bimbingan, serta mengatur sirkulasi dan jalannya proses pembelajaran. Download PTK ekonomi sma word

Tabel 2.2 Kegiatan-kegiatan Dalam Belajar Aktif

B. Pembelajaran Inovatif
Proses pembelajaran inovatif dapat mengadaptasi model pembelajaran yang menyenangkan. Download PTK ekonomi sma pdf Learning is fun merupakan kunci yang diterapkan dalam pembelajaran inovatif. Jika siswa sudah menanamkan hal ini dipikirannya, tidak akan ada lagi siswa yang pasif dikelas, perasaan tertekan dan tenggang waktu tugas, kemungkinan kegagalan, keterbatasan pilihan, dan tentu saja rasa bosan.
“Membuat atau membangun metode pembelajaran inovatif sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya mengkoordinir setiap karakteristik dari siswa.” Artinya mengukur daya kemampuan serap ilmu masing-masing siswa. Download ptk ekonomi sma lengkap Contohnya saja sebagian siswa ada yang berkemampuan dalam menyerap ilmu dengan menggunakan visual atau mengandalkan kemampuan penglihatan, auditori, atau kemampuan mendengar, dan kinestetik. Dan hal tersebut harus disesuaikan pula dengan upaya penyeimbangan fungsi otak kiri dan otak kanan yang akan mengakibatkan proses renovasi mental, diantaranya membangun rasa percaya diri siswa. contoh ptk ekonomi sma doc
C. Pembelajaran Kreatif
Pembelajaran kreatif merupakan proses pembelajaran yang mengharuskan guru untuk dapat memotivasi dan memunculkan kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan beberapa metode dan strategi yang bervariasi, misalnya kerja kelompok, bermain peran, dan pemecahan masalah.
Pembelajaran kreatif menuntut guru untuk merangsang kreativitas siswa, baik dalam mengembangkan kecakapan berfikir maupun dalam melakukan suatu tindakan. Download PTK ekonomi sma pdf Berfikir kreatif selalu dimulai dengan berfikir kritis, yakni menemukan dan melahirkan suatu yang sebelumnya tidak ada atau memperbaiki sesuatu.
Berfikir kritis harus dikembangkan dalam proses pembelajaran agar siswa terbiasa mengembangkan kreativitasnya. Pada umumnya, berfikir kreatif memiliki empat tahapan sebagai berikut:
1. Tahap pertama: persiapan, yaitu proses pengumpulan informasi untuk diuji.
2. Tahap kedua: inkubasi, yaitu suatu kondisi untuk merenungkan hip otesis informasi tersebut sampai diperoleh keyakinan bahwa hipotesis tersebut rasional. 
3. Tahap ketiga: iluminasi, yaitu suatu kondisi untuk menemukan ketakinan bahwa hipotesis tersebut benar, tepat dan rasional.
4. Tahap keempat: verifikasi, yaitu pengujian kembali hipotesis untuk dijadikan sebuah rekomendasi, konsep, atau teori.”
Siswa dikatakan kreatif apabila mampu melakukan sesuatu yang menghasilkan sebuah kegiatan baru yang diperoleh dari hasil berfikir kreatif dengan mewujudkannya dalam bentuk sebuah hasil karya baru. Download PTK ekonomi sma word
“Gambaran tentang peran guru dan siswa dalam pembelajaran kreatif,
1. Guru kretif:
Membuat alat bantu belajar,
Memanfaatkan lingkungan,
Mengelola kelas dan sumber belajar, serta
Merencanakan proses dan hasil belajar.
2. Siswa kreatif:
a. Membuat atau merancang sesuatu, dan
b. Menulis atau mengarang.”

D. Pembelajaran Efektif
Pembelajaran dapat dikatakan efektif jika mampu memberikan pengalaman baru kepada siswa membentuk kompetensi siswa, serta mengantarkan mereka ke tujuan yang ingin dicapai dengan secara optimal. Download ptk ekonomi sma lengkap Hal ini dapat dicapai dengan melibatkan sserta mendidik mereka dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Seluruh siswa harus dilibatkan secara penuh agar bergairah dalam pembelajaran, sehingga suasana pembelajaran benar-benar kondusif dan terarah pada tujuan dan pembentukan kompetensi siswa.
“Menurut Kenneth D. More, ada tujuh langkah dalam mengimplementasikan pembelajaran efektif, yaitu: Download PTK ekonomi sma pdf
1. Perencanaan
2. Perumusan tujuan/kompetensi
3. Pemaparan perencanaan pembelajaran kepada siswa
4. Proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai strategi (multistrategi)
5. Evaluasi
6. Menutup proses pembelajaran
7. Tindak lanjut/follow up.
Pembelajaran efektif menuntut keterlibatan siswa secara aktif, karena mereka merupakan pusat kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi. Siswa harus didorong untuk menafsirkan informasi yang disajikan oleh guru sampai informasi tersebut dapat diterima oleh akal sehat. contoh ptk ekonomi sma kelas xi Dalam pelaksanaanya, hal ini memerlukan proses pertukaran pikiran, diskusi, dan perdebatan dalam rangka penyampaian pemahaman yang sama terhadap materi standar yang harus dikuasai siswa.
Proses pelaksanaan pembelajaran efektif dilakukan melalui prosedur sebagai berikut:
 1.   Melakukan appersepsi
2. Melakukan eksplorasi, yaitu memperkenalkan materi pokok dan kompetensi dasar yang akan dicapai, serta menggunakan variasi metode.
3. Melakukan konsolidasi pembelajaran, yaitu mengaktifkan siswa dalam membentuk kompetensi dan mengaitkannya dengan kehidupan siswa. contoh ptk ekonomi sma doc
4. Melakukan penilaian, yaitu mengumpulkan fakta-fakta dan data/dokumen belajar siswa yang valid untuk melakukan perbaikan program belajar.”
Pembelajaran efektif perlu didukung oleh suasana dan lingkungan belajar yang memadai/kondusif. Oleh karena itu, guru harus mampu mengelola siswa, mengelola kegiatan pembelajaran, mengelola isi/materi pembelajaran, dan mengelola sumber-sumber belajar. Menciptakan kelas yang efektif dengan peningkatan efektivitas proses pembelajaran tidak bisa dilakukan secara parsial, melainkan harus menyeluruh mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Download PTK ekonomi sma pdf
Untuk menciptakan pembelajaran efektif, guru harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
“1. Pengelolaan tempat belajar
2. Pengelolaan siswa
3. Pengelolaan kegiatan pembelajaran
4. Pengelolaan konten/materi pelajaran
5. Pengelolaan media dan sumber belajar.”
E. Pembelajaran Menyenangkan
“Pembelajaran menyenangkan merupakan suatu proses pembelajaran yang didalamnya terdapat suatu kohesi yang kuat antara guru dan siswa, tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan (not under pressure).” Dengan kata lain, pembelajaran menyenangkan adalah adanya pola hubungan yang baik antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. contoh ptk ekonomi sma kelas xi Guru memosisikan diri sebagai mitra belajar siswa, bahkan dalam hal tertentu tidak menutup kemungkinan guru belajar dari siswa. Dalam hal ini perlu diciptakan suasana yang demokratis dan tidak ada beban, baik guru maupun siswa dalam melalukan proses pembelajaran.
Untuk mewujudkan proses pembelajaran yang menyenangkan, guru harus mampu merancang pembelajaran dengan baik, memilih materi yang tepat, serta memilih dan mengembangkan strategi yang dapat melibatkan siswa secara optimal.
“Gambaran tentang peran guru dan siswa dalam pembelajaran kreatif,
1. Siswa senang karena:
a. Kegiatanya menarik, menantang, dan meningkatkan motivasi,
b. Mendapat pengalaman secara langsung,
c. Kemampuan berfikir kritis dan memecahkan masalah semakin meningkat, dan
d. Tidal membuat siswa takut. contoh ptk ekonomi sma doc
2. Guru senang karena mampu mengkondisikan anak agar mampu:
a. Berani mencoba/berbuat,
b. Berani bertanya,
c. Berani memberikan gagasan/pendapat, dan
d. Nerani mempertanyakan gagasan orang.”
F. Kriteria Penilaian yang Sesuai Dengan PAIKEM
1. Penilaian Otentik
Penilaian otentik yang merupakan proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pemcapaian pembelajaran peserta didik melalui beberapa teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai. Download ptk ekonomi sma lengkap
Tujuan dari penilaian otentik itu sendiri adalah untuk:
a. Menilai kemampuan individual melalui tugas tertentu,
b. Menentukan kebutuhan pembelajaran,
c. Membantu dan mendorong siswa,
d. Membantu dan mendorong guru untuk mengajar lebih baik,
e. Menentukan strategi pembelajaran,
f.   Akuntabilitas lembaga,
g.   Meningkatkan kualitas pendidikan.
2. Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secara lisan, tertulis, dan perbuatan. Download PTK ekonomi sma word Sementara itu, bentuk penilaian non-tes delakukan dengan menggunakan skala sikap, cek lis, kuesioner, studi kasus, dan portofolio.
3. Dalam pembelajaran, rangkaian penilaian ini seyogianya dilakukan ileh guru. Hal ini disebabkan setiap jenis atau bentuk penilaian memiliki beberapa kelemahan dan keunggulan.
Proses penilaian PAIKEM harus benar-benar objektif dan sesuai dengan realita yang ada. Jangan sampai ada yang ditutup-tutupi, karena hanya akan menghambat proses pengembangan selanjutnya. Download PTK ekonomi sma pdf Dengan objektifitas yang tinggi, evaluasi akan berjalan dengan baik dan efektif.

2.4. Hipotesis Tindakan
Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM membuat siswa di kelas XI IPS2 pada materi memahami APBN dan APBD dapat:
1. Meningkatkan toleransi, Download PTK ekonomi sma word
2. meningkatkan ketrampilan sosial,
3. meningkatkan motivasi,
4. meningkatkan hasil belajar siswa.
2.5. Kerangka Pikir
Kerangka dasar penelitian disusun berdasarkan permasalahan pada Bab I, penyusunannya dalah sebagai berikut :

CONTOH LENGKAP PTK IPS EKONOMI SMA TERBARU


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN



3.1. Metode Penelitian
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas/ Classroom Action Research ( CAR) yang terdiri dari tiga siklus. contoh ptk ekonomi sma kelas xi Peneliti menerapkan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun siklus tersebut dapat digambarkan seperti berikut ini:

Skema 3.1 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas
3.2. Tempat dan Waktu Penelitian
a. Tempat Penelitian
Penelitian dilaksanakan di MAN ...... yang beralamat di Jl. .........Kecamatan ...... Kabupaten ........ Kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial 2.
b. Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan mulai bulan Agustus sampai bulan Oktober 2015.
3.3. Subyek Yang Diteliti dan Kondisi Awal
Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 semester satu tahun pelajaran 2015/2016 MAN ...... Kelas XI IPS 2 berjumlah 23 siswa, terdiri dari 13 (tiga belas) siswa putri dan 10 (sepuluh) siswa putra. Download PTK ekonomi sma word
Observasi kondisi awal subyek dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kondisi awal siswa dalam proses pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru Ekonomi yang mengajar di kelas XI IPS 2 masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Metode pembelajaran seperti ini menjadikan komunikasi antara guru dengan siswa hanya berjalan satu arah, yaitu dari guru ke siswa, dan informasi yang dapat tersampaikan ke siswa menjadi tidak maksimal. Download PTK ekonomi sma pdf Selama proses pembelajaran berlangsung ada enam siswa yang bercanda dengan teman sebangku, empat siswa melamun, satu siswa mengaca sendiri. Dari observasi juga menunjukkan pada saat guru memberikan pertanyaan hanya ada tiga siswa yang mere spon pertanyaan dari guru. Dari daftar nilai juga terlihat ada beberapa siswa yang nilainya tidak mencapai KKM.

3.4. Prosedur Penelitian
Siklus 1
a. Perencanaan
Sebelum melaksanakan tindakan penelitian, peneliti melalukan beberapa tindalan perencanaan agar pelaksanaan penelitian kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Maka pada tahap ini dilakukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini di susun dan disesuaikan dengan medel pembelajaran PAIKEM. Download PTK ekonomi sma pdf Selain menyusun RPP, peneliti juga membuat format lembar observasi untuk guru dan siswa yang digunakan untuk mengamati jalannya proses pembelajaran.
b. Pelaksanaan Tindakan (Ackting)
Penelitian tindakan kelas pada siklus pertama ini terdiri dari tiga pertemuan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 September 2015, hari Rabu 14 September, hari Selasa tanggal 20 September 2015, dan Rabu 21 September 2015 dengan langkah sesuai dengan RPP yang telah di buat untuk siklus I: Download ptk ekonomi sma lengkap

A. Apersepsi
1. Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sumber APBN. contoh ptk ekonomi sma kelas xi
3. Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan sumber APBN.
4. Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang
sumber APBN untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
B. Kegiatan inti
1. Eksplorasi
a. Guru menyuruh siswa mengambil sumber belajar di perpustakaan.
b. Guru membagi siswa menjadi delapan kelompok kecil. Setiap kelompok terdiri dari empat sampai lima siswa.
c. Masing masing kelompok diminta menyampaikan pendapatnya tentang sember APBN. Download PTK ekonomi sma pdf
d. Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan tentang sumber APBN sebagai bentuk perwujudan kerjasama secara demokratis.
e. Masing-masing kelompok membuat rangkuman dalam bentuk softcopy tentang sumber APBN.
f. Masing-masing kelompok membuat laporan dalam bentuk majalah dinding.

2. Elaborasi
a. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya secara mandiri dan bertanggungjawab. contoh ptk ekonomi sma doc
b. Masing-masing kelompok lewat juru bicaranya menyampaikan hasil kerja kelompok secara kreatif
c. Siswa bekerja keras dalam menginterpretasi sumber APBN untuk menafsirkan sumber pendapatan negara.
d. Kelompok lain mengajukan pertanyaan dan tanggapan mengenai hasil kerja kelompok yang disampaikan secara bertanggungjawab.
3. Konfirmasi
a. Guru memberikan tanggapan dan simpulan berdasarkan hasil diskusi kerja kelompok secara komunikatif. Download PTK ekonomi sma pdf
b. Guru memberikan penguatan tentang sumber APBN
berdasarkan referensi yang dimiliki secara bertanggungjawab.
c. Guru secara kreatif memberikan catatan-catatan penting
mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa.
C. Penutup
1. Guru membimbing siswa secara mandiri untuk membuat rangkuman dari materi yang telah dibahas. Penelitian Tindak Kelas Ekonomi SMA
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan secara bertanggungjawab.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis.
4. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar membaca dengan menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. Download PTK ekonomi sma pdf
6. Guru memberikan pekerjan rumah secara individu.
c. Pengamatan (Observing)
Pengamatan dilakukan bersamaan dengan tindakan untuk mengamati proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM (majalah dinding secara kelompok). Download PTK ekonomi sma word Observasi dilakukan oleh peneliti dan kolabor. Aspek yang diobservasi adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan prestasi belajar siswa. Pengamatan proses pembelajaran menghasilkan skor aktivitas belajar siswa, pengamatan prestasi belajar diperoleh dari nilai ulangan harian siswa.

d. Refleksi (Reflecting)
Kegiatan pada tahap ini adalah menganalisis data dari pengamatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa berupa nilai ulangan harian yang merupakan bahan diskusi oleh peneliti. Download ptk ekonomi sma lengkap Berdasarkan hasil analisis ini, peneliti melakukan refleksi untuk menentukan kekurangan pada siklus I dan hasil dari refleksi dijadikan dasar perbaikan untuk rencana tindakan pada siklus II.
Siklus II
a. Perencanaan
Pada tahap ini dilakukan persiapan untuk memperbaiki refleksi siklus I. Guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran atas dasar refleksi pada siklus I dengan empat kali pertemuan.
b. Pelaksanaan Tindakan (Ackting)
Penelitian tindakan kelas pada siklus kedua ini terdiri dari empat kali pertemuan yang dilaksanakan pada hari rabu 21 September 2015, selasa 27 September 2015, rabu 28 September 2015, dan selasa 4 Oktober 2015. Guru melakukan kembali tindakan sesuai dengan siklus I. Download PTK ekonomi sma word
c. Pengamatan (Observing)
Tindakan yang dilakukan sama seperti siklus I, melakukan pengamatan proses pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM. Aspek yang diobservasi adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan prestasi belajar siswa. Pengamatan proses pembelajaran menghasilkan skor aktivitas belajar siswa, pengamatan prestasi belajar diperoleh dari nilai ulangan harian siswa.
d. Refleksi (Reflecting)
Pada tahap ini dilakukan kembali menganalisis data dari pengamatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa berupa nilai ulangan harian yang merupakan bahan diskusi oleh peneliti. contoh ptk ekonomi sma doc Berdasarkan hasil analisis ini, peneliti melakukan refleksi untuk menentukan kekurangan pada siklus II dan hasil dari refleksi dijadikan dasar perbaikan untuk rencana tindakan pada siklus III.
Siklus III
a. Perencanaan
Pada tahap ini dilakukan persiapan untuk memperbaiki refleksi siklus II. proposal ptk ekonomi sma lengkap Guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran atas dasar refleksi pada siklus II dengan tiga kali pertemuan.
b. Pelaksanaan Tindakan (Ackting)
Penelitian tindakan kelas pada siklus kedua ini terdiri dari tiga kali pertemuan yang dilaksanakan pada hari rabu 5 Oktober 2015, selasa 11 Oktober 2015, dan rabu 12 Oktober 2015. Guru melakukan kembali tindakan sesuai dengan siklus I dan siklus II.
c. Pengamatan (Observing)
Tindakan yang dilakukan sama seperti siklus I dan siklus II, melakukan pengamatan proses pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM. Aspek yang diobservasi adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan prestasi belajar siswa. ptk ekonomi sma pdf Pengamatan proses pembelajaran menghasilkan skor aktivitas belajar siswa, pengamatan prestasi belajar diperoleh dari nilai ulangan harian siswa.
d. Refleksi (Reflecting)
Pada tahap ini dilakukan kembali menganalisis data dari pengamatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa berupa nilai ulangan harian yang merupakan bahan diskusi oleh peneliti. Jika
pencapaian tujuan dalam pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan maka penelitian dianggap berhasil.

3.5. Tehnik Pengumpulan Data
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu observasi atau pengamatan, tes dan dokumentasi. Download PTK ekonomi sma word
1. Teknik observasi atau pengamatan
Teknik obsevasi atau pengamatan digunakan untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa dalam pelajaran Ekonomi pokok bahasan memahami APBN dan APBD pada siklus I, II, dan III. Lembar observasi terdiri dari dua bagian, yaitu:
a. Lembar observasi terhadap siswa dengan model PAIKEM (lampiran 3)
b. Lembar observasi terhadap guru dengan model PAIKEM (lampiran 4)
2. Teknik tes
Teknik tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa dalam pelajaran Ekonomi pokok bahasan memahami APBN dan APBD pada siklus I, II, dan III. (lampiran 1a, lampiran 14a, lampiran 21a) Download PTK ekonomi sma pdf
3. Angket
Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model PAIKEM dalam pembelajaran. Angket ini dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan tertulis kepada siswa untuk dijawabnya. (lampiran 6)
4. Teknik dokumentasi
Teknik ini digunakan untuk mencari data kondisi awal aktivitas belajar siswa dan kondisi selama proses belajar Ekonomi. (lampiran 29) contoh ptk ekonomi sma doc
5. Catatan Lapangan
Catatan lapangan digunakan untuk mencatat data yang tidak bisa masuk ke dalam lembar observasi. (lampiran 7)
6. Wawancara Tidak Terstruktur
Wawancara dalam penelitian ini digunakan untuk mencari tahu kesan siswa dan guru tentang metode pembelajaran yang digunakan. (lampiran 5)

3.6. Teknik Analisis Data
Penelitian tindakan kelas, ada dua jenis data yang dapat dikumpulkan oleh peneliti, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. contoh ptk ekonomi sma kelas xi
a. Data kuantitatif
Dalam pengumpulan data kuantitatif peneliti menggunakan analisis statistik diskriptif dengan mencari presentase keberhasilan belajar siswa.
1. Data hasil pengamatan atau observasi dapat dihitung dengan
menggunakan rumus sebagai berikut:
% Pencapaian = Σ Skor yang diperoleh X100%
3. Nilai yang diperoleh siswa dari pengamatan atau observasi merupakan hasil belajar psikomotorik dan afektif.
4. Hasil observasi dapat dihitung sebagai berikut:
Menghitung keberhasilan kelas yaitu persentase siswa yang tuntas sesuai dengan indikator keberhasilan dihitung dengan rumus: 
% ketuntasan belajar siswa = ∑ siswa yang tuntas belajar X 100 %
                       Banyaknya siswa dalam satu kelas
b. Data Kualitatif
Data kualitatif digunakan untuk menganalisis data-data non tes, yaitu data observasi, data angket dan data wawancara. Download PTK ekonomi sma word Data observasi dan angket digunakan untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam wawancara. Sedangkan data wawancara pada penelitian ini bertujuan untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar.
Data kualitatif dapat dianalisis dengan reduksi data, penyajian teks dan penarikan kesimpulan:
a. Data Reduction (Reduksi Data) Download PTK ekonomi sma pdf
Reduksi data merupakan penyederhanaan data yang telah diperoleh dari observasi, angket dan wawancara. Data yang didapat dirangkum dan dipilih sesuai dengan tema yang ada. Data reduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan mempermudah dalam pengumpulan data.
b. Data Display (Penyajian Data)
Setelah dilakukan penyederhanaan (direduksi) maka langkah selanjutnya yaitu mendisplay data. Data display dilakukan dengan cara menyajikan hasil data dalam bentuk kalimat dan tabel.
c. Conclusion drawing (Penarikan Kesimpulan)
Tahap terakhir yaitu penarikan kesimpulan dari data yang telah disederhanakan dan disajikan.


3.7. Indikator Keberhasilan
1. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM dikatakan sukses apabila rata-rata aktivitas belajar siswa dan guru sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80%. Penelitian Tindak Kelas Ekonomi SMA
2. Nilai pada toleransi, keterampilan sosial dan motivasi siswa sudah
mencapai skor lebih dari atau sama dengan empat atau kategori baik.
a. Toleransi ditandai dengan siswa menerima siswa lain sebagai rekan
dalam bekerja dan menghargai pendapat siswa lain.
b. Keterampilan sosial ditandai dengan siswa berdikusi dan bekerja sama dalam pembelajaran, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan berkomunikasi dengan siswa lain. Download PTK ekonomi sma pdf
c. Motivasi ditandai dengan siswa memberikan dukungan kepada siswa lain dalam pembelajaran dan membangun kerjasama dalam tim.
Indikator keberhasilan belajar dalam penelitian ini adalah apabila siswa yang tuntas belajar sudah lebih dari atau sama dengan 75%. Batas tuntas belajar 75% mengacu pada ketetapan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, bahwa kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator adalah 75 %. Penelitian Tindak Kelas Ekonomi SMASiswa dikatakan mencapai tuntas belajar kognitif apabila siswa mampu menguasai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang mengacu pada KKM yang telah ditetapkan kurikulum sekolah, Download PTK ekonomi sma word yaitu untuk ketuntasan individu 71, sedangkan ketuntasan klasikal adalah 75% dari jumlah siswa yang mengikuti tes.


DOWNLOAD PENELITIAN TINDAK KELAS IPS SMA KELAS XI


DAFTAR PUSTAKA


Amri, Sofan S,Pd, dan IifKhoiru Ahmadi, S. Pd., M. Pd., Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010)
Arikunto, Suharsimi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Asmani, Jamal ma’mur, 7 Tips Aplikasi PAKEM, (Jogj akarta: D IV A pers, 2010)
Hamalik, Oemar, 2004, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa, Kurikulum yang Disempurnakan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2006)
Munthe, Bermawi, M .A., Desain Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2009)
Rusman, M .Pd., Model-Model Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)
Sugiyono, 2006, Metodologi Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.
Syah ,M uhibbin dan Kariadinata, Rahayu. 2009 Pembelajaran Aktif, Inovatif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Uno, Hamzah B, Perencanaan Pembelajaran, (Bumi Aksara:Jakarta,2006)


Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya DOWNLOAD LENGKAP PTK IPS EKONOMI SMA KELAS XI

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "DOWNLOAD LENGKAP PTK IPS EKONOMI SMA KELAS XI"