CONTOH PTK PENJAS SD KELAS IV BOLA VOLI

CONTOH PTK PENJAS SD KELAS IV BOLA VOLI-Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang tepat serta sarana yang kurang memadai dalam proses pembelajaran bola voli sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Rumusan masalah tersebut bagaimana peningkatan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermian beregu pada siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................ tahun pelajaran 2015/2016. Contoh ptk penjas sd word Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermain beregu untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes unjuk kerja , sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui pendekatan bermain beregu sedangkan subjeknya adalah siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  Pengambilan data dalam penelitian ini dirancang dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus 2, baik dari peningkatan nilai rata-rata pembelajaran passing bola voli maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Contoh ptk penjas kelas 4 sd Nilai rata-rata siklus 1 (75,33%) dan rata-rata siklus 2 (81,19%), sehingga peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5,86%. Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran bola voli passing bola voli dapat dilihat dari nilai KKM (75,00) atau tuntas sebesar 83,33% setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 21 dari 34 siswa (62,50%) dan pada siklus 2 yang tuntas sebanyak 28 dari 34 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 83,33%.
Kesimpulan peneliti ini adalah menunjukkan bahwa meningkatakan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermain beregu pada siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  tahun Pelajaran 2015/2016 termasuk kategori baik. Saran penelitian ini untuk guru-guru penjas di kecamatan ,,,,,,,,, memenuhi permasalahan yang sama bisa menggunakan metode ini sebagai alternatif buat pembelajaran bola voli.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas PENJASKES SD yang diberi judul MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BEREGU PADA  SISWA KELAS IV SDI .......... III  KECAMATAN ........ KABUPATEN ........ TAHUN PELAJARAN 2015/2016". Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PENJASKES SD KELAS IV lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK 008 SD).


DOWNLOAD PTK PENJAS KELAS 4 SD


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia, hasil yang diharapkan itu akan dapat di capai dalam waktu cukup lama. Download ptk penjaskes sd doc Oleh karena itu, pendidikan jasmani dan olahraga terus ditingkatkan dan dilakukan dengan kesabaran dan keikhlasan. Pendidikan jasmani dan olahraga merupakan salah satu jenis mata pelajaran yang diberikan pada siswa dasar. Tujuan pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah sebagai berikut.
Membantu siswa untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kesehatannya melalui pengenalan dan penanaman sikap positip, serta kemampuan gerak siswa dan berbagai aktivitas jasmani agar dapat :
1. Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan jasmani khususnya tinggi dan berat badan secara harmonis.
2. Terbentuknya sikap dan perilaku seperti; displin, kejujuran, kerjasama serta mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku. Contoh Proposal penjaskes pdf
3. Menyenangi aktivitas jasmani yang dapat di pakai untuk mengisi waktu luang serta kebiasaan hidup sehat.
4. Tersalurnya hasrat untuk bergerak dan tercapainya gerakan yang benar.
5. Meningkatkan kesehatan, kesegaran jasmani, dan ketrampilan gerak dasar.
Berdasarkan tujuan pendidikan tersebut, terlihat bahwa bagi peserta didik untuk tingkat sekolah dasar, penekannya adalah penguasaan gerak-gerak dasar yang dimiliki oleh manusia, seperti penguasaan tubuh, koordinansi dan lain sebagainya. Hal ini tentu diperlukan suatu tindakan yang mendukung terciptanya pembelajaran yang kondusif.
Permainan menjadi ciri khas dan bagian integral dari kebutuhan hidup manusia, sebab dalam permainan terkandung unsur-unsur gerak yang sangat berperan dalam meningkatkan ketrampilan dasar siswa, sehingga apabila permainan yang dilakukan oleh siswa itu terarah dan dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip latihan maka diperkirakan akan member perubahan yang positif terhadap perkembangan kemampuan gerak dasar siswa. Salah satu ciri permainan yang disenangi oleh peserta didik pada usia sekolah dasar adalah permainan yang beregu yang beraneka ragam. Download Proposal penjaskes bola voli sd Dari jumlah jenis permainan beregu salah satu yang sangat digemari peserta didik usia sekolah dasar adalah permainan bola besar yaitu permainan bola voli, permainan sepakbola, permainan bola basket.
Bedasarkan pengamatan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran permainan Bola Voli di sekolah penulis, untuk dapat mengetahui kekurangan proses pembelajaran secara rinci, penulis menginstropeksi terhadap pembelajaran dengan merefleksi diri, dan terdapat beberapa alasan dan kendala yang terjadi di dalam proses pembelajaran bola besar pada permainan bola voli bagi siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  diantaranya:
1. Penerapan metode yang belum tepat.
2. Belum tercapainya KKM.
3. Alat yang digunakan kurang memadai .
4. Siswa takut dengan permainan bola besar khususnya siswa putri. Contoh ptk penjas sd word
5. Adanya data yang diperoleh dari siswa berjumlah 34 siswa belum mencapai KKM 75 sebanyak 23 siswa sama dengan 66,67 %.
6. Lapangan yang tersedia di SDI ....... III menggunakan lapangan cor yang sudah mulai rusak sehingga anak-anak takut apabila jatuh.
7. Kondisi fisik pada siswa kelas IV khususnya siswa putri yang memiliki fisik yang kecil mengurangi minat untuk melakukan aktifitas permainan bola besar menjadi menurun.
Tujuan-tujuan pendidikan tersebut adalah pengembangan seluruh potensi yang dimiliki siswa baik yang melibatkan aspek-aspek kognitif, afektif, psikomotor, maupun sosial dan KKM bisa tercapai. Contoh ptk penjas kelas 4 sd Permainan bola voli merupakan salah satu aktivitas fisik yang berada dalam kelompok aktivitas permainan dan olahraga. Kompetensi yang diharapkan tercapai oleh pembelajaran permainan bola voli di sekolah dasar, secara spesifik diwujudkan dalam bentuk indikator keberhasilan belajar sebagai berikut:
1. Melambungkan dan menangkap bola sambil bergerak.
2. Melempar dan menangkap bola sambil bergerak.
3. Memantul-mantulkan bola sambil bergerak.
4. Memvoli bola dengan satu dan dua tangan.
5. Melambungkan/memvoli bola dengan kontrol yang baik.
6. Melakukan passing (atas,bawah) dengan kontrol yang baik.
7. Melakukan servis bawah dengan kontrol yang baik.
8. Mengembangkan kerjasama tim dalam permainan. Download ptk penjaskes sd doc
9. Melakukan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi.
Sehubungan dengan masalah itu terutama Passing, anak peserta didik perlu diajarkan macam-macam passing dan alasan dalam latar belakang masalah ini maka judul penelitian yang akan penulis ambil dengan judul sebagai berikut: Meningkatkan Hasil Belajar Pasing Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain Beregu Pada Siswa Kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................ 
Dengan dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan pembelajaran Bola Voli melalui pendekatan bermain beregu yang lebih efektif, maka pembelajaran akan lebih menyenangkan, menarik, lebih rileks dan bisa menciptakan suasana kondusif tanpa menghilangkan inti dari pembelajaran bola voli yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di kurikulum. Contoh ptk penjas kelas 4 sd
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan bermain secara beregu dalam permainan bola voli dapat meningkatkan passing pada siswa IV SDI ............ III ?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar pasing bola voli melalui pendekatan bermain beregu pada siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  tahun pelajaran 2015/2016.
1.4 Manfaat Penelitian
Penelitihan ini sebagai informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam usaha untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar pasing bola voli melalui pendekatan bermain beregu pada siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  tahun pelajaran 2015/2016. Download ptk penjaskes sd doc

1.5 Sumber Pemecahan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis mencoba mencari sumber pemecahan masalah dalam penelitian ini, dengan metode pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa, yaitu meningkatkan hasil belajar pasing bola voli melalui pendekatan bermain beregu pada siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  tahun pelajaran 2015/2016. Download Proposal penjaskes bola voli sd


CONTOH PTK PENJASKES SD KELAS 4 TERBARU


BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1 Pendidikan Jasmani
2.1.1 Pengertian Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas fisik sebagai media utama untuk mencapai tujuan. Pendidikan jasmani merupakan bagian yang integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, pendidikan jasmani merupakan upaya agar dapat mengaktualisasikan seluruh potensi manusia dalam aktivitasnya berupa sikap, tindakan dan karya yang di beri berbentuk isi, dan arah menuju kebulatan pribadi sesuai dengan cita-cita kemanusiaan. Download ptk penjaskes sd doc
Selain itu pendidikan jasmani dapat juga diartikan pendidikan melalui aktivitas jasmani, permainan atau olahraga yang terpilih untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh.
Menurut Toto Subroto (2007:1.15) bahwa “Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan melaui aktivitas jasmani, permainan dan atau cabang olahraga yang terpilih dengan maksud untuk mencapai tujuan pendidikan.” Tujuan yang ingin dicapai bersifat menyeluruh, mencangkup aspek fisikal, tujuan utama pendidikan jasmani adalah untuk memperkaya perbendaharaan gerak dasar anak, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Contoh ptk penjas kelas 4 sd
2.1.2 Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Peran Pendidikan Jasmani adalah sangat penting, yakni memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain, dan aktivitas olahraga yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina, sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat. Pendidikan Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan ketrampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap – mental – emosional – spiritual – dan sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan individu yang seimbang.
Dengan Pendidikan Jasmani siswa akan memperoleh berbagai ungkapan yang erat kaitannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan serta berbagai ungkapan yang kreatif, inovatif, terampil dan memiliki kebugaran jasmani dan kebiasaan hidup sehat serta memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap gerak manusia. Contoh Proposal penjaskes pdf
Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, guru diharapkan mengajarkan berbagai ketrampilan gerak dasar, tehnik dan strategi permainan / olahraga, internalisasi nilai-nilai (sportifitas, jujur, kerja sama, dan lain-lain) dan pembiasaan pola hidup sehat, yang dalam pelaksanaannya bukan melalui pengajaran yang konvensional di dalam kelas yang bersifat kajian teoritis, namun melibatkan unsure fisik, mental intelektual, emosi dan sosial yang bersifat praktek. Aktivitas belajar yang diberikan dalam pembelajaran harus mendapatkan sentuhan-sentuhan didaktik-metodik, sehingga aktivitas yang dilakukan dapat mencapai tujuan pengajaran.
Tidak ada pendidikan yang tidak mempunyai sasaran pedagogis, dan tidak ada pendidikan yang lengkap tanpa adanya Pendidikan Jasmani, karena inti pembelajaran pendidikan jasmani adalah gerak insan dalam rangka pembentukan dan pengembangan. Gerak sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alamiah berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Berdasarkan uraian tersebut dapat digambarkan bahwa pendidikan jasmani adalah proses pendidikan dengan menggunakan gerak jasmani yang dilakukan secara sistematis dalam rangka meningkatkan ketrampilan motorik dan mengembangkan sikap, nilai-nilai sosial, emosional dan intelektual peserta didik. Download Proposal penjaskes bola voli sd Pendidikan Jasmani banyak memberikan arti positif bagi perkembangan kemampuan anak, khususnya dalam meningkatkan kebugaran jasmaninya. Pendidikan Jasmani juga dapat dikatakan sebagai proses belajar gerak dan belajar melalui aktivitas gerak.
Artinya bahwa Pendidikan Jasmani dituangkan dalam bentuk aktivitas gerak berupa permainan maupun olahraga. Kegiatan pendidikan jasmani dapat dilakukan pada jam pelajaran sekolah (intrakurikuler). Pendidikan Jasmani penting dilakukan karena di antaranya dapat memenuhi kebutuhan anak akan gerak, mengenalkan anak pada lingkungan dan potensi dirinya, menanamkan dasar ketrampilan dan merupakan proses pendidikan secara serempak baik fisik, mental, maupun emosional. Download ptk penjaskes sd doc
2.1.3 Tujuan Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani adalah pergaulan dunia gerak dan penghayatan jasmani. Juga dikatakan bahwa guru pendidikan jasmani mencoba mencapai tujuannya dengan mengajarkan dan memajukan aktivitas-aktivitas jasmani. Tujuan pendidikan jasmani yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari berbagai kegiatan yang membina sekaligus mengembangkan potensi anak, baik dalam aspek fisik, mental, sosial, emosional. Dalam bentuk bagan dapat digambarkan sebagai berikut:
Pendidikan jasmani memiliki peran penting dalam mengembangkan sumber daya manusia. Pada tataran individu, pendidikan jasmani dapat mengembangkan pola hidup sehat, mengurangi tekanan atau stress, meningkatkan kinerja, meningkatkan daya saing, dan membentuk sikap dan perilaku yang prososial. Download PTK olah raga bola voli sd
Tujuan pendidikan jasmani yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk memepelajari berbagai kegiatan yang membina sekaligus mengembangkan potensi anak, baik aspek fisik, mental, sosial dan emosional.
Selain itu tujuan pendidikan jasmani adalah sebagai berikut :
1. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai dalam Pendidikan Jasmani.
2. Membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap cinta damai, sikap sosial
dan toleransi dalam konteks kemajemukan budaya, etnis, dan agama.
3. Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui pelaksanaan tugas-tugas
ajar Pendidikan Jasmani. Contoh ptk penjas sd word
4. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerja sama, percaya diri, dan demokratis melalui aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga.
5. Mengembangkan ketrampilan gerak dan ketrampilan berbagai macam permainan dan olahraga seperti : permainan dan olahraga, aktivitas pengembangan, uji diri/senam, aktivitas ritmik, akuatik (aktivitas air), dan pendidikan luar kelas (outdoor education).
6. Mengembangkan ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga.
7. Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.
8. Mengetahui dan memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga sebagai informasi untuk mencapai kesehatan, kebugaran, dan pola hidup sehat. Download ptk penjaskes sd doc
9. Mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang bersifat rekreatif.
2.2 Belajar
Dalam kehidupan sehari-hari, kata “belajar” sering kita dengar bahkan sering kita ucapkan. Akan tetapi masih banyak orang yang belum memahami apa yang di maksud dengan belajar atau bagaimana proses belajar terjadi.
Secara tradisional, belajar itu adalah usaha untuk menambah atau mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Sedangkan menurut pendapat yang lebih modern, menganggap belajar sebagai “ a change in behavior” atau perubahan perilaku yang baru sehingga dengan perilaku tersebut dapat mengadakan penyesuaian dan pertimbangan dengan tuntutan-tuntutan hidupnya. Secara fisiologi proses belajar seseorang tergantung pada kesempurnaan panca indra yang dimilikinya. Download PTK olah raga bola voli sd
Melalui panca indera yang dimilikinya akan menghubungkan orang tersebut dengan dunia luar melalui susunan urat syaraf yang sangat komplek dan berfungsi dengan kecermatan yang sangat menakjubkan. Tugas utama peserta didik di sekolah adalah belajar, untuk terjadinya proses belajar mereka harus di bantu dalam rangka mengembangkan potensi yang dimilikinya.
2.3 Strategi Belajar Mengajar
Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi biasa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Ada empat strategi dasar dalam belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut :
a) Mengidentifikasikan serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan. Download ptk penjaskes sd doc
b) Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.
c) Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan tehnik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
d) Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keselururhan.
Strategi belajar mengajar merupakan suatu prosedur memilih, menetapkan, dan memadukan kegiatan-kegiatan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Download Proposal penjaskes bola voli sd Penyusunan suatu strategi merupakan kegiatan awal dari seluruh proses belajar mengajar. Strategi mempunyai pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa yang bersangkutan, bahkan sangat menentukan. Oleh sebab itu seorang guru jika ingin tercapai tujuan pembelajarannya, maka di tuntut untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun strategi belajar mengajar.
Mengajarkan sejumlah kegiatan belajar merupakan upaya pokok dalam mewujudkan pendidikan jasmani untuk mencapai tujuannya. Bagaimana memilih dan menetapkan berbagai kegiatan mengajar sedangkan kegiatan belajar merupakan bidang garapan dari strategi belajar mengajar. Strategi belajar mengajar akan menghasilkan proses belajar mengajar yang lebih menekankan pada perubahan-perubahan. Pada dasarnya, perubahn-perubahan tersebut menuju kepada peningkatan kemampuan dan kondisi fisik, perkembangan mental dan sosial anak didik melalui kegiatan anak seutuhnya. Download ptk penjaskes sd doc
Dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani, yang penting adalah memaksimalkan partisipasi dari semua siswa. Partisipasi siswa dapat terjadi bila atmosfer belajar menggairahkan dan keadaan lingkungan belajar mendukung, maksudnya siswa merasa aman, merasa diakui dan berharga di kelasnya. Semua kemampuan siswa diakui oleh gurunya, penampilan guru sangat hangat dan bersahabat, tidak menimbulkan rasa takut, tegang, atau resah. Untuk mencapai suasana tersebut, guru pendidikan jasmani harus memahami tugasnya dan menguasai ketrampilan dalam menerapkan strategi belajar mengajar yang tepat.
2.4 Bermain
Permainan merupakan cabang olahraga yang kita gunakan sebagai alat dalam usaha pendidikan. Tiap kali kita menggunakan suatu alat pasti kita mengharapkan kegunaan alat itu dalam usaha kita untuk mencapai tujuan. Contoh ptk penjas sd word Orang biasanya mengalahkan bermain adalah bergerak sambil bersenang-senang. Dalam pengertian permainan termasuk bergerak.
Jadi permainan selalu diiringi oleh gerakan. Bukan hanya gerakan jasmani saja, tetapi gerakan (getaran) jiwa juga. Para tokoh tidak puas dengan pengertian permainan seperti dikatakan di atas. Banyak konsep tentang permainan dikemukakan oleh beberapa tokoh, diantaranya:
a. John Dewey, seorang tokoh filsofof pendidikan, mengakui pentingnya bermain dalam kehidupan ini, ia berpendapat bahwa bermain adalah suatu pandangan atau suatu sikap hidup yang dapat dilakukan dalam segala situasi
b. Josph Lee, sebagai Father of Playgrounds melihat bermain merupakan suatu factor yang mempengaruhi perkembangan tiap individu Contoh ptk penjas kelas 4 sd
c. Lawrence Jacks, seorang pendidik dan pengarang dari Inggris mengutarakan, bahwa kepentingan bermain juga terletak pada sifat atau unsure perangsang terhadap keinginan belajar atau pendidikan
Bermain adalah belajar menyesuaikan diri dengan keadaan anak-anak bermain di daerah sekelilingnya dan dengan barang dalam daerah itu. Dengan jalan demikian anak-anak mengenal akan tabiat dan sifat-sifat lain daerah dan barang-barang itu. Mula-mula bayi bermain dengan bagian badan sendiri, kemudian dengan barang-barang yang dijumpainya dan diberikan kepadanya.
Anak-anak menjadi tahu dan biasa dengan bentuk, berat, dan rasa barang¬barang itu. Anak-anak yang sedang bermain boleh dikatakan keluar dari dunia lingkungan hidup sekelilingnya, mereka hidup dalam alam fantasi. Ia lupa bahwa diselilingnya ada dunia (dunia yang sungguh-sungguh) lain dari dunia yang dialaminya (dunia fantasi). Makin tua si pemain, makin ada kesadaran akan adanya dua macam dunia (permainan dan yang biasa). Contoh Proposal penjaskes pdf
Waktu kita (dewasa) bermain sandiwara umpanya kita insaf akan kenyataan bahwa sesuatu yang kita perbuat itu adalah fantasi belaka. Bahkan mungkin sekali kita lebih insaf akan hal itu dan pada para penonton. Sehingga pada umumnya guru yang memberikan pelajaran bermain sandiwara itu mudah untuk menyesuaikan itu mudah untuk menyesuaikan diri dengan jiwa anak-anak yang diajar.
Teori Permainan
a. Teori kelebihan tenaga dari Herbert Spencer, isinya mengatakan bahwa tenaga yang berlebihan yang ada pada anak itu menurut jalan keluar dan dapat disalurkan dalam permainan. Lebih-lebih bagi pemuda-pemuda yang kurang mendapat kesempatan untuk mengeluarkan atau melayani hasrat bergeraknya Contoh ptk penjas kelas 4 sd
b. Teori rekreasi dari Schaller dan Lazarus. Teori ini mengemukakan bahwa permainan itu adalah keasyikkan yang bukan dalam bentuk bekerja dan bermaksud untuk bersenang-senang serta istirahat. Permainan dilakukan orang setelah lelah bekerja dan bermaksud menyegarkan kembali jiwa dan raganya
c. Teori Atavisme dari Stanley Hall, menerangakan bahwa permainan anak itu adalah ulangan daripada kehidupan nenek moyangnya. Teori ini boleh dikatakan sesuai dengan pendapat Haeckel, yang mengatakan bahwa menurut hukum dasar biogenese tiap-tiap anak itu mengulangi perbuatan-perbuatan nenek moyangnya. Memang dalam perkembangan permainan anak itu Nampak ada permainan sebagai pemburu sebagai petani, sebagai pedagang, permainan membuat rumah, jalan-jalan dan sebagainya. Contoh ptk penjas sd word Tetapi hal ini disebabkan oleh jiwa anak itu, yang mewarisi dari jiwa nenek moyangnya atau karena jalan pikiran anak itu sejalan dengan manusia sederhana (primitive), hal itu sukar dikatakan dengan pasti
d. Teori persiapan atau latihan dari Groos, yang pokok isinya memandang bermain itu sebagai latihan manusia belum dewasa untuk menyiapkan beberapa fungsi-fungsi bagi keperluan hidup.
e. Teori Katarsis dari Aristoteles memandang permainan itu sebagai saluran untuk menyalurkan segala emosi yang tertahan dan menyalurkan perasaan yang tidak dapat dinyatakan kearah yang baik
f. Teori Fantasi (Fiksi) dari Claparede, berpendapat bahwa anak itu bermain Karena dalam hidupnya sehari-hari ia tidak mendapat kepuasan, sehingga ia melarikan diri ke alam fantasi di dalam permainannya, tempat ia dapat melepaskan segala kehendak dan kemauannya, dapat menjadi raja yang berkuasa dan sebagainya Download PTK olah raga bola voli sd
g. Teori relaksasi dari Patrick, bahwa bermain adalah menyenangkan dan dilakukan karena ingin bermain. Bermain adalah cara untuk melepaskan diri
dari segala beban kehidupan dan segala macam paksaan. Bermain menimbulkan kepuasan, menghilangkan ketegangan dan tekanan yang ada pada diri pribadi
2.4.1 Manfaat Permainan
a. Dipandang dari sudut kesehatan
Tiap-tiap manusia mempunyai naluri untuk bergerak. Lebih-lebih pada anak-anak naluri untuk bergerak itu besar sekali. Gerakan itu sangat berguna untuk fungsi-fungsi rohani dan jasmani.
Bergerak adalah sama pentingnya dengan makan, minum dan tidur. Melarang anak bergerak berarti menahan, merintangi pertumbuhan rohani dan jasmaninya. Bergerak dalam permainan yang dijalankan dalam suasana gembira mempunyai pengaruh baik sekali bagi organ-organ dalam yang mendorong pertumbuhan. Contoh Proposal penjaskes pdf Oleh karena itu, maka suasana gembira dalam latihan-latihan dan permainan-permainan harus selalu diusahakan oleh guru.
Dalam permainan, anak banyak sekali bergerak, suatu hal yang mempunyai pengaruh baik terhadap peredaran darah dan pernafasan. Luas pernafasan diperbesar, ruang dada diperbesar ke seluruh jurusan, dan paru-paru berfungsi lebih baik. Semua alat-alat pernafasan menjadi terlatih. Jantung pun menjadi lebih kuat memompa darah yang diperlukan di seluruh tubuh. Karena latihan-latihan tersebut, maka organ-organ tubuh kita berfungsi lebih baik dan pada gilirannya akan meningkatkan kesegaran jasmani dan kesehatan
b. Dipandang dari sudut Pendidikan
Ahli-ahli pendidikan seperti Gutsmuths, Montessori dan Frobel menganjurkan, supaya permainan itu menjadi alat pendidikan yang utama, untuk menuntun pertumbuhan jasmani dan rohani. Umumnya anak-anak bermain dalam suasana jiwa bebas, lepas dari segala rintangan dan tekanan. Mereka seakan-akan mencerminkan jiwa mereka kepada kita, sehingga mudah bagi kita untuk mengetahui tabiat tiap anak. Contoh ptk penjas sd word Maka para ahli pendidikan mengatakan bahwa anak yang sedang bermain adalah sebagai buku terbuka, yang mudah terbaca
Dalam permainan anak-anak itu seorang berhadapan dengan seorang atau seorang berhadapan dengan kelompok. Dalam permainan seorang lawan seorang anak itu belajar memberi dan menerima. Belajar mengukur kekuatan atau kecakapan sendiri dengan kekuatan/kecakapan orang lain, belajar bergaul dengan orang lain. Dalam permainan kelompok lawan kelompok akan timbul rasa persatuan, kerja sama karena serasa senasib sepenanggungan antara sesama kelompok, rasa tanggung jawab terhadap orang lain, menjunjung tinggi hak-hak orang lain, kerja sama untuk tujuan bersama, menyampaikan kepentingan pribadi untuk kepentingan orang banyak. Download PTK olah raga bola voli sd
c. Dipandang dari sudut perkembangan pribadi
Bermain merupakan peristiwa hidup sangat digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Melalui bermacam-macam kegiatan yang ada dalam olahraga permainan di sekolah, banyak fungsi-fungsi kejiwaan dan kepribadian yang dapat dikembangkan, misalnya: keseimbangan, kecepatan proses berpikir, daya konsentrasi keakraban bergaul, kepemimpinan dan masih banyak lagi.
Fungsi-fungsi kejiwaan dan kepribadian sangat mungkin dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan bermain. Hal ini disebabkan oleh karena didalam bermain banyak kejadian-kejadian yang melibatkan keaktifkan kejiwaan dan kepribadian masing-masing peserta. Download ptk penjaskes sd doc
Setiap peserta dalam suatu kegiatan bermain selalu dituntut untuk bertingkah laku seperti apa yang dikehendaki oleh kehidupan di masyarakat sosialnya misalnya: kalau dalam kehidupan bermasyarakat dituntut adanya kejujuran, kerjasama, patuh pada makna atau ketentuan-ketentuan lain yang telah disepakati bersama maka dalam kegiatan-kegiatan bermain pada setiap pelakunya juga dituntut untuk memiliki kejujuran dapat kerjasama yang baik, sportif, tunduk pada peraturan-peraturan permainan yang telah digariskan.
Begitu pula kalau dalam kehidupan sehari-hari kita dituntut untuk selalu mematuhi etika hidup bersama, maka dalam bermain ada tuntutan yang serupa dengan masalah etika tadi, yaitu pada setiap peserta dalam suatu permainan juga ada keharusan untuk mematuhi etika-etika yang ada dalam masing-masing permainan yang dilakukan tadi. Berdasarkan pada kenyataan-kenyataan seperti di atas tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa melalui kegiatan-kegiatan yang ada dalam permainan di sekolah banyak fungsi-fungsi kejiwaan dan sifat-sifat kepribadian yang dapat ditanamkan dan dikembangkan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh kehidupan bersama dalam masyarakat. Download Proposal penjaskes bola voli sd
2.5 Permainan Bola Voli
2.5.1 Pengertian Permainan Bola Voli
Permainan bola voli adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim berjumlah 6 orang pemain. Setiap pemain memiliki keterampilan khusus yakni sebagai pemukul, pengumpan, dan libero. Permainan bola voli dimainkan menggunakan satu bola yang dipantulkan dari satu pemain ke pemain lain dengan cara passing yang diakhiri dengan smash pada tim lawan, dan untuk kedua tim dipisahkan oleh net dengan ketinggian tertentu (Muhyi, 2016).
Kemenangan dalam permainan bola voli ditentukan berdasarkan hasil perhitungan 0-2 5, tim yang mencapai skor 25 terlebih dahulu maka tim tersebut yang menjadi pemenang untuk satu kali permainan, biasanya ditentukan tidak hanya sekali permainan namun untuk meraih kemenangan secara keseluruhan adalah tiga kali kemenangan secara berturut-turut. Download ptk penjaskes sd doc Untuk formasi pemain di lapangan adalah 3 orang pemain ada di wilayah serang yakni berdekatan dengan net dan 3 orang pemain berada di kotak bertahan di belakang garis serang.
2.5.2 Karakteristik Permainan Bola Voli
Karakteristik permainan bola voli sangat membutuhkan komponen biomotorik seperti kekuatan (power), kecepatan (speed), kelincahan (agility), dan daya tahan (endurance). Beberapa komponen tersebut harus di milki oleh para permainan karena dalam permainan bola voli lebih cenderung berlangsung dalam tempo yang cepat.
Dalam permainan bola voli, fisik yang kuat tidak terlepas dari peran komponen biomotorik yakni unsure kecepatan, kekuatan, kelincahan, waktu   reaksi, dan keseimbangan. Namun pemain bola voli mempunyai fisik kuat saja tidak cukup, harus di dukung dengan teknik memukul bola (hit the ball), teknik menghadang pukulan dan teknik passing serta teknik melakukan servis. Contoh ptk penjas sd word
Pada permainan bola saat ini dukungan mental yang kuat memiliki peran strategis, karena tantangan masing-masing pemain tidak hanya pada fisik saja namun psikologis atau mental, artinya tidak mudah putus asa, penuh semangat dan kompak, kepribadian pemain sangat menentukan untuk meraih prestasi, sesuai dengan pendapat yang disampaikan oleh Maksum dalam buku permainan bola voli (Surabaya: Graha Pustaka Media Utama, 2016), p. 4). Fisik, mental, dan teknik yang kuat masih belum maksimal tanpa di dukung oleh strategi perorangan dan strategi tim yang bagus dari pihak pelatih. Untuk menjadi pemain yang berkualitas tinggi dalam permainan bola voli diperlukan penguasaan teknik ketrampilan bagus, dan di dukung dengan program latihan yang berkelanjutan dan menyeluruh.
2.5.3 Peraturan Bola Voli
Dalam permainan bola voli terdapat peraturan permainan diantaranya:
1. Setiap memenangkan suatu reli memperoleh 1 (satu) angka (point), apabila regu penerima memenangkan reli akan memperoleh 1 (satu) angka dan mendapat giliran servis, akan melakukan pergeseran (rotasi) satu posisi searah jarum jam Download Proposal penjaskes bola voli sd
2. Pelatih boleh memberikan instruksi kepada pemain didalam lapangan (walaupun bola dalam permainan) sambil berdiri ataupun berjalan di daerah bebas, di depan bangku cadangan sampai daerah pemanasan dengan tidak menggangu jalannya pertandingan
3. Memenangkan satu set Suatu set (kecuali set ke V) dimenangkan oleh satu regu yang lebih dahulu mendapatkan angka 25 dengan minimal selisih 2 (dua) angka. Dalam kedudukan angka 24-24; permainan dilanjutkan sampai tercapai selisih 2 (dua) angka (26 – 24, 27 – 25 dst)
4. Dalam kedudukan set 2 – 2 , mka set penentuan (set ke V) dimainkan hingga angka 15 dengan selisih minimal 2 (dua) angka (16 – 14, 18 – 16 dst) Contoh ptk penjas sd word
5. Apabila satu regu menolak untuk bermain setelah dipanggil untuk melaksanakan pertandingan, maka regu tersebut dinyatakan kalah 0 – 3 dan 0 – 25 untuk setiap set
6. Pergantian terpaksa (istemewa)
Pada waktu terjadinya pergantian istimewa karena cedera (kecuali libero) dapat di ganti oleh setiap[ pemain yang tidak bermain. Pemain yang cedera tersebut tidak boleh bermain kembali selama pertandingan tersebut
7. Pergantian tidak sah
Regu itu dikenakan sangsi (hukuman) dengan kehilangan reli (regu lawan mendapat tambahan angka dan berhak melakukan servis)
8. Penyeberangan ke dalam daerah lawan baik telapak kaki maupun telapak tangan selama masih kontak dengan garis tengah diperbolehkan Download ptk penjaskes sd doc
9. Sentuhan terhadap net bukan suatu kesalahan, kecuali pemain tersebut menyentuh pada saat berusaha memainkan bola atau dengan sengaja memegang net
10. Pelaku servis harus melakukan servis sebelum 8 detik setelah wasit I membunyikan peluit tanda dimulai servis
11. Time Out dan Technical Time Out
Pada set I – IV, terdapat 2 (dua) kali technical time out masing-masing 90/detik. Hal ini secara otomatis diberikan bila salah satu regu lebih dahulu mendapat angka 8 dan 16
12. Perselangan waktu antara set kurang dari 3 menit
Khususnya untuk pertandingan resmi FIVB atau PBVSI, antara set I dan set III diberikan perselangan waktu 10 menit Contoh Proposal penjaskes pdf
2.5.4 Gerak Dasar Permainan Bola Voli
Gerak dasar dalam permainan bola voli adalah keterampilan gerak yang dilakukan dalam kegiatan bermain bola voli baik yang berkaitan dengan aktivitas pada saat memainkan bola maupun pada saat tanpa memainkan bola. Gerak dasar itu mencakup keterampilan lokomotor dan keterampilan manipulative.
Yang dimaksud dengan keterampilan lokomotor adalah kemampuan seseorang untuk bergerak atau memindahkan titik berat badan dan posisi badannya dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Keterampilan itu mencakup gerakan melompat ke arah tegak, terutama dengan bertumpu pada dua kaki, dan keterampilan berjalan atau berlari beberapa langkah untuk mengambil posisi yang baik agar bola dapat dimainkan dengan baik sesuai dengan tujuan yang dikehendaki oleh pemain. Download PTK olah raga bola voli sd Gerakan ini termasuk dalam langkah-langkah khas atau “foot work” untuk bermain bola voli.
Keterampilan manipulative, terutama menggunakan satu tangan atau dua tangan yang disatukan merupakan kemampuan pokok dalam bermain bola voli. Hal ini sesuai dengan karakteristik utama bermain bola voli yaitu bola dipukul dengan satu pukulan oleh tangan atau disentuh oleh bagian tubuh lainnya (misalnya kepala, kaki), sebelum bola menyentuh permukaan lapangan. Karena itu, permainan bola voli tergolong permainan yang membutuhkan kemampuan pemain untuk memusatkan perhatian pada satu obyek yang dimainkan bersama, yakni bola.
Sehubungan dengan hal itu, permainan ini juga membutuhkan kemampuan untuk mempersepsi bola, mencakup arahnya, ketinggiannya, dan kecepatannya, untuk kemudian dipukul. Berdasarkan persepsi terhadap bentuk stimulus maka disiapkan respons yang sesuai sehingga cocok diterapkan konsep perception-action. Bola dapat dimainkan dengan cara memantulkan atau memukul hanya satu kali oleh satu tangan, dua tangan menjadi satu, ataupun dua tangan membuka, bahkan kini bola dapat dimainkan oleh seluruh anggota tubuh. Contoh ptk penjas sd word
a) Gerak dasar tanpa bola
Gerak dasar lokomotor yang menjadi landasan bagi pelaksanaan teknik dasar bola voli mencakup:
1. Gerak dasar bergerak maju
2. Gerak dasar bergerak mundur
3. Gerak dasar bergerak samping kiri
4. Gerak dasar bergerak samping kanan
5. Gerak dasar melompat
Gerak dasar maju adalah perpindahan posisi badan ke depan, beberapa langkah, dengan kecapatan yang selaras dengan kecepatan bola berdasarkan persepsi pemain. Makin cepat bola bergerak, semakin cepat gerakan itu dilaksanakan. Gerakan itu dilakukan sebagai Persiapan untuk melaksanakan sikap dasar agar dapat memainkan bola dengan baik, yaitu memvoli bola kea rah yang tepat. Download Proposal penjaskes bola voli sd Misalnya, memvoli bola untuk diteruskan kepada pemain berikutnya, baik untuk tujuan sekedar untuk menghidupkan bola agar tidak mati maupun untuk maksud mengumpan bola guna diteruskan dengan pukulan menyerang dengan teknik smes atau “spike”.

Gambar 2.2 Gerak dasar maju
Sumber Bola voli, 2000:19
Sebagai lawan dari gerak maju adalah gerakan mundur. Sama halnya dengan gerakan maju, gerakan ini dilakukan dengan maksud untuk memperoleh posisi badan yang tepat untuk menerima atau memainkan bola. Gerakannya tidak dalam bentuk gerak lari yang sesungguhnya, melainkan gerak langkah khas dalam bola voli yang kemudian memungkinkan terbentuk sikap dasar atau stance untuk menerima bola dan bola dapat di pukul dengan sebaik-baiknya. Contoh ptk penjas sd word

Gambar 2.3 Gerak dasar mundur
Sumber Bola voli, 2000:19
Gerakan semacam itu juga dilakukan ke kiri atau ke kanan, atau kearah samping yang dilakukan dengan menggeserkan kaki kanan, disusul kaki kiri, atau sebaiknya kaki kiri disusul dengan kaki kanan. Kecepatannya juga dipengaruhi oleh persepsi pemain terhadap arah dan kecepatan bola. Contoh Proposal penjaskes pdf Karena bola dimainkan tangan dengan tujuan dipukul keras ke arah lapangan lawan, dari atas ke bawah, melewati atas jarring yang menjadi pembatas dan sekaligus perintang, maka keterampilan dasar melompat ke arah tegak (vertical) menjadi keterampilan pokok yang didukung oleh kekuatan dan power, di samping koordinasi.

Gambar 2.4 Gerak dasar melangkah ke kanan dan ke kiri
Sumber Bola voli, 2000:19-20
Itulah sebabnya, pemain yang memiliki tinggi badan yang melebihi pemain lawannya memperoleh keuntungan, karena dia akan unggul dalam hal mencapai ketinggian lompatan, terutama untuk melakukan pukulan menyerang dengan kuat dan cepat. Download PTK olah raga bola voli sd
Keterampilan dasar melompat itu sangat dominan dilakukan di derah dekat dan sepanjang jaring. Bahkan dalam permainan bola voli modern, servis (pukulan pertama untuk membuka permainan) juga dilakukan oleh pemain dengan melambung bola tinggi-tinggi, dan kemudian ia melompat seperti teknik dasar melakukan serangan dengan teknik smes atau spike.

Gambar 2.5 Gerak dasar melompat ke atas
Sumber Bola voli, 2000:2 1
b) Gerak dasar dengan bola
Gerak dasar tanpa bola dan dengan bola, pada dasarnya merupakan satu kesatuan, dalam satu rangkaian. Gerak dasar tanpa bola dilaksanakan sebagai persiapan untuk melaksanakan gerak dasar dengan bola. Gerak dasar dengan bola meliputi:
1. Memainkan bola dengan satu tangan
2. Memainkan bola dengan dua tangan di atas Contoh ptk penjas sd word
3. Memainkan bola dengan dua tangan di bawah
4. Memainkan bola dengan satu tangan sambil melompat
Memukul bola dengan tangan merupakan bentuk keterampilan manipulative yang paling dominan dalam permainan bola voli. Pukulan itu dilakukan hanya sekali dalam satu kesempatan, sebelum diselingi kesempatan bagi pemain lainnya. Karena itu, pukulan itu harus dilaksanakan dengan baik, di lihat dari arahnya, demikian pula dalam hal daya yang dikerahkan. Pukulan itu dapat dilakukan dengan satu tangan, dan bola memantul satu kali. Perkenaan bola bisa pada telapak tangan yang digenggam atau mengenai lengan bagian bawah. Dengan demikian akan tampak aksi memukul untuk menjamin pukulan itu sah hanya sekali pantulan, bukan pantulan berganda yang di anggap melanggar peraturan.

Gambar 2.6 Memukul bola dengan satu tangan
Sumber Bola voli, 2000:22
Gerakan tersebut memang tidak sepenuhnya dikatakan memukul, bergantung pada arah dan kecepatan bola yang datang. Yang jelas adalah bola itu memang dimainkan, bukan ditahan, sehingga tampak bola itu memantul. Download ptk penjaskes sd doc Yang digunakan adalah salah satu tangan, kiri atau kanan, sesuai dengan kebutuhan. Sehubung dengan hal ini, idealnya pemain sudah diajarkan untuk mampu menggunakan kedua belah tangannya, jadi tidak hanya memakai tangan yang dominan.
Boleh juga dapat dimainkan dengan kedua tangan yang disatukan, sehingga terbentuk sebuah bidang pemukul atau tempat bola memantul. Penyatuan kedua tangan itu dilakukan dengan menjamin hanya terjadi pantulan, untuk mencegah pantulan berganda. Keterampilan dasar ini, seperti dengan menggunakan satu tangan, diupayakan dalam posisi yakni tangan itu mengenai bagian bawah bola agar terjadi teknik memvoli. Dengan demikian bola melayang mengikuti arah parabola dalam kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan. Download Proposal penjaskes bola voli sd

Gambar 2.7 Memukul bola dengan dua tangan dari bawah
Sumber Bola voli, 2000:23
Pelaksanaan kemampuan dasar itu membutuhkan pembiasaan melalui latihan berulang-ulang, sampai dapat dilakukan secara otomatis. Penguasaannya memerlukan rangkaian orientasi pelaksanaan tugas gerak yang mencakup beberapa hal:
1. Pemain memukul bola dalam posisi kedua kakinya bertumpu pada lantai permainan dalam sikap dasar yang labil.
2. Kedua lututnya agak dibengkokan dan kedua kaki sedikit dibuka. Salah satu kaki maju seorang ke depan Download ptk penjaskes sd doc
Orientasi pengenalaran, kemampuan dasar itu terkait dengan penguasaan keterampilan manipulative lainnya yaitu melempar dan menangkap bola. Bagi siswa yang masih muda usianya, terlebih di SD misalnya, maka orientasi pengenalan itu memerlukan waktu dengan catatan, sekuen dari tugas ajar dan tugas latihan itu di tata dari yang mudah ke sukar.
Bola juga dimainkan dengan dua tangan di atas kepala, tepatnya dengan jari-jari kedua telapak tangan. Bagian dalam jari-jari digunakan untuk memainkan bola. Bagi siswa yang masih muda usianya, kemampuan dasar ini merupakan masalah pokok. Rasa takut jari-jarinya tidak kuat untuk memainkan bola yang dirasakannya cukup berat, menjadi pengambat untuk melakukan tugas ajar berulang kali. Download PTK olah raga bola voli sd
Kemampuan ini sangat dekat kaitannya dengan kemampuan menangkap bola dalam posisi kedua tangan di atas kepala. Karena itu, kemampuan dasar dominan, sebelum dapat memainkan bola dengan dua tangan dalam posisi di atas kepala ialah keterampilan dasar menangkap bola. Bola ditangkap dengan jari-jari kedua tangan yang disebarkan dalam posisi kokokh untuk menyambut bola. Selain itu, keterampilan untuk melempar bola dengan jari-jari dan memanfaatkan pecutan pergelangan tangan, juga menjadi dasar bagi kemampuan memainkan bola dengan dua tangan dalam posisi di atas. Bola memantulkan pada jari-jari dengan impak yang pas takarannya.
Memainkan bola dengan satu tangan sambil meloncat merupakan kemampuan yang lebih maju. Untuk itu dibutuhkan kemampuan untuk menetapkan timing yang tepat dan koordinasi tangan dan anggota badan lainnya pada saat di udara, karena bola dipukul pada saat pemain mencapai puncak ketinggian lompatannya, bukan pada saat tubuhnya sudah turun.
Dengan melompat kea rah tegak, sesuai dengan ketinggian bola yang diinginkan, pemain mejangkaukan tangannya ke atas, sambil memperhatikan kapan saat yang tepat untuk memukul bola. Karena itu, kemampuan dasar tanpa bola berupa kemampuan melompat perlu diajarkan dan dilatih sebanyak mungkin. Contoh Proposal penjaskes pdf Aneka variasi tugas gerak dibiasakan untuk menguasai keterampilan melompat ke arah tegak ini.

Gambar 2.8 Memainkan bola dengan tangan di atas
Sumber Bola voli, 2000:25

Keterampilan ini dipengaruhi kemampuan untuk melakukan gerakan eksplosif yang didukung oleh power tungkai, namun di bantu oleh ayunan kedua lengan yang kuat ke atas. Kelemahan pemain pemula yaitu arah lompatannya bukan ke atas, tetapi ke depan.
Dengan merujuk kepada teori perception-action, maka pembelajaran bola voli memerlukan penguasaan dan pengayaan keterampilan gerak dasar. Tata urut penyaji tugas ajar perlu direncanakan, sehingga penguasaan keterampilan itu terbangun dalam susunan yang logis; pengusaan keterampilan berikutnya banyak dibantu dan didukung oleh keterampilan sebelumnya. Download Proposal penjaskes bola voli sd

Gambar 2.9 Memainkan bola dengan satu tangan sambil melompat
Sumber Bola voli, 2000:26
Sehubung dengan hal itu, maka kemampuan dasar tanpa bola merupakan dasar untuk dapat melakukan keteramppilan memainkan bola. Keduanya memang sangat erat kaitannya, yang secara keseluruhan bertumpu pada keterampilan lokomotor dan keterampilan manipulatif.
2.5.5 Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Bola Voli adalah suatu bentuk permainan yang dimainkan dua regu berjumlah 6 orang dengan tujuan mematikan bola di daerah lawan.Tehnik adalah suatu prose membuktikan dalam praktek dengan sebaik mungkin dalam cabang bola voli. Download ptk penjaskes sd doc
Menurut Subroto,toto (2008:2.18) Untuk dapat melaksanakn seluruh ketrampilan dasar bermain bola voli, minimal pemain memiliki enam ketrampilan tehnik, yaitu:
a) Sikap penjagaan dan cara bergerak dan cara bergerak ke arah bola.
Menurut Subroto,toto (2008:2.19) Sikap penjagaan dalam permainan bola voli di bagi ke dalam tiga macam sikap penjagaan, yaitu sikap penjagaan tegak, menengah, dan rendah. Sikap penjagaan tegak digunakan pada saat istirahat atau pada saat bola mati. Siakp penjagaan menengah digunakan untuk menghadapi servis lawan, dan saat teman seregu melakukan pas dan umpan. Sikap penjagaan rendah digunakan untuk menghadapi serangan atau spike lawan, dan saat menutup daerah yang ditinggalkan oleh spiker waktu melakukan spike.

Gambar 2.10 Sikap Penjagaan
Sumber Permainan Besar, 2008:2.19

b) Passing dan umpan.
Passing dan umpan adalah dua istilah yang digunakan untuk memberikan label pada dua cara memainkan bola. Passing adalah cara memainkan bola pertama setelah bola berada dalam permainan akibat dari serangan lawan, servis lawan atau permainan net (cover spike dan cover block). Contoh Proposal penjaskes pdf Umpan adalah cara memainkan bola baik yang dating langsung dari lawan maupun yang datang dari teman seregu untuk diberikan kepada spiker atau smash ke bidang lawan. Tehnik passing dan umpan hampir sama, yaitu dapat digunakan tehnik passing atas atau passing bawah.

Perbedaan keduanya adalah: (1) tujuan dari masing-masing tehnik tersebut, (2) cara menyentuh bola saat passing dan umpan jika sama-sama menggunakan tehnik passing atas; saat passing, bola di sentuh pada saat sikut masih bengkok; sedangkan pada umpan, bola di sentuh pada saat sikut hamper lurus; hal ini berkaitan erat dengan taktik umpan agar lawan sulit memprediksi ke arah mana bola akan diumpankan. (Subroto,toto 2008:2.20-2.2 1)

Gambar 2.11 Sikap passing bawah Sumber Abdi Guru KTSP, 2006:63
Passing adalah teknik memantulkan bola dengan menggunakan tangan, sehingga bola bisa terpantul dan bisa diberikan pada pemain berikutnya. Passing salah satu keterampilan gerak dasar yang sangat dibutuhkan dalam permainan bola voli. Download PTK olah raga bola voli sd Dengan melakukan passing yang baik dalam suatu permainan maka strategi bertahan dan menyerang yang diharapkan dapat dipraktikkan dengan sebaik-baiknya.
Untuk itu diperlukan suatu praktik melakukan passing dengan model dan pola aktivitas yang tepat dan terukur. Namun dikatakan bahwa membuat model atau pola tentang keterampilan dasar tidaklah cukup harus ada control terhadap aplikasi suatu model atau pola. Dengan desain model pelatihan yang sudah direncanakan, kemudian praktik, dievaluasi, dan dikontrol perubahan dari aplikasi model tersebut tentu hasilnya akan diketahui dengan lebih tepat dan terarah. Salah satu model pembelajaran tersebut bisa focus pada belajar passing khususnya passing bawah dan passing atas.

Gambar 2.12 Sikap passing atas
Sumber Abdi Guru KTSP, 2006:63
c) Spike (melakukan serangan).
Spike merupakan salah satu tehnik serangan yang paling efektif selama permainan. Bola di pukul di atas depan dekat net yang mengakibatkan bola jatuh menukik tajam ke bidang lapangan lawan, sehingga lawan sulit mengembalikannya, bahkan sering langsung mematikan (Subroto,2008:2.30). Dewasa ini istilah spike lebih khusus digunakan dalam permainan bola voli, karena cri bola hasil spike menukik tajam seperti paku, sebagai akibat bola di pukul di atas dekat net. Contoh ptk penjas sd word
Sementara istilah smash lebih umum digunakan, (ada dalam permainan lain, seperti bulutangkis), karena cirri bola hasil smash tidak begitu menukik, karena bola di pukul jauh dari net. Spike merupakan salah satu tehnik serangan yang mempunyai rangkaian gerak komplek, yaitu (1) langkah persiapan atau awalan, (2) tolakan atau lompatan, (3) memukul bola saat melayang di udara, dan (4) mendarat.

Gambar 2.13 Sikap gerak spike
Sumber Permainan Besar, 2008:2.31
Smash dapat dilakukan dengan maksimal apabila di dukung oleh teknik pukulan yang benar dan memiliki power yang kuat, kekuatan melompat dengan ketinggian lompatan atau dikenal dengan istilah explosive strength ikut berperan agar hasil smash menjadi lebih terarah.
d) Bendungan (blok atau menghadang serangan).
Block adalah upaya untuk menghadang serangan lawan oleh satu atau lebih pemain agar serangan lawan dapat dimatikan. Download ptk penjaskes sd doc Pemain lawan yang melakukan smash bola memiliki pukulan yang sangat keras dan tajam sehingga sulit untuk dikembalikan atau hasil pukulan jatuh di ruang yang tidak terduga sehingga sulit dikejar oleh pemain yang siap menerima smash lawan. Salah satu terbaik yang dapat dilakukan adalah melakukan hadangan smash lawan.

Gambar 2.14 Sikap blocking
Sumber Abdi Guru KTSP, 2006:64
Unsur-unsur tehnik tersebut di atas merupakan satu kesatuan yang sangat
penting dan tidak dapat dipisahkan yang perlu di latih secara teratur dan continue
di bawah bimbingan pelatih dan Pembina yang menjiwai akan tugas dan profesinya. Contoh ptk penjas kelas 4 sd Dengan demikian akan tercapai tujuan yaitu atlit akan berkualitas dan mampu mencapai prestasi yang maksimal
e) Servis.
Dalam permainan bola voli keterampilan melakukan servis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting karena awal permainan di mulai dengan kemampuan seorang bola voli untuk melakukan servis. Dengan servis yang baik akan membuat lawan sulit menerima bola, sehingga jika bola tidak bisa di terima dengan baikmaka tim yang melakukan servis akan mendapatkan penambahan angka.

Gambar 2.15 Sikap servis bawah dan servis atas
Sumber Abdi Guru KTSP, 2006:63
Servis adalah pukulan bola yang dilakukan pemain dari garis belakang permainan sebagai awal permainan di mulai. Melakukan servis berdasarkan cara melakukannya ada beberapa cara, yakni servis bawah, servis atas. Seiring dengan berbagai perubahan pola dan strategi permainan maka pada saat ini servis sudah menjadi bagian dari serangan pada lawan.
Sesuai dengan perkembangan zaman maka peraturan permainan bola voli juga berkembang, hal ini dapat kita lihat pada peraturan permainan bola voli yang diterbitkan tahun 2001 khususnya tentang sistem penilaian. Contoh Proposal penjaskes pdf Dengan sistem penilaian rally point, apabila server melakukan kesalahan maka di samping service berpindah tetapi juga lawan akan mendapat tambahan nilai. Karena service juga begitu penting maka pelatih dan guru olahraga harus selalu berusaha memberikan penekanan bahwa service adalah merupakan serangan yang pertama. Macam-macam service antara lain: service tangan bawah (under service), service menapung tangan bawah (under hand floating service), service tangan atas (overhead service), Service mengapung (floating service), overhead change-up service (slider floating overhand), hook service (overhead round-house service), service dengan melompat (jumping service).
f) Penyelamatan bola.
Dalam situasi permainan tidak selamanya bola dating tepat, melambung dekat, atau mudah untuk dimainkan. Namun kadang kala bola datang secara cepat dan tidak terduga. Dalam kondisi demikian, dan agar bola tetap dalam permainan, maka para pemain di tuntut untuk memiliki ketrampilan memainkan bola sambil bergerak, melompat, berguling atau rol, meluncur atau diving dan sebagainya. (Subroto,toto 2008:2.34-2.35). Tujuan utama memainkan dengan cara ini adalah semata-mata hanya untuk menyelamatkan bola agar tetap dalam permainan. Contoh ptk penjas sd word

Gambar 2.16 Rangkaian gerak passing bawah satu tangan sambil meluncur

Gambar 2.17 Rangkaian gerak passing bawah satu tangan
Sumber Permainan Besar, 2008:2.31
2.6 Modifikasi Permainan Bola Voli
Permainan bola voli mini merupakan modifikasi dari permainan bola voli dewasa. Modifikasi yang dimaksudkan agar lebih menarik peserta didik untuk bermain bola voli sejak usia dini. Modifikasi yang dilakukan denagn penyederhanaan lapangan dan peralatan yang disesuaikan dengan ukuran fisik anak-ank sekolah dasar. Download Proposal penjaskes bola voli sd
Beberapa karakteristik dari modifikasi olahraga yang disampaikan (Australia Sport Commission dalam buku permainan bola voli.(Surabaya: Graha Pustaka Media Utama,20 13),p.137) dijelaskan bahwa:

1. Sesuai dengan perkembangan anak meliputi umur, tingkat kesegaran jasmani, status kesehatan, tingkat ketrampilan dan berbagai pengalaman gerak sebelumnya
2. Cukup aman dimainkan oleh anak
3. Memiliki aspek alterative, bukan sesuatu yang sifatnya mutlak, seperti ukuran berat, bentuk alat, ukuran lapangan yang digunakan, durasi permainan, posisi pemain, peraturan dan jumlah pemain
4. Cukup relevan dan tepat untuk anak.
Dari beberapa karakteristik tersebut menunjukkan bahwa permainan bola voli mini sudah mencirikan karakteristik tersebut. Namun masih tetap perlu dikembangkan lagi berbagai inovasi modifikasinya agar makin menarik dan disukai oleh anak.
Beberapa modifikasi yang telah dilakukan dalam permainan bola voli antara lain ukuran lapangan, jumlah pemain, berat bola, dan sitem pertandingan serta sistem kemenangan. Download ptk penjaskes sd doc Modifikasi permainan bola voli dewasa dikenal dengan istilah bola voli mini. Modifikasi yang sudah dilakukan meliputi jumlah pemain dari 6 pemain menjadi 4 pemain. Tinggi net diturunkan, skor pertandingan dari 21 menjadi 15, berat bola dan ukuran lapangan juga dimodifikasi. Tentu modifikasi tersebut masih dilakukan kajian yang mendalam lagi sehingga akan mendapatkan modifikasi yang sesuai dengan takaran usia dan tumbuh kembang anak atau kita kenal dengan istilah Development Apropri ate Practice (DAP).
Dengan konsep modifikasi maka anak akan lebih menikmati permainan bola voli, karena mereka mampu melakukan passing, servis, smash, dan juga hadang bola, dengan kemampuan mereka. Contoh Proposal penjaskes pdf Mereka akan lebih menikmati permainan tersebut karena mampu mempraktikkanya, apabila tidak ada modifikasi maka mereka tidak akan mampu servis bola dengan baik, karena tangan mereka akankesakitan memukul bola dan bola tidak akan melewati net, apabila demikian yang terjadi maka permainan bola voli sudah tidak menarik bagi anak.
Melalui modifikasi juga dikembangkan penanaman nilai karakter kepada anak sejak usia dini melaui olahraga khususnyacabang olahraga bola voli. Cara menanamkan pendidikan karakter melalui olahraga dapat dilakukan dengan tiga tahapan yakni diperkenalkan terlebih dahulu permainan dan nilai apa yang akan dikembangkan, setelah itu dihayati atau diinternalisasi, kemudian dilanjutkan dengan mempraktikkan nilai tersebut dalam permainan olahraga bola voli (Muhyi, 2011). Modifikasi tidak hanya memberikan potensi lahirnya atlet bola voli sejak dini srtinya pendekatan yang kesinambungan di tambah lagi pembinaan mental dan karakter mereka sejak dini akan terbentuk lebih baik. Download Proposal penjaskes bola voli sd
Teknik gerakan dalam melakukan teknik dasar permainan bola voli bisa dikatakan sama dengan teknik gerakan dalam permainan bola voli dewasa, seperti teknik melakukan passing bawah maupun passing atas, hanya bola yang digunakan relatif lebih ringan, lebih empuk dan aman untuk anak sehingga jauh dari terjadinya resiko cedera.
Bola voli mini terbagi atas usia 8-10 tahun, 9-11 tahun, usia 10-12 tahun, usia 11-13 tahun, dan usia 12-14 tahun, selanjutnya sudah masuk dalam kategori permainan bola voli tingkat remaja bukan bola voli mini lagi. Perbedaan usia tersebut sekaligus membedakan aspek fisik dan keterampilan yang dikembangkan. Contoh ptk penjas sd word
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada table 2.2. Setiap usia memiliki karakteristik tersendiri baik fisik maupun mentalnya.

Table 2.1
Karakteristik bola voli mini berdasarkan usia anak (sumber: Horst Baacke)
2.7 Permainan Bola Voli Beregu
Keterampilan teknik bermain hanya bisa dipenuhi oleh anak peserta didik secara bertahap demi setahap. Contoh ptk penjas kelas 4 sd Dengan diubahnya permainan bola voli ke dalam bentuk permainan kecil ini, akan memberikan peningkatan keterampilan teknik bermain kepada peserta didik sesuai dengan tekanannya, yaitu dengan cara memberikan tugas. Oleh karena itu, perlu permainan bola voli yang kompleks, menyenangkan dan berkeringat itu diciptakan modifikasinya ke dalam bentuk¬bentuk kecil, sesuai dengan apa yang ingin dicapai.
Adapun peneliti menggunakan pendekatan pembelajaran bermain beregu yaitu :
2.7.1 Kegiatan pendahuluan (25 menit)
1. Siswa dibariskan 4 bersap, Berdo’a dilanjutkan dengan absensi
2. Siswa melakukan pemanasan untuk mempersiapkan diri sebelum aktivitas selanjutnya melalui permainan bola voli.
2.7.2 Kegiatan inti (70 menit)
1. Guru memberikan pertanyaan tentang jenis-jenis teknik dasar permainan bola voli salah satunya adalah passing bawah maupun passing atas.
2. Guru memberikan pertanyaan manfaat passing bawah maupun passing atas.
3. Dengan bimbingan guru siswa di suruh melakukan passing bawah dan passing atas sebagai tes awal untuk mengetahui kemampuan siswa.
4. Guru membagi siswa beberapa regu. Contoh Proposal penjaskes pdf
5. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan latihan passing bawah dan passing atas berpasangan secara bergantian.
6. Dengan bimbingan guru, setiap regu melakukan latihan passing bawah dengan cara melempar bola dan membentuk lingkaran secara beregu dan tiap regu terdiri 5 anak. Setiap regu melakukan permainan passing bawah dengan cara melempar bola searah jarum jam dan sesekali sesuai intruksi guru arahnya di ubah kebalikan dari arah jarum jam.

Gambar 2.18 Sikap passing bawah dengan searah jarum jam
7. Dengan bimbingan guru, setiap regu melakukan latihan passing atas dengan cara melambungkan bola dan anak-anak membentuk lingkaran secara beregu dan tiap regu terdiri 5 anak dengan satu orang siswa berada di tengah lingkaran tersebut. Contoh ptk penjas sd word Secara bergantian siswa tersebut harus melakukan passing atas pada teman-temannya yang mengelilingi.

Gambar 2.19 Cara sikap passing atas

8. Dengan bimbingan guru, peserta didik berjumlah 24 anak di bagi menjadi 2 regu. Tiap regu terdiri 12 anak untuk melakukan permainan sebelum permainan sesungguhnya. Caranya anak melakukan lempar dan lambung bola di lapangan, apabila regu yang mendapat poin regu lawan anggotanya ada yang keluar dari lapangan dan regu yang mengeluarkan bola (out) berarti yang mengeluarkan bola tersebut keluar dari lapangan. Kemenangan dari jumlah reguyang banyak. Contoh ptk penjas kelas 4 sd

Gambar 2.20 Pemanasan permaianan dengan lempar dan lambung bola menuju permainan volley fun games

9. Guru membagi siswa beberapa regu dengan jumlah 6 orang siswa setiap regunya. Peserta didik melakukan permainan volley ball fun games yaitu permainan modifikasi sederhana passing bawah maupun passing atas bola voli dengan cara melempar dan melambung bola. Download ptk penjaskes sd doc Peserta didik tidak boleh menggunakan kepala dan kaki, hanya diperbolehkan memainkan bola di  daerah sendiri sebanyak 4 kali. Poin di hitung apabila bola jatuh di lapangan sendiri atau di luar lapangan lawan. Permainan ini sama dengan permainan bola voli sesungguhnya menggunakan rotasi pemain namun tinggi net 150 centimeter dan menggunakan bola plastik. Durasi tiap permainan 2 x 15 menit dan istirahat 5 menit.
2.7.3 Kegiatan penutup (15 menit)
1. Guru melakukan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung
2. Siswa dikumpulkan dan melakukan gerakan pendinginan

DOWNLOAD PTK PENJASKES KELAS 4 SD TERBARU


BAB III
METODE PENELITIAN


3.1 Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas IV SDI ........... III Kecamatan......., Kabupaten .......... tahun pelajaran 2015/2016 dijadikan subjek penelitian. Jumlah subjek dalam penelitian yaitu 34 anak. Contoh Proposal penjaskes pdf Secara umum bila ditinjau dari social budaya dan ekonomi masyarakat peserta didik tergolong cukup perhatiannya terhadap pendidikan dan ini salah satu pendorong terhadap peningkatan kualitas pendidikan SDI ........... III Kecamatan........
3.2 Obyek Penelitian
Obyek penelitian ini adalah penggunaan metode pendekatan bermain regu untuk meningkatkan hasil belajar passing bola voli pada siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  tahun pelajaran 2015/2016.
3.3 Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  pada bulan April tahun 2016. Contoh ptk penjas sd word
3.4 Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................  Propinsi...........
3.5 Teknik Pengumpulan Data
Data yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas berupa catatan hasil pengamatan. Untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan melalui tes unjuk kerja siswa. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan penelitian sebagai berikut :
a. Tes Praktik : dipergunakan untuk mendapat data dari unjuk kerja siswa pada proses pembelajaran bola voli.
b. Lembar Observasi : dipergunakan sebagai teknik untuk mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran penerapan model variasi passing untuk meningkatkan hasil pembelajaran bola voli pada siswa kelas IV SDI ........ III kecamatan ............. kabupaten ................ Download Proposal penjaskes bola voli sd
c. Evaluasi : Pengumpulan dengan berbagai cara evaluasi agar penulis mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai lompat tinggi yang disesuaikan fakta yang ada dalam proses pembelajaran dilapangan.
Tabel.3.2 Teknik dan Alat Pengumpulan Data

3.5.1 Prosedur Penelitian
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Langkah - langkah dalam siklus penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat komponen, yaitu : 1) rencana, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi.
1. Rencana: Pada tahap ini peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan mempersiapkan sarana prasarana yang diperlukan.
2. Tindakan adalah tahap melaksakan hal-hal yang telah direncanakan peneliti.
3. Observasi adalah Kondisi dimana peneliti mengamati kejadian yang ada saat pelaksanaan tindakan. Contoh ptk penjas sd word
4. Refleksi pada dasarnya merupakan suatu bentuk perenungan yang mendalam dan lengkap atas kejadian yang telah terjadi, oleh karena itu tahap ini merupakan tahap evaluasi untuk menentukan akhir siklus. Contoh ptk penjas kelas 4 sd 
Untuk lebih jelas lihat pada gambar :

Gambar 3.23 Prosedur Penelitian Tindakan kelas

Secara terperinci prosedur penelitian tindakan kelas ini dijabarkan sebagai berikut :
1. Rancangan Siklus I
a. Tahap Perencanaan
Pada tahap ini peneliti dan guru kelas menyusun rencana pembelajaran yang terdiri dari :
1. Melakukan analisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan disampaikan siswa dalam pembelajaran
2. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada tindakan yang diterapkan pada PTK, yaitu pembelajaran passing bawah maupun passing atas bola voli Contoh Proposal penjaskes pdf
3. Menyusun instrumen tes ketangkasan passing bawah maupun passing atas bola voli
4. Menyusun lembar penilaian dan hasil belajar
5. Mempersiapkan media pembelajaran untuk membantu pengajaran
6. Mempersiapkan tempat penelitian
7. Sosialisasi kepada subyek
b. Tahap Pelaksanaan Tindakan
Skenario tindakan yang telah direncanakan, dilaksanakan dalam situasi yang actual. Pada saat bersamaan kegiatan ini juga disertai dengan kegiatan observasi dan interprestasi serta diikuti dengan kegiatan refleksi. Pada tahap ini kegiatan yang akan dilaksanakan berdasarkan perencanaan tindakan yang telah ditetapkan, yaitu melaksanakan pembelajaran sesuai rencana pembelajaran yang telah di buat. Fokusnya adalah meningkatkan kemampuan siswa khususnya pembelajaran passing dalam permainan bola voli. Download ptk penjaskes sd doc Langkah-langkah yang dilakukan dalam tahap ini sebagai berikut:
Pada tahap pelaksanaan tindakan, kegiatan yang dilakukan adalaah melaksanakan proses pembelajaran di lapangan dengan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut :
1. Siswa dibariskan, berdo’a, presensi
2. Melakukan pemanasan
3. Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran
4. Guru membagi siswa menjadi kelompok dalam proses pembelajaran
5. Melakukan latihan teknik dasar dalam passing bola voli : sikap kepala, sikap
badan, sikap tangan, dan sikap kaki
6. Menarik kesimpulan
7. Penilaian selama proses pembelajaran berlangsung
8. Melaksanakan pendinginan.
9. Penutup Contoh ptk penjas sd word
c. Tahap Observasi
Kegiatan observasi dilaksanakan bersama dengan kegiatan pelaksanaan tindakan. Pada tahap ini dilakukan pengamatan terhadap : (1) hasil ketrampilan gerak passing bawah maupun passing atas, (2) kemampuan melakukan rangkaian gerakan passing bola voli, (3) aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
d. Tahap Refleksi
Dari hasil observasi dan pemantauan tersebut guru berdiskusi dengan kolaborator untuk dapat menentukan tindakan kegiatan perbaikan, selain itu guru mengevaluasi bagian mana yang perlu diperbaiki. Refleksi ini dilaksanakan untuk memecahkan kesulitan-kesulitan serta kendala selama proses pembelajaran berlangsung. Contoh ptk penjas kelas 4 sd Kemudian mengadakan evaluasi, berdiskusi dengan observer dan guru pamong untuk menentukan tindakan pada siklus berikutnya.
Tabel 3.3. Prediksi Pencapaian Kemampuan Siswa
2. Rancangan Siklus II
a. Tahap Persiapan
1) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) lompat tinggi
2) Menyusun instrumen tes ketangkasan bola voli
3) Menyusun lembar penilaian dan hasil belajar
4) Mempersiapkan alat-alat pembelajaran
5) Mempersiapkan lembar observasi
6) Sosialisasi kepada subyek Contoh Proposal penjaskes pdf
b. Tahap Pelaksanaan Tindakan
Pada tahap pelaksanaan tindakan, kegiatan yang dilakukan adalaah melaksanakan proses pembelajaran di lapangan dengan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut :
1. Siswa dibariskan, berdo’a, presensi
2. Melakukan pemanasan
3. Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran
4. Guru membagi siswa menjadi kelompok dalam proses pembelajaran
5. Melakukan latihan teknik dasar dalam passing bola voli : (a) Cara melakukan kaki sejajar, (b) Cara sikap badan condong ke depan, (c) Sikap ayunan tangan (d) hasil perkenaan bola
6. Masing-masing kelompok melaksanakan tugas guru untuk melakukan passing bola voli dengan variasi bermain Contoh ptk penjas kelas 4 sd 
7. Penilaian selama proses pembelajaran berlangsung
8. Melaksanakan pendinginan.
9. Penutup
c. Tahap Observasi
Kegitan observsi dilaksanakan bersama dengan kegiatan pelaksanaan tindakan. Pada tahap ini dilakukan pengamatan terhadap penerapan model pembelajaran dengan pendekatan bermain beregu terhadap kemampuan passing bola voli serta mendokumentasikan kegiatan pembelajaran.
d. Tahap Refleksi
Dari hasil observasi dan pemantauan tersebut guru berdiskusi dengan kolaborator untuk dapat menentukan tindakan kegiatan perbaikan, selain itu guru mengevaluasi bagian mana yang perlu diperbaiki. Refleksi ini dilaksanakan untuk memecahkan kesulitan-kesulitan serta kendala selama proses pembelajaran berlangsung. Download ptk penjaskes sd doc Kemudian mengadakan evaluasi, berdiskusi dengan observer dan guru kolaborasi.
3.5.2 Indikator Kerja
Penelitian :
1. Terjadi peningkatan minat belajar yang ditandai dengan prestasi belajar siswa dengan rata-rata nilai tes menjadi > 70 ditandai dengan hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II.
2. Sebesar 80% siswa telah mencapai batas ketentuan kriteria minimal yang ditentukan yaitu 75. Download Proposal penjaskes bola voli sd
3. Kemampuan melakukan passing bola voli meningkat diikuti dengan motivasi belajar peserta didik.
3.6 Instrumen Pengumpulan Data
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari:
1. Silabus
Yaitu seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran pengelolaan kelas, serta penilaian hasil belajar.
2. Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP)
Yaitu merupakan perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman guru dalam mengajar dan disusun untuk tiap putaran. Masing-masing RPP berisi Standar kompetensi, Kompentensi dasar, indikator pencapaian hasil belajar, tujuan pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar.
3. Lembar Observasi Kegiatan Belajar Mengajar
a. Lembar observasi penggunaan pendekatan bermain dalam pembelajaran lompat tinggi, untuk mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.
b. Lembar observasi aktivitas siswa dan guru untuk mengamati aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Contoh Proposal penjaskes pdf
4. Angket Motivasi Terhadap Metode Pendekatan Bermain
Angket ini digunakan untuk mengetahui apakah siswa-siswa tersebut menyenangi model pembelajaran yang digunakan penulis.
5. Tes praktek
Tes ini disusun berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman materi yang diajarkan. Tes praktek ini diberika setiap akhir putaran.
3.7 Analisa Data
Data yang sudah dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus PTK di analisis secara deskriptif dengan menggunakan prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran bola voli. Download ptk penjaskes sd doc
1. Hasil keterampilan gerak dasar passing, dilakukan dengan menganalisa nilai rata-rata tes kegiatan pembelajaran, kemudian dikategorikan dalam klasifikasi skor yang telah ditentukan.
2. Kemampuan melakukan rangkaian gerakan dasar passing, dengan menganalisa rangkaian gerakan passing, kemudian dikategorikan dalam klasifikasi skor yang telah ditentukan. Contoh ptk penjas sd word
Adapun analisa data dalam penelitian ini melalui angka-angka yang diperoleh saat unjuk kerja lompat tinggi melalui pendekatan pembelajaran dengan bermain beregu.

Tabel 3.4 Analisis Deskriptif



CONTOH PROPOSAL PTK PENJASKES KELAS 4 SD


DAFTAR PUSTAKA


Eko Tarono. 2012. PTK Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain 5 kali Sentuhan. ...... : UNNES
Machfud Irsyada. 2000. Bola Voli, Depdikbud Dirjen Pedidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Soetoto Ponntjopoetro,et al. 2007. Permaianan Anak tradisional dan Aktivitas Ritmik ; 1 – 9 ; PPDO2305/3 SKS/Soetoto P, dkk, Cet. 15 Jakarta : Universitas Terbuka
Subroto, Toto. 2007. Materi strategi pembelajaran penjas; 1-9; PORA2206/3 SKS/Toto Suibroto. Cet. 1 Jakarta: Universitas Terbuka
Subroto, Toto. 2007 Materi azas dan falsafah penjas 1-9; PORA2205/3 SKS/Toto Suibroto. Cet. 2 Jakarta: Universitas Terbuka
Subroto, Toto. 2008. Materi permainan besar; 1-12; PORA2408/4 SKS/Subroto, Sukatamsi. Cet. 2 Jakarta: Universitas Terbuka
Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Strategi belajar mengajar / Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. Cet. 4 Jakarta : Rineka Cipta
Tim Abdi Guru. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan; Kelas 6 Semarang: Erlangga
Tim Penyusun. 2016. Permainan Bola Voli; Cet. 1 Surabaya: Graha Pustaka Media Utama

Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya CONTOH PTK PENJAS SD KELAS IV BOLA VOLI

Postingan terkait: