CONTOH PTK IPA SD MELALUI ALAT PERAGA

CONTOH PTK IPA SD MELALUI ALAT PERAGA-Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran yang diberikan kepada siswa kelas rendah adalah pembelajaran kontekstual yang mendasarkan pada pengalaman belajar siswa. Dalam pembelajaran tematik menekankan penggunaan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa.Untuk itu pembelajaran perlu dirancang dengan menggunakan alat peraga yang menggantikan keadaan realita.

Permasalahan yang dirumuskan adalah apakah upaya meningkatkan prestasi belajar tema keluargaku dapat dengan menggunakan alat peraga siswa kelas I...... Kecamatan...... Kabupaten...... Semester.... Tahun ........
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas I...... Kecamatan...... Kabupaten...... Semester.... Tahun ........ sebanyak 25 siswa. Download ptk sd alat peraga. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi perbandingan rata-rata, skor minimal, skor maksimal, dan persentase antar siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar tema keluargaku dapat diupayakan dengan menggunakan alat peraga siswa kelas I...... Kecamatan...... Kabupaten...... Semester.... Tahun ........ semester 1 tahun 2016/2017. Hal ini nampak pada perbandingan skor rata-rata prestasi belajar tematik siswa yakni pada kondisi pra siklus 61; siklus 1 naik menjadi 70 dan siklus 2 naik lagi menjadi 76. Contoh lengkap ptk  ipa alat peraga. Persentase ketuntasan belajar naik dari prasiklus 71,4%, siklus 1 sebesar 61,9% dan siklus 2 naik menjadi 100%. Ada kenaikan skor minimal dari pra siklus 60, siklus 1 sebesar 60, dan naik di siklus 2 menjadi 70. Begitu pula skor maksimal dari pra siklus 90, siklus 1 sebesar 90 dan siklus 2 mencapai 90. Download ptk ipa alat peraga word.
Saran yang diberikan adalah bahwa guru hendaknya mengubah pembelajarannya menjadi pembelajaran tematik yang berpusat pada siswa dengan mendesain pembelajaran menggunakan alat peraga

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas IPA SD yang diberi judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Tema Keluarga Dengan Menggunakan Alat Peraga Siswa Kelas ........ .....Kecamatan ......... Kabupaten ....... Semester 1 Tahun 2016/2017" untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK IPA KELAS 1 SD lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK 005 SD).




CONTOH LENGKAP PENELITIAN TINDAK KELAS SD/MIN IPA 


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Masalah
Pembaharuan program pembelajaran dewasa ini memberikan fenomena baru yang timbul dalam dunia pendidikan. Program pengajaran dan metode mengajar diarahkan dapat memberikan motivasi pada siswa dalam mempelajari dan menelaah ilmu-ilmu yang ada. Contoh judul ptk ipa MIN word.
Khususnya IPA yang semakin maju, menuntut guru mampu mengembangkan cara-cara mengajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPA .
Selama ini proses pembelajaran IPA hanya ditekankan pada bagaimana memberikan pengetahuan sebanyak-banyaknya yang berupa fakta-fakta, pengertian¬pengertian, konsep-konsep kepada siswa, hal ini dilakukan tanpa menjelaskan kegunaan fakta, pengertian dan konsep tersebut dalam kehidupan nyata yang sedang atau akan dihadapi oleh siswa, pada hal ada poin pembelajaran dalam IPA yang harus ditekankan, yaitu IPA Sebagai Proses. Download penelitian tindak kelas dengan alat peraga.  Penerapan metode mengajar yang bervariasi akan mengurangi kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat, walaupun tingkat keberhasilan siswa dalam pemahaman materi pelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor dari luar maupun faktor dari dalam diri siswa sendiri. Contoh lengkap ptk ipa min pdf.
Pembelajaran IPA melalui keterampilan proses saat ini belum banyak dilakukan sekolah-sekolah, khususnya di MIN ....... Kecamatan ....... Kabupaten ....... sehingga siswa cenderung belajar IPA secara verbal dengan cara hanya menerima konsep-konsep dan menghafal saja melalui ceramah. Hal tersebut jelas tidak sejalan dengan petunjuk pelaksanaan proses belajar mengajar kurikulum SD/MI yang menyatakan bahwa pendekatan ketrampilan proses adalah pendekatan dalam proses pembelajaran yang menekankan pada pembentukan ketrampilan memperoleh pengetahuan dan mengkomunikasikan hasilnya. Pembelajaran IPA yang belum efektif dapat menyebabkan menurunnya prestasi belajar siswa. Contoh proposal ipa menggunakan alat peraga. 
Dari pernyataan beberapa guru yang mengajar IPA di MIN ...... Kecamatan ......... Kabupaten ......... tercermin bahwa umumnya mereka mengajar dengan demonstrasi oleh guru dan ceramah secara klasikal saja. Contoh kumpulan judul ptk ipa sd.
Rendahnya prestasi belajar siswa di MIN ....... Kecamatan ......... Kabupaten ....... tampaknya merupakan masalah yang berakar dari siswa sendiri dan metode pembelajaran yang disampaikan guru yang kurang tepat. Namun pembelajaran dengan metode ceramah secara klasikal justru menimbulkan hal-hal sebagai berikut :Proses pembelajaran berlangsung tidak menarik, sehingga siswa menjadi pasif, prestasi belajar siswa rendah, aspek keterampilan proses tidak muncul secara individual
Fenomena yang muncul seperti yang terurai di atas, merupakan masalah yang serius yang perlu segera dicari pemecahannya. Dari solusi tersebut akan dicoba dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Download ptk ipa alat peraga word. 
Prestasi belajar IPA kelas I MIN ..... Kecamatan ........... Kabupaten ......... pada awal semester ganjil tahun  ......... belum mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata prestasi belajar IPA siswa kelas I pada ulangan harian pertama hanya 56, sedangkan standar ketuntasan belajar mata pelajaran IPA 63. Contoh lengkap proposa ptk ipa. Dari 21 siswa yang tidak mengalami tuntas belajar sebanyak 9 anak.
Rendahnya prestasi belajar siswa dapat dilihat dalam daftar nilai tes pra siklus mata pelajaran IPA kelas I disajikan dalam bentuk tabel 1 di bawah ini.

Berdasarkan hasil analisis nilai yang digambarkan dalam bentuk tabe terlihat jelas perbandingannya bahwa jumlah siswa yang mendapat nilai 90–100 sebanyak 0% atau 0 siswa, yang mendapat nilai 80 – 89 sebanyak 4,8% atau sebanyak 1 siswa, contoh  proposal ptk ipa sd. yang mendapat nilai 70 – 79 sebanyak 23,8% atau sebanyak 6 siswa, yang mendapat nilai 60 – 69 sebanyak 33,4% atau sebanyak 8 siswa, yang mendapat nilai 50 – 59 sebanyak 33,4% atau sebanyak 8 siswa, yang mendapat nilai 40 – 49 sebanyak 4,8% atau sebanyak 1 siswa, dan nilai rata-rata kelas hanya 60.
Dari tabel 2 di atas dapat disimpulkan ada 7 anak yang sudah tuntas dan  18 anak belum mencapai tuntas dalam pembelajaran karena nilai rata-ratanya 60 dan masih di bawah KKM (63).
Rendahnya prestasi belajar anak dikarenakan guru masih menggunakan pembelajaran secara tradisional. Guru belum menerapkan metode dan pendekatan yang bervariatif dan inovatif.  Download  proposal ipa sd. Dengan pembelajaran seperti ini siswa menjadi kurang aktif dan kurang tertantang untuk menggali dan mengapreasikan segala kemampuan yang dimiliki.
Berkaitan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan dan seiring bergulirnya kurikulum tingkat satuan pendidikan pembelajaran yang didesain guru harus mengoptimalkan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah digariskan. Download ptk ipa alat peraga. Untuk mencapai hal tersebut, pembelajaran bervariatif dan inovatif solusinya dengan pembelajaran yang bervariatif dan inovatif diharapkan dapat mengurangi kebosanan, meningkatkan peran aktif siswa, serta siswa dapat menggali dan mengeksplorasikan bakat dan kemampuan yang dimiliki.
Berdasarkan uraian di atas, maka mendorong peneliti untuk menghilangkan kesenjangan-kesenjangan yang menjadi permasalahan dengan menerapkan suatu pendekatan yang menekankan prestasi belajar siswa. Contoh lengkap ptk ipa alat peraga pdf.
Adapun judul penelitian yang diajukan peneliti adalah “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa  pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas I di MIN ....... Kecamatan ............. Kabupaten ...... Semester ..... Tahun Pelajaran ...............”.
1.2. Identifikasi Masalah
Secara singkat dapat dikatakan bahwa kekurang berhasilan siswa dalam belajar lebih disebabkan oleh tidak efektifnya proses pembelajaran. Kekurangefektifan ini tampak dalam pemberian materi guru terlalu monoton dan kurang bervariasi. Bahasa yang digunakan sulit di siswa dan terlalu cepat dalam menyampaikan materi. Selama pembelajaran guru asyik sendiri sehingga tidak melibatkan siswa. Contoh lengkap ptk dengan alat peraga pdf. Selain itu guru tidak membimbing siswa dalam menyimpulkan materi, tidak memberi kesempatan bertanya kepada siswa, tidak memberikan tugas untuk siswa dan tidak memberi pekerjaan rumah untuk siswa.
1.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang tersebut di atas, maka secara spesifik masalahya dapat dirumuskan sebagai berikut :
“Apakah melalui Alat Peraga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas I Semester 1 di MIN ............ Kecamatan ............. Kabupaten .........”
1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian Penelitian
1.4.1 .Tujuan Penelitian
Dengan adanya permasalahan di atas, tujuan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini sebagai berikut :
Untuk mengetahui apakah peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA dapat dengan menggunakan Alat Peraga di kelas I di MIN ............ Kecamatan ............. Kabupaten ......... semester ..... tahun pelajaran .............download ptk sd dengan alat peraga.
1.4.2. Manfaat Penelitian
Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas I MIN ........ Kecamatan .......... Kabupaten ......contoh  lengkap ptk ipa min.  melalui metode kerja kelompok diharapkan  memberikan manfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Manfaat yang diharapkan untuk dapat dicapai adalah sebagai berikut: 
1.4.2.1. Manfaat penelitian perbaikan pembelajaran bagi siswa adalah:
a. Siswa lebih terampil dalam menggunakan alat-alat kinerja IPA.
b. Siswa akan lebih mudah untuk memahami pelajaran IPA.
c. Prestasi belajar siswa meningkat sehingga ketuntasan belajar minimal akan dapat dicapai baik secara individual maupun secara klasikal. 
1.4.2.2. Manfaat penelitian perbaikan pembelajaran bagi guru
a. Kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran lebih terprogram.
b. Kemampuan guru dalam memilih metode akan lebih tepat dan sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan. Download ptk ipa alat peraga word.
c. Guru dapat menyajikan pembelajaran dengan efektif sehingga mampu
menciptakan suasana yang maksimal dalam pembelajaran di kelas. 1.4.2.3. Manfaat penelitian perbaikan pembelajaran bagi sekolah adalah:
Dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan guru, maka secara umum prestasi belajar siswa meningkat sehingga prestasi di sekolah lebih meningkat atau dapat dipertahankan.


DOWNLOAD PTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN ALAT PERAGA


BAB II
KAJIAN PUSTAKA



2.1. KAJIAN TEORI
2.1.1. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kata “IPA” merupakan singkatan kata “Ilmu Pengetahuan Alam”. Kata-kata “Ilmu Pengetahuan Alama” merupakan terjemahan dari kata-kata Bahasa Inggris “Natural Science” secara singkat sering disebut “Science”. Natural artinya alamiah, berhubungan dengan alam atau bersangkut paut dengan alam. Science artinya ilmu pengetahuan. Jadi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau science itu secara harfiah dapat disebut sebagai ilmu tentang ala mini. Contoh judul ptk ipa sd.  Ilmu yang mempelajari peristiwa yang terjadi di alam. Untuk selanjutnya kita akan menggunakan kata IPA sebagai suatu istilah.Contoh judul ptk ipa MIN pdf.
Webste’s : New Collegiate Dictionary (1981) men yatakan “natural science is knowledge concerned with the physical world and its phenomena”, yang artinya Ilmu Pen getahuan Alam adalah pen getahuan tentang alam dan gejala-gejalanya. Sedan gkan di dalam Purnell’s : Concise Dicionary of Science (1983) tercantum definisi “Science is the broad field of human knowledge, acquired by systematic observation and experiment, and explained by means of rules, laws, principles, theories, and hypotheses”, artinya Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan manusian yang luasyang didapatkan dengan cara observasi dan eksperimen yang sistimatik, serta dijelaskan dengan bantuan aturan-aturan, hukum-hukum, prinsip¬prinsip, teori-teori dan hipotesis-hipotesis. Ada pula yang mendefinisikan demikian : “Ilmu Pengetahuan Alam adalah apa yang dilakukan oleh para ahli IPA”.
IPA adalah pengetahuan yang telah diuji kebenarannya melalui metode ilmiah. IPA dipandang sebagai suatu cara atau metode untuk dapat mengamati sesuatu, Download ptk ipa alat peraga word. dalam hal ini adalah dunia. Download  proposal ptk ipa sd. Dari kedua penngertian tersebut dapat disimpulkan bahwa IPA adalah suatu cara atau metode untuk mendapatkan pengetahuan dengan mengamati sesuatu yang ada di dunia ini dan pengetahuan yanag diperoleh tersebut dapat diuji kembali kebenarannya melalui metode ilmiah.Contoh judul ptk ipa MIN pdf.
Untuk memahami IPA haruslah melalui berbagai pemahaman yaitu: IPA sebagai institusi diartikan sebagai suatu kelembagaan imajiner, Kelembagaan dari bidang profesi tertentu seperti: bidang profesi hukum, bidang kedokteran, bidang pendidikan dan sebagainya. IPA sebagai suatu metode yaitu sebagai suatu proses yang masih terus berkembang/berubah. Metode IPA terdiri dari sejumlah kegiatan baik mental maupun manual, termasuk observasi, eksperimen, klarifikasi, pengukuran dan sebagainya. Contoh referensi ptk ipa menggunakan alat peraga. IPA sebagai kumpulan pengetahuan: Pengetahauan IPA merupakan kumpulan kebenaran yang tidak mutlah dan jumlahnyapun selalu berkembang karena kebenarannya dapat diperiksa setiap saat oleh orang lain ataupun diulang observasinya. IPA sebagai faktor pengembang produksi. IPA sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi kepercayaan dan sikap. Pengertian IPA ternyata mengalami perkembangan dari zaman ke zaman. Pada mulanya IPA merupakan pengetahuan biasa, lambat laun pengertiannya berubah menjadi pengetahuan yang rasional lepas dari takhayul, dan kepercayaan seperti pada zaman Yunani, kemudian berkembang lagi menjadi pengetahuan yang didapat dari metode ilmiah. Namun metode ilmiah itupun nampaknya berkembang pula pengertiannya. Contoh lengkap ptk sd ipa alat peraga. Pada mulanya dikatakan ilmiah asalkan yang masuk akal (rasional) dan sesuai dengan obyeknya. Namun kemudian persyaratannya bertambah yaitu syarat kuantitatif bahkan pada zaman sekarang persyaratan itu ditambah lagi yaitu haruslah bersifat pragmatis.
2.1.2. Kelebihan Penggunaan Alat Peraga
Dalam kegiatan pembelajaran, secara umum alat peraga mempunyai kelebihan untuk:
1) Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis. Download ptk ipa alat peraga word.
2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti misalnya objek benda yang terlalu besar, bisa digantikan dengan gambar, film bingkai, film atau model. Contoh yang lain misalnya untuk menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lewat rekaman film, video, film, bingkai, maupun foto.
3) Fungsi yang lain dari Alat Peraga adalah dapat mengatasi sikap pasif siswa. Siswa menjadi aktif karena gairah belajar mereka meningkat. Alat Peraga juga
memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih langsung antara siswa dengan lingkungan dan memungkinkan siswa belajar mandiri menurut kemampuan dan minatnya.Download ptk ipa alat peraga word.
2.1.3. Media Pembelajaran /Alat Peraga
Alat Peragaadalah benda nyata yang langsung bisa digunakan sebagai “perantara” atau “Pengantar”. Oleh karena itu, Alat Peraga merupakan sarana atau alat penyalur informasi atau pesan.
Banyak ahli memberikan definisi Alat Peraga diantaranya Robert Gagne, mengatakan bahwa alat peraga adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar. download proposal ptk ipa menggunakan alat peraga. Wilbur Schramm berpendapat bahwa media adalah teknologi pembawa informasi atau pesan pembelajaran. Menurut Leslie J. Briggs, alat peraga adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
Menurut AECT (Association of Education and Comunication Technology) Alat Peraga adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi (Hamalik, 1997). Contoh judul ptk ipa MIN pdf.
Jika Alat Peraga adalah sumber belajar, maka secara luas Alat Peraga dapat diartikan dengan manusia, benda yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan ketrampilan.
Dalam proses pembelajaran kehadiran alat peraga mempunyai arti yang cukup penting. Ketidakjelasan materi yang disampaikan oleh guru dapat dibantu dengan menghadirkan alat peraga sebagai perantara. Contoh lengkap ptk ipa alat peraga word. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu, bahkan keabstrakan materi dapat dikonkretkan dengan kehadiran Alat Peraga. Dengan demikian, anak didik lebih mudah mencerna bahkan daripada tanpa bantuan alat peraga.
Perlu diingat, bahwa peranan Alat Peraga tidak akan dilihat bila penggunannya tidak sejalan dengan isi dari tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Oleh karena itu tujuan pembelajaran harus dijadikan sebagai pangkal acuan untuk menggunakan alat peraga.
2.1.4. Pentingnya penggunaan Alat Peraga
Alat peraga sangat penting digunakan karena alat peraga dapat meningkatkan pretasi belajar siswa oleh karena itu alat peraga perlu digunakan
Langkah-langkah penggunaan alat peraga dalam pembelajaran
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
c. Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan. Download ptk ipa alat peraga word.
d. Guru memandu siswa melaksanakan demonstrasi sesuai skenario yang telah disiapkan
e. Siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisa
f. Tiap kelompok mengemukakan hasil analisanya yang diwakilkan ketua kelompok
g. Guru memandu siswa untuk membuat kesimpulan.
2.1.5. Prestasi Belajar
Prestasi Belajar menurut Gagne (Sumantri, 2001:14) terdiri dari lima macam kemampuan yaitu :
a. Ketrampilan intelektual, sejumlah pengetahuan mulai dari baca, tulis, hitung sampai kepada penalaran yang rumit. Contoh lengkap ptk ipa min
b. Strategi kognitif, mengatur cara belajar dan berpikir seseorang di dalam arti seluas-luasnya, termasuk kemampuan memecahkan masalah.
c. Informasi ferbal, pengetahuan dalam arti informasi non fakta.
d. Ketrampilan motorik, menulis, mengetik, menggunakan peraga, dsb.
e. Sikap dan nilai, berhubungan dengan arah serta intensitas emosional yang dimulai seseorang. Contoh lengkap ptk ipa alat peraga word.
Dari keterangan di atas dapat disimpulkan menjadi tiga kemampuan yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Hasil adalah sesuatu yang diadakan oleh usaha (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1995: 43). Sehingga prestasi belajar adalah suatu perubahan yang dicapai oleh proses usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam interaksinya antara pengalaman dengan lingkungannya. Prestasi belajar yang
merupakan perubahan tingkah laku yang telah diperoleh melalui kegiatan belajar secara aktif otomatis akan tersimpan dengan baik dalm ingatan siswa.
Menurut Slameto (2003:3), perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali sifat maupun jenisnya. Download ptk ipa alat peraga .Karena itu, sudah tentu tidak setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan perubahan dalam arti belajar. Perubahan tingkah laku dalam diri seseorang dalam pengertian merupakan prestasi belajar memiliki ciri-ciri :
a. Perubahan terjadi secara sadar.
b. Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional .
c. Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif.
d. Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara.
e. Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah.
f. Perubahan mecakup seluruh aspek tingkah laku.
Secara garis besar pembelajaran matematika harus mengacu pada standar kompetensi maupun kompetensi dasar matematika. Contoh judul ptk ipa MIN pdf. Standar kompetensi matematika merupakan kompetensi matematika yang dibakukan dan harus ditunjukan siswa pada prestasi belajarnya dalam pelajaran matematika (Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika buku 3,2005: 7).
2.1.6. Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
a. Faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, adapun yang dapat digolongkan ke dalam faktor intern yaitu kecerdasan/intelegensi, bakat, minat dan motivasi. download ptk sd dengan alat peraga pdf.
1) Kecerdasan/intelegensi
2) Bakat
3) Minat
4) Motivasi
b. Faktor ekstern adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang sifatnya di luar diri siswa, yaitu beberapa pengalaman-pengalaman, keadaan keluarga, lingkungan. download proposal ptk ipa menggunakan alat peraga. Pengaruh lingkungan ini pada umumnya bersifat positif dan tidak memberikan paksaan kepada individu. Menurut Slameto (1995: 60) faktor ekstern yang dapat mempengaruhi belajar adalah keluarga, keadaan sekolah dan lingkungan masyarakat.”
1) Keadaan keluarga merupakan lingkungan terkecil dalam masyarakat tempat seseorang dilahirkan dan dibesarkan.
2) Keadaan Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa, karena itu lingkungan sekolah yang baik dapat mendorong untuk belajar yang lebih giat. Contoh lengkap ptk ipa min
3) Lingkungan Masyarakat di samping orang tua, lingkungan juga merupakan salah satu faktor yang tidak sedikit pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa dalam proses pelaksanaan pendidikan. download ptk sd dengan alat peraga pdf. Karena lingkungan alam sekitar sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi anak.
Berdasarkan kajian tentang berbagai pendapat mengenai prestasi belajar yang dikemukakan oleh para ahli di atas maka dapat dikatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai siswa dalam mata pelajaran tertentu setelah siswa mengalami proses belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes dalam satu satuan waktu, Contoh lengkap ptk ipa alat peraga. berupa semester atau tahun pelajaran.
2.2. Kerangka Berpikir
Pada tahap awal sebelum guru menggunakan alat peraga, prestasi belajar IPA siswa kelas I MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten ......... masih rendah. Dengan rendahnya prestasi belajar IPA tersebut guru berupaya meningkatkan hasil beajar IPA dengan melakukan inovasi pembelajaran yang dilakukan adalah mengemas pembelajarannya dengan alat peraga.pembelajarannya dengan alat peraga.
Penggunaan Alat Peraga yang dilakukan peneliti terdiri dua siklus. Pada siklus I hasil pekerjaan siswa atau hasil kerja kelompok dipresentasikan pada kelompok lain. Pada siklus II hasil pekerjaan siswa atau hasil kerja kelompok dipresentasikan pada kelompok lain di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain. download ptk sd dengan alat peraga doc.
Berdasarkan landasan teori yang telah diuraikan di atas diduga : Melalui alat peraga dapat meningkatkan pemahaman anak dalam mata pelajaran IPA kelas I MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten .........
2.4. Hipotesis Tindakan
Penggunaan Alat Peraga dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi Energi dan perubahannya pada siswa kelas I semester 1 MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten ......... tahun pelajaran ..........


LAPORAN PENELITIAN PTK MIN/SD IPA DENGAN ALAT PERAGA  


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN



3.1. SETTING DAN KARAKTERISTIK PENELITIAN
3.1.1 .Tem pat Penelitian
Perbaikan pembelajaran dilaksanakan di kelas I MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten .......... Siswa kelas I ini berjumlah 25 anak yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. MIN ..... Kecamatan ...... Kabupaten ........ berdekatan dengan perkebunan teh. Contoh lengkap ptk ipa alat peraga. Sebagian penduduknya bermata pencaharian bertani dan buruh. Kondisi ini menyebabkan perhatian orang tua terhadap pendidikan anak¬anaknya masih kurang. Dengan demikian motivasi untuk belajar sangat rendah.download ptk sd dengan alat peraga doc.
 Peneliti adalah guru kelas I MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten .........
3.1 .2.Jadwal Penelitian 
Perbaikan dilaksanakan pada :
3.1.3. Variabel yang Diteliti
Dalam penelitian ini dipaparkan dua variabel yang diteliti. Kisi-Kisi instrumen pembelajaran dengan alat peraga  Contoh lengkap ptk ipa alat peraga.
3.2. Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah siswa dengan jumlah siswa 25 anak yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki pada semester 1 tahun pelajaran ..........
3.3. Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas I MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten .........  serta teman sejawat yaitu guru kelas II dan kelas IV.
3.4. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
3.1.6.1 .Teknik Pengumpulan Data
a. Tes
Tes adalah serentetan pernyataan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok (Arikunto, 1996:138). download ptk sd dengan alat peraga pdf. Tes dalam penelitian ini merupakan tes buatan guru.
Tes digunakan karena dianggap sebagai alternatif terbaik untuk mendapatkan data nilai prestasi siswa. Dengan tes inilah dapat diperoleh data yang kualifield dari hipotesis yang diajukan.
b. Observasi
Observasi adalah kegiatan pemusatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan menggunakan seluruh indera. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, observasi dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat. download ptk sd dengan alat peraga doc.
Tujuan yang dilakukan oleh teman sejawat terhadap peneliti adalah untuk mengetahui kesesuaian tindakan dengan perencanaan. Sedangkan observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa adalah untuk mengetahui tingkat perubahan atau perkembangan yang dikehendaki.
3.1.6.2.Alat Pengumpulan Data
Butir Soal tes
Butir soal tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir soal tes uraian, karena tes uraian sangat tepat untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam mengingat, memahami dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang dipelajari.
3.5. Teknik Analisa Data
Analisis data adalah proses menyeleksi, menyederhanakan, mengabstraksi, mengorganisasi data secara sistematis dan rasional untuk menampilkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menjawab jawaban terhadap ditjen penelitian (Ditjen Dikti, 1999:43) Contoh kumpulan judul ptk ipa sd.
Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Berdasarkan data dari lembar observasi dan lembar jawaban siswa serta catatan selama observasi, kemudian dilakukan analisis.
Semua data dibagi dan dibahas bersama peneliti dengan kedua teman sejawat. Selanjutnya dilakukan refleksi dan ditarik kesimpulan.
Analisis data hasil tes (pre tes dan pos tes)
Prestasi belajar dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes antar siklus maupun indikator kerja. Contoh lengkap ptk ipa min
Untuk mengetahui nilai rata-rata kelas pada pre tes maupun pos tes tiap siklus digunakan rumus :

3.6. Indikator Kinerja
Indikator keberhasilan dan penelitian kelas ini adalah nilai rata-rata kelas siswa pada materi Energi dan perubahannya > 63.
3.7. Prosedur Penelitian
Penelitian tindakan kelas (PTK) yang mudah dilaksanakan secara kolaboratif antar guru dan teman sejawat bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan prestasi siswa. Dengan kata lain, PTK bertujuan bukan hanya berusaha mengungkapkan penyebab dari berbagai permasalahan pembelajaran yang dihadapi, seperti misalnya kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran tertentu, tetapi yang lebih penting adalah memberikan solusi berupa tindakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut. Download ptk ipa alat peraga word.
Penelitian tindakan kelas merupakan studi sistematis yang dilakukan dalam upaya memperbaiki praktik-praktik dalam pendidikan dengan melakukan tindakan praktis serta refleksi dari tindakan tersebut.
Proses Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini sebagai suatu rangkaian siklus yang berkelanjutan. Di dalam dan diantara siklus-siklus itu ada informasi yang merupakan balikan. Penekanan dalam penelitian harus memberikan kesempatan kepada peneliti untuk melakukan tindakan beberapa siklus agar berfungsi secara efektif. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu proses yang dinamis dari aspek perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Contoh kumpulan judul ptk ipa sd.
Penelitian tindakan kelas bukan sebagai langkah-langkah yang statis terselesaikan dengan sendirinya, tetapi merupakan momen-momen dalam bentuk spiral yang menyangkut perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi (Ditjen Dikti, 1999 ; 25).
Rencana tindakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini sebanyak dua siklus yaitu :
1. Siklus I Untuk Rencana Pembelajaran 1 dan 2
Meliputi:
a. Perencanaan
1) Menyusun RPP Mata Pelajaran IPA untuk PTK siklus I pertemuan 1 dan 2
2) Menyiapkan soal IPA dalam LKS untuk pertemuan 1, 2 siklus I
3) Menyiapkan format observasi dan format refleksi siklus I pertemuan 1 dan 2
4) Menyiapkan soal IPA untuk pre tes dan pos tes untuk siklus I pertemuan 1 dan 2.
b. Tindakan
1) Pertemuan I
Tahap kontruktifisme/Pendahuluan.
a) Guru mengkondisikan anak untuk melaksanakan pretes.
b) Menyanyikan lagu „Topi saya bundar”.
c) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
d) Guru menyampaikan sekilas materi yang akan disampaikan Tahap eksplorasi.
a) Guru menyiapkan alat atau bahan yang diperlukan.
b) Guru memandu anak mengidentifikasi topik dan membagi siswa kedalam kelompok
c) Guru memberi penjelasan singkat dan prosedur kerja serta menentukan batas waktu. download ptk sd dengan alat peraga doc.
d) Guru memandu anak melaksanakan demonstrasi sesuai skenario yang telah disiapkan.
e) Guru memandu anak untuk saling mencocokkan hasil kerja kelompok
Tahap elaborasi .
a) Guru memandu anak untuk mempretasikan kerja kelompok yang diwakilkan ketua kelompokdibawah bimbingan guru. Contoh  judul ptk ipa MIN pdf.
b) Guru memandu anak untuk menyimpulkan hasil kerja kelompok dibawah bimbingan guru
Tahap konfirmasi
Guru memandu anak untuk melaksanakan tes tentang materi energi dan perubahannya secara individu untuk mengetahui pemahaman siswa melalui alat peraga.
2) Pertemuan 2
Tahap kontruktifisme/Pendahuluan
a) Guru mengkondisikan anak untuk melaksanakan pre tes.
b) Menyanyikan lagu “Topi saya bundar” kemudian memberi contoh benda yang tidak bundar.
c) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
Tahap eksplorasi
a) Guru menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan.
b) Guru memandu anak mengidentifikasi topik dan membagi siswa kedalam kelompok
c) Guru memberi penjelasan singkat dan prosedur kerja serta menentukan batas waktu.
d) Guru memandu anak melaksanakan demonstrasi sesuai skenario yang telah disiapkan
e) Guru memandu anak untuk saling mencocokkan hasil kerja kelompok Tahap elaborasi
a) Guru memandu anak untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok yang diwakilkan ketua kelompokdibawah bimbingan guru . Download ptk ipa alat peraga
b) Guru memandu anak untuk menyimpulkan hasil kerja kelompok di bawah bimbingan guru
c) Guru memandu anak untuk melaksanakan tes tentang materi energi dan perubahannya secara individu untuk mengetahui pemahaman siswa melalui alat peraga.
d) Guru memberi tugas rumah kepada siswa.download ptk sd dengan alat peraga doc.
e) Guru mengevaluasi taraf seraf siswa terhadap proses pembelajaran dari hasil post tes
f) Pada akhir pelajaran guru menyisakan waktu sejenak agar siswa dapat melakkan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Observasi
Kegiatan observasi dilakukan dengan data aktifitas pembelajaran, baik data guru ataupun siswa. Kegiatan observasi ini meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
1) Observer menyiapkan lembar pengamatan untuk memotret situasi kelas, baik situasi guru ataupun situasi siswa.
2) Observasi mengumpulkan data hasil observasi.
d. Refleksi
Sumber data yang telah dikumpulkan oleh observer dianalisis bersama-sama antara peneliti dengan teman sejawat. Data-data yang diperoleh selanjutnya disimpulkan bagaimana Prestasi belajar siswa dan hasil pembelajaran, langkah selanjutnya adalah refleksi terhadap hasil yang telah dikerjakan. Contoh judul ptk ipa MIN pdf.
Pertanyaan yang perlu dikemukakan dalam proses refleksi adalah :
1) Apakah terjadi peningkatan pemahaman belajar siswa?
2) Apakah proses pembelajaran dengan menggunakan Alat peraga dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa?
3) Berapa banyak jumlah siswa yang mengalami peningkatan prestasi bel ajar?
4) Apakah hasilnya sudah mencapai target yang diinginkan peneliti?
5) Apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa?
2. Siklus II (Pemantapan) untuk Rencana Pembelajaran III dan IV
Meliputi:
a. Perencanaan
1) Menyusun RPP Mata Pelajaran IPA untuk PTK siklus II pertemuan 3 dan 4
2) Menyiapkan soal IPA dalam LKS untuk pertemuan 3, 4 Siklus II
3) Menyiapkan format observasi dan format refleksi siklus II pertemuan 3 dan 4.
4) Menyiapkan soal IPA pos tes untuk siklus II pertemuan 2 dan 3.
b. Tindakan
1) Pertemuan I
Tahap kontruktifisme/Pendahuluan.
a) Guru mengkondisikan anak untuk melaksanakan pre tes.
b) Menyanyikan lagu “Kring-kring ada sepeda”
c) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d) Guru menjelaskan sekilas materi pelajaranyang akan disampaikan Tahap eksplorasi.
a) Guru menyiapkan bahan atau alat yang akan diperlukan .
b) Guru memandu anak mengidentifikasi topik dan membagi siswa kedalam kelompok. Contoh lengkap ptk ipa alat peraga.
c) Guru memberi penjelasan singkat dan prosedur kerja serta menentukan batas waktu
d) Guru memandu anak untuk melaksanakan demonstrasi sesuai skenario yang telah disiapkan.
e) Guru memandu anak untuk saling mencocokkan hasil kerja kelompok Tahap elaborasi
a) Guru memandu anak untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok yang diwakilkan ketua kelompok dibawah bimbingan guru
b) Guru memandu anak untuk menyimpulkan hasil kerja kelompok dibawah bimbingan guru Contoh kumpulan judul ptk ipa sd.
c) Guru memandu anak untuk melaksanakan tes tentang materi energi dan perubahannya secara individu untuk mengetahui pemahaman siswa melalui alat peraga.
Pertemuan II
Tahap kotruktifisme/Pendahuluan
a) Guru mengkondisikan anak untuk melaksanakan pre tes.
b) Menyanyikan lagu “Kring-kring ada sepeda”.
c) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
Tahap eksplorasi
a) Guru menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan
b) Guru memandu anak mengidentifikasi topik dan membagi siswa kedalam kelompok .Download ptk ipa alat peraga.
c) Guru memberi penjelasan singkat dan prosedur kerja serta menentukan batas waktu.
d) Guru memandu anak melaksanakan demonstrasi sesuai skenario yang telah disiapkan.
e) Guru memandu anak untuk saling mencocokkan hasil kerja kelompok Tahap elaborasi. Contoh lengkap ptk ipa alat peraga.
a) Guru memandu siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok yang diwakilkan ketua kelompok dibawah bimbingan guru.
b) Guru memandu siswa untuk menyimpulkan hasil kerja kelompok dibawah bimbingan guru
Tahap konfirmasi.
a) Guru memandu siswa untuk melaksanakan tes tentang materi energi dan perubahannya secara individu untuk mengetahui pemahaman siswa melalui alat peraga.
b) Guru memberi tugas rumah kepada siswa.download ptk sd dengan alat peraga pdf.
c) Guru mengevaluasi taraf serap siswa terhadap proses pembelajaran dan hasil pos tes
d) Pada akhir pelajaran guru menyiapkan waktu sejenak agar siswa dapat melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Observasi
Kegiatan observasi dilakukan dengan data aktifitas pembelajaran, baik data guru ataupun siswa. Kegiatan observasi ini meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
1) Observer menyiapkan lembar pengamatan untuk memotret situasi kelas, baik situasi guru ataupun situasi siswa. Contoh kumpulan judul ptk ipa sd.
2) Observasi mengumpulkan data hasil observasi.
d. Ref leksi
Sumber data yang telah dikumpulkan oleh observer dianalisis bersama-sama antara peneliti dengan teman sejawat. Data-data yang diperoleh selanjutnya disimpulkan bagaimana prestasi belajar siswa dan hasil pembelajaran, langkah selanjutnya adalah refleksi terhadap hasil yang telah dikerjakan.
Pertanyaan yang perlu dikemukakan dalam proses refleksi adalah :
1) Apakah terjadi peningkatan pemahaman belajar siswa?
2) Apakah proses pembelajaran dengan menggunakan Alat Peraga dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa?
3) Berapa banyak jumlah siswa yang mengalami peningkatan prestasi bel ajar?
4) Apakah hasilnya sudah mencapai target yang diinginkan peneliti?
5) Apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa?
Penggunaan Alat Peraga yang dilakukan peneliti terdiri dua siklus. Pada siklus I hasil pekerjaan siswa atau hasil kerja kelompok dipresentasikan pada kelompok lain. Pada siklus II hasil pekerjaan siswa atau hasil kerja kelompok dipresentasikan pada kelompok lain di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain. Contoh kumpulan judul ptk ipa sd.
Berdasarkan landasan teori yang telah diuraikan di atas diduga : Melalui alat peraga dapat meningkatkan pemahaman anak dalam mata pelajaran IPA kelas I MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten .........Tahun......... 

2.4. Hipotesis Tindakan
Penggunaan Alat Peraga dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi Energi dan perubahannya pada siswa kelas I semester 1 MIN ......... Kecamatan ........... Kabupaten .........Tahun............Download ptk ipa alat peraga word.


PROPOSAL PENELITIAN TINDAK KELAS IPA KELAS 1 MIN


DAFTAR PUSTAKA



Agenda Guru. 2004. Yudhistira
Arikunto, Suharsini, dkk. 2006. PTK. Jakarta: Bumi Aksara BNSE. 2006. Panduan Pengembangan Silabus KTSP SD dan MI Dahar, RW. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Depdiknas. 2008. Permendiknas. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan UT. 2000. Strategi Belajar Men gajar Hamalik, Oemar. 1997. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni
Hartono, Kasmadi. 1990. Teknik Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press Jurnal Pendidikan Kabupaten Batang. 2010
Jurnal Pendidikan, LPMP. 2007. Widyatama
Mansyur, Drs. Strategi Belajar Men gajar. Ditjen Pembinaan Kelembagaaan Agama Islam, Departemen Agama dan Universitas Terbuka. 1995
Mohammad Soleh. 1998. Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: Depdikbud
Purwanto, N. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sarwono, Ridha, dkk. Media Pembelajaran di SD. Salatiga: Widya Sari Press. 2009 Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Suciati, dkk. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka. 2004. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas III. Airlangga. Winataputra, US, dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 2005. ---. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007. Belajar Mandiri Lewat Internet.



Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya CONTOH PTK IPA SD MELALUI ALAT PERAGA

Postingan terkait: