CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SMA KELAS XI

CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SMA KELAS XI-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan limit fungsi kelas XI SMK Negeri ......... Tahun Pelajaran 2015/2016. Download ptk matematika sma lengkap
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode interview (wawancara), dokumentasi, tes, dan observasi.
Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar peserta didik diperoleh dari evaluasi sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan ref leksi. Hasil pengamatan dan ref leksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan si klus berikutnya. Sehi ngga proses dan hasi l pelaksanaan si klus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Contoh ptk matematika sma doc Dari tiap siklus akan diukur keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 51%, 66,1 dan 55%. Setelah dilakukan si klus I peserta didik yang tuntas belajar atau yang mendapat nilai >7 sebanyak 16 peserta didik atau 75% dan yang tidak tuntas belajar atau yang mendapat nilai <67 sebanyak 6 peserta didik atau 25%. Nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 72,65 dan ketuntasan 75%, serta rata-rata keaktifan peserta belajar didik 55,32%. Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran siklus I masih perlu diperbaiki agar terjadi peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan yakni nilai rata-rata kelas > 67 dengan ketuntasan klasikal 85%.
Pada siklus II peserta didik yang tuntas belajar atau yang mendapat nilai > 67 sebanyak 20 peserta didik atau 90% dan yang tidak tuntas belajar atau yang mendapat nilai <67 sebanyak 2 peserta didik atau 10%. Download Proposal ptk matematika sma Nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 80,05 dan ketuntasan 90%, serta rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 70,19%. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus sebelumnya dengan indikator keberhasilan sudah terpenuhi.
Dari hasil tersebut disimpulkan dengan penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik SMK Negeri .........  kelas XI tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok limit fungsi.


Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas MATEMATIKA SMA yang diberi judul UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI DI KELAS XI IPA3 SMA NEGERI ... MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TRADE A PROBLEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014". Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK MATEMATIKA SMA KELAS XI lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMA 004).



PENELITIAN TINDAK KELAS SMA MATEMATIKA TERBARU



BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah
Saat ini dalam dunia pendidikan ada kecenderungan untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alami. Telah terbukti bahwa pembelajaran yang hanya berorientasi pada target penguasaan materi hanya mampu dalam kompetisi mengingat jangka pendek, tetapi tidak berhasil untuk membekali anak memecahkan persoalan kehidupan jangka panjang. Download ptk matematika sma pdf  Padahal belajar menjadi lebih bermakna jika peserta didik mengalami apa yang dipelajari bukan hanya mengetahui. Peserta didik perlu mengetahui tentang makna belajar, apa manfaatnya, dan bagaimana mencapainya. Pada hakikatnya peserta didik perlu menyadari bahwa apa yang mereka pelajari berguna bagi kehidupan nanti, sehingga mereka dapat memposisikan bahwa diri mereka sendiri yang memerlukan pengetahuan sebagai bekal hidupnya.
Matematika sejak peradaban bermula, memainkan peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Matematika juga merupakan subyek yang sangat penting dalam system pendidikan di seluruh dunia. Pendidikan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan maju mundurnya suatu bangsa, maka untuk menghasilkan sumber daya manusia sebagai subyek dalam pembangunan yang baik diperlukan modal dari hasil pendidikan itu sendiri. Kurikulum, guru, dan pengajaran atau proses belajar mengajar adalah tiga variabel utama yang saling berkaitan dalam strategi pelaksanaan pendidikan di sekolah.
Dalam proses belajar mengajar di kelas terdapat keterkaitan yang erat antara guru, peserta didik, kurikulum, sarana dan prasarana. Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi Guru mempunyai tugas untuk memi lih model dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang di sampai kan demi tercapainya tuj uan pendi di kan karena sampai saat ini masih banyak ditemukan kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam mempelajari matematika.
Berdasarkan hasil wawancara pada tanggal 15 Oktober 2015, didapatkan informasi bahwa limit fungsi merupakan materi yang sulit, dan proses pembelajaran pada materi ini masih dirasakan jauh dari kenyataan yang diharapkan. Hal ini disebabkan pada waktu guru menjelaskan materi, peserta didik tidak mendengarkan malah cenderung bercanda dengan teman dan ketika peserta didik diberi tugas, peserta didik hanya mencontek tanpa mau memahami langkah-langkah mengerjakannya. Download ptk matematika sma pdf Dalam penyampaian informasi kepada peserta didik, metode yang sering digunakan oleh guru yaitu metode ceramah. Karena metode ini cukup mudah dilakukan dan kurang menuntut usaha yang terlalu banyak baik dari guru maupun peserta didik. Peserta didik hanya dibiarkan duduk, mendengar, mencatat, menghafal dan tidak dibiasakan untuk belajar secara aktif. Pada waktu pembelajaran berlangsung peserta didik juga kurang berlatih menyelesaikan soal variatif, sehingga hal tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik di saat diadakan evaluasi. Selain itu masih banyak peserta didik yang kurang memahami konsep dasar limit fungsi dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika. Secara otomatis, hanya peserta didik yang memiliki kecenderungan untuk aktif saja yang akan maju dan berkembang. Download Proposal ptk matematika sma  Peserta didik yang belum aktif akan menerima begitu saja yang diberikan dalam penjelasan lebih lanjut, sehingga tidak bisa terekam dalam memori ingatan mereka dalam jangka panjang.
Masalah ini membuat guru harus memilih metode dan model pembelajaran yang tepat dan menyenangkan agar suasana di dalam proses pembelajaran dapat lebih menarik dan materi yang disampaikan dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan.
Namun, dalam kenyataannya di kelas XI SMK Negeri .........  ini memiliki permasalahan-permasalahan.
1. Masalah yang dihadapi oleh peserta didik:
a. Pada waktu pembelajaran berlangsung ada yang mengantuk, mengobrol, ijin keluar, bengong, sehingga suasana kelas tidak kondusif.
b. Peserta didik menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit, terbukti pada waktu di beri tugas, peserta didik hanya mencontek tanpa mau memahami langkah-langkah mengerjakannya. Download ptk matematika sma pdf
c. Aktifitas belajar peserta didik kurang berkembang. Ada beberapa peserta didik pasif saat diadakan diskusi kelompok. Misalnya, keberanian peserta didik untuk bertanya kepada guru dan maju mengerjakan soal-soal di depan tak lebih dari 3 anak
d. Tidak semua peserta didik di kelas XI SMK Negeri .........  memiliki minat yang sama di bidang matematika
Jadi, dengan adanya hal tersebut guru matematika di kelas XI SMK Negeri .........  harus berkolaborasi untuk memperoleh hasil yang lebih baik dengan cara yang efektif. Sehingga dalam penerapannya guru harus melakukan perubahan model pembelajaran yang tepat sasaran dan mampu meningkatkan hasil belajar. Strategi pembelajaran semestinya mengembangkan kemampuan dasar peserta didik, sehingga proses belajar mengajar lebih menarik, efektif dan efisien dalam suasana akrab dan menyenangkan. Sehingga akan membangkitkan minat dan meningkatkan keaktifan belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika. Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi Untuk itu peneliti menerapkan salah satu strategi model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yaitu model Pembelajaran Kooperatif Tipe Trade a Problem.
Dengan karakteristik peserta didik yang mempunyai rasa ingin tahu dan cenderung untuk berkelompok dalam menyelesaikan masalah maka strategi pembelajaran Trade a Problem akan menjadi salah satu strategi pembelajaran yang efektif. Sedangkan Trade a Problem adalah salah satu model pembelajaran yang menggunakan tim-tim cooperative untuk membantu para peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi pelajaran.
Pengambi lan materi limit fungsi, karena materi tersebut sering ditemukan kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dan memerlukan pemahaman konsep, penalaran dan ketelitian. Contoh ptk matematika sma doc Dalam materi tersebut terdapat variasi soal dan rumus sehingga peserta didik harus pandai menganalisanya. Hasil yang diperoleh peserta didik kurang dari nilai KKM yang ditentukan sebesar 67. Hal tersebut berdasarkan data nilai harian kelas XI SMK Negeri .........  pada tahun sebelumnya.
Berkaitan dengan keadaan tersebut, akan digunakan suatu model pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem. Model ini bersifat mereview materi pelajaran yang baru saja diajarkan oleh guru, mengajak peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan banyak berlatih soal sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pokok limit fungsi, keaktifan belajar dan kemampuan dalam mengerjakan soal.
Berdasarkan uraian di atas maka akan dilakukan penelitian dengan judul "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI DI KELAS XI SMK NEGERI ............. MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM".
B. Rumusan Masalah
Atas dasar uraian pada latar belakang di atas, maka masalah yang dihadapi guru kelas XI SMK Negeri .........  adalah: Download ptk matematika sma lengkap
1. Bagaimana langkah-langkah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Trade a Problem dalam materi pokok Limit fungsi di kelas XI SMK Negeri .........?
2. Apakah model pembelajaran Trade a Problem dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Limit fungsi di kelas XI SMK Negeri .........?
C. Tujuan Penelitian 
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Trade a Problem dalam materi pokok Limit fungsi.
2. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Negeri .........  dalam materi pokok Limit fungsi. Download ptk matematika sma pdf
D. Manfaat Penelitian
1. Bagi peserta didik
a. Dapat meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik khususnya pokok bahasan Limit fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem. Download Proposal ptk matematika sma
b. Memperoleh pengalaman bekerjasama dalam kelompok.
c. Semakin percaya diri dan termotivasi dalam belajar matematika.
2. Bagi guru
a. Memperoleh masukan mengenai model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
b. Guru lebih bersemangat dalam mengajar karena peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.
3. Bagi sekolah
a. Diperoleh panduan inovatif model pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem yang diharapkan dipakai untuk kelas lain di SMK Negeri ..........
b. Diharapkan sebagai masukan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran khususnya matematika. Contoh ptk matematika sma doc
4. Bagi peneliti, memberikan wawasan mengenai penelitian dalam bidang pendidikan khususnya penerapan model pembelajaran Trade a Problem dan pembelajaran konvensional.

E. Penegasan Istilah
Adapun hal-hal yang perlu dijelaskan hingga berbentuk suatu pengertian yang utuh sesuai dengan maksud yang sebenarnya dari judul penelitian tersebut antara lain.
1. Upaya
Upaya adalah usaha, daya, ikhtiyar, cara, akal. Ikhtiyar untuk mencapai suatu maksud, memecahkan suatu persoalan, mencari jalan keluar dan sebagainya.
2. Keaktifan
Keaktifan berasal dari kata aktif yang artinya dinamis dan bertenaga; giat melakukan sesuatu. Sedangkan keaktifan : kegiatan; kesi bukan. Contoh ptk matematika sma doc
3. Hasil belajar
Hasil belajar merupakan realisasi pemekaran dari kecakapan¬kecakapan potensi atau kapasitas yang dimiliki seseorang. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013  Penguasaan hasil belajar oleh seseorang dapat dilihat dari perilakunya, baik perilaku dalam bentuk penguasaan pengetahuan, maupun keterampilan berfikir.
4. Model Trade a Problem
Model Trade a Problem adalah model pembelajaran kooperatif yang berisi suatu struktur yang digunakan untuk mereview (melihat kembali) atau melatih konsep-konsep.
5. Pokok Bahasan Limit fungsi
Limit fungsi merupakan materi SMK kelas XI semester II. Pada materi pokok ini hanya diambil pada kompetensi dasar menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri yang di dalamnya berisi beberapa indikator yaitu: Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi
a. Mengidentifikasi sifat-sifat limit fungsi.
b. Menghitung bentuk tak tentu dari fungsi aljabar menggunakan sifat-sifat limit.
c. Menghitung bentuk tak tentu dari fungsi trigonometri menggunakan sifat-sifat limit.


CONTOH TERBARU PTK MATEMATIKA SMA KELAS XI


BAB II
LANDASAN TEORI



A. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
1. Belajar
a. Pengertian belajar
Pada dasarnya manusia hidup di dunia ini tidak lain adalah untuk beribadah kepada Allah. Tentunya beribadah dan beramal harus berdasarkan ilmu yang ada di Al-Qur’an dan Al-Hadist. Contoh ptk matematika sma doc Sebagaimana wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah SAW, yang merupakan lima ayat pertama QS Al 'Alaq

Turunnya ayat Al-Qur’an yang pertama kali adalah perintah untuk belajar, sebelum turun ayat-ayat yang lainnya yang menyangkut keimanan, syari’at, sejarah, hukum, dan lain-lain. Hal tersebut menggambarkan betapa pentingnya belajar. Download Proposal ptk matematika sma
Betapa mulianya ilmu dan orang yang menuntut ilmu (belajar). Bahkan Allah SWT menjanjikan akan mengangkat derajat bagi orang yang berilmu, yang mana telah difirmankan dalam surat Al-Mujadalah ayat 11.

«Allah akan menaikkan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu ke derajat yang tinggi....´ (Al Mujadalah: 11)
Adalah sebuah kejutan bagi dunia yang tertutup awan kejahilan dengan datangnya wahyu Allah yang diawali dengan perintah membaca dan menggunakan kalam untuk menulis, sebagai persiapan untuk menjelajahi cakrawala baru yang sebelumnya manusia belum mengetahuinya. Demikianlah yang disyaratkan dalam ayat-ayat yang mengawali surat al-‘Alaq. Download ptk matematika sma pdf
Sejarah menyaksikan betapa wahyu ini mengubah sejarah dunia menjadi terang benderang karena banyak manusia yang sudah dapat menikmati ilmu pengetahuan. Sebab, Islam menetapkan wujubutta ‘allum dan wujubutta ‘lim sebagai perwujudan pri nsi pnya bahwa ilmu adalah hak setiap manusia.
Dari berbagai pernyataan di atas jelas bahwa sebagai manusia yang hidup di dunia ini di anjurkan untuk belajar.
Sebagian orang beranggapan bahwa belajar adalah semata¬mata mengumpul kan atau menghafal kan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk informasi/materi pelajaran. Untuk menghindari ketidaklengkapan persepsi tersebut, berikut ini akan disajikan definisi dari beberapa ahli.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia, belajar adalah usaha sadar atau upaya yang disengaja untuk mendapatkan kepandaian. Download ptk matematika sma pdf
Menurut Slameto, “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.
Menurut Mushtofa Fahmi, sebagaimana dikutip oleh Mustaqim,
³Sesungguhnya belajar adalah (ungkapan yang menunjuk) aktivitas (yang menghasilkan) perubahan-perubahan tingkah laku atau pengalaman. ´
Menurut Oemar Hamalik, “belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman”.
Menurut Howard L. Kingkey dalam Syaifuul Bahri Djamarah, “learning is the process which behaviour (in the broadesense) is originated or changed through practice or training´, yang artinya belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditambahkan atau dirubah melalui praktik atau latihan.
Menurut Geoch dalam Agus Suprijono, “learning is change in performance as a result of practice ´, yang arti nya perubahan performance sebagai hasil latihan. Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi
Menurut Reber dalam Muhibbin Syah, “learning is the process of acquiring knowledge and a relatively, permanent change as a result of reinforced practice´, yang arti nya belajar adalah proses memperoleh pengetahuan dan suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.
Menurut Thorndi ke, sebagaimana yang di kutip oleh Dimyati dan Mudjiono dalam Belajar dan Pembelajaran mengemukakan bahwa belajar memerlukan adanya latihan-latihan.
Berdasarkan pengertian belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses aktivitas mental seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungan berkat latihan yang mantap, sehingga menghasilkan perubahan tingkah laku yang bersifat positif baik perubahan dalam aspek pengetahuan, sikap maupun psikomotorik. Contoh ptk matematika sma word
b. Teori Belajar Matematika
Untuk memperjelas definisi tentang belajar, berikut dijabarkan tentang teori- teori belajar yaitu:
1) Teori Disiplin Mental Theistik
Teori belajar disiplin Mental Theistik berasal dari psikologi daya atau psikologi fakulti. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013 Menurut teori ini individu atau anak memiliki sejumlah daya mental seperti pikiran, ingatan, perhatian, kemampuan, keputusan, observasi, tanggapan dan sebagainya. Masing-masing daya ini dapat ditingkatkan kemampuannya melalui latihan-latihan. Jadi teori ini memandang mental bisa ditingkatkan kekuatannya melalui latihan-latihan. Dengan demikian belajar adalah melatih daya-daya.
2) Teori Psikologi Asosiasi atau Koneksionisme
Belajar ialah pembentukan hubungan antara stimulus dan respon, dan dengan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respon benar. Contoh ptk matematika sma doc Seperti kata pepatah latihan menjadi sempurna.
3) Teori Psikologi Conditioning
Menurut teori ini perilaku individu dapat di kondi sikan dan belajar merupakan upaya untuk mengkondisikan suatu perilaku atau respons terhadap sesuatu. Mengajar adalah membentuk suatu kebiasaan mengulang-ulang sesuatu perbuatan.
Ketiga teori di atas menekankan penti ngnya prinsip pengulangan dalam belajar walaupun dengan tujuan yang berbeda. Pertama pengulangan untuk melatih daya-daya jiwa sedangkan yang kedua dan ketiga pengulangan untuk membentuk respon yang benar dan membentuk kebiasaan. Contoh ptk matematika sma word Walaupun tidak dapat diterima bahwa belajar adalah pengulangan seperti yang dikemukakan ketiga teori di atas, karena tidak dapat dipakai untuk menerangkan semua bentuk belajar, namun prinsip pengulangan masih relevan sebagai dasar pembelajaran. Dalam belajarmasih tetap diperlukan latihan/pengulangan.
Latihan berarti siswa mengulang-ulang materi yang dipelajari sehingga materi tersebut makin mudah di ingat. Guru dapat mendorong siswa supaya melakukan pengulangan misalnya dengan memberi pekerjaan rumah, membuat laporan, mengadakan ulangan harian. Download ptk matematika sma lengkap
Berdasarkan teori belajar di atas maka peserta didik dituntut untuk mampu memahami konsep Limit fungsi dengan menggunakan sejumlah daya mental yang dimiliki. Salah satu caranya adalah dengan banyak latihan. Diharapkan model Trade a Problem dapat diterapkan dalam materi Limit Fungsi.

2. Pembelajaran
a. Definisi Pembelajaran
Pembelajaran merupakan terjemahan dari learning. Download ptk matematika sma pdf  Pembelajaran berdasarkan makna leksikal berarti proses, cara, perbuatan mempelajari. Pada pembelajaran guru mengajar diartikan sebagai upaya guru mengorganisir lingkungan terjadinya pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses organik dan konstruktif, bukan mekanis seperti hal nya pengajaran. Jadi, subyek pembelajaran adalah peserta didik.
Menurut Amin Suyitno, pembelajaran adalah upaya untuk menciptakan iklim atau pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, bakat dan kebutuhan peserta didik yang beragam agar terjadi interaksi optimal antara guru dan peserta didik.
b. Pembelajaran Matematika
Pembelajaran merupakan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dalam interaksi antara guru dan siswa. Interaksi terjadi saat guru mengajar di kelas. Seorang guru perlu menyadari bahwa proses komunikasi tidak selalu berjalan dengan lancar, dapat menimbulkan kebingungan, salah pengertian, atau salah konsep. Download Proposal ptk matematika sma Perlu memberikan contoh soal dan sering diadakan latihan soal. Dimyati dan Mudjiono menyatakan bahwa dalam teori kognitif belajar menunjukkan adanya jiwa yang aktif, jiwa mengolah informasi yang diterima, tidak sekedar menyimpannya saja tanpa mengadakan transformasi.
Tujuan peserta didik mempelajari matematika di sekolah yaitu mempunyai kemampuan dalam: Contoh ptk matematika sma doc
a. Menggunakan algoritma,
b. Melakukan manipulasi secara matematik,
c. Mengorganisasi data,
d. Memanfaatkan simbol tabel, diagram dan grafik,
e. Menarik kesimpulan,
f. Membuat kalimat atau model matematika,
g. Menggunakan alat hitung dan alat bantu.

3. Hakikat Belajar Matematika
Matematika merupakan salah satu jenis dari enam materi ilmu. Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi Keenam materi ilmu tersebut adalah matematika, fisika, biologi, psikologi, ilmu-ilmu sosial dan linguistik. Dengan istilah yang berbeda, keenam materi ilmu tersebut dikonotasikan sebagai ide abstrak, benda fisik, jasad hidup, gejala rohani, peristiwa sosial, dan proses tanda. Dikarenakan matematika sebagai salah satu jenis materi ilmu, maka matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dipelajari di lembaga pendidikan.
Menurut Hamzah B. Uno, karakteristik matematika dapat bersifat deduktif, logis, sebagai system lambang bilangan yang formal, struktur abstrak, simbolisme, dan merupakan kumpulan dalil akal manusia, atau ilham dasar serta sebagai aktivitas berpikir. Download ptk matematika sma pdf
Aliran Kontruktivisme memandang bahwa untuk belajar matematika yang dipentingkan adalah bagaimana membentuk pengertian pada anak. Ini berarti bahwa belajar matematika penekanannya adalah pada proses anak belajar, sedangkan guru berfungsi sebagai fasilitator. Dalam pandangan konstruktivisme orang mempelajari matematika senantiasa membentuk pengertian sendiri.

4. Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran
Dalam setiap proses belajar, peserta didik selalu menampakkan keaktifan. Keaktifan itu beraneka ragam bentuknya. Mulai dari keadaan fisik yang mudah diamati sampai kegiatan psikis yang sulit diamati. Download ptk matematika sma lengkap Adapun jenis-jenis aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran di antaranya adal ah:
a. Visual activities, seperti membaca dan memperhatikan gambar, demonstrasi, percobaan atau pekerjaan orang lain,
b. Oral activities, seperti menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengel uarkan pendapat, mengadakan interview, diskusi dan sebagai nya,
c. Listening activities, seperti mendengarkan uraian, percakapan, diskusi, pidato, musik dan sebagainya,
d. Writing activities, seperti menulis cerita, karangan, angket, tes, laporan, menyalin dan sebagainya, Download ptk matematika sma pdf
e. Drawing activities, seperti menggambar, membuat grafi k, peta, diagram, dan sebagainya,
f. Motor activities, seperti melakukan percobaan, membuat konstruksi, model, mereparasi, bermain dan sebagainya, Contoh ptk matematika sma word
g. Mental activities, seperti menganggap, mengingat, memecahkan soal, menganalisis, melihat hubungan, mengambil keputusan dan sebagai nya,
h. Emotional activities, seperti menaruh minat, merasa bosan, gembira, berani, tenang, gugup dan sebagai nya.
Dalam dunia pendidikan dan pembelajaran tuntutan peserta didik agar selalu aktif bukanlah hal yang baru. Keaktifan peserta didik merupakan konsekuensi logis dari pembelajaran yang seharusnya. Artinya merupakan tuntutan logis dari hakekat belajar-mengajar. Hampir tak pernah terjadi proses belajar tanpa adanya keaktifan peserta didik yang belajar. Permasalahannya hanya terletak dalam kadar atau bobot keaktifan belajar peserta didik. Ada keaktifan belajar kategori rendah, sedang, dan ada pula tinggi. Seandainya dibuat rentangan skala keaktifan dari 0-10, maka keaktifan belajar ada dalam skala 1 sampai 10, tidak ada skala nol, betapapun kecilnya keaktifan tersebut. Download ptk matematika sma pdf
Penilaian proses belajar mengajar terutama adalah melihat sejauh mana keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar. Keaktifan peserta didik dapat dilihat dalam hal:
a. Turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya,
b. Terlibat dalam pemecahan masalah,
c. Bertanya kepada siswa lain atau kepada guru apabila tidak memahami persoalan yang dihadapinya, Download Proposal ptk matematika sma
d. Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk pemecahan masalah,
e. Melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru,
f. Menilai kemampuan dirinya dan hasil-hasil yang diperolehnya,
g. Melatih diri dalam memecahkan soal atau masal sejenis,
h. Kesempatan menggunakan atau menerapkan apa yang telah diperolehnya dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yang di hadapinya.
Dalam pembelajaran Limit fungsi dengan menggunakan model pembelajaran Trade a Problem peserta didik dituntut agar selalu aktif. Keaktifan peserta didik sangat berpengaruh terhadap hasil belajar, karena peni lai an yang di berikan oleh guru terhadap peserta didik tidak hanya nilai evaluasi akhir saja, melainkan juga proses pembelajarannya. Pembelajaran matematika pada materi pokok Limit fungsi dengan penggunaan model pembelajaran Trade a Problem diharapkan bisa memompa semangat dan keaktifan peserta didik dalam belajar.

B. HASIL BELAJAR
1. Definisi Hasil Belaj ar
Menurut Agus Suprijono “hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampi lan”.
Menurut E. Mulyasa, “hasil belajar merupakan prestasi peserta didik secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dasar dan derajat perubahan ti ngkah laku yang bersangkutan”. Contoh ptk matematika sma doc
Menurut Nana Sudjana “hasil belajar merupakan kemampuan¬kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah Ia menerima pengalaman belajarnya”.
Hasil belajar pada hakekatnya merupakan kompetensi yang mencakup aspek pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Menurut S Bloom hasil belajar pengetahuan terdiri atas empat kategori yaitu:
a. Pengetahuan tentang fakta,
b. Pengetahuan tentang prosedural,
c. Pengetahuan tentang konsep,
d. Pengetahuan tentang prinsip.
Jadi hasil belajar merupakan kemampuan yang di miliki peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
Menurut Syeikh Az-Zarnuji, hasil belajar dipengaruhi oleh 6 faktor, sebagai mana yang diungkapkan dalam nadzom berikut :
³Ingatlah, kamu tidak akan memperoleh ilmu pengetahuan kecuali dengan enam perkara; yang akan kujelaskan semua kepadamu secara ringkas. Yaitu: kecerdasan, cinta kepada ilmu, kesabaran, bekal biaya, petunjuk guru, dan masa yang lama.
Maksud dari ungkapan di atas adalah tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar menurut Syeikh Az Zarnuji sebagai berikut. Download Proposal ptk matematika sma
a. Cerdas,
b. Cinta untuk menghasilkan ilmu,
c. Bersabar atas ujian mental dan cobaan yang dihadapi,
d. Bekal biaya, dengan maksud kecukupan rizqi dalam penghidupan sehingga tidak menggantungkan orang lain, Download ptk matematika sma pdf
e. Petunjuk guru,
f. Masa yang lama, dengan maksud dalam belajar membutuhkan waktu yang lama, karena belajar tidak dapat instant.
Menurut Nana Sudjana, hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor dari dalam diri peserta didik dan faktor yang datang dari luar diri peserta didik atau faktor lingkungan. Faktor yang datang dari diri peserta didik terutama kemampuan yang di milikinya sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai. Seperti yang dikemukakan oleh Carlk, bahwa hasil belajar peserta didik di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan peserta didik dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan.
Menurut Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Contoh ptk matematika sma doc Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi dalam proses belajar individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar.
a. Faktor Internal (Endogen)
Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam individu dan dapat mempengaruhi hasil belajar individu. Faktor-faktor internal ini meliputi faktorfisiologois dan psikologis.
a) Faktor Fisiologis
Faktor-faktor fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu. Faktor-faktor ini dibedakan menjadi dua macam. Pertama, keadaan tonus jasmani. Keadaan tonus jasmani pada umumnya mempengaruhi aktivitas belajar seseorang. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013 Kondisi fisik yang bugar akan memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan belajar individu. Kedua, keadaan fungsi jasmani/fisiologis. Selama proses belajar berlangsung, peran fungsi fisiologi padatubuh manusia sangat mempengaruhi hasil belajar, terutama panca indera. Panca indera yang berfungsi dengan baik akan mempermudah aktivitas belajar dengan baik pula.
b) Faktor Psikologis
Faktor-faktor psikologis adalah keadaan psikologi seseorang yang dapat mempengaruhi proses belajar. Download ptk matematika sma pdf  Beberapa faktor psikologis yang utama mempengaruhi proses belajar adalah kecerdasan peserta didik, motivasi, minat, sikap dan bakat.
a) Kecerdasan, pada umumnya kecerdasan diartikan sebagai kemampuan psiko-fisik dalam mereaksi rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat. Kecerdasan merupakan faktor psikologis yang paling penting dalam proses belajar peserta didik, karena itu menentukan kualitas belajar peserta didik. Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi Semakin tinggi tingkat intelegensi seorang individu, semakin besar peluang individu tersebut meraih sukses dalam belajar. Sebaliknya, semakin rendah tingkat intelegensi individu, semakin sulit individu itu mencapai kesuksesan belajar.
b) Motivasi, adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar. Motivasilah yang mendorong peserta didik ingin melakukan kegiatan belajar. Para ahli psikologi mendefinisikan motivasi sebagai pengaruh kebutuhan-kebutuhan dan keinginan terhadap intensitas dan arah perilaku seseorang.
c) Minat, berarti kecenderungan dan kegai rahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Download ptk matematika sma pdf
d) Sikap, adalah gejala internal yang berdimensi afektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespons dengan cara yang relatif tetap terhadap objek, orang, peristiwa dan sebagainya, baik secara positif maupun negatif. Dalam proses belajar, sikap individu dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajarnya.
e) Bakat (aptitude), didefinisikan sebagai kemampuan potensial yang di mili ki seseorang untuk mencapai keberhasi lan pada masa yang akan datang. Berkaitan dengan belajar, Slavin mendefinisikan bakat sebagai kemampuan umum yang dimiliki seseorang untuk belajar.
c) Faktor Eksternal (Eksogen)
Selain karakteristik peserta didik atau faktor-faktor endogen, faktor-faktor eksternal juga dapat mempengaruhi proses belajar peserta didik. Contoh ptk matematika sma doc Dalam hal ini digolongkan menjadi dua golongan, yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan nonsosial.
1) Lingkungan sosial
a) Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat mempengaruhi proses belajar seorang peserta didik. Hubungan yang harmonis antara ketiganya dapat menjadi motivasi bagi peserta didik untuk belajar lebih baik di sekolah. Perilaku yang simpatik dan dapat menjadi teladan seorang guru atau administrasi dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk belajar. Contoh ptk matematika sma word 
b) Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal peserta didik akan mempengaruhi belajar peserta didik. Lingkungan peserta didik yang kumuh, banyak pangangguran dan anak terlantar juga dapat mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik, paling tidak peserta didik kesul itan keti ka memerl ukan teman belajar, diskusi, atau meminjam alat-alat belajar yang kebetu lan belum di milikinya.
c) Lingkungan keluarga. Lingkungan ini sangat mempengaruhi kegiatan belajar. Hubungan antara anggota keluarga, orang tua, anak, kakak, atau adik yang harmonis akan membantu peserta didik melakukan aktivitas belajar dengan baik. Download Proposal ptk matematika sma
2) Lingkungan non sosial
Faktor-faktor yang termasuk lingkungan nonsosial adalah:
a) Lingkungan alamiah, seperti udara yang segar, tidak panas, tidak dingin, sinar yang tidak terlalu ailau, atau tidak terlalu gelap, suasana yang sejuk dan tenang. Lingkungna alamiah tersebut merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik. Sebaliknya, bila kondisi lingkungan alam tidak mendukung, proses belajar peserta didik akan terhambat.
b) Faktor instrumental, yaitu perangkat belajar yang dapat digolongkan menjadi dua macam. Pertama, hardware, seperti gedung sekolah, alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapangan olahraga dan lain sebagainya. Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi Kedua, software, seperti kerikulum sekolah, peraturan-peraturan sekoalh, buku panduan, silabi, dan lain sebagainya.
c) Faktor materi pelajaran. Faktor ini hendaknya disesuai kan dengan usia perkembangan peserta didik, begitu juga dengan metode mengajar guru, disesuaikan dengan kondisi perkembangan peserta didik. Karena itu, agar guru dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap aktivitas belajar peserta didik, maka guru harus menguasai materi pelajaran dan berbagai metode mengajar yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi peserta didik.
Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melalui proses belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Download ptk matematika sma pdf Dalam mencapai hasil belajar yang maksimal dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ketepatan dalam memilih strategi, metode dan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi agar materi dapat diterima oleh peserta didik dengan baik. Adapun pengertian pembelajaran yang sesungguhnya yaitu adanya ti mbal bali k serta komuni kasi antara peserta didik dengan pendidik, dan peserta didik dengan peserta didik yang lain. Bukan hanya pendidik saja yang berbicara. Contoh ptk matematika sma doc Untuk mencapai hasil belajar dengan pembelajaran sesungguhnya maka diperlukan strategi pembelajaran siswa aktif, salah satunya yaitu dengan pembelajaran kooperatif.

C. KETUNTASAN BELAJAR
Suatu proses belajar mengajar dinyatakan berhasil apabila kompetensi dasarnya dapat tercapai. Keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari efektivitas dan ketuntasannya. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013
Berdasarkan teori belajar tuntas, maka seorang peserta didik dipandang tuntas belajar jika mampu menyelesaikan, menguasai kompetensi atau mencapai tujuan pembelajaran minimal 65% dari seluruh pembelajaran.
Sedangkan keberhasilan kelas dilihat dari jumlah peserta didik yang mampu menyel esai kan atau mencapai minimal 65%, sekurang-kurangnya 85 % dari jumlah peserta didik yang ada di kelas tersebut.

D. PEMBELAJARAN KOOPERATIF
1. Definisi Pembelajaran kooperatif
Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil yang mempunyai latar belakang dengan kemampuan akademik, jenis kelamin, ras atau suku yang berbeda. Pembelajaran kooperatif dapat didefinisikan sebagai sistem belajar kelompok yang terstruktur.
Cooperative Learning mencakup suatu kelompok kecil peserta didik yang bekerja sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan suatu masalah, menyelesaikan suatu tugas, atau mengerjakan sesuatu yang mencapai tujuan bersama lainnya. Tidaklah cukup menunjukkan sebuah cooperative learning jika para peserta didik duduk bersama dalam kelompok¬kelompok kecil tetapi menyelesaikan masalah secara sendiri-sendiri atau individual. Contoh ptk matematika sma word Cooperative learning menekankan pada kehadiran teman sebaya untuk berinteraksi antar sesamanya sebagai sebuah tim dalam menyelesaikan atau membahas suatu masalah atau tugas.
Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu strategi belajar dengan mengelompokkan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil. Kelompok-kelompok kecil tersebut terdiri atas peserta didik-peserta didik dengan tingkat kemampuan yang berbeda dan setiap anggota kelompok saling bekerja sama dan membantu untuk mengembangkan pemahaman peserta didik terhadap suatu bahan pembelajaran. Download ptk matematika sma lengkap
Eggen dan Kauchak sebagaimana dikutip oleh Trianto, menjelaskan bahwa pembelajaran kooperatif merupakan sebuah kelompok strategi pengajaran yang melibatkan peserta didik bekerja secara berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.
Roger dan David Johnson sebagaimana dikutip oleh Anieta Lie mengatakan bahwa tidak semua kerja kelompok bisa dianggap cooperatif learning. Untuk mencapai hasil maksimal, lima unsur pembelajaran kooperatif harus diterapkan. Keli ma unsur tersebut antara lain:
a. Saling ketergantungan positif
Untuk menciptakan kelompok kerja yang efektif, pengajar perlu menyusun tugas sedemikian rupa sehingga setiap anggota kelompok harus menyelesaikan tugasnya sendiri agar yang lain bisa mencapai tujuan mereka. Download ptk matematika sma pdf
b. Tanggung jawab perseorangan
Unsur ini merupakan akibat langsung dari unsur yang pertama. Jika tugas dan pola penilaian menurut prosedur model pembelajaran cooperatif learning, setiap peserta didik akan merasa bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik. Kunci keberhasilan metode kerja kelompok adalah persiapan guru dalam penyusunan tugasnya.
c. Tatap muka
Setiap kelompok harus diberi kesempatan untuk bertemu muka dan berdiskusi. Kegiatan interaksi ini akan memberikan para pembelajar untuk membentuk sinergi yang menguntungkan semua anggota. Hasil pemikiran beberapa kepala akan lebih kaya dari pada hasil pemikiran dari satu kepala saja. Lebih jauh lagi, hasil kerjasama ini jauh lebih besar dari pada jumlah hasil masing-masing anggota. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013
d. Komunikasi antar anggota
Unsur ini menghendaki para pembelajar dibekali berbagai keterampi lan berkomuni kasi. Sebel um menugaskan peserta didik dalam kelompok, pengajar perlu mengajarkan cara-cara berkomunikasi. Download ptk matematika sma pdf Tidak setiap peserta didik mempunyai keahlian mendengar dan berbicara. Keberhasilan kelompok juga bergantung pada kesediaan para anggotanya untuk saling mendengarkan dan kemampuan mereka untuk mengutarakan pendapat mereka.
e. Evaluasi proses kelompok
Pengajar perlu menjadwal waktu khusus bagi kelompok untuk mengevaluasi proses kerja kelompok dan hasil kerjasama mereka agar selanjutnya bisa bekerja sama lebih efektif. 
Pembelajaran koopertif yang dilakukan di kelas dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mendiskusikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat memperol eh ide-ide dari peserta didik yang lain yang mengarah pada suatu penyelesaian yang tidak dapat dikerjakan secara individu. Setiap peserta didik mempunyai peranan penting dalam menyelesaikan masalah, kesuksesan atau kegagalan akan ditanggung oleh semua anggota. Download ptk matematika sma pdf Untuk melaksanakan tugas tersebut, semua peserta didik harus saling berinteraksi dan berkomunikasi.
Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan dapat melatih peserta didik untuk mendengarkan pendapat orang lain dan mengungkapkan pendapat. Pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaran kooperatif dapat membangun kepercayaan diri terhadap kemampuannya untuk menyelelesaikan masalah matematika.
2. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Trade a Problem
Model Trade a Problem adalah model di mana peserta didik secara berpasangan untuk menulis pertanyaan dan jawaban untuk topik yang ditugaskan oleh guru. Kemudian mereka menukarkan pertanyaan mereka dengan kelompok lain. Adapun tahapan-tahapannya yaitu: Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi
a. Peserta didik dibentuk berkelompok yang terdiri dari 4-5 peserta didik. Setiap anggota kelompok mempunyai angka dari 1-4,
b. Guru membagi kan lembar pertanyaan dan lembar jawaban,
c. Masing-masing anggota kelompok membuat pertanyaan pada lembar pertanyaan kemudian kunci jawaban pada lembar jawaban,
d. Tiap kelompok menukarkan pertanyaan ke kelompok lain,
e. Masing-masing kelompok mendiskusikan jawaban dan mencoba mencari kesepakatan tentang jawaban tiap kelompok untuk tiap pertanyaan kemudian menuliskannya di balik lembar pertanyaan, Contoh ptk matematika sma word
f. Guru menyebutkan satu angka. Peserta didik dengan angka tersebut dalam dua kelompok yang menukar lembar pertanyaan menjelaskan jawaban kelompok mereka. Dan membagi jawaban yang telah mereka tulis sebel umnya ke pasangan kelompoknya,
g. Perwakilan kelompok kembali ke kelompok asal. Anggota kelompok mendiskusikan jawaban kelompok lainnya,
h. Seluruh peserta didik mendiskusikan yang berikutnya.

E. LIMIT FUNGSI
1. Pengertian Limit Fungsi
a. Pengertian Limit Fungsi melalui Pengamatan Grafik Fungsi
Pengertian limit fungsi di sebuah titik melalui pengamatan grafik fungsi di sekitar titik itu, dapat dideskripsikan dengan menggunakan alat peraga dua buah potongan kawat dan satu lembar film tipis. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013
Misalkan kawat satu di bentuk seperti pada gambar 1-a. Titik ujung kawat yang ditandai dengan noktah • di x=a digerakkan ke kanan secara terus menerus sehingga makin dekat dengan film. Dikatakan jarak antara titik ujung kawat dengan film mendekati nol.

Suatu ketika titik ujung kawat akan menyentuh film (Gambar 1-b), sehingga dapat diperkirakan berapa tinggi titik ujung kawat terhadap sumbu X. Dalam matematika, perkiraan ketinggian titik ujung kawat terhadap sumbu X dikatakan sebagai limit fungsi f(x)untuk x mendekati a dari arah kiri. M isalkan ketinggian yang diperkirakan itu adalahL1, maka notasi singkat untuk menuliskan pernyataan itu adalah :

Apabila kawat 1 dibentuk seperti pada gambar 2, maka titik ujung kawat tidak pernah menyentuh film. Dalam kasus demikian di katakan bahwa limit fungsi f(x) untuk x mendekati a dari arah kiritidak ada. Download ptk matematika sma pdf

Gambar 2

Dengan menggunakan bentuk kawat yang berbeda-beda dan kawat digerakkan ke kiri mendekati film, maka berbagai kemungkinan kedudukan titik ujung kawat terhadap film diperlihatkan pada gambar 3 berikut. Contoh ptk matematika sma doc Untuk situasi pada gambar 3-a, dapat ditulis sebagai:

Gambar 3



F. PENERAPAN MODEL TRADE A PROBLEM PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK LIMIT FUNGSI
Langkah–langkah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem pada materi pokok limit fungsi sebagai berikut: Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013
1. Guru mempresentasikan dan menyajikan garis besar tentang cara menentukan limit fungsi aljabar, teorema-teorema limit fungsi, serta tentang limit fungsi trigonometri:
a) Limit fungsi berbentuk limf(x)
Untuk menentukan nilai limit fungsi berbentuk limf(x) ada beberapa
cara, yaitu:
1) Substitusi
2) Faktorisasi
3) Perkalian dengan sekawan
b) Teorema-teorema limit fungsi: Download ptk matematika sma pdf


c) Rumus-rumus limit fungsi trigonometri.

1. Guru membagikan lembar soal dan lembar jawaban kepada masing¬masing peserta didik.
2. Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk menulis satu soal dan membuat kunci jawabannya di lembar jawab yang telah disediakan. Download Proposal ptk matematika sma
3. Guru meminta peserta didik untuk menukarkan soal kepada kelompok lain dan menjawab soal yang diterimanya. Kemudian mengembalikan soal kepada kelompok asal dan mendiskusikan jawaban dari kelompok lain.
4. Guru sebagai fasilitator dan melakukan pengawasan jalannya pembelajaran.
5. Guru menyebutkan salah satu nomor, dan meminta peserta didik yang bersangkutan dari kelompok yang bertukar soal untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Contoh ptk matematika sma doc
6. Dengan tanya jawab, guru dapat mengulangi jawaban peserta didik agar peserta didik lainnya memiliki gambaran yang jelas tentang pola pikir peserta didik yang telah menyelesaikan soal tersebut.
7. Kemudian peserta didik kembali ke tempat duduk nya masing-masing. Kemudian secara bersama-sama guru dan peserta didik menyimpulkan materi, guru memberikan algoritma yang tepat untuk menyelesaikan soal tersebut. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik jika ada.
8. Guru memberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik.
9. Bersama peserta didik mengevaluasi dan menyimpulkan materi pembelajaran.
Ketika memberikan penilaian akhir pada peserta didik, nilai hendaknya didasarkan pada nilai kuis dan evaluasi akhir. Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi  Karena jika penilaian didasarkan pada kemampuan tim maka ini dipandang sebagai sesuatu yang tidak adil bagi anggota tim yang memperoleh nilai tinggi.

F. KERANGKA BERPIKIR
Proses belajar mengajar yang kurang optimal akan menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta-peserta didik. Optimalnya proses belajar mengajar ini ditentukan oleh beberapa faktor antara lain faktor dari peserta didik dan faktor dari guru.
Faktor peserta didik mel iputi rendahnya pemahaman peserta didik terhadap pelajaran matematika, semangat belajar kurang, kurangnya kreatifitas, kurang serius dalam belajar dan sebagainya. Download ptk matematika sma pdf Faktor guru meliputi penjelasan guru yang kurang jelas, kurang memberi latihan soal, dan sebagainya. Beberapa penyebab rendahnya nilai matematika pokok bahasan Limit Fungsi dikarenakan pembelajaran yang terjadi dalam kelas cenderung monoton, peserta didik kurang berpartisipasi sehingga suasana dalam kelas terlihat tidak ada variasi pembelajaran. Untuk itu dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan peserta didik diharapkan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Model pembelajaran yang akan dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan model Trade a Problem agar peserta didik lebih memahami konsep matemati ka khususnya pokok bahasan Limit Fungsi , di mana peserta didik dituntut untuk menulis sebuah pertanyaan dan jawaban untuk topik yang ditugaskan oleh guru. Download Proposal ptk matematika sma Kemudian mereka menukarkan pertanyaan mereka dengan kelompok lain. Contoh ptk matematika sma word Dari kegiatan tersebut mempunyai sifat mereview materi pelajaran yang baru saja diajarkan oleh guru agar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pokok bahasan Limit Fungsi, dan kemampuan dalam mengerjakan soal sehingga prestasi peserta didik dapat meningkat serta dapat terekam dalam memori ingatan dalam jangka panjang.
Berdasarkan kerangka berpikir di atas, diasumsikan/diharapkan model pembelajaran kooperatif Trade a Problem dapat diterapkan dalam materi pokok Limit Fungsi pada peserta didik kelas XI SMK Negeri ..........


CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SMA


BAB III
METODE PENELITIAN



Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) atau sering disebut dengan PTK. Contoh ptk matematika sma doc Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset ¬tindakan-riset-tindakan-….” yang di lakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Sesuai dengan pengertiannya penelitian ini sengaja dilakukan untuk merencanakan, melaksanakan kemudian mengamati dampak dari pelaksanaan tindakan tersebut pada subjek penelitian. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus tindakan dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan ref leksi untuk mengambil keputusan dalam pelaksanaan siklus berikutnya. Adapun subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri .........  Tahun 2015/2016. Contoh ptk matematika sma word Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran Trade a Problem untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pokok limit fungsi.

A. VARIABEL PENELITIAN
Variabel dalam penelitian ini meliputi:
a. Variabel bebas, yaitu pembelajaran dengan model Trade a Problem pada pembelajaran matematika materi pokok limit fungsi.
b. Variabel terikat, yaitu peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Negeri .........  Tahun 2016. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013

B. RANCANGAN PENELITIAN
Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, tahapan langkah disusun dalam 3 tahap (siklus) yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang belum menggunakan model Trade a Problem. Sedangkan siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
1. PraSiklus
Dalam pra siklus ini peneliti akan mendapatkan informasi pembelajaran matematika pada kompetensi dasar menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri. Contoh ptk matematika sma doc  Pada pelaksanaan pra siklus ini guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran dan belum menerapkan model pembelajaran Trade a Problem.
Dalam pelaksanaan pembelajaran pada pra siklus ini juga akan diukur dengan indikator penelitian yaitu keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan hasil belajar (evaluasi akhir) peserta didik. Hal ini dilakukan sebagai dasar untuk membandingkan keberhasilan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Trade a Problem pada siklus I dan siklus II.
2. SiklusI
Siklus I ini terdiri atas:
a. Perencanaan
Dalam tahap perencanaan hal-hal yang perlu di persiapkan adalah sebagai berikut. Contoh ptk matematika sma word
1) Peneliti menentukan peserta didik yang akan menjadi obyek penelitian,
2) Peneliti menentukan kolaborasi dengan teman sejawat sebagai partner penelitian,
3) Peneliti mempersiapkan materi yang akan diajarkan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
4) Peneliti menyiapkan lembar observasi, dokumentasi, lembar refleksi, dan evaluasi,
b. Pelaksanaan
1) Guru memberikan apersepsi tentang materi Limit Fungsi,
2) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, Contoh ptk matematika sma doc
3) Guru menjelaskan materi tentang Limit Fungsi,
4) Guru menerapkan model Trade a Problem. Dan menjelaskan kepada peserta didik tentang alur model,
5) Guru membagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil, masing-masing terdiri dari 5 peserta didik. Penelitian Tindak Kelas matematika sma kelas xi  Dan masing-masing peserta didik diberi angka 1-5,
6) Guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk membuat satu soal essay serta jawaban di tempat yang terpisah dengan materi Limit Fungsi,
7) Guru menyuruh peserta didik menukarkan soal kepada kelompok lain,
8) Guru memberikan waktu kepada peserta didik berdiskusi untuk mengerjakan soal yang diterima selama 20 menit,
9) Guru mengawasi kinerja peserta didik saat berdiskusi,
10) Guru meminta peserta didik untuk mengembalikan soal serta jawaban ke kelompok asal,
11) Guru memi nta peserta didi k untuk mengoreksi jawaban temannya, 
12) Guru memanggil salah satu angka, untuk peserta didik yang dipanggil dengan kelompok yang dimaksud maju ke depan untuk menuliskan jawabannya di papan tulis, Contoh ptk matematika sma doc
13)Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengomentari jawabannya,
14) Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik yang lain untuk memberikan tanggapan terhadap jawaban yang ditulis di papan tulis,
15) Guru mengkaji ulang dan menambahkan tanggapan peserta didik terhadap jawaban yang ditulis di papan tulis,
16)Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya,
17) Peserta didik merangkum materi dengan bi mbi ngan guru kemudian guru menutup pelajaran,
c. Pengamatan
1) Guru dan peneliti secara partisipatif mengamati jalannya proses pembelajaran,
2) Guru dan peneliti mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik,
3) Guru dan peneliti memberikan penilaian untuk masing-masing peserta didik tentang indikator keaktifan, Download ptk matematika sma pdf
4) Guru dan peneliti mengamati adakah permasalahan yang dihadapi peserta didik, pada bagian-bagian mana mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal,
5) Guru dan peneliti mengamati hasil evaluasi akhir apakah sudah di atas ketuntasan belajar,
6) Peneliti mengamati keberhasilan dan hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran yang belum sesuai dengan harapan penelitian,
d. Refleksi
1) Secara kolaboratif, guru dan peneliti menganalisis dan mendiskusikan hasil pengamatan. Contoh ptk matematika sma doc Selanjutnya membuat suatu refleksi mana yang perlu dipertahankan dan mana yang perlu diperbaiki untuk siklus II nantinya,
2) Membuat simpulan sementara terhadap pelaksanaan siklus I.
3. SiklusII
1) Perencanaan
Perencanaan yang dilakukan pada siklus II ini pada dasarnya sama dengan yang dilakukan pada siklus I. Berdasarkan refleksi si klus I baik yang berkaitan dengan guru, peserta didik, ataupun perangkat pembelajaran diadakan perencanaan ulang yang didasarkan pada refleksi pada siklus II.
2) Pelaksanaan
Guru dan peneliti melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disiapkan oleh peneliti dan direvisi berdasarkan evaluasi pada siklus I.
3) Pengamatan
Selama kegiatan pembelajaran, peneliti mengamati dan mencatat hasil dalam lembar observasi yang akan digunakan sebagai dasar refleksi siklus II dipadukan dengan hasil evaluasi. Download Proposal ptk matematika sma
4) Refleksi
Refleksi pada siklus II ini dilakukan untuk menyempurnakan pembelajaran dengan model Trade a Problem yang diharapkan dapat menumbuhkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

C. TEKNIK PENGUMPULAN DATA
1. Sumber Data
Sumber data adalah subjek dari mana data diperoleh. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri .........  semester II yang sedang mengikuti mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2015/2016, guru, serta lingkungan sekitar. Download ptk matematika sma pdf
2. Jenis Data
Data yang diinginkan adalah data kualitatif, yang diperoleh dari dokumentasi, lembar observasi dan juga tes hasil belajar.
3. Cara Pengambilan Data
a. Metode Tes
Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan inteligensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Download ptk matematika sma lengkap Tes dalam penelitian ini merupakan tes prestasi atau achievement test, yaitu tes yang digunakan untuk mengukur pencapaian seseorang setelah mempelajari sesuatu. Dalam penelitian ini tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang dikenai perlakuan yaitu peserta didik yang diberikan pembelajaran Trade a Problem dalam menyelesaikan soal pada materi pokok limit fungsi baik selama dikenai tindakan maupun pada akhir siklus tindakan.
b. Metode Wawancara
“Wawancara adalah merupakan pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehingga dapat dikonstruksikan makna dalam suatu topik tertentu.”. Menurut Arikunto dalam bukunya Dasar-dasar Evaluasi Penddidikan mengatakan bahwa wawancara atau interviu adalah suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden dengan jalan Tanya-jawab sepihak. Contoh ptk matematika sma doc Dikatakan sepihak karena dalam wawancara ini responden tidak diberi kesempatan sama sekali untuk mengajukan pertanyaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode wawancara sebagai observasi awal sebelum mengadakan penelitian untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh peneliti.
c. Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah ditujukan untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian, meliputi: buku-buku yang relevan, peraturan-peraturan, laporan kegi atan, foto-foto, film documenter, data yang relevan dengan penelitian, dan lain sebagainya. Download ptk matematika sma pdf Metode dokumentasi ini digunakan untuk mendapatkan daftar nama-nama peserta didik yang akan menjadi sampel dalam penelitian dan untuk mendapatkan data nilai serta rekaman kegiatan pada saat pembelajaran dalam bentuk lembar observasi. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013
d. Metode Observasi
Observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung ke obyek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan. Menurut S Margono, “Observasi diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala yang tampak pada obyek penelitian.” Pengamatan dilakukan pada tiap siklus dengan menggunakan instrument pengamatan. Contoh ptk matematika sma doc Pengamatan pada pra siklus dipakai untuk direfleksikan pada siklus I, dan pengamatan pada siklus I dipakai untuk direfleksikan pada siklus II. Metode ini dilakukan untuk memperoleh data mengenai pengelolaan pembelajaran dengan model pembelajaran Trade a Problem oleh guru dan aktivitas peserta didik serta aktivitas diskusi kelompok.
D. TEKNIK ANALISIS DATA
Pada penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan membandingkan hasil belajar sebelum tindakan dengan hasil belajar setelah tindakan. Download ptk matematika sma kelas xi kurikulum 2013 Data dihitung dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Rekapitulasi hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dan nilai tes akhir siklus I dan siklus II.
b. Menghitung nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan tindakan dengan hasil belajar setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar.
Rata-rata hasil belajar peserta didik dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

X = nilai rata-rata hasil belajar
Âx   = jumlah nilai seluruh peserta didik
N = banyaknya peserta didik
Ketuntasan klasikal belajar peserta didik dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut: Download ptk matematika sma pdf

Keterangan :
P = nilai ketuntasan belajar klasikal
 n1  = jumlah peserta didik tuntas belajar individu Ân  = jumlah total peserta didik

E. INDIKATOR KEBERHASILAN
1. Tercapainya tujuan pertama, yaitu adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMK Negeri .........  pada materi pokok limit fungsi 65%. Contoh ptk matematika sma word
2. Tercapainya tujuan kedua, yaitu ada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Negeri .........  pada materi pokok limit fungsi yang ditandai rata-rata hasil belajar adalah 67 dengan ketuntasan klasikal 85%. Contoh ptk matematika sma doc



CONTOH PROPOSAL MATEMATIKA SMA KELAS XI TERBARU


DAFTAR PUSTAKA


Ahmadi, Abu, dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Edisi Revisi Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Arikunto, Suharsismi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006, Cet. 13.
, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007, Cet. 7.
Baharudi n dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-ruzz Media, 2010, Cet. 3.
Depag RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya, Surabaya : Duta Ilmu, 1996
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005. Cet. 1, Ed. 3
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999 , Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ri neka Ci pta, 2006, Cet. 3 Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta,2002
Hamali k, Oemar, Dasar-dasar Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwi Tagana, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. I ndeks, 2009.
Lie, Anita, Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: PT Grasindo, 2007, Cet. 5.
Maesuri, Siti, Pembelajaran Kooperatif dalam Kelas Matematika, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2002.
Masykur, Moch., dan Abdul Hal i m Fathani, Mathematical Intellegence: Cara Cerdas melatih Otak dan Menaggulangi Kesulitan Belajar, Jogjakarta: PT. Arruz Media, 2007
M ulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung, Remaja Rosdakarya: 2004.
, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, Cet 1.
, Kurikulum yang Disempurnakan, Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Bandung: Rosdakarya. 2009, Cet. 3.
M ustaqim, Ilmu Jiwa Kependidikan, Semarang, 2007.
Mushtofa Fahmi, Sikulujiyah At-Ta’lim, Mesir : Dar Mesir Liththaba’, tth. Nasution, Didaktik Asas-Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 1995 Pidarta, M ade, Landasan Kependidikan Jakarta: Rineka Ci pta, tth.
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2007, Cet. 4.
Sanjaya, Wi na Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007. Cet. 3.
Slameto, Belajar dan Faktor ± faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Ri neka Ci pta , 2003.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990
, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Si nar Baru Algesindo, 1995, Cet 3.
, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Si nar Baru Algesindo, 2000
, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009. Cet. 14.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: CV Alfabeta, 2008.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004, Cet. 2.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009, Cet. 2.
Suyitno, Amin, Dasar-Dasar dan Pross Pembelajaan Matematika ,Semarang : FMIPA UNNES Press, 2006.
Syah, M uhi bin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya , 2006, Edisi Revisi.
Uno, Hamzah B, Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreat if dan Efektif, Jakarta : Bumi Aksara, 2007, Cet 1.
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007, Cet. 1.
Wirodikromo, Sartono, Matematika Jilid 2 IPS untuk SMA Kelas IX, Jakarta: Erlangga, 2007.
Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori dan Aplikasi , Jakarta: Bumi Aksara, 2006.


Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SMA KELAS XI

Postingan terkait: